9 Cara Mengatasi Waktu Luang Bagi Mahasiswa

Waktu luang

Waktu luang adalah waktu dimana pada momen tersebut Anda tidak memiliki kegiatan atau aktivitas sehingga memiliki waktu senggang. Waktu senggang ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan lain yang bermanfaat tentunya.

Jangan pernah sia-siakan waktu yang ada karena waktu tidak dapat diputar kembali. Anda akan menyesal karena tidak ada perputaran waktu mundur untuk mengulanginya.

Cara mengatasi waktu luang bagi mahasiswa dapat dilakukan agar lebih produktif. Kegiatan yang dilakukan dapat menghasilkan sesuatu.

Jika Anda seorang mahasiswa dan memiliki waktu luang, manfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin dengan kegiatan yang bermanfaat. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan misalnya menikmati hobi, belajar bahasa asing, mengikuti komunitas, bergabung dengan tim sukarelawan, dan masih banyak lagi.

Berikut cara mengatasi waktu luang bagi mahasiswa. Diharapkan dengan melakukan cara ini, mahasiswa bisa meningkatkan kreativitas dan produktivitas,.

1. Menyalurkan Dan Memaksimalkan Hobi

Cara mengatasi waktu luang bagi mahasiswa yang pertama adalah menyalurkan hobi. Jika Anda memiliki hobi olahraga, gabunglah ke klub olahraga yang ada di kampus. Bisa olahraga basket, futsal, sepakbola, sepak takraw, tenis meja, tenis lapangan, atau olahraga lain yang menjadi hobi Anda.

Mengisi waktu dengan menyalurkan hobi ini, maka kegiatan perkuliahan Anda menjadi lebih fresh dan tidak suntuk. Selain menghindari kebosanan kuliah yang itu-itu saja, menyalurkan hobi ini bisa menjadi alat untuk membangun relasi dengan teman-teman di kampus maupun di luar kampus.

Hal ini berguna sekali karena jika Anda tidak mempunyai kenalan ketika kuliah, akan kesulitan jika sudah lulus nanti. Dengan begitu, Anda akan merasakan manfaatnya di kemudian hari. Tentunya, Anda harus mencoba hal yang satu ini ya!

2. Mengikuti Komunitas Pengembangan Diri

Di kampus, tentu ada banyak kegiatan-kegiatan positif. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memaksimalkan potensi dalam diri.

Anda sebagai mahasiswa wajib mengenali potensi dalam diri untuk terjun di dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. Jika di masa SMA, Anda masih menjadi seorang yang pemalu untuk berbicara di depan umum atau berdiskusi dengan orang banyak. Setelah lulus kuliah, Anda harus bisa berbicara di depan orang banyak.

Kampus adalah tempat yang tepat untuk mempelajari soft skill sebelum terlambat. Anda bisa melatih softskill agar terbiasa mengatasi setiap permasalahan yang ada dengan cepat dan tepat. Juga membiasakan diri untuk berbicara di depan umum dengan bahasa yang sopan dan tertata rapi.

Ini sangat berguna ketika Anda sudah lulus dan terjun di dunia kerja yang membutuhkan presentasi di depan klien. Jadi, ikuti komunitas pengembangan diri agar hidup menjadi lebih berguna.

Baca juga: 10 Contoh Soft Skill Yang Harus Dimiliki Mahasiswa

3. Bergabung Menjadi Sukarelawan Di Kampus

Ada banyak organisasi yang mengadakan pembagian makanan, air bersih, sembako, pakaian, dan lain-lain ke panti asuhan atau pihak yang sedang membutuhkan. Anda bisa memanfaatkan waktu luang dengan ikut serta berkontribusi dalam kegiatan tersebut. Hubungi panitia penyelenggara agar dapat bergabung.

Kegiatan ini tentu menjadi kegiatan positif agar Anda senantiasa bersyukur. Juga ikhlas tentang apa yang sudah terjadi dan harus menerimanya.

Jangan pernah berfikir bahwa kegiatan seperti ini hanya membuang-buang waktu. Justru dengan mengisi waktu luang hanya tidur-tiduran dan bermain game yang tidak pentinglah menjadi kegiatan yang membuang-buang waktu.

Segeralah bangkit dan tatap masa depan dengan jiwa dan raga siap membangun mental masa depan. Salah satu caranya yaitu dengan berkontribusi sebagai sukarelawan.

Dengan membagi-bagikan sesuatu kepada orang yang butuh. Jangan ragu untuk melakukan hal ini, karena manfaatnya sangat baik untuk kedepannya!

4. Belajar Bahasa Asing

Bahasa asing di zaman milenial sekarang sangat dibutuhkan. Dalam kegiatan perkuliahan, Anda akan sering bertemu dengan bahasa asing.

Bahasa asing ini biasanya ditemukan saat presentasi oleh dosen, maupun jurnal-jurnal sebagai referensi bacaan. Ketika Anda browsing di internet juga akan bertemu dengan bahasa asing untuk menyelesaikan tugas kuliah.

Pelajari bahasa asing untuk menjadi pribadi yang lebih maju dan mengikuti perkembangan zaman. Ketika Anda belajar bahasa asing, nantinya ini akan berguna karena saat ini banyak perusahaan yang mencari karyawan baru dengan kualifikasi dapat berbicara bahasa asing dengan lancar.

Tentu akan kesulitan untuk mencari pekerjaan jika Anda sama sekali tidak mengerti bahasa asing. Tidak perlu semua bahasa asing dipelajari, cukup dalami bahasa Inggris karena bahasa tersebut merupakan bahasa internasional.

Jadi, apakah Anda sudah memulai hal ini? Jika belum, jangan ragu untuk memulainya dari sekarang. Percayalah, ada hal baik yang akan Anda dapatkan.

