10 Alasan Pentingnya Ikut Organisasi Untuk Masa Depan Mahasiswa

Pentingnya Ikut Organisasi

Organisasi merupakan salah satu tempat untuk berkumpul dan bekerja sama. Dalam organisasi terdapat beberapa orang dengan segala metode serta sumber daya yang dimiliki.

Dengan berorganisasi diharapkan bisa mencapai tujuan bersama yang efisien dan efektif. Setiap anggota organisasi memiliki peranannya masing-masing sesuai dengan job desk yang dimiliki.

Masih banyak orang beranggapan bahwa berorganisasi merupakan hal yang merepotkan. Padahal, di sana Anda akan belajar bagaimana bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan suatu masalah.

Jika masih beranggapan seperti itu, maka Anda wajib mengetahui pentingnya ikut organisasi. Berikut 10 alasan pentingnya ikut organisasi bagi masa depan.

1. Bertemu Banyak Orang (Membangun Relasi)

Alasan pentingnya ikut organisasi yang pertama adalah bertemu banyak orang yang menginspirasi dan akan terbangun sebuah relasi. Relasi ini akan sangat bermanfaat karena bisa jadi merekalah yang akan membantu kesulitan Anda di masa depan.

Dengan bertemunya banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Anda bisa mempelajari karakter setiap orang dan membiasakan diri untuk berperilaku sesuai dengan yang dibutuhkan di masyarakat. Anda akan belajar untuk tidak mementingkan diri sendiri dan bisa menghargai orang lain.

Baik rekan kerja di organisasi maupun mitra kerja dari organisasi luar berperan penting terbangunnya relasi di masa depan. Siapa tahu di masa depan, mereka semua memiliki peranan penting yang membuat Anda bisa sukses.

2. Menguatkan Mental dan Bijaksana Dalam Setiap Permasalahan

Nah, hal inilah yang akan didapatkan jika mengikuti organisasi sejak dini. Mental akan terasah untuk tidak mudah menyerah diberbagai situasi, serta bijaksana dalam mengambil keputusan di setiap permasalahan. Hal ini sangat penting untuk kemajuan di masa depan agar tidak salah langkah atau tidak salah dalam mengambil keputusan.

Dari organisasi ini bisa mengajarkan banyak hal. Mulai dari tekanan demi tekanan baik dari dalam atau dari luar. Deadline yang harus terus menerus dihadapi, masukan demi masukan dari sesama anggota organisasi, hingga cacian-cacian yang membangun mental.

Dari fase ini, maka bisa melatih pribadi agar lebih kuat dari sebelumnya. Dan siap menghadapi kerasnya masa depan dengan segala tekanan yang ada.  Kebijaksanaan untuk mengambil keputusan, kebijaksanaan dalam berbicara, hingga kebijaksanaan merespon setiap tekanan akan timbul dan terlatih dengan sendirinya

3. Mencapai Tujuan Bersama

Organisasi terbentuk pada dasarnya untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan yang diharapkan tersebut tentunya akan lebih mudah tercapai jika dilakukan secara bersama dengan keorganisasian.

Di organisasi sendiri memiliki struktural yang telah ditentukan dengan job desk masing-masing. Manfaat dari adanya struktural tersebut adalah agar tujuan yang ingin dicapai bisa terwujud dengan cepat karena pembagian kerja dan peranan masing-masing anggota.

Dari sini Anda akan berlatih menyelesaikan masalah dalam tim agar cepat selesai dan tidak mengedepankan ego diri sendiri. Anda juga akan belajar untuk menyatukan pendapat dengan anggota lain demi kepentingan bersama.

Baca juga: 10 Cara Terbaik Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

4. Menambah Wawasan

Di organisasi, tentu hari semakin hari Anda akan terlatih untuk berpikir secara rasional dengan menunjukkan perkembangan. Pola pikir Anda akan terus berkembang menyesuaikan perkembangan zaman yang ada saat ini dengan dibarengi kerja sama tim.

Dari beberapa pertemuan yang melibatkan seluruh anggota, maka pendapat demi pendapat akan didapatkan. Dari beberapa pendapat yang masuk, wawasan akan diperoleh seiring berjalannya waktu.

Tidak hanya mendengarkan pendapat orang lain, jika Anda ingin berpendapat juga harus didasari dengan alasan yang kuat. Alasan dari pendapat tersebut bisa diperoleh dari hasil riset yang sebelumnya bisa dilakukan.

5. Mengembangkan Public Speaking Skill

Public speaking atau berbicara di depan umum akan terasa sangat sulit dilakukan bagi mereka yang jarang melakukannya. Biasanya mereka akan merasa malu dan kaku ketika berbicara di depan umum saat pertama kali. Di organisasi, Anda akan terbiasa untuk berbicara di depan umum dengan memilih kata-kata yang tepat dan bisa diterima public.

Belajar public speaking di organisasi bisa dijadikan sebagai alternatif selain mengikuti workshop public speaking. Semakin banyak Anda mengikuti pertemuan yang diadakan organisasi, semakin sering juga belajar berbicara di depan umum.

Organisasi menjadi salah satu tempat bagi orang yang ingin melatih kemampuan dan keberanian dalam hal public speaking. Kemampuan berbicara di depan umum yang sudah diasah ini sangat berguna untuk masa depan baik dalam menyampaikan pendapat, berpidato, dan lainnya.

