Cara Membuat Penelitian Terdahulu

Membuat Penelitian Terdahulu

Penelitian terdahulu dicantumkan di dalam penelitian sebagai bentuk perbandingan penelitian yang dilakukan dengan penelitian yang telah ada sebelumnya. Ini dapat digunakan apabila judul-judul penelitian yang telah dilakukan sebelumnya bersinggungan dengan judul penelitian yang Anda pilih.

Penelitian terdahulu biasanya diletakkan di Bab 2 atau Landasan Teori. Hal ini erat kaitannya dengan penelitian lain yang dapat Anda gunakan di dalam penelitian Anda. Ini akan membantu Anda membentuk dasar pijakan penelitian.

Tulisan ini akan membahas cara membuat penelitian terdahulu disertai dengan contoh-contohnya.

Manfaat Penelitian Terdahulu

Penelitian terdahulu akan memudahkan Anda dalam menentukan langkah-langkah yang sistematis untuk penyusunan penelitian dari segi teori dan konsep. Penelitian terdahulu dapat digunakan sebagai acuan atau referensi untuk memudahkan Anda membuat penelitian secara keseluruhan.

Manfaat digunakannya penelitian terdahulu dalam penelitian adalah:

  • Mengetahui bangunan keilmuan terkait permasalahan yang diteliti, yang telah dibuat oleh orang lain atau peneliti lainnya.
  • Menggambarkan secara jelas perbedaan penelitian yang akan Anda lakukan dengan penelitian lain yang telah ada sebelumnya, ini memiliki kemiripan sehingga terhindar dari plagiarism atau penjiplakan.
  • Memperkuat atau mendukung kekuatan penelitian Anda dengan adanya referensi ilmiah lain yang memiliki relevansi dengan penelitian Anda.

Agar penelitian terdahulu yang dibuat benar, Anda harus mengetahui unsur-unsur apa saja yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya Anda tulis terkait penelitian terdahulu yang Anda cantumkan dalam penelitian Anda:

  • Judul
  • Latar belakang
  • Perumusan masalah
  • Ruang lingkup penelitian
  • Tujuan penelitian
  • Tinjauan pustaka
  • Landasan teori
  • Hipotesis
  • Cara penelitian
  • Jadwal penelitian.

Di dalam cara membuat penelitian terdahulu, Anda dapat menuliskan unsur-unsurnya secara lengkap di atas ke dalam satu paragraf.

Baca juga:

Contoh Penelitian Terdahulu

Bahan Literatur di Perpustakaan

Untuk memudahkan Anda, berikut adalah contoh-contoh judul penelitian disertai dengan contoh penelitian terdahulu di dalamnya.

Contoh 1.

Judul Penelitian: Pengaruh CAR Terhadap Kesehatan Likuiditas Bank X

Pada penelitian ini digunakan dua penelitian terdahulu yang sangat bermanfaat sebagai rujukan ilmiah yaitu:

a. Penelitian I – Firmansyah Iman (2015)

Penelitian terdahulu pertama yang dilakukan oleh Firmansyah Iman pada tahun 2015 dengan mengambil judul “Pengaruh Unsur-Unsur Kinerja Keuangan Terhadap Likuiditas Bank Swasta Nasional”.

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh NPL, CAR, ROE, ROA, BOPO, IRR dan IPR secara signifikan, baik keseluruhan ataupun parsial terhadap likuiditas Bank Swasta Nasional periode 2012-2014.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank Umum Swasta Nasional di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan data dokumentasi sementara teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Kesimpulan penelitian Firmasyah Iman ini adalah:

  • ROA, ROE, NPL, CAR, BOPO, IRR dan IPR secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap likuiditas Bank Swasta Nasional.
  • CAR, IRR dan IPR tidak memiliki dampak positif yang signifikan terhadap likuiditas Bank Swasta Nasional.
  • NPL dan LDR secara terpisah memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap likuiditas Bank Swasta Nasional.

