9 Cara Menghilangkan Rasa Takut Pada Dosen

cara menghilangkan rasa takut pada dosen

Adanya rasa takut bisa saja terjadi pada semua orang. Termasuk pada mahasiswa yang takut kepada dosen. Tentunya, bermacam alasan yang menyebabkan mahasiswa takut kepada dosen.

Sejatinya, dosen tidaklah menakutkan seperti yang dipikirkan. Hanya saja, memang setiap dosen juga memiliki sifatnya masing-masing. Anda harus tahu cara menghilangkan rasa takut pada dosen yang tepat.

Rasa takut yang terlalu berlebihan kepada dosen tentu sangat tidak baik. Karena, hal ini akan membuat pembelajaran Anda menjadi terganggu. Alangkah baiknya, untuk rasa takut tersebut bisa dihilangkan secara perlahan.

Memang, tidak mudah untuk melakukan hal tersebut. Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk menghilangkan rasa takut. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan rasa takut pada dosen? Yuk, ketahui lebih jelasnya pada artikel di bawah ini.

Untuk Anda yang merasakan rasa takut berlebihan pada dosen, sebaiknya bisa dikurangi. Berikut ini beberapa caranya:

1. Pahami Apa Yang Membuat Takut

Langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu dapat memahami terlebih dahulu apa yang membuat Anda merasa takut.  Tentunya, banyak sekali penyebab dari timbulnya rasa takut. Seperti kurangnya rasa percaya diri ataupun yang lainnya.

Sudah pasti, Anda yang lebih memahami mengenai hal ini. Namun, penyebab yang paling banyak terjadi yaitu karena kurang percaya diri.

Rasa percaya diri yang terdapat pada tubuh memang terkadang bisa saja hilang. Jika hal tersebut sudah hilang, dapat dipastikan hanya tinggal rasa takut saja yang tersisa.

Jika Anda kehilangan percaya diri, maka kuatkanlah diri. Jangan justru dijadikan alasan untuk membuat rasa takut menjadi lebih tinggi. Karena, hal ini akan membuat takut menjadi lebih tinggi.

2. Berpikir Positif

Mengapa Anda takut dengan dosen? Mungkin, karena Anda terlalu memikirkan hal yang negatif. Tentunya, hal tersebut akan sangat mengganggu. Untuk itu, lebih baik Anda berpikir positif.

Jika Anda berpikir negatif, tentu hanya akan memikirkan hal yang kurang menyenangkan nantinya. Padahal, pikiran Anda belum tentu benar.

Bisa jadi, dosen justru berbuat hal yang menyenangkan bagi Anda. Apakah bisa menebak hal tersebut? Tentu tidak! Jadi, alangkah baiknya untuk tetap berpikir positif.

Karena, pikiran yang positif membuat Anda menjadi lebih berpikiran jernih. Mulai sekarang, hilangkan pikiran negatif dan mulailah dengan pikiran positif!

Baca juga: 10 Cara Terbaik Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

3. Tetap Rileks

Untuk menghilangkan rasa takut kepada dosen, cobalah untuk tetap rileks. Karena, jiwa yang rileks akan sangat membantu menghilangkan rasa takut.

Sebagaimana diketahui, rileks menjadi salah satu penyebab munculnya rasa takut. Untuk itu, sangat diperlukan agar bisa membuat diri menjadi lebih rileks.

Diri yang rileks akan membuat hati dan jiwa menjadi lebih kuat. Kenyamanan juga sangat diperlukan sebelum melakukan komunikasi dengan dosen.

Alangkah baiknya untuk bisa membuat diri menjadi rileks terlebih dahulu. Jika sudah, barulah Anda berkomunikasi dengan dosen. Dijamin, rasa takut akan hilang!

4. Berdoa Terlebih Dahulu

Jangan lupa, untuk segala sesuatu yang Anda kerjakan alangkah baiknya untuk berdoa terlebih dahulu. Karena, dengan berdoa kepada Tuhan YME maka akan dapat membuat rasa percaya diri Anda menjadi lebih tinggi. Hal seperti inilah yang memang seharusnya dipahami oleh banyak orang.

Dengan berdoa, juga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Ketenangan sangat diperlukan untuk membuat rasa takut pada dosen menjadi hilang.

Selalu berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas. Termasuk sebelum bertemu dengan dosen. Selalu berharap untuk pertemuan bahwa hasilnya baik.

