5 Jurusan Kuliah Paling Mudah Lulus

Saat kelulusan

Pertanyaan yang sering diajukan oleh Anda sebagai siswa yang baru saja lulus SMA atau SMK adalah jurusan kuliah paling mudah lulus. Ini berhubungan dengan proses perkuliahan nantinya.

Anda berharap saat kuliah, tidak bertemu dengan pelajaran-pelajaran yang dianggap tidak mudah. Misalnya pelajaran matematika, fisika atau kimia.

Artikel ini akan menginformasikan jurusan kuliah paling mudah lulus. Jika Anda sedang mencari informasi perguruan tinggi dan jurusan yang akan dipilih, silahkan jadikan artikel ini sebagai referensi .

Berikut artikel tentang jurusan kuliah yang paling mudah lulus.

1. Jurusan Pariwisata

Ketika Anda mencari jurusan kuliah yang paling mudah lulus, jurusan pariwisata salah satunya. Selain Anda bisa enjoy dan fun saat proses perkuliahan, juga tentunya prospek kerja yang menjanjikan di masa depan.

Pemerintah sangat mendukung pariwisata di Indonesia. Ini ditandai dengan pembenahan sektor wisata. Juga dengan penunjukan Menteri di bagian Pariwisata. Harapannya adalah sektor pariwisata di Indonesia dapat berkembang dengan pesat.

Bagi Anda yang menginginkan bekerja di sektor pariwisata, sangat cocok memasuki jurusan pariwisata. Jurusan ini tersedia di universitas negeri seperti di Universitas Brawijaya. Juga di perguruan tinggi swasta seperti Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta.

Aspek gaji merupakan salah satu hal penting dalam memilih jurusan kuliah. Untuk jurusan pariwisata, dapat dikatakan jurusan ini memiliki gaji yang cukup.

Misalnya gaji seorang content creator traveling. Pekerjaan ni dapat memperoleh penghasilan sekitar 10 juta ke atas tiap bulannya.

Jadi bagi Anda yang ingin mencari jurusan kuliah yang paling mudah lulus serta gaji cukup, maka jurusan pariwisata dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Baca juga: Cara Menghitung UKT yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa Baru

2. Jurusan Pendidikan

Anda pasti berpikir bahwa jurusan pendidikan adalah jurusan yang tidak mudah. Anda memikirkan bahwa ketika masuk ke dalam jurusan ini, maka Anda dituntut untuk belajar segala hal.

Ini termasuk pelajaran berhitung misalnya pelajaran Matematika. Tetapi ini tidak sepenuhnya benar. Justru bagi Anda yang sedang mencari jurusan paling mudah lulus, maka jurusan pendidikan ini merupakan jurusan yang tepat untuk dipilih.

Alasannya adalah jurusan ini tidak menekankan pemahaman materi kuliah seutuhnya. Jurusan komunikasi mengajarkan agar Anda bisa mengatur suasana atau kondisi saat melakukan mengajar.

Jurusan ini mengajarkan Anda untuk menguasai kemampuan public speaking. Ini adalah hal paling krusial dalam pengajaran. Kemampuan menyampaikan gagasan atau materi kepada murid-murid Anda kelak.

Lalu di jurusan ini pun, Anda akan dilatih untuk memiliki kesabaran karena tujuan jurusan ini adalah mendidik seorang murid. Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk membimbing murid-murid.

Mudahnya di jurusan pendidikan ini, Anda hanya akan dilatih untuk memiliki kesabaran ekstra, public speaking, serta management situasi kelas. Anda tidak perlu lagi untuk takut bertemu dengan pelajaran berhitung, dan unsur kimia yang kompleks.

Anda bisa memilih pelajaran yang Anda sukai seperti pelajaran Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Ada juga jurusan Keolahragaan.

Banyak perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menyediakan berbagai jurusan pendidikan dengan beberapa bidang peminatan. Contohnya seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Perguruan tinggi swasta yang menyediakan jurusan pendidikan contohnya adalah Universitas Sanata Dharma di Yogyakarta. Profesi yang akan Anda peroleh apabila berhasil menyelesaikan jurusan pendidikan ini adalah menjadi tenaga pendidik.

Lalu berapa gaji seorang tenaga pendidik. Jawabannya tergantung tempat Anda mengajar. Ketika Anda mengajar di sekolah-sekolah swasta yang memiliki reputasi tinggi maka gaji yang akan Anda peroleh bisa di atas 5 juta rupiah.

Apabila Anda berhasil diangkat oleh Pemerintah sebagai aparatur sipil negara atau PNS, gaji dan tunjangan Anda akan terjamin sebagai tenaga pendidik.

3. Sastra Inggris

Banyak yang berpikiran jurusan Sastra Inggris adalah jurusan yang tidak mudah lulus. Bisa jadi karena tidak semua mengerti bahasa ini.

Padahal, ini adalah jurusan kuliah paling mudah lulus. Mengapa? Karena banyak yang kurang berminat, jadi persaingan kurang. Dan jika Anda, bisa berbahasa Inggris walaupun pasif, ini adalah jurusan yang bisa Anda pilih.

Anda hanya perlu fokus mempelajari Bahasa Inggris hingga tingkat ahli untuk lulus dari jurusan ini. Caranya adalah Anda hanya perlu belajar dan berusaha konsisten juga terus menerus.

