9 Cara Cermat Agar Datang Tepat Waktu Saat Kuliah

Tepat Waktu

Datang tepat waktu merupakan salah satu kebiasaan mahasiswa yang sukses. Sayangnya, kebiasaan on time ini sulit dilakukan oleh kebanyakan mahasiswa. Kurangnya disiplin dalam memanajemen waktu berakibat seringnya terjadi keterlambatan yang dialami mahasiswa pada saat berkuliah.

Padahal tingkat kedisiplinan mahasiswa akan dapat menentukan arah ke depannya. Maka dari itu, walaupun Indonesia dikenal dengan orang yang terlambat atau sering disebut “jam karet”, Anda harus berusaha untuk tidak membudayakan kebiasaan buruk tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut cara agar datang tepat waktu saat kuliah agar menjadi mahasiswa yang lebih disiplin dan bertanggung jawab.

1. Biasakan Tidak Tidur Terlalu Larut Malam

Cara agar datang tepat waktu saat kuliah yang pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membiasakan tidak tidur terlalu larut malam. Hal ini dikarenakan kurangnya waktu tidur malam yang cukup akan sangat mengganggu kesehatan dan juga kebahagiaan.

Beberapa orang merasa sangat lelah saat di pagi hari karena memiliki waktu tidur malam yang kurang cukup. Sehingga lebih memilih menambah waktu tidur saat menjelang kuliah.

Inilah saatnya Anda untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Ini akan memberi waktu tambahan untuk dapat melakukan aktivitas rutin tanpa harus takut terlambat.

Untuk membantu Anda agar dapat tidur lebih awal adalah dengan melakukan olahraga malam yang ringan. Serta melakukan kegiatan yang dapat merangsang Anda untuk bisa tidur lebih awal. Oleh karena itu mulailah mengatur jadwal tidur lebih awal agar tidak terlambat saat datang ke perkuliahan.

2. Siapkan Alarm

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan alat bantu yang dapat membangunkan Anda dari tidur lelap. Yaitu dengan membuat pengingat atau alarm pada smartphone atau jam Anda. Banyak diantara mahasiswa tidak datang tepat waktu ke kampus alasan yang paling sering digunakan adalah akibat bangun kesiangan.

Untuk menghindari hal tersebut alarm menjadi benda wajib yang harus Anda miliki agar dapat merubah kebiasaan bangun kesiangan Anda itu. Pastikan juga bahwa alarm yang kamu set akan berbunyi dengan baik sesuai dengan waktu yang telah Anda tentukan.

Jika dengan memasang satu alarm saja tidak cukup untuk membangunkan Anda, maka cara mengatasinya adalah dengan memasang alarm lebih dari dua buah. Selain di smartphone jangan lupa pasang di jam weeker. Sehingga tidak akan ada lagi alasan terlambat dikarenakan bangun kesiangan.

3. Perhatikan Jarak dan Waktu Tempuh

Bagi Anda yang memiliki tempat tinggal baik rumah maupun kos yang jaraknya jauh dari kampus, cara selanjutnya adalah dengan memperhatikan jarak dari tempat tinggal. Kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke kampus dari tempat Anda tingal sekarang ini. Apakah jaraknya dekat atau justru cukup jauh.

Seringkali diantara banyak mahasiswa meremehkan jarak dan waktu tempuh yang mengatakan waktu tempuh hanya 15 menit padahal yang sebenarnya adalah 30 menit. Apabila seperti ini, Anda akan benar-benar tidak tepat waktu.

Ketahui benar-benar berapa lama waktu tempuh perjalanan Anda, terutama saat waktu-waktu sibuk akan terjadi kemacetan di jalan. Ini merupakan strategi yang cocok untuk menghindari keterlambatan, dengan begitu Anda dapat memperkirakan waktu perjalanan dan juga waktu tambahan.

Baca juga: 10 Cara Menghadapi Dosen Killer Paling Ampuh

4. Persiapkan Semua Kebutuhan

Kurangnya persiapan untuk kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan menjadi salah satu penyebab mahasiswa sering terlambat. Misal tugas yang diberikan, ban motor atau ban mobil yang kempes. Hal ini perlu Anda persiapkan dan cek jauh sebelum Anda menjelang berangkat ke kampus.

Jika Anda dapat menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan hari itu sesaat setelah Anda bangun subuh. Kebiasaan ini akan memberikan Anda waktu yang cukup apabila segala kebutuhan telah dipersiapkan terlebih dahulu.

Kalau bisa Anda sudah mempersiapkan segala kebutuhannya pada waktu malam hari. Hal ini untuk menghindari apabila Anda lupa dimana tempat menyimpan alat-alat kebutuhan Anda. Sebaiknya simpan kebutuhan tersebut ditempat yang langsung terlihat pada saat Anda membutuhkannya.

5. Berangkat Kuliah Jauh Sebelum Jam Masuk

Berangkat kuliah lebih awal akan menghindarkan Anda dari kemacetan dan perasaan terburu-buru. Dengan tidak terkena macet, maka Anda bisa sampai di kelas lebih cepat. Sehingga masih ada waktu luang yang bisa Anda gunakan untuk istirahat tanpa khawatir akan terlambat.

Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat ini dengan maksimal misal untuk makan minum, membaca berita. Juga mengobrol dengan teman, bermain game, bermain internet, membuka sosial media, dan menyiapkan materi apa yang akan dipelajari

Caranya adalah dengan pergi 10-15 menit lebih awal dari biasanya, sebelum itu Anda harus dapat memprediksi jarak dan waktu tempuh. Misal jam masuk kuliah adalah jam 8 pagi Anda biasanya dari rumah pukul 7.45 Anda bisa  berangkat dari rumah atau kos dari pukul 7.30 atau 7.35 (10-15 menit dari biasanya).

6. Tidak Mampir Saat Dalam Perjalanan Berangkat

Kegiatan mampir saat kuliah

Masalah selanjutnya yang dialami mahasiswa saat datang tidak tepat waktu adalah dikarenakan pada saat perjalanan berangkat mampir-mampir dulu. Beberapa kegiatan mampir yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa antara lain mampir makan jajan, mampir ke tempat belanja, mampir ke rumah teman dan mampir ke rumah saudara.

Mampir ini juga sebenarnya baik karena kalau belum makan bisa makan dulu, mampir ke rumah teman dan saudara untuk bersilaturahmi. Namun harus perhatikan waktu yang digunakan jangan sampai menjelang waktu masuk kuliah.

Usahakan saat dalam perjalanan berangkat Anda fokus dalam berangkat ke kampus dengan tidak berhenti-berhenti atau mampir ke tempat yang tidak penting. Sehingga dapat menguras waktu Anda ketika tiba di kampus.

7. Meminta Bantuan Teman/Keluarga

Cara agar datang tepat waktu saat kuliah yang selanjutnya adalah Anda juga bisa dengan meminta bantuan teman Anda. Minta untuk membangunkan atau mengingatkan kalau ada jadwal kuliah. Bisa teman sebelah kos Anda atau jika Anda tinggal di rumah Anda bisa meminta bantuan keluarga Anda.

Jangan segan untuk meminta bantuan kepada anggota keluarga atau teman kos Anda untuk membangunkan Anda lebih awal. Namun. Jika Anda tinggal di kos sendiri Anda dapat menggunakan panggilan telpon agar teman Anda dapat menelpon Anda untuk membangunkan.

Jika Anda memerlukan bantuan teman Anda dengan menggunakan panggilan telepon. Usahakan smartphone yang Anda miliki dalam keadaan aktif dan bersuara. Jangan dalam keadaan diam agar saat mereka menelpon Anda dapat mendengar panggilannya.

8. Pindah Kos atau Tempat Tinggal

Jika dirasa jarak dan waktu tempuh Anda terlalu jauh, cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan pindah tempat tinggal yang dekat dengan kampus. Apabila Anda tinggal di rumah Anda bisa mencari kos, dan apabila Anda sudah kos namun masih terasa jauh Anda memilih pindah tempat kos yang lebih dekat dari kampus.

Mungkin langkah ini harus dipersiapkan dan dipikirkan matang-matang karena akan memakan banyak biaya untuk dapat mewujudkannya agar tidak menyesal di kemudian hari. Harus mempertimbangkan baik dan buruk serta kelebihan dan kekurangannya.

Karena biasanya tempat tinggal yang dekat dengan kampus lebih mahal dibandingkan dengan yang jauh dengan kampus. Namun, dengan tempat tinggal berada di dekat kampus, kebiasaan datang terlambat pun sedikit demi sedikit akan berkurang dengan sendirinya.

Baca juga: 10 Tips Memilih Rumah Kost Bagi Mahasiswa

9. Merubah Pola Pikir dan Kebiasaan serta Berpikir ke Depan

Cara agar datang tepat waktu saat kuliah yang terakhir adalah dengan cara merubah pola pikir dan kebiasaan Anda datang terlambat. Jika biasanya masuk kuliah jam delapan pagi Anda juga baru berangkat jam delapan pagi. Mulai sekarang, harus Anda ubah pola pikirnya.

Salah cara untuk membantu mengubah pola pikir ini adalah dengan berpikir ke depan dengan membuat jadwal. Anda bisa menjadwal kegiatan yang akan Anda lakukan keesokan harinya pada malam hari sebelumnya.

Karena untuk mengurangi keterlambatan itu Anda sudah tahu apa saja yang ingin Anda kerjakan setelah pekerjaan lain selesai. Anda juga bisa memperhitungkan waktu dengan lebih baik lagi agar tidak terlambat.

Penutup

Datang tepat waktu merupakan kebiasaan baik yang harus dilakukan oleh mahasiwa. Apakah Anda siap untuk berubah menjadi orang lebih disiplin dan tanggung jawab dengan datang tepat waktu saat kuliah ?

Itulah 9 cara agar datang tepat waktu saat kuliah yang dapat Anda gunakan untuk tidak datang telat saat kuliah. Karena, beberapa dosen juga tidak memperbolehkan mahasiswa masuk saat kuliah sudah berlangsung. Jadi, jangan sampai terlambat ya!

Silahkan share artikel ini, agar banyak mahasiswa yang terbantu untuk datang tepat waktu saat kuliah. Terima kasih.