5. Membaca Buku Dan Menyelesaikan Tugas Lebih Awal

Membaca buku

Ciri khas seorang mahasiswa adalah menunda-nunda dalam menyelesaikan tugas. Biasanya mereka akan menyelesaikan tugas jika sudah dekat dengan deadline.

Deadline membuat Anda merasa santai di awal-awal pemberian tugas. Tetapi akan terburu-buru jika waktu pengumpulan sudah dekat.

Jangan biasakan hal ini karena akan menghambat kegiatan yang lainnya. Cara mengisi waktu luang bagi mahasiswa yang lain adalah membaca buku.

Bacaan yang positif karena akan menambah wawasan. Jangan menjadi seorang mahasiswa yang “kudet” terhadap apa yang sedang terjadi saat ini.

Membacalah dan kerjakan tugas lebih awal demi kemajuan diri. Dengan selesainya tugas lebih awal, maka Anda mempunyai waktu luang untuk mengerjakan hal lain yang bermanfaat. Mulai hal ini sejak sekarang ya!

6. Mulai Berwirausaha Sejak Dini

Sebagai seorang mahasiswa, tentu uang jajannya tidak akan selalu merasa cukup di setiap bulannya. Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan diri untuk berwirausaha.

Kegiatan wirausaha ini dilakukan demi menambah penghasilan sebagai seorang mahasiswa. Tidak sedikit wirausahawan sukses berangkat sejak mereka masih menjadi mahasiswa.

Lakukan kegiatan wirausaha sejak dini karena kesuksesan bisa diraih tidak harus setelah Anda bekerja. Anda bisa berbisnis online, memberikan jasa, dan hal-hal lainnya yang bisa menghasilkan uang.

Uang dari hasil berbisnis tersebut bisa dimanfaatkan untuk membeli keperluan kuliah. Juga bisa dijadikan untuk modal berwirausaha yang lebih besar lagi.

Latih mental berwirausaha Anda sejak dini agar kelak sudah mengerti bagaimana cara berwirausaha yang baik. Serta sudah siap menerima kondisi terburuk berwirausaha sekalipun. Dengan begitu, akan banyak sekali manfaatnya untuk diri anda.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Uang Tambahan Tanpa Modal Bagi Mahasiswa

7. Aturlah Pertemuan Dengan Kawan Lama

Cara mengatasi waktu luang bagi mahasiswa yang satu ini tentu seru untuk dilakukan. Kegiatan ini menjadi positif karena bisa merefresh otak dan kepala yang sudah pusing dalam menjalani kegiatan perkuliahan yang menguras energi.

Kawan lama tentu jangan sampai dilupakan. Merekalah kelak yang akan Anda cari ketika butuh bantuan.

Bisa jadi, Anda akan bekerja sama membangun bisnis sukses dengan kawan lama karena sudah sama sama percaya. Bangun relasi dengan semua orang dan perbanyaklah pergaulan sebagai mahasiswa.

Jangan menjadi mahasiswa pasif yang hanya berangkat kuliah dan pulang ke kos. Jadilah mahasiswa yang aktif ikut serta dalam kegiatan-kegiatan kampus. Dan jika ada waktu luang, bertemulah dengan kawan lama demi menjaga silaturahmi.

8. Mulailah Mengembangkan Karir

Menjadi mahasiswa bukan berarti kegiatannya hanya berangkat kuliah, mengerjakan tugas, pulang ke kos, tidur saja. Sebagai mahasiswa Anda sudah seharusnya memulai untuk mengembangkan karir.

Mulailah dari awal. Misalnya menjadi pekerja lepas, ikut kegiatan fotografi, menjadi content writer, dan lain sebagainya.

Dari kegiatan-kegiatan awal ini, Anda akan memperoleh relasi dengan orang-orang yang sudah memiliki pikiran untuk berbisnis. Jadi Anda sudah mengembangkan dan melebarkan sayap berkarir sejak masih mahasiswa. Hal ini akan menjadi positif untuk ke depannya ketika sudah lulus.

Tentu kerjaan atau tempat kerja memerlukan curriculum vitae dari para calon pelamar pekerjaan. Anda bisa mengumpulkan keterampilan untuk dimasukkan ke dalam CV tersebut.

Hal ini akan membuat HRD tempat Anda melamar kerjaan menjadi tertarik. Mereka percaya bahwa Anda bisa bekerja.

9. Menjadi Guru Les Privat

Sebagai mahasiswa yang produktif tentu akan memikirkan menjadi guru les privat demi mengasah softskill.  Kemampuan dalam mendalami materi akan menghasilkan pundi-pundi sebagai uang tambahan. Jika Anda menjadi mahasiswa olahraga, bisa menjadi guru les renang atau bidang lain yang dibutuhkan.

Jika Anda menjadi mahasiswa matematika, maka bisa menjadi guru les matematika dan mengajari anak-anak yang membutuhkan guru les privat. Masih banyak yang belum memahami tentang hal ini secara mendalam.

Anda bisa mendaftarkan diri langsung ke rumah-rumah atau mendaftarkan diri ke lembaga yang menyediakan jasa bimbingan belajar. Kegiatan ini tentu sangat positif untuk dilakukan sebagai cara mengatasi waktu luang bagi mahasiswa.

Penutup

Itulah cara mengatasi waktu luang bagi mahasiswa.Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan.

Kegiatan ini dilakukan tentunya untuk mengembangkan softskill, untuk mengembangkan karir dan kegiatan lainnya. Silahkan share artikel ini agar Anda dan teman-teman sebagai mahasiswa tahu tentang cara mengatasi waktu luang.