12 Manfaat Melakukan Penelitian Bagi Mahasiswa

Penelitian termasuk ke dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup keilmuan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Banyak mahasiswa yang lebih memperhatikan unsur keilmuan dan sedikit  mengabaikan  unsur penelitian. Ini memiliki peran yang tidak kalah pentingnya dengan unsur lainnya.

Penelitian yang dilakukan biasanya dilakukan terkait dengan hal berikut ini :

  • Mendukung penyusunan tugas akhir atau skripsi
  • Sebagai salah satu tugas dalam beberapa mata kuliah
  • Mengikuti ajang kompetisi karya tulis atau penelitian   

Artikel ini akan membahas khusus mengenai manfaat penelitian bagi mahasiswa yang harus  diketahui oleh mahasiswa atau calon mahasiswa. Berikut uraiannya.

1.  Mengembangkan Bidang Keilmuan

Materi dalam perkuliahan dan dari buku terkadang tidaklah cukup. Begitu banyak informasi pendukung topik penelitian  yang harus digali lebih jauh untuk diuji dengan kelimuan yang telah Anda peroleh. Melalui penelitian, Anda akan dapat mengeksplor berbagai upaya pemecahan permasalahan.

Wawasan Anda pun dapat lebih berkembang melalui berbagai upaya menemukan alternatif solusi. dengan memanfaatkan informasi yang dapat Anda gali melalui berbagai sumber referensi. Selain itu, Anda akan diperkaya dengan berbagai metode dalam melakukan penelitian yang akan bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan serta keahlian analitis Anda.

2.  Antisipasi Potensi di Dunia Kerja

Penelitian biasanya didasarkan atas kondisi yang terjadi di dunia nyata. Apapun bidang studi yang Anda ambil, penelitian akan  memberikan kesempatan yang sangat besar bagi Anda untuk membuat sebuah gambaran akan dunia kerja yang Anda tuju kelak.

Buah karya penelitian Anda akan menjadi kredit yang dapat Anda cantumkan dalam Curriculum Vitae Anda saat melamar pekerjaan. Tidak banyak seorang fresh graduate yang berpengalaman dalam melakukan penelitian selama kuliah. Menjalani beratnya tantangan selama proses penelitian merupakan nilai plus  yang akan mencuri perhatian dari pihak perusahaan.

Baca juga: 6 Hardskill Penting Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

3.  Meningkatkan Keahlian dalam Bidang Keilmuan

Peningkatan keahlian di sini tidak hanya terbatas pada jurusan eksakta atau terapan/teknik saja, tetapi sama halnya dengan bidang sosial atau humaniora. Manfaat penelitian bagi mahasiswa adalah dapat diterapkannya teori-teori yang telah terima secara langsung di dalam kondisi riil di lapangan. Penerapan teori menjadi hal praktis ini akan sangat membantu memperdalam pemahaman Anda akan bidang studi sesuai topik penelitian yang dilakukan.

Selain itu, prinsip dasar penelitian memiliki landasan sama yang termuat di dalam metodologi penelitian. Di dalamnya akan diterapkan langkah-langkah sistematis dan terorganisisr untuk menyelidiki suatu permasalahan untuk mendapatkan jawaban. Sehingga hasil penelitian akan diharapkan berupa kebenaran obyektif serta dapat dipertanggungjawabkan melalui pemikiran yang logis rasional.

4.  Belajar Mempertahankan Ide dan Pendapat

Mempertahankan Ide

Setiap tahapan penelitian merupakan sebuah proses yang Anda lakukan sendiri atau secara kelompok. Hasil penelitian harus Anda pertanggungjawabkan sesuai kaidah-kaidah ilmiah. Biasanya hasil penelitian akan diuji di hadapan dosen atau pihak lain yang berkepentingan dengan topik penelitian Anda.

Di sinilah Anda akan belajar untuk meyakini kebenaran yang Anda dapatkan melalui penelitian. Anda akan dituntut untuk mampu menyampaikan pendapat Anda mengenai topik penelitian dan kebenaran yang Anda yakini atas jawabannya. Artinya bahwa Anda akan terpacu untuk mengerahkan segala daya pikir dan kemampuan analisis Anda di dalam penelitian tersebut.

5.  Melatih Berpikir Kritis

Penelitian diawali dengan pertanyaan atau permasalahan yang memerlukan jawaban. Diperlukan sebuah pemikiran kritis dan mendalam untuk merumuskan suatu permasalahan hingga layak untuk dijadikan dasar penelitian.

Apakah permasalahan tersebut memang memerlukan jawaban? Apakah jawaban dari suatu sebuah masalah memang akan bermanfaat? Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus menjadi pertimbangan Anda sebelum menentukan suatu topik penelitian.

6.  Meningkatkan Kepercayaan Diri

Melalui penelitian, Anda dapat menguji diri sendiri. Anda akan mengukur kemampuan diri Anda dalam menguasai permasalahan yang diangkat menjadi topik penelitian. Keyakinan tersebut akan mampu  meningkatkan rasa percaya diri Anda. Rasa percaya diri yang besar, namun bukan jemawa atau arogan, akan sangat membantu Anda dalam mengatasi tantangan-tantangan lainnya di dalam perkuliahan ataupun saat bekerja kelak.

