8 Bisnis Kuliner Untuk Mahasiswa

Belajar Kuliner

Kuliah sambil berbisnis saat ini bukanlah hal yang aneh. Ada beberapa motivasi dari seorang mahasiswa yang membuatnya menjalankan usaha di sela padatnya jadwal belajar dan kuliah. Belajar mencari uang sendiri, tidak mau merepotkan orang tua atau karena keterbatasan ekonomi yang membuatnya harus mencari uang sendiri untuk biaya kuliah.

Apabila Anda ingin berbisnis sambil kuliah, maka Anda harus memikirkannya dengan matang sebelum memulainya. Ada banyak pilihan jenis usaha yang dapat Anda pilih. Kalau Anda senang dengan berdagang produk dibandingkan jasa, maka bisnis kuliner dapat menjadi pilihan yang tepat.

Berikut 8 bisnis kuliner untuk mahasiswa yang dapat Anda pertimbangkan sebagai pilihan Anda.

1. Kedai Kopi, Roti Bakar dan Mie Rebus

Anda dan teman-teman kuliah Anda pasti suka mengobrol sambil nongkrong bersama. Apalagi kalau ditemani makanan dan minuman yang harganya terjangkau. Tempat mungkin tidak perlu mewah, yang penting nyaman untuk dapat duduk berlama-lama.

Kebutuhan mahasiswa akan tempat bersosialisasi itulah yang dapat Anda tangkap sebagai peluang usaha. Biasanya mahasiswa berkumpul untuk membicarakan masalah kuliah atau kegiatan mahasiswa lainnya. Yang paling dibutuhkannya adalah minuman seperti kopi ditemani makanan pendamping seperti roti bakar dan mie rebus.

Ketiga jenis makanan dan minuman itu dapat dipilih karena relatif mudah membuatnya. Harga jualnya pun tidak akan terlalu tinggi sehingga terjangkau oleh kantong mahasiswa. Sebagai penjual Anda pun akan mudah mendapatkan bahan-bahan pembuatannya dengan cukup murah.

2. Minuman Segar Olahan

Indonesia dengan iklim tropisnya, menjadikan bisnis minuman segar akan sangat menjanjikan. Saat ini sudah sangat banyak pilihan franchise minuman yang praktis menggunakan outlet sederhana ataupun gerobak.

Jenis minumannya mulai dari Bobba Drink, Thai Tea hingga minuman kopi atau coklat dingin. Jenis lainnya yang cocok terutama di kalangan mahasiswa adalah jus buah.

Anda dapat memulai usaha minuman ini melalui sistem franchise dengan biaya beragam, mulai dari paket Rp.3 juta sampai di atas Rp.10 juta. Namun Anda dapat pula mencoba berkreasi dengan resep rahasia yang Anda buat sendiri. Kuncinya adalah rajin mengamati pola belanja minuman orang-orang di lingkungan Anda dan berani bereksperimen dalam menciptakan menu.

Baca juga: 10 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa yang Menguntungkan dan Kekinian

3. Kue Basah

Kue Tradisional

Berjualan kue basah dapat menjadi pilihan bisnis kuliner untuk mahasiswa yang menjanjikan. Anda dapat menjualnya terutama di pagi hari di saat banyak orang yang membutuhkan sarapan ringan sebelum memulai aktivitas.

Membuat kue basah sendiri memang membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Untuk itu Anda bisa mendapatkan kue-kue tersebut dari pembuatnya langsung yang biasa memasok toko-toko kue di kota Anda.

Dari pembuatnya langsung Anda akan mendapatkannya dengan praktis dengan harga yang murah. Hanya saja Anda harus sedikit berkorban untuk mendapatkannya karena biasanya proses produksi kue basah adalah malam hari untuk dijual di saat subuh agar selalu terjaga kesegarannya.

Kue basah tidak hanya dapat Anda jual sebagai penganan pagi hari. Anda juga dapat menawarkannya kepada pihak-pihak di lingkungan kampus Anda seperti koperasi mahasiswa, organisasi mahasiswa, instansi hingga lingkungan rumah tangga di sekitar tempat Anda tinggal. Banyak kebutuhan yang dapat Anda jadikan peluang seperti kegiatan rapat kampus, pesta, pernikahan hingga kegiatan mahasiswa lainnya.

4. Katering

Bisnis katering bukan berarti Anda harus membuka tempat makan. Bisnis ini dapat Anda jalankan dengan memanfaatkan dapur tempat Anda tinggal.

