9 Cara Menyusun Judul Penelitian yang Cocok bagi Mahasiswa S1

Menyusun Judul Penelitian

Judul penelitian sangat penting sebelum membuat isi penelitian. Judul memuat atau meliputi dan menggambarkan isi penelitian yang akan dilakukan.

Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan judul yang singkat, efektif, serta menggambarkan penelitian tersebut. Seseorang akan mengetahui isi sebuah penelitian dengan melihat judulnya terlebih dahulu.

Cara menyusun judul penelitian perlu diperhatikan demi sempurnanya laporan penelitan yang telah dilakukan. Jangan membuat judul yang tidak relevan dan tidak menggambarkan penelitian, karena setiap orang akan mengerti isi penelitan dari judulnya terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menyusun judul penelitian yang baik dan benar. Berikut ulasannya:

1. Disesuaikan dengan Topik Penelitan

Jika Anda sudah memiliki topik penelitian yang akan dilakukan maka cara menyusun judul penelitian lebih mudah. Ini lebih baik dibandingkan jika Anda belum memiliki topik sama sekali.

Namun jangan salah kaprah, topik ini tidak sama dengan judul. Topik merupakan pokok permasalahan yang akan dijadikan sebagai objek penelitian atau objek pembahasan yang akan dibahas di karya ilmiah.

Judul sendiri diartikan sebagai kepala karangan dan diawali dengan penetapan masalah yang akan diangkat dalam penelitian tersebut. Di akhir kegiatan, terkadang judul bisa saja diubah mengikuti isi atau topik yang dibahas pada penelitian.

Penetapan judul di awal biasanya bersifat sementara dan pemantapannya berada di akhir penelitian. Judul ini berupa kalimat pernyataan dan terdiri dari kata-kata yang jelas, singkat, deskriptif, dan tidak berlebihan.

2. Melihat Referensi dari Judul Penelitan Terdahulu

Apabila Anda kesulitan dalam membuat judul penelitian karena baru pertama kali membuatnya dan belum terbiasa, referensi sangat diperlukan. Anda bisa melihat referensi berdasarkan judul atau topik penelitian yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan.

Cara ini terbukti ampuh untuk menentukan judul penelitian. Temukan judul-judul penelitian di perpustakaan kampus sendiri atau kampus lain. Selain mengunjungi perpustakaan secara offline dengan melihat-lihat bentuk fisiknya, Anda juga bisa memanfaatkan media online.

Kunjungi berbagai portal penyedia jurnal gratis untuk menemukan berbagai macam judul penelitian. Temukan judul-judul penelitian yang relevan dengan topik yang akan diangkat di penelitian. Jika sudah mendapatkan judul yang sesuai, pastikan kembali bahwa judul tersebut tidak sama persis dengan judul orang lain.

3. Temukan Latar Belakang Masalah

Apabila Anda belum memiliki topik permasalahan yang akan diangkat sebagai judul, jangan pikirkan judul terlebih dahulu. Lebih baik Anda pikirkan tentang topik permasalahan yang akan diangkat, baru setelah itu bisa masuk ke penentuan judul.

Hal ini dikarenakan judul penelitian merupakan gambaran tentang penelitian yang akan dilakukan. Jika masalah sulit ditemukan, awali dengan lingkungan sekitar karena sebenarnya masalah ada di dekat Anda. Misalnya jika Anda merupakan mahasiswa atau ingin membuat penelitian dengan ruang lingkup teknik informatika.

Anda bisa memulainya dengan kesempatan untuk membuat digitalisasi sistem manual agar lebih efektif dan efisien. Misalnya pembuatan aplikasi mengenai kehadiran mahasiswa dan dosen.

Hal ini diperlukan agar tidak lagi menggunakan kertas secara manual untuk mengurangi penggunaan kertas. Begitu selanjutnya untuk topik yang lain.

Baca juga: 8 Manfaat Menyusun Rancangan Penelitian yang Perlu Anda Ketahui!

4. Tentukan Sumber Data yang Diambil

Sumber data merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dalam sebuah penelitian. Setiap penelitian tentu akan memiliki sumber data yang berbeda. Ini menjadi acuan supaya tetap fokus dalam satu pembahasan dan tidak melebar.

Sumber data ini bisa berupa tempat dimana penelitian tersebut dilakukan, buku, hingga simbol atau bangunan. Atau bahkan sekumpulan masyarakat yang menjadi sorotan pada penelitian. Apabila sumber data sudah ditemukan, maka pembuatan judul akan lebih mudah ditentukan.

Misalnya penelitian Anda mengangkat isu di bidang teknik informatika, terdapat beberapa sumber data seperti pembuatan aplikasi, pengembangan sistem informasi, pembuatan jaringan, dan lain-lain. Pilih salah satu dari beberapa pilihan tersebut untuk ditetapkan di judul penelitan.

5. Fokus pada Sasaran yang Dituju

Fokus target

Jika sumber data sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah Anda harus fokus pada sasaran yang akan dituju dalam penelitian tersebut. Sasaran ini dipengaruhi oleh isu penelitian dan sumber data yang bersinergi bersama.

Misalnya apabila Anda ingin meneliti tentang sistem ekstrakulikuler yang ada di sekolah di wilayah tertentu. Hal ini tentu akan berdampak pada lingkungan siswa, kinerja guru pengajar, hingga tingkat produktivitas di tahap tertentu.

