10 Cara Mengisi Liburan yang Bermanfaat untuk Mahasiswa

Kegiatan Liburan

Bagi mahasiswa, liburan tentu menjadi hal yang sangat ditunggu. Setelah penat melakukan perkuliahan yang sangat terasa lelah, maka liburan adalah waktu yang sangat dinantikan.

Terutama, saat liburan semester dengan waktu libur yang cukup lama. Mungkin, banyak mahasiswa yang melakukan liburan dengan pulang ke kampung halamannya.

Tetapi, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah memanfaatkan liburan dengan baik? Banyak dari mahasiswa yang hanya liburan dirumah saja.

Tentunya, hal ini sangat tidak menyenangkan. Sementara, hari semakin hari terus berjalan.

Lalu, bagaimana cara mengisi liburan yang bermanfaat untuk mahasiswa?  Simak selengkapnya pada artikel ini.

1. Kerja Paruh Waktu

Part time, atau kerja paruh waktu bisa membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan.  Karena, dengan kerja paruh waktu ini Anda bisa mendapatkan penghasilan. Banyak dari Anda yang berpikir bahwa uang yang dihasilkan tidak terlalu banyak.

Namun, apakah Anda sudah memikirkan bagaimana Anda menjalani liburan semester tersebut? Umumnya, liburan semester akan berlangsung kurang lebih 2 Bulan. Selama itu, bukankah Anda ingin menjalani hal yang lebih bermanfaat dibandingkan hanya rebahan saja.

Banyak sekali pekerjaan paruh waktu yang bisa Anda pilih. Sebagai contoh, menjadi penulis, barberman,  dan lainnya.

Atau, yang sesuai dengan kesukaan Anda. Karena, akan lebih menyenangkan jika Anda melakukan pekerjaan yang disukai.

2. Mencoba Berbisnis

Ya, cara mengisi liburan yang bermanfaat untuk mahasiswa selanjutnya bisa dengan mencoba berbisnis. Apakah menjalankan bisnis harus membutuhkan modal besar?

Di era sekarang ini, hal tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Terpenting, Anda harus bisa berpikir out of the box.

Pikirkan tentang hal yang dibutuhkan oleh konsumen. Banyak sekali pilihan untuk berbisnis yang bisa Anda coba.

Mulai dari food, fashion, automotive, sport dan lainnya. Terlebih, sangat cocok jika disesuaikan dengan hobi Anda sendiri.

Dalam mencoba berbisnis memang tidaklah mudah. Setidaknya, Anda membutuhkan pengalaman untuk memulainya. Tetapi, apakah bisa memulai bisnis dari 0? Tentu bisa!

Tidak ada hal yang tidak mungkin terjadi. Selalu berusaha untuk memulainya dengan semangat dan kerja keras. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan waktu lebih baik.

Baca juga: 10 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa yang Bisa Anda Coba

3. Intership Di Perusahaan

Sudah seharusnya, Anda memanfaatkan liburan dengan sebaik mungkin. Salah satu caranya, yaitu dengan mencoba untuk magang di perusahaan.

Baca juga: 10 Tempat Magang Mahasiswa Manajemen dengan Kualitas Terbaik

Jangan ragu untuk melakukan hal ini! Karena, banyak para mahasiswa yang sukses berasal dari sini.

Anda tidak perlu bingung untuk menemukan tempat yang cocok magang dimana. Karena, saat ini sudah begitu mudah mencari informasi untuk tempat magang. Sesuaikan dengan jurusan Anda dimana sedang menjalankan kuliah.

Dengan begitu, tentu akan menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan. Dibandingkan, Anda hanya berdiam diri dan tiduran saja dirumah.

Banyak sekali pengalaman dan pembelajaran yang bisa Anda dapatkan. Bahkan, Anda juga bisa memperoleh uang saku dari perusahaan. Sangat menarik bukan?

4. Melakukan Penelitian

Seorang mahasiswa memang dituntut untuk aktif dalam banyak hal. Termasuk, untuk penelitian yang sedang dilalui.

Jika Anda bingung untuk mengisi waktu luang, tidak ada salahnya dengan melakukan penelitian. Ajaklah dosen Anda untuk bergabung sebagai tim dalam penelitian.

Manfaat waktu liburan ini untuk lebih baik dalam melakukan penelitian. Setidaknya, waktu 2 bulan Anda bisa menyelesaikan 1 penelitian yang besar. Ini akan menjadi proyek besar sebagai CV Anda nantinya setelah lulus perkuliahan.

Menariknya lagi, waktu yang bebas ini bisa Anda manfaatkan untuk mengerjakannya kapanpun. Atau, jika Anda melakukan penelitian kecil-kecilan tentu bisa mendapatkan beberapa hasil. Tentunya hal ini sangatlah bermanfaat dibandingkan Anda tidur di kost.

Baca juga: 9 Cara Menyusun Judul Penelitian yang Cocok bagi Mahasiswa

5. Menulis Buku

Menulis Buku

Hal menarik dan bermanfaat yang bisa Anda lakukan saat libur kuliah yaitu dengan menulis buku. Tidak ada yang tahu, bahwa menulis buku memberikan keuntungan luar biasa.

Karena, inilah investasi yang menurut Anda kecil ternyata sangat menguntungkan. Cara mengisi liburan yang bermanfaat untuk mahasiswa dengan menulis buku tentu lebih direkomendasikan.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang rajin membaca, maka menulis buku tentu tidak membosankan. Justru, inilah yang mungkin menjadi keinginan Anda selama ini.

Hanya saja terkendala dengan waktu. Sekarang, Anda bisa memulai hal tersebut untuk diwujudkan.