Kelebihannya adalah peluang makanan yang tersisa seperti halnya warung atau restoran adalah sangat kecil. Hal ini dikarenakan Anda hanya membuat makanan yang dipesan dan langsung habis sesuai pesanan. Keuntungan lainnya adalah proses produksinya cenderung tidak rutin setiap hari karena hanya berdasarkan pesanan.

Memang pendapatan tidak akan rutin setiap hari seperti halnya bisnis warung makan. Namun waktu Anda tidak akan banyak tersita untuk mengurus tempat makan selain dari pendapatan di setiap ordernya cenderung lebih besar dibandingkan penjualan makanan di tempat makan biasa. Target konsumen yang dapat Anda bidik adalah pihak kampus dan organisasi mahasiswa, rumah tangga dan juga instansi.

5. Gorengan

Gorengan

Ini adalah jenis makanan favorit kebanyakan masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat dengan pilihan rasa asin gurih dan manis serta harga yang terjangkau menjadi penyebabnya.

Keuntungan dari menjual gorengan adalah proses produksi yang cenderung mudah. Selain itu Anda dapat menciptakan rasa yang unik dengan resep olahan yang Anda ciptakan sendiri.

Bahan dasarnya pun dapat bervariasi sehingga produk Anda akan terkenal karena keunikannya. Di beberapa kota di tanah air, ada penjual gorengan yang terkenal karena buah-buahan yang tidak lazim dijadikan gorengan seperti nanas sampai nangka yang menjadikannya daya tarik kuat bagi konsumen.

Gorengan adalah jenis makanan yang dapat dijual sepanjang hari. Semenjak pagi hingga malam hari, nyaris setiap waktu selalu ada orang yang membutuhkannya. Untuk itu siapkanlah tim kerja Anda dengan bekerja bergantian untuk menjaring peluang penjualan yang maksimal setiap harinya.

6. Nasi Goreng

Nasi goreng dapat menjadi pilihan bisnis kuliner untuk mahasiswa. Faktor kemudahan pembuatan dan makanan kesukaan banyak orang akan jenis makanan asli Indonesia ini menjadi alasan utamanya.

Penjual nasi goreng lebih banyak ditemui di malam hari. Memang makanan ini sangat tepat disantap panas di saat malam hari. Keuntungan bagi Anda yang ingin berjualan nasi goreng di malam hari adalah tidak akan terlalu banyak menghabiskan waktu Anda di sela kesibukan kuliah.

Baca juga: 10 bisni mahasiswa paling laris

7. Tahu Bulat

Cemilan yang dipopulerkan di Kota Bandung ini sekarang sudah merambah ke berbagai kota di tanah air. Harganya yang murah menjadikannya mudah dijangkau oleh berbagai kalangan. Selain itu tentu saja karena rasanya yang lezat membuat banyak orang ketagihan karenanya.

Kalau biasanya tahu bulat dijajakan berkeliling dengan menggunakan mobil terbuka pada awal populernya dan berkembang dengan menggunakan kendaraan roda dua saat ini, maka Anda dapat menjualnya secara statis atau di tempat tertentu. Cara berjualan seperti ini adalah untuk menghemat waktu dan tenaga Anda.

Meski tidak berjualan keliling namun demikian Anda tetap dapat memaksimalkan penjualan produk Anda. Ciptakan desain promosi yang menarik di tempat Anda. Buatlah semua orang di sekitar Anda teringat akan tahu bulat dagangan Anda.

8. Warung Makan

Soto

Warung atau kedai makan adalah sebuah pilihan bisnis kuliner yang menjanjikan. Apabila Anda termasuk berkecukupan dalam modal, Anda dapat memulainya dengan tenaga terlatih yang Anda pekerjakan atau bahkan sebagian dikerjakan oleh teman-teman kuliah Anda.

Kunci dari warung makan adalah rasa dan harganya. Mengenai tempat saat ini sudah dapat diatasi melalui promosi dari mulut ke mulut ataupun melalui aplikasi online.

Mungkin saja harga yang murah membuat margin keuntungan menjadi lebih tipis, namun keuntungannya adalah volume penjualan yang relatif besar setiap harinya. Selain itu Anda juga dapat menjalankan bisnis katering sekaligus, baik harian ataupun pesanan sesuai kebutuhan konsumen.

Penutup

Bisnis kuliner untuk mahasiswa memang tidak boleh dipandang sebelah mata. Selain sebagai sumber pendapatan sampingan atau bahkan yang utama, keuntungan bisnis kuliner adalah dapat menjadi ajang pelatihan diri. Anda akan mendapatkan banyak pengalaman berharga yang akan sangat bermanfaat baik saat akan memulai usaha lain ataupun bekerja setelah lulus nanti.