Dari penelitian Firmansyah Iman ini (2015), peneliti hanya menggunakan variabel Return On Asset (ROA) saja karena mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap likuiditas Bank Swasta Umum Nasional tahun 2012-2014.

b. Penelitian II – Dani Ridwan (2016)

Penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Dani Ridwan dengan mengambil judul “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tingkat Kesehatan Keuangan Bank Pemerintah”.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah meneliti apakah ada pengaruh NPL, ROA, CAR dan NIM terhadap skor tingkat kesehatan keuangan bank pemerintah periode tahun 2012-12015.

Populasi dalam penelitian ini adalah bank pemerintah. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Metode penelitian menggunakan data dokumentasi sementara teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan penelitian Dani Ridwan adalah:

  • Variabel NPL, ROA dan NIM mempunyai pengaruh signifikan terhadap skor tingkat kesehatan keuangan bank pemerintah.
  • Variabel NPL dan CAR secara parsial memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap skor tingkat kesehatan bank pemerintah.

Dari penelitian ini, peneliti hanya menggunakan variabel Net Interset Margin (NIM) saja secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap skor kesehatan bank-bank pemerintah di Indonesia periode 2012-2015.

Penelitian yang dilakukan memiliki kesamaan dengan dua penelitian terdahulu seperti disebutkan dalam tabel (cantumkan persamaan dan perbedaan dalam tabel).

Baca juga:

Contoh 2.

Judul Penelitian: Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Perkembangan Kualitas Lembaga Pendidikan Tingkat Menengah se-Kota Bandung Utara Tahun 2016.

Pada penelitian ini penulis mencantumkan dua hasil penelitian yang memiliki relevansi atau keterkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan sebagai berikut:

a. Penelitian I – Rafianto (2015)

Penelitian berjudul “Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Sekolah Dasar Negeri di Bandung Utara”. Ini menggambarkan pelaksanaan komite sebagai pertimbangan pengembangan lembaga sekolah.

b. Penelitian II – Ira Nasir (2014)

Judul penelitian adalah “Peranan Koperasi Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Tingkat Menengah Pertama Swasta se-Kota Bandung Utara tahun 2015-2016”.

Penelitian ini mengkaji kaitan antara koperasi sekolah dengan peningkatan kualitas layanan pengajaran di Sekolah Menengah Pertama Swasta se-Bandung Utara dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini, didapatkan hasil bahwa koperasi tidak berperan signifikan dalam peningkatan kualitas layanan pengajaran di Sekolah Menengah Swasta se-Kota Bandung Utara pada periode 2015-2016.

1) Persamaan penelitian dengan penelitian terdahulu

Penelitian pertama dengan penelitian ini yaitu sama-sama membahas peran pihak eksternal sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan sekolah.

Penelitian kedua dengan penelitian ini yaitu sama-sama membahas peran pihak eksternal sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan sekolah.

2). Perbedaan penelitian dengan penelitian terdahulu

Perbedaan penelitian pertama dengan penelitian ini adalah perbedaan dari pokok pembahasan. Penelitian pertama membahas mengenai komite sekolah sebagai faktor eksternal sementara penelitian kedua membahas mengenai koperasi sekolah dalam peranannya di dalam perkembangan kualitas sekolah.

Anda dapat menggunakan dua penelitian terdahulu atau lebih, tapi usahakan sesuai dengan pembahasan permasalahan penelitian Anda. Dua contoh judul penelitian di atas kebetulan memiliki jumlah penelitian terdahulu masing-masing sebanyak dua penelitian.

Sementara untuk format penulisan persamaan atau perbedaan antara penelitian yang dilakukan dengan penelitian pembanding dapat berupa tabel atau berbentuk uraian.

Baca juga:

Penutup

Mencantumkan penelitian terdahulu akan membuat penelitian Anda semakin berbobot dan berkualitas. Semoga penjelasan beserta contoh cara membuat penelitian terdahulu ini dapat membantu mendukung penyusunan skripsi Anda kelak dengan hasil sangat memuaskan.