Maksud dan Tujuan Praktek Kerja Lapangan

Praktek Kerja Lapangan

Praktek Kerja Lapangan adalah bentuk implementasi keilmuan dengan praktik nyata dalam dunia usaha atau organisasi. Praktek Kerja Lapangan terwujud dalam penempatan mahasiswa secara langsung dalam operasional perusahaan yang menyediakan kesempatan praktik tersebut.

Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu bentuk penerapan pendidikan tinggi berbasis kompetensi yang biasa diterapkan sebagai salah satu persyaratan menjalani pendidikan di sekolah menengah kejuruan, sekolah kedinasan dan juga mahasiswa jenjang diploma dan sarjana.

Dalam tulisan ini akan dibahas maksud dan tujuan Praktek Kerja Lapangan yang disyaratkan oleh beberapa perguruan tinggi. Diharapkan Anda akan lebih memahami esensinya dan menjalankannya kelak untuk mendapatkan hasil yang bermanfaat.

Maksud Praktek Kerja Lapangan

1. Sebagai Salah Satu Bagian Dalam Perkuliahan

Secara umum, Praktek Kerja Lapangan memiliki ketentuan yaitu mahasiswa sudah memenuhi jumlah SKS minimal yang disyaratkan kampus dan telah mengambil praktikum mata kuliah tertentu untuk beberapa jurusan. Layaknya mata kuliah, Praktek Kerja Lapangan menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi dan memiliki jumlah SKS yang berpengaruh kepada IPK mahasiswa.

2. Sebagai Sarana Pendukung untuk Membentuk Soft Skill dan Hard Skill Mahasiswa

Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan, mahasiswa dituntut untuk melakukan tindakan nyata dalam dunia kerja. Diharapkan dengan implementasi tersebut mahasiswa dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuannya yang akan sangat bermanfaat dalam pengembangan keilmuan.

Baca juga:

3. Membentuk Manusia Indonesia yang Berkualitas dan Berdaya Saing

Setelah mendapatkan banyak teori dalam perkuliahan, kini saatnya Anda menerapkannya dalam dunia kerja nyata. Anda akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif atas keilmuan Anda.

Selain itu, Anda juga akan memiliki kesempatan melakukan pengembangan atas ilmu Anda dalam menghadapi permasalahan di dunia kerja. Pengembangan tersebut akan menunjukkan kualitas diri Anda dalam hal kreativitas dan inovasi yang sangat dibutuhkan serta menjadi salah satu tolok ukur sumber daya manusia yang unggul.

Tujuan Praktek Kerja Lapangan

1. Memberikan Pengetahuan dan Wawasan Mengenai Kondisi Kerja

PKL  - Wawasan tentang Dunia Kerja

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan seorang fresh graduate gagal bersinar di dunia kerja adalah karena kesulitan beradaptasi. Umumnya masa krusial adalah dalam tiga bulan percobaan.

Ini harus dijalani seorang karyawan baru di awal waktu bekerjanya. Adaptasi yang paling penting adalah mempersiapkan mental dan cara pandang fresh graduate dari yang sebelumnya seorang mahasiswa menjadi pekerja.

Praktek Kerja Lapangan akan sangat membantu membuka mata Anda akan kondisi di dunia kerja. Anda dapat belajar dan menerapkannya kelak.

Saat Anda menjadi seorang karyawan, Anda sudah tahu seperti apa sikap dan mental yang perlu diterapkan. Ini dilakukan agar mencapai kesuksesan sebagai seorang karyawan.

2. Meningkatkan Keterampilan dan Keahlian Mahasiswa

Selama praktik berlangsung, mahasiswa dapat menerapkan keterampilan dan keahlian yang dimilikinya. Lebih jauh lagi, permasalahan dan praktik di dunia kerja akan membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan dan keahlian tersebut. Mahasiswa akan didorong menjadi kreatif dan inovatif dalam keterlibatan secara langsung di dalam pekerjaan.

3. Menumbuhkan Profesionalisme Mahasiswa sebelum Memasuki Dunia Kerja

Profesionalisme sebagai seorang pekerja harus diperkenalkan semenjak masih berada di bangku kuliah. Profesionalisme merupakan bagian dari pola pikir dan perilaku seseorang terkait kewajiban atau pekerjaannya.

Praktek Kerja Lapangan merupakan sarana yang sangat tepat dalam upaya mencapai tujuan tersebut. Pengalaman selama pelaksanaan akan mendukung pembentukan sikap professional yang sangat dibutuhkan saat terjun ke dunia kerja nantinya.

4. Bentuk Nyata Sumbangsih Pemikiran

Pendapat dan hasil pelaksanaan dalam laporan dapat dijadikan salah satu sumber referensi oleh pihak kampus sebagai sumber referensi ilmiah lebih lanjut. Selain itu mahasiswa juga dapat memberikan pendapatnya secara langsung kepada pihak perusahaan yang bersifat analitis konstruktif selama masa praktik berlangsung.

