10 Kado Wisuda Yang Bermanfaat

Perasaan Senang Saat Wisuda

Wisuda adalah saat bahagia yang ditunggu setiap mahasiswa. Selain wisudawan, orang-orang terdekat di sekelilingnya juga merasakan perasaaan senang dan bahagia.

Tidak heran apabila orang-orang terdekat turut merasakan kebahagiaan itu ingin memberikan apresiasi atas apa yang telah dicapai. Wisudawan diberikan hadiah oleh orang tua, saudara, teman bahkan calon pasangan hidupnya.

Kalau teman atau saudara Anda diwisuda, kira-kira Anda mau memberikan hadiah apa? Ingat, jangan sembarang pilih ya. Pastikan hadiah itu memang berguna dan dibutuhkan oleh seseorang yang sedang melangkah ke tahapan kehidupan berikutnya.

Untuk membantu Anda, berikut adalah 10 kado wisuda bermanfaat yang dapat Anda pilih.

1. Buku Latihan Tes Psikologi

Mengapa buku? Dan mengapa buku Latihan Tes Psikologi?

Pertama adalah buku. Buku adalah sumber informasi yang sangat berharga. Tidak hanya itu, buku juga sebenarnya lebih mudah untuk dibaca.

Memang saat ini bahan bacaan sudah sangat mudah didapatkan melalui gadget Anda di internet. Bisa melalui smartphone, tablet sampai laptop. Referensi pun sudah banyak tersebar di dunia maya melalui artikel, website, blogspot, jurnal bahkan di media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Tapi percayalah bahwa buku akan lebih nyaman untuk dibaca. Buku juga tidak kalah praktis untuk dibawa, disimpan di mana saja dan dibaca kapan saja.

Selain itu buku akan selalu mengingatkan Anda begitu mulai melihat cover-nya. Buku dapat Anda tandai pada halaman berapa Anda selesai membaca, catatan apa yang Anda tulis di dalamnya dan lain sebagainya.

Lalu mengapa buku latihan tes psikologi? Buku ini akan sangat berguna bagi Sang Wisudawan saat akan memasuki tahap berikutnya sebagai seorang karyawan. Bagi mereka yang ingin bekerja, maka buku ini akan sangat tepat sebagai salah satu persiapan menjalani tes penerimaan karyawan.

Tentunya Anda harus mengetahui dulu sebelumnya apa yang Ia minati kelak, apakah sebagai seorang pekerja atau wirausahawan.

2. Buku Pengembangan Diri

Kado wisuda yang bermanfaat lainnya adalah masih berbentuk buku. Kali ini adalah buku yang sangat tepat bagi Sang Wisudawan kelak tanpa melihat apakah Ia ingin menjadi seorang karyawan atau wirausahawan.

Buku pengembangan diri berisikan panduan memaksimalkan segala potensi yang ada dalam diri kita untuk menjadi pribadi yang unggul dan berkualitas. Pengembangan diri contohnya adalah mengetahui potensi diri yang menyangkut sikap, prinsip hidup serta menggali kekuatan dalam menghadapi rintangan dan tantangan.

Buku ini akan sangat bagus untuk dipahami dan diterapkan bagi seseorang yang akan menempuh kerasnya dunia kerja ataupun usaha. Kesiapan secara mental dan psikologis akan sangat membantu Anda dalam menyikapi kehidupan yang sangat berbeda dibandingkan dengan dunia kuliah sebelumnya. Terlebih tentunya apabila Anda ingin agar dapat berprestasi baik seorang karyawan ataupun usahawan.

Baca juga: 23 Pesan dan Kesan Inspiratif di Buku Kenangan Wisuda

3. Pakaian Kerja

Baju untuk Kerja

Pakaian kerja menjadi hal yang penting. Kalau saat kuliah Anda lebih banyak memiliki pakaian yang kasual sesuai dengan gaya berpakaian mahasiswa pada umumnya. Maka saat bekerja sebagai karyawan atau usahawan Anda perlu memikirkan pakaian yang lebih tepat dengan kondisi lingkungan yang baru tersebut.

Di tempat kerja yang cenderung lebih formal, Anda memerlukan pakaian yang formal atau semi formal pula. Meskipun banyak instansi yang tidak mewajibkan seragam kerja, Anda tetap harus memperhatikan kepantasan dalam berpenampilan.

Demikian pula dengan seorang wirausahawan. Meskipun terkesan santai tanpa ikatan formalitas penampilan, namun terkadang seorang wirausahawan harus bertemu dengan klien ataupun pihak lain yang menuntut Anda berpakaian yang sedikit lebih formal.

Kado pakaian kerja ini tentunya akan dapat menjadi pengingat bagi Sang Wisudawan untuk tidak berlama-lama menikmati masa wisudanya. Selain itu juga akan menjadi penyemangatnya saat menapaki kehidupan baru berikutnya.

4. Tas Kerja

Seperti halnya pakaian kerja, tas kerja pun menjadi aksesoris yang sangat mendukung penampilan saat bekerja ataupun berwirausaha. Kelebihan tas adalah penampilannya yang cenderung kasual dan cocok digunakan baik oleh karyawan ataupun wirausahawan.

Tas kerja dapat berbentuk tas ransel ataupun tas sandang. Pilihlah yang kira-kira tidak terlalu besar tapi dapat memuat laptop dan beberapa buku. Tentu Sang Wisudawan akan bertambah semangat saat memasuki dunia barunya kelak.

