10 Cara Memilih Topik Penelitian yang Baik

Memilih Topik Penelitian

Semua mahasiswa akan melalui tahapan untuk melakukan penelitian. Sebagai mahasiswa memang dituntut untuk melakukan penelitian sebagai tahapan akhir perkuliahan.

Sayangnya, tidak sedikit mahasiswa yang bingung mengenai topik terhadap penelitian tersebut. Padahal, jika salah dalam memilih bisa berakibat fatal kedepannya.

Memilih topik untuk penelitian memang menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Banyak dari para mahasiswa yang menyesal salah dalam memilih topik.

Tentunya, banyak faktor yang harus diperhatikan dalam memilih topik penelitian. Jangan risau, ini dia 10 cara memilih topik penelitian yang baik.

1. Sesuaikan Dengan Bidang

Tepat sekali! Pilihlah topik penelitian yang memang sesuai dengan bidang Anda. Jangan sampai, untuk bidang yang dipilih belum Anda pahami sepenuhnya. Karena, hal ini akan sangat berpengaruh nantinya saat Anda mengerjakan penelitian tersebut.

Sebuah penelitian sudah pasti dilakukan harus dengan cermat. Tidak asal, dan sesuai ketentuan yang berlaku. Lalu, bagaimana jika Anda memilih penelitian yang tidak sesuai pada bidangnya? Sudah pasti, akan banyak sekali masalah yang datang.

Cobalah untuk membuat daftar list (checklist) kemampuan yang Anda miliki. Dari daftar kemampuan yang Anda miliki, maka carilah tema yang berkaitan dengan keterampilan tersebut. Selanjutnya, Anda bisa memilih tema yang dirasa menarik dan bisa Anda kerjakan!

2. Pastikan Tujuannya

Penelitian yang diambil tentu bukan tanpa tujuan. Namun, harus memiliki tujuan yang pasti. Bagaimana dengan tujuan penelitian yang akan Anda ambil? Apakah memang sudah sesuai pada manfaatnya.

Karena, penelitian yang tidak memiliki tujuan akan sangat percuma. Sebisa mungkin, Anda memilih penelitian yang memang memiliki tujuan yang jelas. Sebagai contoh, penelitian ini bermanfaaat untuk masyarakat atau rumah sakit dan lainnya.

Tentunya, masih banyak sekali tujuan penelitian Anda. Jika tujuan tersebut tercapai, maka dapat dipastikan Anda akan lebih semangat dan mudah dalam mengerjakan penelitian. Dengan begitu, topik yang Anda pilih juga semakin lebih tepat!

3. Cari Referensi Sebanyak Mungkin

Kita semua tahu, bahwa tidak mudah untuk dapat menemukan topik yang cocok. Bahkan, beberapa mahasiswa memilih mundur terhadap topik yang telah dipilih. Apa masalahnya? Karena, mereka tidak memikirkan mengenai referensi yang bisa didapatkan.

Selama ini, mahasiswa hanya memikirkan judul saja. Namun, bagaimana untuk referensi yang tersedia? Apakah sudah tersedia dengan cukup banyak? Jika tidak, maka dapat mempersulit proses penelitian Anda.

Usahakan, selalu mencari tahu terlebih dahulu mengenai topik yang akan Anda pilih. Karena, jika topik yang dipilih tersebut tidak memiliki banyak referensi.

Dapat dipastikan, penelitian Anda akan terhambat karena susahnya mencari referensi tersebut. Jadi, jangan sampai tidak memikirkan hal yang satu ini ya.

Baca juga: 10 Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi Dalam Satu Bulan

4. Diskusi Dengan Pembimbing

Apa salahnya untuk melakukan diskusi dengan pembimbing sebelum memilih topik? Justru, inilah yang harus dilakukan. Cara memilih topik penelitian yang baik bisa melalui diskusi secara ringan dengan dosen pembimbing.

Pengalaman dan pemahaman yang dimiliki oleh dosen pembimbing tentu sangatlah banyak. Maka dari itu, untuk berbagai macam informasi bisa Anda dapatkan. Cobalah untuk mengali lebih dalam terhadap topik yang akan Anda pilih.

Pada diskusi ringan tersebut, ajaklah dosen agar bisa memberikan saran terhadap apa yang memang akan Anda pilih. Namun, sebelum melakukan diskusi dengan dosen pembimbing maka Anda harus mempersiapkan daya yang valid ya.

5. Topik Yang Menarik

Jangan salah, ternyata topik yang menarik justru bisa menjadi hal yang sangat cocok Anda pilih. Mengapa demikian? Semakin menarik topik tersebut, maka orang lain akan banyak yang mencarinya. Disinilah, penelitian Anda memiliki manfaat untuk jangka kedepannya.

Semua yang melakukan penelitian tentu ingin topik yang dipilih menarik. Selain itu, pembimbing juga lebih menyukai mahasiswa yang kreatif dan memiliki inovasi tinggi. Termasuk dalam menentukan topik yang dibuat menarik perhatian lingkungan.

Saat ini, tentu sudah banyak sekali topik yang menarik bisa Anda pilih. Mulai dari sektor lingkugan, teknologi, sosial, dan yang lainnya. Cobalah untuk mencari trend yang sedang berkembang saat ini. Dengan begitu, Anda bisa menemukan topik penelitian terbaik Anda.