Baca juga: 10 Tempat Magang Terbaik Mahasiswa Manajemen

Manfaat dan Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan

Laporan adalah tulisan hasil pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan. Laporan merupakan bagian tidak terpisahkan dari maksud dan tujuan Praktek Kerja Lapangan secara keseluruhan, yaitu:

1. Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Kegiatan

Mahasiswa peserta harus melaporkan kepada pihak kampus dan perusahaan tempat dilaksanakannya Praktek Kerja Lapangan. Isi laporan akan memuat secara runtut, detail dan sistematis mengenai apa saja yang telah dilakukan dan apa hasil yang didapat.

Waktu dan tempat yang telah disediakan oleh pihak perusahaan yang telah dimanfaatkan haruslah dipertanggungjawabkan. Demikian pula dengan pihak kampus yang harus mengetahui apa saja yang telah berjalan selama masa praktik berlangsung. Bahkan laporan Anda masih harus diuji oleh dosen untuk memastikannya.

2. Mendorong Mahasiswa untuk Berpikir Kritis dan Analitis

Laporan layaknya penelitian atau karya tulis ilmiah lainnya yang berupa pengolahan data-data hasil kegiatan. Laporan akan membantu mahasiswa berpikir sistematis, analitis dan logis dalam bentuk tulisan. Pengalaman membuat laporan ini sangat membantu Anda dalam membuat karya tulis ilmiah lainnya.

3. Menjadi Sumber Referensi Ilmiah

Laporan tertulis biasanya akan dibuat beberapa copy untuk diserahkan kepada pihak kampus dan perusahaan selain mahasiswa sendiri. Oleh karena itu, buatlah laporan yang berbobot, tidak asal jadi hanya demi mengejar syarat. Usahakan laporan Anda dapat memberi nilai lebih terutama kepada perusahaan karena dapat berkontribusi nyata dalam operasional perusahan.

Baca juga: 11 Cara Mencari Referensi Jurnal Terpercaya dengan Mudah

Maksud dan Tujuan Praktek Kerja Lapangan Bagi Perusahaan

PKL - Membantu Operasional Perusahaan

Praktek Kerja Lapangan tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa saja. Perusahaan tempat pelaksanaan pun akan mendapatkan manfaatnya sesuai dengan maksud dan tujuan pelaksanaan. Berikut maksud dan tujuan penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan bagi perusahaan.

1. Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Nyata Dalam Bidang Pendidikan

Terdapat tiga faktor yang dapat menunjang kemajuan suatu bangsa. Yaitu sinergi antara pemerintah, institusi pendidikan dan pihak swasta.

Pemerintah berperan sebagai regulator dan lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai pembentuk Sumber Daya Manusia berkualitas dan juga kegiatan riset. Sementara pihak swasta berperan dalam menyediakan wadah bagi pengembangan kelimuan Sumber Daya Manusia, salah satunya melalui Praktek Kerja Lapangan.

2. Membantu Program Pemerintah Dalam Hal Sumber Daya Manusia

Melalui Praktek Kerja Lapangan akan mendukung pembentukan manusia Indonesia yang berkualitas, profesional dan produktif. Kesempatan praktik di tempat kerja merupakan hal yang sangat berharga bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri di dunia nyata setelah lulus nanti.

3. Membantu Operasional Perusahaan

Jenis pekerjaan yang dikerjakan oleh mahasiswa peserta praktik dapat berupa pekerjaan regular dan biasanya bersifat fungsional. Namun juga terkadang mahasiswa membantu pekerjaan dalam bentuk program atau proyek tertentu. Kondisi ini tidak menjadi masalah asalkan masih sesuai dengan ruang lingkup tujuan pelaksanaan yang akan dilaporkan sebagai hasil akhir.

4. Salah Satu Cara Mendapatkan Tenaga Kerja Berkualitas

Pihak perusahaan dapat mengamati kinerja peserta selama pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan. Apabila terdapat kebutuhan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang disyaratkan, maka perusahaan sudah memiliki referensi yang cukup untuk melakukan perekrutan.

Inilah salah satu maksud dan tujuan Praktek Kerja Lapangan yang kadang tidak disadari oleh mahasiswa. Itulah mengapa Anda harus serius dan produktif dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ini. Anda tidak akan tahu peluang yang terbuka lebar di hadapan Anda.

Baca juga: 12 Manfaat Melakukan Penelitian Bagi Mahasiswa

Penutup

Praktek Kerja Lapangan tidak sekadar menjadi kewajiban penggugur salah satu persyaratan kelulusan. Pemahaman yang tepat mengenai maksud dan tujuan Praktek Kerja Lapangan akan mampu memberikan nilai tambah terutama bagi mahasiswa yang melaksanakannya.

Ikuti Praktek Kerja Lapangan dengan semangat. Manfaatkan semaksimal mungkin bagi peningkatan keahlian, wawasan dan pengetahuan Anda.