10 Tips Memilih Rumah Kost yang Nyaman Untuk Mahasiswa

Tips memilih rumah kost

Banyak mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi berasal dari dalam kota tempat kampusnya berada. Tetapi banyak juga mahasiswa yang berasal dari luar kota.

Jika berada di luar kota, tentu sangat membutuhkan kost sebagai tempat tinggal. Tetapi, dalam memilih kost untuk mahasiswa juga jangan sembarangan.

Karena, rumah kost akan menjadi tempat tinggal utama saat belajar di perguruan tinggi. Kini, mahasiswa sudah dituntut untuk bisa lebih mandiri dalam proses pembelajaran.

Untuk Anda yang sedang mencari rumah kost, maka jangan sembarangan. Ketahui beberapa tips memilih rumah kost yang bisa Anda gunakan.

1. Periksa Lokasi Rumah Kost

Salah satu hal terpenting dalam memilih tempat kost yaitu lokasinya. Karena, lokasi merupakan bagian yang memang sangat penting. Sangat disarankan, untuk Anda memilih lokasi kost yang dekat dengan kampus.

Sebagai mahasiswa, maka jadwal perkuliahan mungkin saja lebih santai. Jadi, saat Anda selesai perkuliahan dan ingin kuliah maka bisa langsung menuju ke rumah kost. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu lokasi dari kost tersebut.

Apakah lokasi kost jauh dari perkuliahan atau tidak. Setidaknya, jarak idealnya yaitu 2-4 km menuju kampus.

Namun, jika Anda tidak memiliki kendaraan sangat disarankan untuk mencari kost yang lebih dekat. Sekitar 500 meter dari kampus. Serta, lokasi disarankan strategis dan dekat keramaian.

2. Cek Fasilitas Yang Tersedia

Anak kost, tentu harus memperhatikan betul fasilitas yang diberikan. Karena, saat ini semakin dibutuhkan banyak fasilitas untuk menunjang perkuliahan. Serta, untuk mendapatkan kehidupan yang memang layak digunakan.

Alangkah baiknya, Anda untuk bertanya mengenai fasilitas apa saja yang tersedia. Setidaknya, tanyakan mengenai beberapa fasilitas yang akan didapatkan. Terutama, untuk fasilitas berupa wifi yang sangat dibutuhkan mahasiswa.

Tanyakan kepada pemilik kost, apakah tersedia wifi? Tidak hanya itu saja, bagaimana listrik dan airnya? Semua hal harus ditanyakan secara detail. Agar, tidak ada permasalahan nantinya setelah Anda melakukan pembayaran di kost tersebut.

3. Ukuran Kamar

Saat ini, banyak sekali rumah kost yang tidak manusiawi. Mengapa demikian? Banyak beredar informasi tentang kost yang sangat tidak layak digunakan. Bahkan, untuk ukuran kamarnya sendiri hanya berukuran 2 x 2 meter saja.

Bayangkan, bagaimana mungkin Anda bisa nyaman berada di tempat tersebut? Untuk itu, Anda bisa mencari kost yang memang cocok untuk dipilih.

Sebaiknya, pilih ukuran kamar dengan ukuran minimal 3 x 3. Ukuran tersebut sudah sangat layak untuk digunakan.

Karena, tidak sempit dan bisa menyimpan beberapa barang. Seperti lemari pakaian, keperluan kuliah dan yang lainnya.

Ukuran ini juga layak jika teman Anda main untuk mengerjakan tugas bersama. Jadi, pastikan Anda mengecek ukuran tempatnya terlebih dahulu!

4. Fasilitas Dapur

Tips memilih rumah kost yang selanjutnya yaitu mengenai dapur. Siapa sih anak kost yang tidak membutuhkan dapur?

Nampaknya, semua anak kost membutuhkannya. Untuk itu, dalam pemilihan rumah kost usahakan yang memiliki dapur.

Dengan adanya fasilitas dapur, maka akan membantu. Seperti untuk memasak mie, air dan yang lainnya. Mungkin, untuk fasilitas dapur memang tidak sepenuhnya diberikan oleh pemilik kost.

Jadi, dalam hal ini Anda juga harus bertanya secara lengkap kepada pemilik kost. Mengenai dapur terutama pada penggunaan kompornya.

Apakah nantinya akan dibelikan oleh pemilik kost. Atau, penghuni kost yang akan membelinya. Hal ini juga penting untuk Anda tanyakan!

5. Kamar Mandi

Kebersihan Kamar Mandi

Tidak dapat dipungkiri, jika kamar mandi merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Sebaiknya, untuk pemilihan kost harus memperhatikan kamar mandi terlebih dahulu. Karena, kamar mandi menjadi daerah yang memang harus di cek terlebih dahulu.

Cek, keadaan kamar mandi apakah dalam kondisi yang layak. Jika kotor, berdebu, berlumut maka sangat tidak layak untuk Anda pilih.

Sebaiknya, pilihlah kost yang memang memiliki kamar mandi layak pakai. Karena, ini juga kepentingan diri Anda sendiri.

Bayangkan, bagaimana jika teman, saudara atau orang tua melihat kamar mandi yang kotor? Tidak menyenangkan bukan.

Selain itu, disarankan untuk bisa memilih kost yang memiliki kamar mandi dalam. Fungsinya, agar Anda tidak berebut untuk memakai kamar mandi.