6. Melatih Kepemimpinan

Setiap orang pasti akan menjadi pemimpin, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Organisasi adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk melatih jiwa kepemimpinan tersebut.

Jiwa kepemimpinan tentunya tidak bisa mengedepankan ego diri sendiri. Anda harus mengedepankan kepentingan umum yang dirasa baik. Anda juga akan belajar cara mengambil keputusan yang bijak demi kepentingan bersama dan tidak merugikan orang lain.

Seorang pemimpin diharapkan bisa mengatur dan mampu merencanakan sesuatu dengan matang secara tersusun. Dari rencana yang sudah tersusun tersebut akan menghasilkan akhir sesuai dengan harapan.

Baca juga: 8 Alasan Yang Tepat Untuk Bergabung di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

7. Belajar Manage Waktu

Pentingnya ikut organisasi tidak hanya berdampak pada orang lain, melainkan besar manfaatnya untuk diri sendiri. Semakin dewasa seseorang tentu kegiatannya akan semakin banyak juga. Pastinya Anda tidak ingin waktu terbuang sia-sia, bukan?

Di organisasi, Anda bisa lebih menghargai dan mengatur waktu dengan baik. Hal ini akan berimbas baik untuk Anda ke depannya karena akan terbiasa mengatur jadwal-jadwal kegiatan. Tujuannya agar semua kegiatan bisa dilaksanakan secara terstruktur dan tidak ada kegiatan atau waktu yang terbuang sia-sia.

Bagi sebagian orang menganggap waktu adalah uang. Dengan pernyataan tersebut, diketahui bahwa waktu merupakan suatu hal yang sangat penting. Jika Anda kehilangan waktu, maka penyesalan akan didapatkan dan waktu sendiri tidak bisa diputar kembali.

8. Menciptakan Pemikiran yang Terbuka

Ketika Anda mengikuti organisasi dan tengah menyusun rencana untuk menjalankan sebuah kegiatan. Tentu perdebatan demi perdebatan akibat perbedaan pendapat tidak bisa dihindarkan. Dari perbedaan pendapat tersebut, maka Anda bisa belajar menghargai pendapat orang lain dan mengetahui dari perspektif mana mereka memilih pendapat tersebut.

Misalnya di suatu forum, terdapat anggota lain yang memiliki pendapat berbeda. Sebagai seseorang yang terjun di dunia organisasi, Anda jangan langsung membantah dan menyela pendapat tersebut. Dengan mendengarkan pendapat orang lain, maka akan membuka perspektif Anda lebih luas mengenai cara pikir anggota lain.

Mengapa mereka lebih memilih pilihan A dari pada pilihan B? dari sudut pandang mana mereka mengambil pilihan tersebut? Di tahap ini mengajarkan untuk tidak mengedepankan ego diri sendiri dan menerima pendapat orang lain dengan bijak.

9. Menjadikan Lebih Percaya Diri

Manfaat ikut organisasi bisa menjadikan Anda lebih percaya diri dalam menghadapi apapun. Kepercayaan diri tersebut akan muncul seiring berjalannya waktu karena keterbiasaan mengikuti forum yang banyak terjadi perbedaan pendapat dan mengharuskan untuk berkomunikasi.

Dari forum-forum yang diikuti, wawasan serta pengalaman dan percaya diri bisa tercipta dengan sendirinya. Hal ini membuktikan bahwa organisasi adalah tempat yang positif dan bermanfaat bagi anak-anak muda untuk mencari jati diri dan mengembangkan potensi dirinya.

Kerjakan setiap tugas yang diberikan dan telah disetujui bersama dalam sebuah forum dengan baik. Dengan kepercayaan diri yang muncul dari organisasi ini maka Anda telah siap untuk menghadapi segala sesuatu yang terjadi di dunia luar.

10. Keluar dari Zona Nyaman

Pentingnya ikut organisasi memiliki manfaat yang banyak bagi diri sendiri dan orang lain. Anda akan belajar dan terus belajar mendalami peranan yang dimiliki. Anda bisa keluar dari zona yang menjadi zona nyaman dan belajar di dunia lain. Bahkan di dunia yang sulit untuk diperankan.

Dalami peranan yang diberikan oleh organisasi, karena siapa tahu di masa depan Anda akan bekerja dan memerankan peranan yang sama ketika di organisasi. Jadi, lakukan peranan tersebut dengan baik dan pelajari segala hal agar bisa lebih maksimal.

Penutup

Anda bisa mengikuti organisasi dimanapun berada, baik di masyarakat maupun di lingkungan akademisi. Mulailah mengikuti organisasi sejak dini agar ketika dewasa nanti Anda sudah bisa menjadi problem solver dan mengatur atau merencanakan kehidupan di masa depan.

Asah terus kemampuan yang Anda miliki agar bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Manfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang positif bersama rekan organisasi dari pada menghabiskan waktu sendirian untuk hal yang tidak penting.

Itulah beberapa manfaat serta pentingnya ikut organisasiyang sangat berguna bagi masa depan. Jangan pernah sia-siakan masa muda khususnya bagi mahasiswa untuk melakukan hal-hal tidak berguna. Ciptakan waktu Anda untuk melakukan hal positif salah satunya adalah dengan berorganisasi.