10 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa yang Menguntungkan dan Kekinian

Bisnis Kreatif

Bisnis kreatif adalah aktivitas ekonomi yang terkait dengan pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu. Ini harus selalu mengikuti perkembangan zaman.

Walaupun status Anda masih sebagai mahasiswa, itu tidak menghalangi Anda menjadi seorang pebisnis kreatif. Selain untuk mengisi waktu luang, Anda bisa mendapat keuntungan yang banyak.

Apa saja bisnis kreatif yang dapat dilakukan oleh mahasiswa? Yuk simak artikel tentang 10 contoh bisnis kreatif mahasiswa yang dapat Anda coba.

1. Bisnis Kuliner Unik

Setiap orang tentunya perlu makan dan minum setiap harinya. Tak terkecuali dengan mahasiswa. Selain kebutuhan makan, biasanya juga memerlukan cemilan.

Cemilan ini untuk menemani mengerjakan tugas. Jadi, bisnis kuliner memang tidak akan ketinggalan zaman.

Jika Anda suka memasak, maka bisa mencoba membuka bisnis kuliner unik ini. Ada saatnya seseorang bosan dengan makanan yang itu-itu saja, maka bisnis ini bisa dicoba dengan menjual makanan yang unik.

Sehingga pembeli dapat tertarik dan ingin membeli karena keunikannya. Namun tetap harus seimbang dengan kualitas rasa dan harganya.

Sebagai seorang mahasiswa, Anda mungkin belum mempunyai modal besar untuk memulai bisnis kuliner. Untuk menghindari terjadinya kerugian, Anda bisa menjalankan bisnis kuliner ini dengan sistem pre order.

Jadi tidak perlu stok banyak. Hanya perlu membuat jika ada pesanan karena tidak akan untung banyak jika kita sudah membuat banyak ternyata yang beli sedikit.

Baca juga: 8 Bisnis Kuliner Untuk Mahasiswa

2. Fotografi Atau Videografi

Anda mempunyai kamera? Hobi mengedit foto ataupun video? Ini adalah salah satu contoh bisnis kreatif mahasiswa yang cocok untuk Anda.

Saat ini orang-orang pasti ingin mengabadikan setiap moment-moment terbaik mereka. Contohnya wisuda dan lain-lain. Nah ini merupakan peluang yang bisa di manfaatkan untuk memperoleh keuntungan.

Bisnis ini menyalurkan hobi Anda dalam hal foto maupun video. Juga dapat menambah penghasilan.

Tentunya Anda juga harus berlatih meningkatkan kemampuan foto atau videografi agar menghasilkan foto dan video yang bagus. Sehingga untuk bisnis yang Anda lakukan ini dapat memuaskan pelanggan.

Untuk memulai bisnis awal ini, Anda dapat memberikan jasa secara gratis di event-event yang ada di kampus. Ini berguna untuk mengumpulkan portofolio.

Ini nantinya akan ditunjukkan ke pelanggan. Jika hasilnya memuaskan dapat dijadikan patokan untuk menentukan tarif pembayaran kedepannya.

3. Bisnis Dropshipper

Dropshipper merupakan teknik pemasaran dimana penjual tidak perlu menyimpan stok barang. Penjual akan langsung menyetor orderan yang diterima kepada distributor atau produsen.

Caranya pun cukup mudah. Sekarang ini banyak e-commerce yang menawarkan jasa ini. Silahkan cari toko-toko online mana saja yang membolehkan Anda menjadi dropshipper.

Menjadi dropshipper cocok bagi Anda yang ingin memulai berbisnis kreatif namun terkendala dengan modal yang belum cukup. Keuntungan yang didapat cukup lumayan karena tidak perlu adanya modal yang dikeluarkan.

Namun hasil yang dihasilkan ini juga tergantung dengan seberapa tekun Anda menjalani bisnis dropshipper ini. Anda bisa memulai untuk berjualan dengan harga terjangkau di lingkungan kampus. Barang yang Anda jual pun harus yang benar-benar Anda mengerti.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Uang Tambahan Tanpa Modal Bagi Mahasiswa

4. Content Creator

Menjadi content creator harus mampu memanfaatkan platform media dengan konten yang dibagikan kepada masyarakat umum. Dapat berupa tulisan, foto maupun video yang berisi berbagai cerita atau berita yang ingin disampaikan kepada penonton.

Jika Anda mempunyai jiwa kreativitas tinggi, contoh bisnis kreatif mahasiswa ini cocok untuk dipilih. Apalagi profesi ini sedang naik daun di era perkembangan digital saat ini.

Banyak endorse dari berbagai brand atau merek untuk mengiklankan produknya. Ini tentunya dibagikan melalui konten-konten yang kreatif.

Dengan bermodalkan kreativitas yang tinggi, ide, laptop dan inspirasi, Anda bisa menjadi content creator yang sukses. Terlebih, jika diimbangi dengan ketekunan dan usaha yang keras.

Pastikan juga Anda terus mengasah keterampilan dan mengirim konten yang diinginkan. Ini tentunya akan memuaskan pelanggan Anda.

5. Desain Grafis atau Illustrator

Pekerjaan Desain Grafis

Desain Grafis atau Illustrator merupakan pekerjaan yang dapat menciptakan ilustrasi, tipografi, dan gambar yang bergerak (motion graphics). Bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik.

Ini dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk yang berkaitan dengan produk. Jika Anda mahasiswa jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) atau seseorang yang mempunyai jiwa seni rupa tinggi maka bisnis ini cocok untuk Anda pilih.