6. Lingkungan Kost

Siapa bilang memilih rumah kost tidak memperhatikan lingkungan? Jangan salah, justru ini penting untuk Anda pahami.

Dengan memilih lingkungan kost yang tepat, berarti Anda lebih memahami mengenai kebutuhan anak kost. Untuk itu, lebih baik memilih lingkungan yang nyaman.

Pilihlah rumah kost yang memiliki lingkungan asri, tentram dan nyaman. Dengan lingkungan tersebut, akan membantu agar lebih bisa tenang dalam beristirahat. Sebaliknya, jika Anda memilih lingkungan yang salah maka akan membuat istirahat Anda kurang nyaman.

Sebagai contoh, saat Anda memilih lingkungan yang berada di sekitar pabrik. Sudah pasti, akan terdapat suara pabrik yang mengganggu istirahat Anda di kost.

Belum lagi mengenai pencemaran udara yang dihasilkan. Karena itu, cek secara matang lingkungan kost yang Anda akan pilih.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Teman Yang Baik Saat Menjadi Mahasiswa Baru

7. Perhatikan Kondisi Kamar

Memilih rumah kost memang tidak bisa sembarangan. Banyak hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya terkait dengan kondisi kamar.

Kondisi kamar yang nyaman dan aman akan membuat Anda betah berada di kost. Sebaliknya, jika tidak maka Anda akan merasa kurang nyaman.

Untuk itu, dalam memilih kamar kost memang harus Anda perhatikan secara mendalam terlebih dahulu. Tidak masalah Anda melihat semua sisi dari kamar kost. Justru, hal itulah yang memang sangat penting untuk dilakukan.

Cek setiap sudut dari kamar apakah memiliki keretakan pada keramik. Lalu, cek juga apakah cat kamar sudah luntur? Jika luntur, cobalah untuk bertanya apakah bisa diperbaiki. Jawabannya akan menjadi pertimbangan bagi Anda.

8. Kebersihan Rumah Kost

Siapa sih yang tidak menyukai kebersihan? Tentunya, semua orang menyukainya. Termasuk kebersihan rumah kost juga sangat perlu diperhatikan. Jangan sampai, rumah kost yang kotor dan kumuh sangat tidak layak dihuni menjadi tempat tinggal.

Usahakan, dalam pemilihan tempat kostnya memiliki kebersihan yang baik. Tentunya, Anda bisa melihatnya secara langsung di lokasinya.

Jangan abaikan sedikitpun kebersihan pada rumah kost. Karena, tempat itulah yang nantinya akan menjadi tempat tinggal Anda. Apakah Anda ingin berada di tempat yang tidak bersih?

Belum lagi jika teman-teman Anda sering bermain di kost Anda. Maka, sangat diperlukan kost yang bersih. Dengan kost yang bersih juga lebih memberikan semangat Anda dalam beraktivitas.

Serta, tidak membuat perasaan kurang berkenan untuk bertempat tinggal disitu. Jadi, Anda bisa bertanya atau bisa langsung melihat bagaimana kebersihan rumah kost yang akan Anda pilih.

9. Pahami Aturan Yang Tersedia

Penting! Untuk para mahasiswa yang akan memilih kost harus mengetahui aturannya terlebih dahulu.

Karena, beberapa kost mengharuskan untuk memahami aturan yang diberikan. Jadi, Anda juga bisa bertanya mengenai aturan apa saja yang tersedia.

Biasanya, pemilik rumah kost akan memberi tahu tentang aturannya. Seperti dilarang pulang terlalu malam, berisik dan lainnya.

Untuk itu, para penghuni kost harus mematuhinya. Jika terjadi pelanggaran terhadap aturan tentu penghuni harus siap juga dalam menerima sanksi yang diberikan.

Pihak kost membuat aturan bukan tanpa alasan. Melainkan, untuk menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan aman.

Jangan sampai, lingkungan kost kurang bersahabat dan membuat penghuni lainnya tidak betah. Jika Anda keberatan dengan aturannya, maka Anda bisa memikirkannya terlebih dahulu.

10. Harga Sewa Yang Sesuai

Tips memilih rumah kost yang terakhir yaitu harga sewa atau harga kontrakan. Sebagai anak kost, pemilihan harga pada rumah kost memang harus dipikirkan. Kaitannya dengan seberapa bisa orang tua membiayai Anda.

Sebaiknya, untuk memilih rumah kost tidak perlu terlalu mewah. Terpenting, sesuai dengan kebutuhan Anda dalam berkuliah. Selain itu, pastikan bahwa harga yang diberikan memang sesuai dengan kualitasnya.

Jika Anda memiliki budget rendah, tentu tidak bisa terlalu banyak berharap terhadap fasilitas yang ditawarkan. Namun, Anda tetap bisa menyesuaikan dengan fasilitas yang ada. Karena hal inilah yang memang seharusnya terdapat pada rumah kost Anda.

Penutup

Memilih rumah kost untuk mahasiswa memang tidak bisa sembarangan. Usahakan, mencari beberapa rumah kost sebagai perbandingan. Selain itu, beberapa tips di atas juga perlu Anda gunakan.

Tips memilih rumah kost diatas tentu sudah banyak digunakan oleh beberapa orang. Silahkan share atau bagikan tulisan ini, agar yang mencari rumah kost dapat menemukan tempat kost yang nyaman dan aman. Semoga bermanfaat!