Mengenal Lebih Dekat IPMI International Business School

Logo IPMI

Saat ini, kesempatan mendapatkan pendidikan khusus bisnis sangat terbuka lebar. Berbagai universitas mulai yang berskala nasional hingga internasional sudah tersebar di tanah air. Beberapa di antaranya bahkan sudah menjalin kerjasama dengan pihak perguruan tinggi luar negeri untuk meningkatkan mutu pendidikannya.

Salah satu kampus yang dikenal karena kualitasnya dan diminati oleh banyak calon mahasiswa adalah IPMI International Business School. Universitas yang berlokasi di Jl.Rawajati Timur I/1, Kalibata, Jakarta Selatan. Selain itu, IPMI juga dikenal sebagai perguruan tinggi pertama di Indonesia dalam hal penyelenggaraan program MBA internasional.

Berikut adalah fakta mengenai institusi yang bernaung di bawah Yayasan Pengembangan Manajemen Indonesia ini.

Metode Pendidikan

Layaknya Harvard Business School sebagai acuan, IPMI menekankan kepada pengkajian kasus-kasus bisnis global. Bersumber dari studi kasus pada Harvard, INSEAD dan IPMI sendiri, mahasiswa didorong untuk memiliki kemampuan analitis kritis disertai dengan pengambilan keputusan yang tepat dalam setiap permasalahan manajemen dan bisnis.

Pengajar di IPMI memiliki latar tidak hanya akademisi, namun juga praktisi di dunia profesional dan eksekutif di tanah air. Hal ini sebagai upaya menjadikan studi kasus yang tidak hanya berbasis teori tetapi juga implementasi nyata di lapangan. Dengan kondisi pengajar tersebut, mahasiswa IPMI akan mendapatkan pengayaan ilmu dan pengetahuan secara komprehensif dan terintegrasi.

Meski IPMI memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan pencapaian tujuan pendidikan, namun demikian IPMI tetap mengikuti standar kurikulum perguruan tinggi nasional yang ditetapkan pemerintah. Hal ini menjadikan mahasiswa IPMI sebagai subjek pendidikan tidak akan lepas dari pembelajaran yang juga bersifat nasional. Karena lulusan IPMI diharapkan akan menjadi pribadi unggul yang juga mengutamakan kepada etika dan budaya bangsa dalam kiprahnya di dunia internasional.

Hal yang bersifat nasionalisme ini sangat penting. Selain untuk menjaga kontribusi lulusannya kepada bangsa dan negara khususnya, juga sebagai identitas profesional dan eksekutif tanah air yang berkiprah di luar negeri nantinya. Sebagai warga negara, melalui profesinya mereka juga akan mengemban tanggung jawab moril dalam menjaga citra dan nama baik bangsa di mata dunia internasional.

Baca juga: Metode dan Proses E-Learning Universitas Widyatama

Program yang Tersedia

IPMI International Business School

IPMI International Business School menyediakan beberapa jenjang pendidikan tinggi meliputi:

  • S1 Sarjana/Bachelor of Business Administration
  • S2 Magister, terdiri dari Master of Business Administration dan Executive Master of Business Administration.
    Program Eksekutif MBA ini menjadi salah satu yang menjadikan IPMI International Business School selalu berusaha menjadi yang terdepan di dalam kancah pendidikan bisnis dikaitkan dengan dunia profesional. E-MBA ini memberikan kesempatan kepada para eksekutif dan profesional yang telah memiliki pengalaman sebelumnya untuk dapat terus mengasah insting dan keahlian bisnis serta manajemen mereka ke level yang tinggi lagi.
    Program Eksekutif juga menjadikan kasus-kasus studi yang menjadi referensi IPMI menjadi lebih baik dan komprehensif dari kontribusi mahasiswanya. Hal ini yang membuat pola pengajaran berbasis studi kasus oleh IPMI menjadi keunggulan IPMI yang terus dijaga hingga kini.
  • Certified Management Accountant

Selain program studi di atas, IPMI juga menyelenggarakan program training khusus untuk mendukung kebutuhan dunia bisnis dan eksekutif perusahaan lainnya yaitu Public Program:

  • IPMI’s Senior Leader Learning Series @Financial Club Jakarta
  • Corporate Finance
  • Financial Risk Management

Selain itu IPMI juga menyelenggarakan Customized Program yang disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan Sumber Daya Manusia korporasi meliputi:

  • Management Development Program
  • Professional Development Program

Penggunaan Bahasa Inggris sebagai Media Pembelajaran

IPMI International Business School adalah universitas pertama di Indonesia yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar pembelajarannya. Penggunaan bahasa internasional ini tentu memberikan banyak manfaat bagi mahasiswanya.