Contoh judul penelitian di sini bisa ditambahkan sasaran yang dituju. Sasaran ini penting agar penelitan yang Anda lakukan bisa berjalan.

Penelitian dilakukan seiring dengan isu, sumber data dan dampak yang mungkin timbul dari komunitas atau fase tertentu. Sehingga, mulailah dari sekarang untuk menentukan sasaran yang akan dituju.

6. Mengembangkan Penelitian yang Sudah Ada

Apabila Anda sudah tidak memiliki ide lagi untuk menentukan judul penelitian atau judul skripsi, maka bisa melakukan kajian terhadap penelitian terdahulu. Langkah ini memungkinkan penelitian yang dikaji masih memiliki ruang untuk dapat dikembangkan.

Cara ini bisa membuat Anda tidak repot untuk menentukan judul penelitian. Karena hanya perlu melanjutkan penelitian terdahulu yang sebelumnya sudah dikerjakan oleh orang lain.

Walaupun melanjutkan penelitian milik orang lain, Anda tidak perlu khawatir tentang orisinalitas penelitian. Pengembangan penelitian ini bukan berarti tindakan plagiat selagi Anda masih berada di koridor penulisan karya ilmiah yang berlaku.

Tentukan penelitian mana yang masih memiliki ruang untuk dapat dikembangkan lagi agar lebih sempurna. Diskusikan ini dengan pembimbing Anda.

7. Merumuskan Judul Penelitian

Cara menyusun judul penelitian harus menarik minat peneliti. Hal ini dikarenakan akan memotivasi mereka melakukan penelitian lebih lanjut.

Lalu judul juga harus mampu dilaksanakan oleh peneliti. Karena judul yang mudah dilaksanakan oleh peneliti bisa memperlancar proses penelitian dan tidak ada hambatan serta permasalahan.

Kemudian judul juga jangan sama persis dengan judul penelitian terdahulu yang topiknya sama. Ketika Anda hendak menentukan judul penelitian, harus meliputi data yang lengkap agar bisa memudahkan peneliti untuk melaksanakan penelitiannya.

 Judul juga harus dibuat singkat serta konsisten dengan rumusan masalah dan menggambarkan isi penelitian secara keseluruhan. Misalnya jenis dan sifat penelitian, subjek penelitian, objek penelitian, tempat penelitian, dan kapan penelitian tersebut dilakukan.

8. Harus Menerapkan Judul yang Baik dan Benar

Judul skripsi harus berisi variabel-variabel yang akan diteliti dan harus memperhatikan pendekatan secara kuantitatif atau kualitatif. Judul harus mengandung satu atau dua variabel yang akan dilakukan dalam penelitian. Hal ini dikarenakan bahwa judul harus menggambarkan isi penelitian secara keseluruhan.

Judul penelitian yang baik adalah menggunakan kalimat pernyataan agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Dengan memperhatikan beberapa tata cara di atas, maka Anda bisa membuat judul yang baik dan benar sebagai judul penelitian yang akan digunakan oleh orang banyak.

Buatlah judul yang menarik sehingga orang-orang tertarik untuk menjalankan penelitian yang Anda lakukan. Serta gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan gunakan kata-kata tidak baku dan kata singkatan yang tidak ada dalam kamus besar bahasa Indonesia.

9. Penyusunan Judul Penelitian

Cara menyusun judul penelitian harus disesuaikan dengan topik masalah, tujuan penelitian untuk membuktikan teori serta variabel-variabelnya. Judul penelitian umumnya terdiri dari kata yang mewakili tujuan penelitian seperti pengaruh, efektifitas, dan hubungan.

Lalu ada variabel satu dan variabel dua, fokus materi yang akan diteliti serta objek yang akan diteliti. Sebelum membuat judul, pastikan bahwa Anda sudah memiliki kerangka di atas terlebih dulu.

Dalam membuat judul, Anda perlu mengetahui unsur-unsur yang ada di latar belakang seperti masalah yang diangkat, serta solusinya dengan dukungan teori yang relevan. Apabila kedua unsur tersebut sudah diketahui, maka tambahkan data objek penelitian Anda.

Hal ini membuat judul bisa menjadi ringkas dan singkat. Juga judul menjadi jelas tanpa harus panjang karena nanti akan dijelaskan lebih lanjut di latar belakang masalah.

Penutup

Demikianlah beberapa langkah atau cara menyusun judul penelitianyang bisa Anda ketahui dan lakukan. Untuk rekonstruksi judulnya sendiri, Anda hanya perlu memadukan masalah inti penelitian, sumber data, dan sasaran yang ditetapkan.

Contohnya jika masalah yang akan diangkat yaitu media sosial dan bisnis, sumber datanya berupa facebook, dan sasarannya berupa minat jual beli HP bekas di kota tertentu. Maka Anda bisa memadukan dari ketiganya.

Semoga ini bermanfaat. Silahkan bagikan artikel ini, agar mahasiswa yang akan membuat skripsi terbantu karena dapat mengetahui cara menyusun judul penelitian. Dengan ini, tentunya proses selanjutnya yaitu pembuatan skripsi dapat lebih mudah.