5. Mug Unik

Mug selain sebagai wadah minuman juga cocok sebagai hiasan terutama karena bentuk, warna dan tulisan atau gambarnya. Selain tulisan atau gambar yang unik, Anda juga dapat memilih mug yang bertuliskan kalimat-kalimat motivasi yang dapat menyemangati Sang Wisudawan.

Mug biasanya digunakan untuk minum kopi, teh atau minuman lain sebagai selingan beraktivitas. Saat Anda bekerja kelak, sangat umum Anda akan temui rekan kerja Anda menyimpan mugnya di atas meja kerja.

Memang di tengah penatnya bekerja, minuman akan dapat menjadi teman yang tepat untuk menemani kesibukan. Itulah mengapa mug akan sangat tepat dijadikan kado wisuda yang berkesan.

6. Tumbler

Kebutuhan air putih selama beraktivitas juga tidak kalah penting. Bahkan beberapa instansi sudah memberlakukan larangan menggunakan air minum dalam kemasan bahkan gelas di lingkungan kerjanya. Sebagai gantinya mereka menyediakan tumbler bagi tiap karyawan.

Hal ini dilakukan pihak perusahaan yang sudah menerapkan green environment atau berorientasi kepada lingkungan. Mereka melakukan upaya dalam mengurangi penggunaan plastik dimulai dari karyawan mereka.

Selain itu tumbler juga mudah dibawa kemana-mana baik di dalam tas atau pun digenggam saat beraktivitas bekerja atau berusaha. Pilihlah tumbler yang unik dan tambahkan dengan nama teman Anda, tentu saja akan menjadi kado yang sangat menarik dan bermanfaat.

7. Poster Motivasi

Poster selain sebagai hiasan juga dapat berisikan kata-kata mutiara yang mengisnpirasi dan memotivasi. Pilihlah tulisan yang cocok untuk seseorang yang akan memasuki dunia kerja atau usaha.

Kalimat-kalimat penyemangat akan sangat tepat untuk selalu dapat dibaca oleh teman Anda. Selain itu Anda juga dapat menambahkan foto, siluet ataupun karikatur teman Anda di dalamnya. Pasti akan sangat berkesan.

Baca juga: 7 Tips Jitu Agar Kuliah Selesai Tepat Waktu

8. Scrapbook

Masa kuliah adalah kenangan yang sangat indah bagi kebanyakan orang. Untuk teman Anda yang akan wisuda, tidak ada salahnya apabila Anda memberikan kado berupa scrapbook. Scrapbook adalah seni menempel foto atau gambar ada kertas sehingga menjadi hiasan yang unik dan menarik.

Memang saat ini sudah banyak aplikasi ataupun template dalam program di komputer untuk membuat gambar atau kolase foto kemudian dicetak. Memang sangat praktis. Tapi keunggulan scrapbook ini adalah murni hasil karya tangan Anda sendiri.

Di dalamnya Anda dapat kreasikan foto-foto dan tulisan Anda mengenai teman Anda. Selain itu juga dapat disertakan gambar benda-benda yang menjadi ciri khas dari teman Anda saat kuliah. Seperti pilihan warna bajunya, bentuk rambutnya dan lain-lain, pasti dia akan sangat menyukainya.

Scrapbook menjadi bermanfaat sebagai tanda persahabatan Anda. Setiap teman Anda melihat scrapbook tersebut, maka Ia akan selalu teringat kepada Anda.

9. Buku Agenda

Buku Agenda

Di era digital seperti sekarang , banyak gadget yang menyediakan sarana untuk mencatat ataupun megorganisir jadwal kegiatan Anda. Tapi percayalah, hampir semua karyawan atau wirausahawan tetap memerlukan sebuah buku yang dapat dengan cepat dicorat-coret serta dibaca kembal isinya dengan praktis. Dan buku Agenda adalah pilihan yang tepat.

Pilihlah yang sedikit eksklusif sesuai dengan anggaran biaya Anda. Kalau memungkinkan tambahkan nama teman Anda di bagian depannya. Pilih warna yang sesuai dengan warna kesukaan teman Anda, pasti Dia akan sangat menyukainya serta menjadi kado wisuda yang bermanfaat.

10. Pena Eksklusif

Seperti halnya pakaian kerja, tas kerja dan buku agenda, pena eksklusif adalah sebagai pengingat kepada teman Anda yang baru wisuda akan gambaran dunia baru yang menantinya.

Ini juga secara fungsi dapat langsung teman Anda gunakan saat Ia bekerja atau berusaha. Pena tersebut dapat Ia gunakan saat menandatangani kontrak kerja atau orderan pertama usahanya. Tentunya akan terkesan sangat bergengsi dan menambah rasa percaya diri.

Pena eksklusif dapat Anda beli dengan bentuk dan warna yang bervariasi serta harga yang beragam. Pena eksklusif dapat Anda hias dengan memberi grafir nama teman Anda yang tentunya akan membuatnya semakin eksklusif.

Penutup

Ingatlah bahwa selepas wisuda nanti Anda dan teman-teman Anda akan terpisah, baik karena tempat kerja atau kota yang berbeda, bahkan mungkin juga berbeda negara. Oleh karena itu, pilihlah kado wisuda yang bermanfaat dan tidak hanya indah. Dengan bentuk yang bermanfaat, maka kado Anda akan menjadi kenangan yang juga digunakan olehnya.