Selain memudahkan untuk memahami literatur-literatur perkuliahan berkualitas yang memang banyak ditulis dalam Bahasa Inggris, juga tentunya untuk melatih mahasiswa untuk dapat lebih aktif dan terbiasa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Tidak hanya membaca dan memahami, juga tentunya kemampuan menulis mahasiswa dalam Bahasa Inggris menjadi semakin baik. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa menulis jurnal atau artikel ilmiah oleh civitas akademinya menjadi salah satu tolok ukur kualitas sebuah perguruan tinggi. Terlebih apabila karya tulis itu ditulis dalam Bahasa Inggris untuk dapat dimuat ke dalam jurnal atau situs pendidikan tinggi terkemuka dunia.

Penerapan Bahasa Inggris dalam seluruh kegiatan perkuliahan ini tidak hanya memberi kesan eksklusif, tetapi secara nyata menjadikannya dukungan bagi mahasiswa untuk siap berkiprah dan bersaing di dunia bisnis dan kerja secara internasional.

Berskala Internasional

Sebagai bukti komitmen penyelenggaraan pendidikan tinggi berstandar internasional, universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1982 ini mengadakan kerjasama bersama institusi pendidikan terkemuka di luar negeri. Hal ini dilakukan agar standar pendidikan yang diterapkan memenuhi kriteria institusi unggulan di luar negeri sebagai bentuk upaya menjamin kualitas lulusannya.

IPMI menjalin kerjasama dengan Harvard Business School yang dikenal menjadi acuan pendidikan tinggi bisnis global. Kerjasama ini menjadikan landasan IPMI untuk mengadopsi pola pendidikan HBS di dalam kegiatan perkuliahan. Termasuk di dalamnya adalah mendasarkan teori dengan studi kasus nyata yang terjadi di lingkup korporasi dunia.

Hal ini termasuk dalam tujuan penyelenggaraan pendidikan yang ditetapkan, yaitu mencetak profesional yang berkualitas internasional. Tidak hanya memahami teori tetapi juga analisis yang tajam dan mendalam berdasarkan kondisi riil yang terjadi di dunia bisnis.

Untuk mempertajam praktik mahasiswanya, melalui program Exchange Student yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar negeri. Hal ini sebagai bentuk nyata upaya standarisasi internasional bagi lulusan-lulusannya kelak.

Diwujudkan dalam bentuk kerjasama formal dengan universitas-universitas luar negeri dalam program Dual Degree seperti dengan Oulu Business School Findalndia, Melbourne Business School Australia, Audencia Nantes School, Burgundy School of Business Perancis dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Peringkat Universitas di Indonesia 2019 Menurut Kemenristekdikti

Pendaftaran IPMI International Business School

Cara mendaftar di IPMI adalah sebagai berikut:

1. S1/Bachelor Program

  • Mengisi formulir pendaftaran secara online di bit.do/IPMIregister
  • Legalisir Rapor SMA kelas 10-11
  • Legalisir Ijazah SMA/SMK/sederajat
  • 3 lembar foto ukuran 4 x 6
  • Foto kopi kartu identitas (KTP/Paspor) dan Kartu Keluarga
  • Mengikuti tes masuk berupa Tes Potensi Akademik (TPA), Bahasa Inggris dan wawancara
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.300.000,- (Under Graduate/S1) dan Rp.500.000,- (Psot Graduate/MBA)

2. MBA Program

  • Ijazah S1
  • Tes Potensi Akademik, TOEFL dan GMAT
  • Wawancara
  • Menyertakan rekomendasi dari universitas sebelumnya atau dari pihak perusahaan tempat calon mahasiswa bekerja
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun (khusus Executive MBA Program)

Penutup

Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki, maka IPMI International Business School layak menjadi pilihan bagi calon mahasiswa. Khususnya mereka yang ingin mendapatkan pengetahuan dan wawasan serta keahlian dalam bidang bisnis, baik secara teori maupun terapan. Serta tidak hanya berskala lokal, tetapi juga internasional.