8 Manfaat Menyusun Rancangan Penelitian

Menyusun Rancangan Penelitian

Sebagai seorang peneliti yang akan meneliti sebuah subjek atau objek, pastinya Anda perlu membuat sebuah rancangan penelitian terlebih dahulu. Rancangan penelitian merupakan pokok perencanaan sebuah penelitian.

Rancangan penelitian bertujuan membuat target yang hendak dicapai dalam penelitian secara keseluruhan. Diharapkan penelitian berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang direncanakan.

Rancangan penelitian ini biasanya berisi tentang susunan data penelitian. Ini dihasilkan dan dikumpulkan melalui instrumen pengumpulan data, observasi maupun dokumentasi. Rancangan penelitian ini disusun dengan maksud supaya proses penelitian yang dikerjakan nanti akan berjalan dengan baik dan lancar.

Tahapan penyusunan rancangan penelitian antara lain :

  • Perumusan masalah termasuk tujuan, definisi, asumsi, dan juga lingkup penelitian.
  • Studi literatur atau studi pustaka
  • Merumuskan hipotesis dari penelitian yang akan dilaksanakan
  • Identifikasi variabel penelitian dan definisinya.

Sebelum membahas tentang manfaat menyusun rancangan penelitian, perlu Anda ketahui terlebih dahulu apa saja komponen rancangan penelitian. Agar saat Anda menyusun rancangan penelitian tidak mengalami kesulitan.

Baca juga: 10 Cara Memilih Topik Penelitian Yang Baik

Komponen Rancangan Penelitian

1. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian merupakan target jelas dari penelitian yang akan dilakukan. Penelitian yang baik tentunya harus memiliki sebuah tujuan. Tujuan penelitian ini tergantung dari masalah penelitian yang akan diteliti.

2. Jenis Metode Penelitian

Jenis metode penelitian yang dapat digunakan antara lain :

  • Metode deskriptif, yaitu metode yang mendeskripsikan secara sistematis, akurat dan sesuai fakta di lapangan mengenai subjek atau objek yang akan diteliti.
  • Metode historis, yaitu metode penelitian yang meneliti kejadian yang terjadi masa lalu.
  • Metode eksperimen, yaitu metode uji coba, apakah masalah yang akan diuji efektif atau tidak.
  • Metode verifikasi, yaitu metode pengujian dengan tujuan yang sudah ditetapkan apakah sesuai dengan teori atau tidak.

3. Populasi/Unit Penelitian

Populasi penelitian merupakan subjek atau objek yang terdiri dari kelompok yang memiliki ciri khas atau karakteristik tertentu. Jadi, anda juga harus memperhatikan hal ini secara mendalam. Tidak bisa dengan sembarangan dalam menentukan komponen ini.

4. Waktu dan Tempat Penelitian

Menentukan rentang waktu dan tempat dimana penelitian akan dilaksanakan. Karena, hal ini merupakan suatu yang penting. Bagaimana Anda nantinya akan meluangkan waktu serta tempat yang digunakan. Dalam perancangan, komponen ini harus di perjelas secara detail.

5. Teknik Sampling atau Pengambilan Sampel

Teknik yang digunakan untuk mengambil suatu sampel pada sebagian populasi untuk dianalisis dan diambil kesimpulannya. Sampel merupakan suatu data yang sedikit namun ciri kesamaan dan karakteristiknya hamper mewakili seluruh populasi.

6. Teknik Pengumpulan Data

Mengumpulkan data

Teknik pengumpulan data merupakan cara sesuai prosedur yang sistematik dan standar. Teknik ini dilakukan untuk mengumpulkan data yang akan digunakan.

7. Definisi Operasional Variabel Penelitian

Operasional merupakan suatu variabel yang didefinisikan atau dideskripsikan berdasarkan karakteristiknya sehingga variabel tersebut dapat diamati dan juga diukur. Variabel penelitian merupakan suatu objek yang dipilih oleh seorang peneliti untuk diambil data atau informasinya.

8. Pengukuran Penelitian

Pengukuran penelitian merupakan skala yang menjadi pengukuran variabel penelitian. Diantaranya skala nominal (berdasarkan kategori), skala ordinal (berdasarkan jenjang atau tingkatan).

Juga skala interval (skala yang jarak variasi nilai dengan nilai lainnya yang berdekatan dan jelas dapat terukur). Serta skala rasio (skala penelitian yang variasi nilainya terukur jelas dan mutlak).

9. Analisa Data

Analisa data merupakan langkah untuk menjawab rumusan masalah pada data penelitian yang sudah terkumpul seperti memberikan deskripsi terhadap objek atau subjek. Tujuannya adalah mendapatkan data dari hasil penelitian.

10. Instrumen Pencarian Data

Instrumen pencarian data merupakan alat yang digunakan untuk menggali aspek informasi pada variabel yang sedang diteliti. Alat-alat yang digunakan seperti kuesioner, wawancara, observasi dan juga data dokumentasi.

Manfaat Menyusun Rancangan Penelitian

1. Rancangan Penelitian Merupakan Sebuah Rencana

Di dalam rancangan penelitian mengandung sistematis secara keseluruhan terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan oleh peneliti. Manfaat menyusun rancangan penelitian yang pertama adalah berguna sebagai sebuah rencana.