Saat ini, Bahasa Inggris sangat mudah diakses, baik melalui buku, internet, maupun kursus-kursus tertentu. Ini menjamin Anda dapat menguasai Bahasa Inggris dengan expert.

Anda memiliki waktu kurang lebih 4 tahun untuk selesai kuliah di jurusan ini. Anda menjadi seorang Sarjana Sastra Inggris. Anda memiliki waktu yang banyak untuk terus belajar.

Ditambah lagi topik dalam jurusan ini pun hanya satu kuncinya, yaitu Bahasa Inggris. Anda hanya perlu fokus dan konsisten untuk mempelajari Bahasa Inggris. Ilmu ini tidak sama dengan ilmu-ilmu lain yang memiliki berbagai macam cabang.

Peluang kerja saat Anda selesai di jurusan Sastra Inggris ini juga banyak. Apakah Anda pernah berpikir bekerja di luar wilayah Negara Indonesia. Jika iya, maka jurusan ini merupakan pilihan paling tepat untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Peluang lebih besar bagi Anda untuk bekerja di Kedutaan Besar Negara Indonesia (KBRI). Ini berada di berbagai wilayah negara-negara yang menjadi rekanan Negara Indonesia.

Selain itu, Anda pun dapat bekerja sebagai penerjemah bagi orang-orang luar Negara Indonesia yang bekerja atau memiliki bisnis di Indonesia. Artinya Anda akan secara berkesinambungan mengikuti orang-orang tersebut. Anda pun akan ikut traveling bersama dan dibiayai secara  free ataucuma-cuma.

Atau Anda juga dapat bekerja menjadi translator yang memberikan jasa layanan terjemahan seperti jurnal, karya ilmiah dan berbagai dokumen lainnya. Bagusnya, pekerjaan ini bisa Anda kerjakan dari rumah, dengan melayani pelanggan via online.

Saat ini juga banyak sekali perusahaan yang menuntut para pelamarnya untuk menguasai Bahasa Inggris. Peluang Anda untuk bekerja dengan penghasilan yang lebih dari cukup bisa terwujud.

4. Komunikasi

Penerapan Ilmu Komunikasi

Komunikasi adalah jurusan kuliah paling mudah lulus selanjutnya setelah menamatkan jenjang SMA maupun SMK. Alasannya adalah jurusan ini hanya fokus mempelajari pentingnya berkomunikasi. Juga bagaimana berkomunikasi secara efektif dan efisien.

Anda bisa fokus untuk mempelajari topik komunikasi saja. Tidak seperti Jurusan Kedokteran yang harus mempelajari anatomi tubuh manusia, unsur-unsur kimia, maupun fisika yang berhubungan dengan kesehatan.

Jurusan komunikasi menyediakan tenaga-tenaga ahli yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jurusan ini sangat diminati oleh banyak instansi-instansi. Misalnya perusahaan BUMN maupun perusahan-perusahaan swasta seperti Indoofood maupun Sinar Dunia serta stasiun-stasiun televisi nasional .

Jurusan komunikasi menekankan aspek komunikasi. Ini merupakan salah satu komponen penting terlaksananya tujuan perusahaan.

Aspek gaji lulusan komunikasi saat bekerja sangat mencukupi. Berkisar antara 5 juta sampai 20 jutaan bagi lulusan fresh graduate.

Ini karena jurusan komunikasi menghasilkan sarjana yang dibutuhkan perusahaan di divisi-divisi vital. Seperti public relationship, marketing dan sales, maupun resource development.

Baca juga: 10 Contoh Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa

5. Ilmu Perpustakaan

Apakah Anda suka menghabiskan waktu untuk membaca buku, baik novel maupun cerita-cerita biografi?. Maka pilihan yang paling tepat untuk Anda adalah Jurusan Ilmu Perspustakaan.

Ini adalah jurusan yang mudah lulus di perguruan tinggi. Target pembelajaraannya pun relatif mudah, yaitu membaca buku, lalu meneliti, dan menyebarluaskan hasil penelitian.

Juga dapat mengumpulkan dan mengatur tiap buku sesuai dengan jenis klasifikasinya. Anda akan diajak secara berkesinambungan membaca buku dengan berbagai jenis untuk diteliti dan dibuat resensinya.

Secara tidak langsung Anda akan mendapatkan ilmu dan informasi yang sangat beragam. Anda pun mendapatkan kemampuan atau skill dalam mengorganisir ataupun menghimpun sesuatu hal secara sistematis.

Gaji yang diperoleh saat Anda bekerja berkisar 2 juta sampai dengan 10 juta. Bergantung pada posisi jabatan dan tempat perpustakaan Anda bekerja.

Penutup

Demikianlah artikel tentang jurusan kuliah paling mudah lulus. Walaupun jurusan ini mudah bagi Anda untuk lulus, tapi jangan cepat mengambil keputusan.

Ini karena pemilihan jurusan tersebut akan menentukan profesi pekerjaan Anda di masa yang akan datang. Pertimbangkan baik-baik dan matang saat akan memilih jurusan kuliah Anda.

Hal terpenting  yaitu sesuaikan dengan passion atau minat Anda. Juga diskusikan dengan orang tua, dan minta doa restunya jika sudah memilih jurusan Anda.

Silahkan share postingan ini, agar teman-teman SMA Anda yang akan kuliah dapat menjadikannya sebagai referensi. Semoga Anda lulus di jurusan dan perguruan tinggi yang Anda pilih. Amiinn.