13 Cara Mudah Mendapatkan Jurnal Kesehatan Internasional

Jurnal Kesehatan Internasional

Jurnal adalah tempat kumpulan artikel penelitian yang dipublikasikan bagi umum. Jurnal biasanya berupa situs atau portal dalam bentuk website.

Di dalam jurnal terdapat artikel-artikel hasil penelitian yang dipublikasikan tersebut. Jurnal menjadi sangat penting bagi akademisi saat mencari referensi dalam pembuatan karya tulis ilmiah baik itu untuk skripsi, tesis ataupun penelitian lainnya.

Beberapa situs mengkhususkan pada bidang ilmu tertentu untuk memudahkan pencarian. Meski demikian terdapat pula situs yang memiliki jurnal ilmiah dari berbagai bidang ilmu. Cakupan sumber artikelnya pun beragam dari yang hanya menyediakan jurnal berskala nasional hingga internasional.

Tulisan ini khususnya akan membahas mengenai cara mencari jurnal kesehatan internasional.

1. Ovid

Ovid adalah mesin pencari yang terhubung dengan Medline, salah satu data base literatur ilmiah khususnya di bidang kesehatan dan kedokteran terkemuka di dunia.

Ovid memiliki keunggulan berupa kemampuan jangkauan pencarian yang lebih luas dibandingkan mesin pencari sejenis. Kelebihan ini membuat Ovid mampu mencari database lainnya di situs penyedia jurnal ilmiah terkemuka lainnya seperti EMBASE dan Cochrane Database of Systematic Reviews (CDSR).

2. ScienceDirect

Pusat data ilmiah ini menyediakan e-book dan e-journal yang disediakan utamanya oleh Penerbit Elsevier. Sciencedirect menjadi salah satu situs penyedia jurnal internasional yang banyak dipakai oleh perguruan tinggi di seluruh dunia.

Sciencedirect memiliki jutaan artikel dari ribuan jurnal akademik. Banyaknya database yang dimiliki dikarenakan Sciencediret juga dapat digunakan untuk menemukan jurnal melalui portal Springerlink yang dimiliki oleh penerbit Springer.

3. Cochrane Library

Cochrane Library merupakan platform pencarian berbasis langganan namun terdapat beberapa yang dapat diakses secara terbuka dan umum. Jurnal ini terutama memuat artikel yang bermuatan tinjauan sistematis atau meta analisis.

Cochrane Library juga dapat melakukan pencarian pada portal jurnal ilmiah khusus kesehatan dan kedokteran. Jurnal ilmiah khusus jurnal kedokteran yaitu MEDLINE dan EMBASE.

Baca juga: 11 Cara Mencari Referensi Jurnal Terpercaya dengan Mudah

4. Scopus

Hasil Print Jurnal

Scopus adalah pusat data karya tulis ilmiah yang dimiliki oleh penerbit ternama dunia, Elsevier. Meski memiliki banyak literatur ilmiah dari berbagai disiplin ilmu, namun fokus utama Scopus adalah pada empat bidang.

Bidang tersebut yaitu ilmu fisika dan teknik, ilmu kesehatan, biologi dan ilmu sosial atau humaniora. Melihat fokusnya, maka situs ini layak untuk menjadi salah satu cara mencari jurnal kesehatan internasional yang paling efektif.

Scopus memiliki lebih banyak jurnal ilmiah dibandingkan dengan situs lainnya. Hal ini karena Scopus dalam layanannya juga berinteraksi dengan EMBASE dan MEDLINE sebagai situs layanan utamanya di bidang kesehatan dan kedokteran.

5. Web of Science

Web of Science merupakan mesin pencari jurnal ilmiah pada penerbit Thomson Reuters. Mesin pencari ini memiliki keunggulan kemampuan untuk mendapatkan artikel ilmiah kedokteran yang sedang menjadi tren saat ini. Cukup dengan menuliskan protokol (“protocol”) atau pedoman (“guidelines”) dalam kolom pencarian.

6. PubMed

Pubmed merupakan mesin pencari yang paling populer digunakan dalam mencari jurnal kedokteran saat ini. Mesin pencari ini memiliki keunggulan berupa penyediaan layanan tidak berbayar. Keunggulan lainnya adalah sumber jurnal kedokteran yang terdapat di dalamnya dikelola oleh United States National Health’s National Library of Medicine (NLM).

Pubmed juga dapat digunakan untuk mencari jurnal pada MEDLINE dan jaringan NLM lainnya seperti MedlinePlus. Proses pencarian melalui Pubmed juga dimudahkan dengan menu MeSH (judul teks subjek kedokteran) sebagai filter untuk menemukan artikel jurnal tertentu.

7. Researchgate

Proses pencarian pada portal ini cukup mengetikkan kata kunci untuk memulai pencarian. Namun demikian, terdapat beberapa artikel yang tidak dapat diunduh secara utuh.

Untuk itu Anda harus membuat akun yang dapat dibuat secara gratis. Setelah memiliki akun, Anda dapat mengajukan permintaan unduh kepada pemilik artikel melalui menekan tombol Request Full Text.

Keunggulan Researchgate adalah tersedianya sarana diskusi oleh para peneliti dan ilmuwan dari seluruh dunia. Portal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memerlukan referensi umumnya pada jenjang Pendidikan S1 dan S2.

Baca juga: 7 Tips Terbaik Mendapatkan Beasiswa Kuliah Kedokteran di Luar Negeri

8. Google Scholar

Mesin pencari ini sangat dikenal digunakan kalangan pelajar dan mahasiswa. Proses pencariannya yang mudah membuat Google Scholar banyak digunakan sebagai cara mencari jurnal Kesehatan internasional maupun nasional.

Kelebihan Google Scholar adalah situs ini menyediakan layanan gratis. Selain itu jenis karya ilmiah yang tersedia juga beragam dari tesis, paper, e-book, jurnal, artikel dan literatur ilmiah lainnya.

9. EBSCO

Situs bernama lengkap EBSCO information services ini menyediakan layanan bagi perpustakaan dan lembaga penelitian. Produk yang dihasilkannya berupa e-book, e-journal dan database ilmiah lainnya.

Situs penyedia jurnal ilmiah yang satu ini memiliki artikel-artikel yang berasal dari berbagai disiplin ilmu. Keunggulannya adalah memiliki kerjasama yang baik dengan banyak penerbit terkemuka.

Dengan keunggulan ini memudahkan penyediaan karya tulis yang mungkin belum terdapat di situs layanan sejenis. EBSCO juga sangat mudah untuk digunakan. Pengguna EBSCO tidak memerlukan pelatihan khusus karena fitur dan menu EBSCO yang sangat memudahkan.

10. ProQuest

Jurnal Elseveir

Proquest menyediakan jurnal-jurnal berbobot internasional dengan jumlah hingga milyaran halaman tulisan berskala internasional.

Situs ini berisikan ribuan jurnal dari berbagai bidang ilmu yang dikemas dalam bentuk grafis dan PDF. Kelebihan Proquest adalah Anda dapat mengunduh jurnal dengan mudah dan mengirimnya via email ke pihak lain.

11. Academia.edu

Situs ini cukup dikenal di kalangan peneliti maupun mahasiswa perguruan tinggi dikarenakan sifatnya yang mirip jejaring sosial khusus bagi kalangan akademisi. Layaknya jejaring sosial, situs ini dapat Anda manfaatkan untuk mengikuti seseorang yang Anda minati bidang kelimuannya.

Anda dapat terlibat aktif dalam aktivitas penelitian di dalamnya dengan membuat akun terlebih dahulu untuk akses layanan lainnya. Apabila Anda membutuhkan cara mendapatkan jurnal kesehatan internasional sekaligus berinteraksi dengan peneliti dan akademisi lain di luar negeri dengan cara menyenangkan, maka Academia.edu adalah pilihan yang tepat.

12.Microsoft Academic

Situs ini dapat diakses melalui link https://academic.microsoft.com/. Cara mencari jurnal yang Anda butuhkan pun cukup mudah. Cukup dengan mengetikkan kata kunci yang Anda butuhkan pada kolom yang telah disediakan.

Academi.edu juga memudahkan kebutuhan artikel yang Anda butuhkan melalui penyediaan artikel berbahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggris.

Baca juga: 7 Info Lengkap tentang SINTA2

13. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

Situs ini memiliki direktori jurnal dan artikel dengan akses yang terbuka alias tidak berbayar. Selain itu dimungkinkan interaksi anata peneliti dan penulis di dalamnya yang membuat situs ini menjadi sangat aktif dan dinamis.

Indeksasi DOAJ merupakan salah satu situs yang diakui oleh dua Lembaga penilai jurnal nasional yaitu Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekditi) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Penutup

Perlu Anda ingat, jurnal yang berkualitas tidak didapatkan di sembarang tempat. Situs-situs di atas dapat menjadi panduan Anda sebagai cara mencari jurnal kesehatan internasional yang Anda butuhkan.

Tiada lagi alasan kesulitan dalam mendapatkan artikel ilmiah bereputasi internasional. Mainkan jari Anda untuk membuka luasnya cakrawala pengetahuan di dalam layar monitor Anda.