6. Mengobrol Dengan Mahasiswa Lain

Mengobrol dengan Mahasiswa Lain

Mahasiswa jangan apatis! Serta, alangkah baiknya untuk bisa mengobrol dengan mahasiswa yang lainnya.

Tanpa Anda sadari, hal yang satu ini jelas sangat penting. Karena, dengan mengobrol akan membuat Anda dan orang tersebut bertukar pikiran.

Sudah pasti, akan lebih banyak informasi yang bisa didapatkan. Anda juga bisa menanyakan perihal topik yang akan dipilih untuk penelitian tersebut. Jangan ragu untuk dapat mengobrol dengan mahasiswa yang lain terkait dengan topik pada penelitian.

Pasti, masih banyak yang bingung dalam memilih topik untuk penelitian. Dengan mengobrol bisa saja mendapatkan inspirasi untuk topik pada penelitian tersebut. Mulai sekarang, cobalah untuk mengobrol dengan mahasiswa yang lain bisa teman sekelas atau lainnya.

7. Dapat Dijangkau

Pemilihan topik untuk melakukan penelitian sebaiknya tidak sembarangan. Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu mengenai tempat.

Untuk tempat penelitian, usahakan dapat dijangkau. Jika hal ini menyulitkan, alangkah baiknya untuk dapat mengganti topiknya. Tentunya, hal ini menjadi yang sangat penting.

Kemudahan akses dalam melakukan penelitian merupakan modal utama. Setidaknya, dengan akses yang baik akan membantu dalam proses penelitian. Selama ini, mahasiswa masih bingung mengenai topik untuk penelitiannya.

Lebih baik, untuk dapat memilih penelitian yang memiliki akses mudah. Seperti dapat ditempuh dengan jarak yang pendek dan menggunakan kendaraan pribadi. Jika akses untuk menuju lokasi saja sulit, maka bagaimana Anda bisa mengerjakan penelitian dengan baik?

8. Melakukan Pengembangan Penelitian

Penelitian memang merupakan hal baru yang harus Anda lakukan. Namun, dalam penelitian tersebut juga bisa melalui pengembangan.

Tentunya, banyak sekali hal yang perlu dilakukan pengembangan. Anda bisa mencari banyak sumber penelitian yang terkait dengan bidang Anda.

Seperti untuk mencari jurnal yang cocok dengan penelitian Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencari penelitian yang sudah lama dan membutuhkan update.

Dari sinilah, Anda bisa memanfaatkan untuk mendapatkan topik yang tepat. Jangan sampai, tidak memahami hal ini dan justru berdiam diri begitu saja.

Selain itu, cobalah untuk berkunjung ke perpustakaan dalam mencari banyak jurnal. Kini, tentu sangat tersedia begitu banyak perpustakaan.

Sekarang, Anda hanya perlu melakukan explore untuk mendapatkan banyak referensi pengembangan penelitian. Jadi, kapan Anda bisa memulainya?

9. Pilih Yang Memiliki Banyak Manfaat

Penelitian memang ditujukan agar dapat memiliki manfaat. Sekarang, coba pikirkan apa manfaat dari topik yang Anda pilih?

Jika tidak memiliki manfaat secara luas maka akan percuma saja. Sejatinya, pembuatan penelitian tersebut harus memiliki manfaat yang berarti.

Seperti contoh jika Anda melakukan penelitian di sebuah desa, maka harus memiliki manfaat untuk desa tersebut. Bagaimana mungkin, Anda membuat penelitian yang tidak memiliki manfaat sama sekali? Tentunya, hal tersebut hanya akan membuat penelitian menjadi tidak bermanfaat.

Oleh karena itu, cobalah untuk memperhatikan apa saja manfaat yang bisa diperoleh. Apakah hanya untuk satu daerah saja. Atau, justru memiliki banyak manfaat yang lainnya?

Jika banyak manfaatnya, maka disarankan untuk bisa memilih topik tersebut. Dijamin, pembimbing juga akan setuju dengan topik yang Anda angkat!

10. Landasan Topik

Cara memilih topik penelitian yang baik bisa dilihat melalui landasannya. Atau, dasar mengapa Anda memilih topik penelitian tersebut.

Sebaiknya, untuk topik yang Anda pilih memiliki landasan kuat. Semua data yang berkaitan dengan topik harus dimiliki secara lengkap.

Karena, membuat penelitian tidak seperti membuat tulisan sederhana. Namun, membutuhkan data yang memang sangat akurat.

Termasuk pada bagaimana landasan Anda memilih topik tersebut. Apakah memang topik yang diambil memiliki tujuan,manfaat dan lainnya.

Jika landasan topik tersebut kuat, dapat dipastikan Anda akan didukung secara penuh oleh pembimbing. Sebelum Anda menemui pembimbing pastikan mempersiapkan semuanya.

Termasuk data landasan Anda memilih topik tersebut. Kemudian, presentasikan dan diskusikan secara lanjut mengenai topik yang akan Anda pilih.

Penutup

Topik untuk penelitian memang tidak bisa dipilih secara asal. Alangkah baiknya, Anda memahami beberapa hal diatas sebelum memilih topik untuk penelitian. Sangat penting bagi Anda agar bisa memperhatikan banyak hal sebelum memilihnya.

Cara memilih topik penelitian yang baik sangat perlu Anda pahami secara mendalam. Jangan sampai, menyesal pada akhirnya nanti.

Lebih baik, berjuang sekarang dan bisa merasakan kenyamanan saat mengerjakan penelitian tersebut. Semoga sukses!