Apalagi saat ini banyak sekali industri yang membutuhkan seorang desain grafis atau ilustrator. Bisnis ini sangat potensial.

Untuk awal dalam memulai bisnis ini, pastikan Anda melakukan personal branding melalui akun-akun social media Anda. Dengan cara berbagi hasil karya-karya yang telah Anda kerjakan.

Selain itu, Anda juga harus semakin kreatif dan inovatif agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Pastinya, hasil desain grafis Anda tentu akan lebih menarik dan memberikan kepuasan bagi pelanggan.

7. Bisnis Musikus

Musikus merupakan seseorang yang dapat memainkan alat musik seperti gitar, drum, piano. Juga seseorang yang dapat bernyanyi.

Jika di desain grafis memerlukan keterampilan seni rupa atau desain. Musikus ini cocok untuk Anda yang mempunyai keterampilan seni musik.

Namun bukan hanya keterampilan saja yang dibutuhkan. Juga usaha dan kemauan besar. Bagi Anda yang ingin menjadi musikus sukses, sebaiknya Anda mulai berlatih untuk mengembangkan jiwa seni musik agar lebih baik dan maksimal.

Pada era sekarang ini, jika Anda ingin menjadi seorang musikus banyak pilihan ragamnya. Bukan hanya sekadar mengejar label.

Anda bisa menjadikan bisnis kreatif ini sebagai sampingan. Seperti mengisi di café, pernikahan, acara kampus, youtuber cover bahkan musikus yang dikontrak label.

8. Bisnis Admin Media Sosial

Media sosial merupakan media daring. Pengguna media sosial dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan konten.

Saat ini banyak yang menggunakan media sosial sebagai media promosi produk-produknya. Tentunya hal ini membuka peluang pekerjaan juga.

Akun media sosial produk yang sudah besar tentu akan semakin sulit untuk dikelola . Memerlukan jasa seorang admin agar dapat mengelola akun produknya tersebut.

Dengan banyaknya admin yang melakukan pengelolaan, maka akan membantu melakukan update di media sosial. Ini tentunya akan membuat pelanggan puas mendapatkan informasi-informasi.

Tugas utama seorang admin media sosial misalnya mengunggah konten pada waktu tertentu. Serta, dapat berinteraksi dengan pembeli yang ingin bertanya-tanya mengenai produknya.

Hanya bermodalkan handphone Anda bisa menjadi seorang admin media sosial. Anda dapat membuat konten sekaligus menggungahnya pada akun media sosial pelanggan.

Baca juga: 10 Jenis Usaha Kuliner Untuk Mahasiswa Kekinian dan Paling Laris

9. Bisnis Bimbingan Belajar

Mahasiswa dapat melakukan bisnis untuk memberikan bimbingan belajar kepada beberapa anak sekolah. Ini bisa dimulai dari SD, SMP, SMA.

Bahkan, dengan teman kuliah sendiri. Mereka membutuhkan bantuan karena kurang menguasai materi dalam pelajaran yang diberikan dosen.

Bisnis ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang yang dapat dilakukan sendiri maupun bersama dengan orang lain. Jika bersama dengan orang lain haruslah yang berkompeten dibidangnya.

Tidak hanya terbatas dalam akademis saja, namun dapat dikembangkan dalam bidang non akademis. Seperti olahraga, musik, menggambar dan lain-lain yang memiliki manfaat untuk para siswanya.

Bisnis bimbingan belajar ini pun memberikan keuntungan. Selain dapat menambah penghasilan, juga dapat memperdalam ilmu-ilmu atau materi yang disampaikan.

Perlu diingat untuk menjalankan bisnis ini, diperlukan kesabaran. Juga ketekunan ekstra dalam memberikan bimbingan.

10. Bisnis Pengetikan dan Printing

Kuliah identik dengan berbagai macam tugas yang diberikan oleh dosen. Biasanya tugas kuliah yang diberikan perlu dicetak (diprint) untuk disetor kepada dosen.

Masih banyak mahasiswa yang tidak mempunyai perangkat cetak (printer) dan tidak ada waktu untuk mengetik. Banyak mahasiswa lebih memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan printing ini.

Jika Anda mempunyai komputer dan printer, itu sudah cukup untuk menjalankan bisnis ini. Tapi Anda juga harus pintar-pintar memanajemen waktu. Jangan sampai Anda mengerjakan pengetikan pelanggan malah tidak mengerjakan tugas Anda sendiri.

Untuk dapat memulai bisnis ini, diperlukan kemampuan yang baik dalam hal pengetikan, karena biasanya pelanggan akan menilai hasil jasa dilihat dari kualitas penulisannya. Jika hasilnya memuaskan bisa jadi pelanggan akan datang kembali untuk menggunakan jasa Anda.

Penutup

Itulah 10 contoh bisnis kreatif mahasiswa yang dapat dijelaskan dalam artikel ini. Mana pilihan bisnis kreatif yang paling cocok untuk Anda?

Jangan takut untuk mencoba memulai berbisnis! Dengan memulai berbisnis sejak mahasiswa bisa menjadikan ini sebagai pengalaman yang berharga.

10 contoh bisnis kreatif mahasiswa yang telah dijelaskan di atas dapat Anda kembangkan sendiri. Sebaiknya dikelola dengan konsep matang dan dikerjakan maksimal. Bangga apabila Anda masih berstatus sebagai mahasiswa sudah bisa menghasilkan uang sendiri.

Silahkan share atau bagikan tulisan ini, agar banyak mahasiswa yang mendapatkan ide-ide bisnis kreatif. Tentunya juga terjun langsung melaksanakan ide-ide tersebut.