Menghindari Plagiarisme dalam Skripsi: Tips dan Strategi

Diposting pada

Belajar menulis skripsi atau tugas akhir memang membutuhkan kerja keras dan ketekunan yang tinggi. Salah satu yang harus diperhatikan adalah menghindari plagiasi karena diluar sana sudah banyak sekali informasi dan karya orang lain. Beberapa tips berikut ini dapat membantu kamu dalam menghindari plagiasi pada skripsi atau tugas akhir yang kamu buat.

Cara Menghindari Plagiasi pada Skripsi atau Tugas Akhir

Cara Menghindari Plagiasi pada Skripsi atau Tugas Akhir

1. Mengutip dengan benar

Pendekatan ini lazim digunakan oleh banyak penulis. Jika kam menemukan informasi yang penting dan kamu ingin memasukkannya ke dalam skripsi atau tugas akhir, pastikan kamu menyebutkan sumber informasi tersebut dengan akurat dalam bibliografi atau daftar pustaka. Selain itu, selalu cantumkan nama penulis atau pembuat karya dan sumber informasi tersebut ketika kamu menggunakan kutipan.

2. Gunakan parafase atau kutipan pendek

Jika kamu ingin menambahkan ide atau tema yang sudah ada sebelumnya, gunakanlah parafase. Parafase adalah ketika kamu mengambil ide dari karya lain dan me-representasikan kembali dengan bahasa kamu sendiri. Sebaliknya, kutipan pendek hanyalah mengambil beberapa baris atau ayat dari karya sebelumnya dan memasukkannya ke dalam paragraf yang kamu tulis.

3. Menggunakan Software Anti-Plagiarisme

Jika kamu merasa khawatir atau tidak yakin tentang sejauh mana kamu dengan benar mengutip sumber kamu, gunakalah program anti-plagiarisme seperti Turnitin atau Grammarly. Software ini mampu membantu kamu untuk mendeteksi kesalahan plagiasi pada dokumen yang akan kamu kembangkan atau tulis.

Nulis Lagu dan Bikin Puisi? Ini 8 Tips Menghindari Plagiasi

Nulis Lagu dan Bikin Puisi? Ini 8 Tips Menghindari Plagiasi

1. Mengetahui Apa yang Dilarang

Sebelum kamu memulai membuat lirik atau puisi, pastikan kamu memahami apa saja yang dilarang, yaitu jangan menjiplak langung sebagian atau seluruh karya orang lain. Ambil mereka sebagai inspirasi saja.

2. Sering Berlatih

Seorang penulis harus sering berlatih menulis lirik maupun puisi agar lebih dewasa, lebih terampil, dan tidak mudah meniru orang lain.

3. Membaca Banyak Buku

Dengan menghabiskan waktu untuk membaca, anda akan membiasakan diri dengan gaya penulisan dan imbuhan bahasa Indonesia, sehingga kamu bisa menulis lirik atau puisi dengan gaya kamu sendiri.

4. Membangun Gaya Menulismu Sendiri

Seperti halnya penulis terkenal, kamu perlu membangun gayamu sendiri dalam menulis, dan bukan menjiplak. Semakin kamu menulis, maka akan semakin kamu merasakan kebahagiaan akan gaya menulismu sendiri.

5. Hindari Copy Paste

Banyak cara mudah untuk meminimalkan kemungkinan plagiasi, yang paling mudah dimengerti adalah menghindari copy-paste.

6. Bekerja dengan Orang Lain

Anda bisa meminta saran teman atau dosen lebih berpengalaman dalam menulis lirik atau puisi. Dengan meminta kritik, maka kamu bisa belajar dari kesalahan kamu agar bisa menghindari hal yang salah.

7. Gunakan Internet dengan Cerdas

Internet memiliki banyak sekali informasi yang bisa kamu gunakan. Tetapi, kamu perlu hati-hati untuk memilih dan mencari sumber yang tepat. Pastikan sumber yang kamu gunakan adalah terpercaya dan jangan terlalu banyak membandingkan dengan karya yang sudah ada.

8. Menulis Dengan Cara Luar Biasa

Dalam menulis lagu atau puisi yang benar-benar luar biasa, kamu harus memiliki rasa ingin tahu, imajinasi, dan inovasi yang membuat karya kamu berbeda dengan karya orang lain. Kamu perlu berpikir lebih keras dan maju dengan ide yang unik dan kreatif.

Demikianlah beberapa tips menghindari plagiasi pada skripsi, tugas akhir, lirik maupun puisi yang bisa kamu terapkan ketika kamu sedang membuat karya. Semoga berguna dan bisa membantu kamu dalam menghasilkan karya yang lebih baik dan tidak menjiplak. Ingatlah bahwa sebuah karya adalah refleksi dari internal kamu dan bukan hasil salinan dari sumber yang sudah ada.