Rancangan penelitian merupakan kerangka atau sketsa yang didesain oleh peneliti sebagai rencana penelitian (research plan). Jadi di dalam sebuah rancangan penelitian terkandung pokok-pokok rencana dari sebuah penelitian yang akan dilakukan.

2. Rancangan Penelitian Merupakan Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah mendapatkan suatu rumusan hasil dari suatu penelitian melalui proses mencari, menemukan, mengembangkan serta menguji suatu pengetahuan. Pada saat menyusun rancangan penelitian, maka juga akan dijelaskan tentang tujuan penelitian yang akan dilakukan nantinya.

Dengan ini, maka seorang peneliti akan memperoleh arahan serta petunjuk yang dianggap paling sesuai saat melaksanakan proses penelitian berlangsung. Sehingga dapat terpusat dengan objek yang tepat sasaran.

3. Rancangan Penelitian Berguna Untuk Struktur

Sesuatu hal yang disusun secara terstruktur pasti akan memberikan hasil yang baik. Begitu pula dengan rancangan penelitian yang memerlukan strukturisasi dari sebuah penelitian.

Yaitu rancangan penelitian akan tergambar di dalam sebuah paradigma ataupun model operasional variabel. Ini dapat mengidentifikasi jenis serta sifat variabel yang digunakan

Rancangan penelitian yang terstruktur ini juga akan menjelaskan tentang hubungan antara variabel yang satu dengan variabel lainnnya. Sehingga berguna sebagai sebuah kesatuan struktur penelitian

4. Rancangan Penelitian Akan Memberikan Gambaran Tentang Kesulitan Penelitian

Penyusunan rancangan penelitian juga akan memberikan sebuah gambaran tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan oleh seorang peneliti. Serta kesulitan-kesulitan apa yang akan dihadapi pada saat penelitian sedang berlangsung.

Dengan adanya rancangan penelitian ini, maka dapat diambil sikap serta keputusan yang baik untuk mengatasi masalah penelitian yang akan dilakukan nantinya. Sehingga kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi akan tergambarkan dan akan siap untuk mengatasinya.

5. Rancangan Penelitian Sebagai Penentu Batasan Penelitian

Manfaat menyusun rancangan penelitian yang selanjutnya adalah rancangan penelitian dapat berfungsi sebagai batas sebuah penelitian. Ini berhubungan dengan tujuan penelitian. Apabila tujuan penelitian tidak dirumuskan dengan jelas, maka penelitian yang akan dilakukan tidak akan menemukan pangkal atau ujungnya.

Dengan menyusun sebuah rancangan penelitian maka desain dapat disusun guna menentukan batas penelitian dengan lebih tegas dan jelas. Sehingga dapat dipusatkan pada usaha serta arah tujuan yang lebih efektif dan juga lebih nyata.

6. Rancangan Penelitian Untuk Memberi Pegangan Yang Jelas Bagi Peneliti

Pegangan yang jelas maksudnya disini yaitu saat melakukan penelitian dapat dilakukan secara jauh lebih jelas untuk melaksanakan proses penelitian. Serta tidak melakukan penelitian yang tidak sesuai dengan apa yang diteliti.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat rancangan penelitian seperti metode sampling yang akan dipilih, besar kecilnya ukuran sampel, bagaimana prosedur pengumpulan sampel. Juga cara yang digunakan untuk menganalisis data, pemakaian statistik yang sesuai prosedur dan bagaimana cara membuat kesimpulan dan sebagainya.

7. Rancangan Penelitian Berguna Sebagai Strategi

Di dalam sebuah rancangan penelitian mengandung petunjuk prosedural tentang bagaimana rencana serta strukturisasi agar dapat dijalankan. Sehingga permasalahan yang di timbulkan dalam sebuah penelitian dapat menemukan jawaban akurat serta varian yang dapat dikendalikan.

Strategi ini sangat penting digunakan untuk dapat mengelola dan memanajemen pelaksanaan sebuah penelitian. Untuk mengelola kondisi saat ini dan juga melakukan proyeksi kondisi pada masa depan, maka perancangan yang strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat digunakan oleh peneliti dari awal hingga akhir penelitian nanti.

8. Rancangan Penelitian untuk Membuktikan Hipotesis

Manfaat menyusun rancangan penelitian yang terakhir adalah sebuah rancangan penelitian akan berguna dan menjadi sangat penting khususnya untuk membuktikan hipotesis. Hal ini sebagai konfirmasi kebenaran hipotesis sehingga permasalahan yang ditimbulkan dapat ditemukan solusi terbaiknya.

Permasalahan ini dapat dihadapi dengan menggunakan sebuah teori, fakta yang diperoleh saat penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Juga asumsi peneliti yang kemudian akan mengembangkan kerangka yang teoritik untuk mendasari rumusan hipotesis tersebut.

Penutup

Itulah beberapa manfaat menyusun rancangan penelitian yang dapat disajikan dalam artikel ini. Secara garis besar manfaat, rancangan penelitian adalah sebagai kerangka operasional penelitian, menegaskan kedalaman dan keleluasan penelitian, memperkiran penelitian yang akan dihadapi dan rancangan alternatif serta mengetahui kelemahan hasil penelitian.

Jadi sebelum Anda melakukan sebuah penelitian, ada baiknya terlebih dahulu menyusun rancangan penelitian, supaya penelitian berjalan dengan lancar. Silahkan share artikel ini, agar teman-teman Anda yang akan melakukan penelitian dapat membacanya. Semoga apa yang dibahas dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda.