Mengembangkan Metode Penelitian yang Inovatif dan Efektif

Diposting pada

Pagi-pagi udah diajak ngakak nih sama temen gue. Gue kan lagi baca artikel tentang metode penelitian, tapi gatau kenapa judul-judulnya kok lucu-lucu gitu deh. Emang sih, kalo gue lagi belajar sesuatu, dibumbui dengan humor segar yang bikin senyum aja pasti jadi lebih menyenangkan kan?

Jadi, gue pengen ceritain tentang “metode penelitian” yang ternyata ada macam-macamnya, loh! Gue juga baru tau. Kalo biasanya gue cuma denger metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, ternyata masih ada beberapa lagi macamnya, seperti eksperimen, observasi, survei, studi kasus, dan sebagainya.

Kalo lo penasaran gimana ciri-ciri dari masing-masing metode penelitian itu, simak aja yuk penjelasannya berikut ini!

Pengertian Metode Penelitian

Nah, jadi metode penelitian sendiri adalah suatu cara yang digunakan untuk memperoleh informasi atau data yang diinginkan. Tujuannya tentu untuk memecahkan suatu masalah atau menjawab suatu pertanyaan penelitian. Gimana, keren kan?

metode penelitian

Nah, untuk bisa memperoleh informasi atau data yang diinginkan itu, masing-masing metodenya punya ciri-ciri khusus. Kalo eksperimen misalnya, metode ini digunakan untuk menguji sebab-akibat suatu fenomena, jadi biasanya banyak dilakukan oleh peneliti di bidang sains atau medis. Ciri-ciri utama dari metode eksperimen sendiri adalah adanya variabel independen, variabel tergantung, dan kontrol variabel.

Jenis Metode Penelitian

Apa reaksi kamu kalo denger kata “jenis”? Pasti suka kebayang-bayang gimana berbagai macam pilihan yang ada kan? Nah, kalo kita bicara tentang jenis metode penelitian, ternyata juga banyak, loh!

jenis metode penelitian

Ada metode penelitian kualitatif yang biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang bersifat deskriptif atau kualitatif. Contohnya kalimat pertanyaan penelitian kayak “Bagaimana sikap masyarakat Indonesia terhadap produk lokal?” atau “Bagaimana dampak pandemi COVID-19 terhadap perkembangan industri pariwisata di Indonesia?”

Ciri-Ciri Metode Penelitian

Sebenernya kalo mau belajar metode penelitian, nggak hanya cukup dengan mengerti jenis-jenis dan pengertiannya aja, tapi juga harus melihat ciri-ciri dari masing-masing metode itu sendiri.

ciri-ciri metode penelitian

Kalo observasi misalnya, metode ini dilakukan dengan mengamati suatu objek atau subjek penelitian secara langsung. Ciri khas dari metode observasi ini sendiri antara lain objektivitas, validitas, dan reliabilitasnya yang tinggi. Sedangkan metode penelitian deskriptif, biasanya menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, kuesioner, ataupun dokumentasi. Ciri utama dari metode ini biasanya adalah hasil penelitian yang bersifat deskriptif.

Pantes aja gue jadi lebih paham dan menyukai belajar metode penelitian kalo dibumbui dengan sedikit humor ya. Semoga penjelasan gue tentang macam-macam, jenis, dan ciri-ciri metode penelitian berguna buat kamu, ya!