7.  Meningkatkan Kemampuan Presentasi dan Argumentasi

Penelitian biasanya akan diuji secara langsung di hadapan para penguji. Di sinilah Anda akan mempresentasikan hasil karya Anda melalui sesi pemaparan dan tanya jawab.

Anda perlu mempelajari teknik presentasi yang baik dan efektif dimulai dari teknik penyajian materi, cara berargumentasi dan menjawab pertanyaan hingga bagaimana menguasai audiens.

Di dalam dunia kerja, kemampuan berbicara dan menyampaikan pendapat di depan orang banyak menjadi suatu kebutuhan. Akan menjadi nilai tambah apabila Anda sudah berpengalaman melalui penyajian hasil penelitian selama perkuliahan.

Baca juga: 8 Manfaat Menyusun Rancangan Penelitian

8.  Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah

Trouble Shooter atau pemecah masalah adalah kemampuan soft skill yang harus dimiliki seorang mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Penelitian akan menjadi sarana yang sangat tepat dalam mencapai keahlian yang tidak semua orang miliki tersebut.

Pada dunia kerja Anda akan menemui permasalahan nyaris setiap hari dengan beragam macam jenisnya. Tantangan dan hambatan yang akan Anda temui selama penelitian akan menjadi pengalaman berharga sebagai bekal menghadapi tantangan di dunia kerja.

9.  Mendapatkan Pemahaman Lebih Baik Mengenai Permasalahan di Dunia Nyata

Permasalahan yang diangkat menjadi topik penelitian tentunya akan bersumber dari kondisi nyata. Permasalahan ini telah terjadi dan bukan hanya permasalahan abstrak semata.

Anda perlu melakukan riset awal untuk merumuskan permasalahan serta menentukan hipotesis atau jawaban sementara atas permasalahan tersebut. Melalui tahapan proses penelitian, Anda akan menemukan bahwa begitu banyak persoalan di luar dunia kampus yang sangat memerlukan kontribusi Anda sebagai mahasiswa.

10. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Sistematis

Kemampuan Berpikir

Melalui penelitian, Anda akan belajar berpikir secara runtut dan sistematis. Hal ini akan sangat bermanfaat saat Anda menjalani perkuliahan terutama membentuk pola berpikir kritis dan analitis. Kemampuan berpikir seperti ini akan sangat mendukung pemahaman dan pengembangan keilmuan Anda.

Manfaat penelitian bagi mahasiswa dari segi pola pikir ini akan membantu Anda dalam beradaptasi dengan dunia kerja. Setiap pekerjaan memerlukan pemikiran analitis untuk memecahkan masalah di dalamnya.

Banyak perusahaan menerapkan simulasi pemecahan masalah sebagai salah satu tahapan proses rekrutmen. Pada sesi itu setiap pelamar akan diamati baik secara individu ataupun  kerjasama kelompok untuk melihat seperti apa kerangka berpikirnya dalam hal analisis masalah, perumusan solusi hingga tindakan yang diambil untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Baca juga: 9 Cara Menyusun Judul Penelitian yang Cocok bagi Mahasiswa S1

11. Sumbangsih Nyata Bagi Dunia Akademis dan Masyarakat

Perumusan jawaban atas suatu permasalahan yang diangkat menjadi topik penelitian juga akan  bermanfaat  bagi kampus dan masyarakat. Kampus akan mendapatkan banyak sumbangan pemikiran dan pengembangan keilmuan. Sementara masyarakat akan mendapatkan solusi yang dapat diterapkan melalui hasil penelitian tersebut.

12.Meningkatkan Reputasi dan Kredibilitas Kampus

Karya tulis merupakan salah satu indikator utama dalam penilaian kualitas sebuah perguruan tinggi. Penelitian termasuk ke dalam kategori penilaian yang tidak kalah penting dibandingkan Indikator lainnya seperti tata kelola, jumlah jurusan/program studi, sumber daya manusia, sarana prasarana dan pengabdian kepada masyarakat.

Penelitian sebagai salah satu kegiatan menulis ilmiah memiliki bobot yang tinggi di antara karya tulis lainnya dikarenakan oleh kompleksitas penulisan dan bobot hasilnya. Jumlah penelitian yang diakui di forum akademis berskala internasional menjadi target bagi perguruan tinggi untuk dapat dipenuhi, tidak hanya yang berasal dari kalangan dosen saja tetapi juga dari mahasiswa.

Penutup

Diharapkan Anda yang sebagai mahasiswa atau calon mahasiswa dapat mendapatkan inspirasi dari tulisan tentang manfaat penelitian bagi mahasiswa ini.  Lakukan penelitian dengan antusias di setiap kesempatan dan rasakan manfaatnya yang tidak hanya akan menunjang prestasi akademis Anda saja, tetapi akan sangat terasa di dunia kerja nanti.