5. Tampil Dengan Maksimal

Cara menghilangkan rasa takut bisa dengan memperbaiki penampilan. Penampilan yang baik akan membuat rasa percaya diri Anda menjadi lebih tinggi.

Dari sinilah, Anda bisa mendapatkan rasa percaya diri yang lebih tinggi. Untuk itu, sangat direkomendasikan agar bisa memberikan penampilan yang maksimal.

Cobalah untuk mandi, memakai wangi-wangian, jika perlu menggunakan skincare terbaik Anda. Buat diri Anda sebaik mungkin untuk penampilannya.

Setelah itu, cobalah untuk bisa memahami apakah sudah pantas untuk bertemu dengan dosen. Jika dirasa sudah cukup, sebaiknya Anda bisa langsung bertemu pada dosen.

6. Tatap Mata Lawan Bicara Anda

Jika Anda merasakan takut saat sedang berkomunikasi, maka cobalah untuk menatap mata lawan bicara. Karena, dengan menatap mata tersebut membuat Anda menjadi lebih paham. Tentunya, agar komunikasi yang dijalin juga menjadi lebih baik.

Sebagaimana seharusnya, untuk komunikasi tentu dapat dilakukan dengan bertatap muka. Mulailah untuk menatap mata dari lawan bicara Anda. Seperti jika dosen, maka tataplah mata dari dosen. Kemudian, lakukan komunikasi dengan baik.

Segala penyampaian sebaiknya dilakukan dengan sopan. Kondisi mata tetap menatap penuh arti. Dengan begitu, Anda tidak akan takut untuk berkomunikasi dengan dosen.

7. Jangan Terpengaruh Orang Lain

Selama ini, banyak mahasiswa yang terpengaruh terhadap orang lain. Contoh kecil, yaitu banyak mahasiswa yang mengatakan bahwa dosen tersebut galak. Padahal, belum tentu hal itu benar. Jadi, Anda tidak boleh terpengaruh sepenuhnya.

Boleh saja, mengetahui informasi bahwa dosen tersebut galak. Tetapi, jangan diambil semua informasi tersebut jika Anda belum membuktikannya. Alangkah baiknya agar tidak terpengaruh terhadap orang lain.

Tetapi, yakinkan diri Anda untuk bisa mengerjakannya dengan serius. Semua hal yang diinformasikan oleh orang lain, hanya sebagai tambahan saja. Maka, Anda tidak akan takut lagi untuk bertemu dengan dosen.

8. Tidur Yang Cukup

Apakah Anda sering begadang malam hari? Jika YA, bisa jadi hal ini menjadi penyebabnya. Karena, tidur yang kurang sangat berpengaruh untuk membuat rasa takut.

Sebenarnya, hal ini muncul karena Anda tidak bisa konsentrasi dengan baik. Jadi, saat berbagai macam pikiran datang justru tidak bisa dilakukan dengan tepat.

Untuk itu, solusinya cobalah untuk beristirahat dengan baik. Berikan waktu yang cukup untuk Anda tidur. Setidaknya, untuk tidur yang baik yaitu 8 jam setiap harinya.

Dengan begitu, dapat dipastikan tubuh Anda akan menjadi lebih baik. Daya konsentrasi juga lebih meningkat dengan baik.

9. Gunakan Aromaterapi

Rasa takut berlebihan membuat tubuh menjadi kurang rileks. Keringat berlebih, tekanan tinggi dan lainnya. Untuk mengatasi semua hal tersebut, maka bisa menggunakan aromaterapi.

Aroma yang dihasilkan dari aromaterapi tentu sangat bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Terutama, bagian tubuh yang tegang akan menjadi lebih santai.

Apakah hal ini penting? Tentunya! Karena, dengan tubuh yang rileks membuat Anda menjadi lebih santai dan siap menjalani berbagai macam keperluan.

Untuk itu, cobalah membawa aromaterapi setiap saat. Terutama, jika Anda sedang dalam rasa takut yang tinggi. Maka, gunakan saja aromaterapi tersebut.

Penutup

Nah, itulah cara menghilangkan rasa takut pada dosen. Sejatinya, dosen tidaklah menakutkan seperti yang ada di banyak pikiran mahasiswa. Justru, dosen bisa menjadi teman dalam proses pembelajaran.

Dengan menggunakan cara di atas, dijamin Anda akan lebih percaya diri untuk bertemu dengan dosen. Semoga bermanfaat!