Dengan menulis buku, hal ini juga akan memberikan ilmu dan manfaat untuk bisa dibagikan. Selain itu, jika buku ini dijual Anda bisa mendapatkan profit.

Kini, menjual buku tidak sesulit yang Anda pikirkan. Anda bisa menjualnya di google play book untuk mempermudah penjualan.

6. Mempelajari Hal Yang Baru

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan dengan mempelajari hal baru. Mempelajari hal baru menjadi keharusan.

Karena, apa gunanya Anda selama ini menjalankan kuliah jika hanya mengandalkan teori dosen saja? Jika Anda tidak memiliki waktu saat kuliah, disinilah bisa dilakukan.

Manfaatkan waktu liburan untuk bisa explore lebih jauh. Terutama, yang berkaitan dengan jurusan Anda.

Jadi, bisa dimanfaatkan untuk memperoleh ilmu agar Anda lebih bermanfaat. Justru, inilah yang dibutuhkan oleh para mahasiswa.

Waktu yang ada sudah seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik. Jangan sampai, hanya bisa bangun, makan, tidur begitu saja.

Namun, manfaatkan untuk mempelajari hal yang baru. Ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan ilmu.

7. Traveling

Semua orang tentunya sangat menyukai kegiatan ini. Berlibur bukan hanya tidur di rumah dan santai saja.

Cobalah untuk berlibur ketempat yang menurut Anda menarik dan cantik. Setelah lelah di bangku perkuliahan, maka Anda bisa melakukan perjalanan liburan.

Anda bisa berlibur ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Untuk berlibur ini, bisa bersama dengan keluarga, pasangan atau teman dan saudara. Semuanya bisa Anda ajak saat mereka juga memiliki waktu untuk liburan.

Sebenarnya, untuk berlibur sendiri tidak perlu uang yang banyak. Terpenting, bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih fresh.

Lalu, bisa memperoleh liburan dengan harga terjangkau dan menyenangkan. Terutama, Anda juga bisa mencoba perjalanan liburan dalam beberapa minggu. Tentu, sangat menyenangkan ya!

8. Mengikuti Kursus

Tidak jarang, banyak dari mahasiswa yang ingin meningkatkan skill dirinya sendiri. Waktu dalam menjalankan perkuliahan, tentu dirasa kurang dan belum bisa melakukan hal tersebut. Sekarang, Anda bisa mengisi liburan untuk mengikuti kursus.

Untuk kursus yang Anda ikuti sendiri bisa sesuai dengan keinginan. Seperti pelatihan coding, TOEFL, atau yang lainnya.

Karena, dalam mengikuti kursus ini jelas membutuhkan waktu. Tidak hanya beberapa hari saja. Bahkan, bisa beberapa minggu untuk mendapatkan sertifikat dan Anda dinyatakan lulus.

Untuk itu, cobalah agar bisa mengikuti kursus ini. Dengan mengikuti kursus, maka bisa meningkatkan kemampuan diri agar menjadi lebih baik.

Baca juga: 10 Contoh Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa

9. Menjadi Relawan

Apakah Anda seorang yang memiliki jiwa sosial tinggi? Jika ya, mari manfaatkan waktu luangmu untuk hal yang lebih bermanfaat.

Saat ini, banyak sekali masyarakat yang membutuhkan bantuan Anda. Jika Anda memiliki banyak waktu luang, maka bisa bergabung dengan para team relawan.

Permasalahan tentang bencana memang harus diselesaikan secara bersama-sama. Menjadi relawan jelas memiliki manfaat yang begitu baik. Terutama, untuk membantu masyarakat yang terkena bencana tersebut agar bisa kembali pulih.

Bagaimana caranya menjadi relawan? Anda bisa bergabung dengan beberapa team relawan terbuka.

Mereka siap menerima Anda untuk membantu seluruh proses penanganan bencana. Dibandingkan kegiatan Anda kurang bermanfaat, lebih baik menjadi relawan ya!

10. Bertemu Dengan Banyak Teman

Layaknya seorang “pengacara” (pengangguran banyak acara), mahasiswa bisa bertemu dengan banyak teman. Sebenarnya, apa pentingnya memiliki banyak teman? Anda tidak akan tahu, bahwa teman bisa saja menjadi jalan rejeki kehidupan Anda.

Tidak heran, jika banyak orang yang berkata “ Banyak teman, pasti akan banyak rejeki”.  Untuk itulah, relasi sudah harus Anda bangun.

Cobalah untuk bertemu dengan teman-teman Anda di rumah. Manfaatkan waktu libur Anda untuk bisa menjumpai mereka semua. Teman yang baik tidak akan melupakan temannya sampai kapanpun.

Ajaklah mereka untuk bisa bertemu dan bersantai bersama. Mengobrol satu sama lainnya dan mendapatkan informasi.

Disinilah, biasanya informasi menarik tersebut datang dan tidak akan Anda sangka. Jadi, ada baiknya Anda mulai jalin relasi dan perkuat saat memiliki waktu libur.

Penutup

Beberapa cara mengisi liburan yang bermanfaat untuk mahasiswadiatas tentu sangat bisa Anda coba. Terutama, untuk membuat liburan Anda menjadi lebih bermanfaat lagi. Banyak mahasiswa yang bingung ingin melakukan kegiatan apa saat liburan.

Sekarang, Anda bisa mencoba beberapa cara diatas. Sudah pasti, liburan Anda akan menjadi lebih menyenangkan. Jangan sampai, Anda hanya rebahan dirumah saja.

Ayo, gunakan waktu liburan ini untuk lebih bermanfaat lagi! Dan silahkan bagikan artikel ini. Agar teman-teman Anda yang saat ini sedang liburan mendapatkan manfaat.