7 Tips Jitu Agar Kuliah Selesai Tepat Waktu

Wisuda tepat waktu

Lulus kuliah dengan hasil memuaskan atau IPK yang tinggi kini bukan satu-satunya harapan kebanyakan mahasiswa. Ada satu hal lagi yang menjadi target dalam menjalani kuliah, yaitu lulus menjadi sarjana secepat mungkin.

Ya, saat ini banyak mahasiswa yang sudah menyadari bahwa berlama-lama menjalani perkuliahan adalah pemborosan. Baik dari segi waktu maupun biaya kuliah yang tidaklah ringan bahkan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sekalipun.

Untuk itu, ketahui 7 tips lulus kuliah tepat waktu berikut ini.

1. Pahami Prosedur Perkuliahan dengan Baik

Ketahui jumlah SKS yang harus diambil, berapa banyak SKS yang dapat diambil berdasarkan IP semester dan hal adminsitratif apa saja yang harus dipenuhi. Hal-hal ini menjadi penting agar Anda tidak melewatkan suatu hal yang dapat menyebabkan terhambatnya kegiatan perkuliahan Anda.

Memahami prosedur perkuliahan juga dapat membuat Anda memahami apa saja mata kuliah yang ditawarkan tiap semesternya. Pengetahuan akan mata kuliah ini akan dapat membantu mempersiapkan diri Anda serta menyiapkan strategi pengambilan mata kuliah di tiap semesternya secara efektif dan maksimal.

Baca juga: 10 Penyebab Telat Lulus Kuliah dan Cara Mengatasinya

2. Fokus Studi

Apabila Anda berkomitmen untuk lulus kuliah tepat waktu dengan hasil memuaskan maka Anda harus lebih fokus pada studi Anda dibandingkan menghabiskan waktu lebih banyak dengan teman-teman kuliah Anda. Kesampingkan waktu bermain Anda, kurangi kegiatan yang tidak mendukung kegiatan perkuliahan Anda, hindari godaan bekerja paruh waktu atau melakukan wirausaha.

Fokus studi juga berarti bahwa Anda berkomitmen untuk belajar dengan sungguh-sungguh dengan target memahami materi kuliah dengan baik dan mendapatkan nilai maksimal. Nilai inilah yang dapat menjadi faktor yang berpengaruh pada kecepatan kelulusan Anda.

3. Maksimalkan IP Semester, Minimal 3,00

Mengapa harus minimal 3,00? Karena Anda akan dapat mengambil jumlah SKS yang banyak di semester berikutnya. Dengan semakin banyak SKS yang diambil maka Anda akan semakin dekat dengan syarat kelulusan.

SKS maksimal yang dapat diambil dengan IP 3,00 pada semester sebelumnya adalah sejumlah 24 SKS. Dengan jumlah SKS keseluruhan 144 SKS, apabila Anda konsisten mengambil 24 SKS dimulai pada semester 2 hingga akhir maka Anda dapat menempuh perkuliahan dalam waktu 7 semester atau 3,5 tahun saja.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan IPK di Atas 3

4. Ambil SKS Maksimal Tiap Semester

Terkadang ada mahasiswa yang sengaja mengambil SKS yang minimal meskipun sebenarnya IP semester sebelumnya sangat memadai untuk mengambil SKS yang jauh lebih banyak. Beberapa alasan yang menjadi dasar penyebabnya seperti sedang menekuni wirausaha, atau sedang bekerja paruh waktu di sebuah perusahaan, ingin istirahat lebih banyak, sedang aktif di sebuah organisasi atau pun kegiatan yang lainnya.

Apabila Anda ingin lulus kuliah dengan cepat, maka Anda harus komitmen untuk lebih fokus pada studi Anda dibandingkan kegiatan yang lain. Dibutuhkan waktu, energi dan pikiran yang tidak sedikit untuk menuntaskan kuliah Anda. Ambilah jumlah SKS maksimal yang dapat Anda ambil di tiap semesternya.  

5. Pilih Teman Seperjuangan

Sebelum dan Sesudah Kuliah

Yang dimaksud teman seperjuangan di sini adalah teman-teman kuliah Anda yang memiliki visi yang sama dengan Anda yaitu lulus kuliah tepat waktu dengan hasil memuaskan. Maksud poin ini bukanlah Anda hanya berteman dengan mereka yang sevisi dengan Anda saja, tetapi Anda bergaul dan menghabiskan waktu lebih banyak dengan mereka dibandingkan dengan teman-teman yang lainnya.

Bersama teman seperjuangan Anda akan saling memberi motivasi, saling berbagi tips memaksimalkan nilai serta saling memacu semangat untuk percepatan kuliah.

6. Persiapkan Skripsi Sejak Dini

Salah satu tips lulus kuliah tepat waktu adalah persiapkan skripsi sejak dini. Banyak mahasiswa yang memiliki pengalaman penyelesaian skripsi dengan waktu cukup panjang. Biasanya hal ini disebabkan karena beberapa hal seperti belum tahu topik atau judul yang akan dipilih dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan data penunjang.

Akan sangat baik sekali apabila Anda sudah mulai memikirkan topik skripsi sejak semester 4 atau 5. Kemudian banyak berdiskusilah dengan teman, senior dan dosen Anda mengenai rencana skripsi Anda.

Diharapkan dengan persiapan sejak awal, pada saat Anda sudah dapat secara resmi menyusun skripsi pada semester 6 atau 7, Anda dapat dikatakan telah mempersiapkan setengah dari keseluruhan pengerjaan skripsi Anda.

Baca juga: 10 Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi dalam Satu Bulan

7. Ikut Semester Pendek

Di saat teman-teman Anda menikmati liburan, sebaiknya Anda isi liburan semester Anda dengan mengikuti semester pendek. Semester pendek akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki nilai suatu mata kuliah sehingga mata kuliah yang Anda ambil pada semester berikutnya adalah murni mata kuliah yang belum pernah Anda ambil sebelumnya. Kondisi ini akan membuat waktu kuliah Anda menjadi efektif dan efisien.

Penutup

Prinsip dasar lulus kuliah tepat waktu adalah kerelaan dan keikhlasan Anda untuk berkorban dalam banyak hal. Berkorban menyisihkan waktu bersenang-senang selama kuliah, berkorban mengikuti kegiatan lain baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus.

Namun semua pengorbanan tersebut adalah konsekwensi logis pilihan Anda. Dan yakinlah bahwa setelah Anda berhasil dengan target lulus tepat waktu, maka setelahnya barulah Anda akan dapat menuai manfaat dan apa yang telah Anda korbankan selama 3 hingga 3 ,5 tahun terakhir kuliah Anda.