6 Persiapan Saat Awal Masuk Kuliah

Kuliah Perdana

Selamat, Anda kini sudah sah sebagai mahasiswa. Segala persyaratan administrasi sudah dilengkapi. Prosesi penerimaan mahasiswa baru sudah Anda jalani. Kini saatnya Anda mengikuti materi kuliah pertama sesuai jadwal yang sudah tersedia.

Andaikan esok hari adalah waktunya, seperti apa kira-kira persiapan kuliah perdana yang harus Anda lakukan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Tetapkan Niat

Akan banyak pikiran yang berkecamuk di benak Anda sebelum memulai kuliah perdana esok hari. Dari mulai deg-degan, merasa tidak nyaman karena tidak ada teman sekolah Anda di jurusan yang Anda pilih, penasaran seperti apa suasana kuliah, takut tidak dapat mengikuti materi dengan baik dan  tidak percaya diri karena penampilan.

Semua pikiran itu wajar saja karena Anda akan memasuki dunia yang sama sekali baru bagi Anda. Lumrah apabila Anda akan sulit tidur memikirkan apa saja yang akan terjadi besok. Tapi Anda harus perhatikan satu hal, yaitu niat Anda.

Niat Anda berkuliah adalah mendapatkan ilmu, menambah wawasan, menggali ilmu pengetahuan dan menjadi manusia dewasa yang lebih baik dari sebelumnya. Seserius itu?

Ya, kuliah memang bukan main-main, bukan hanya kesenangan yang Anda cari. Tapi bukan berarti Anda tidak akan menikmati masa kuliah Anda.

Mulailah dengan niat Anda, cintai apa yang Anda pilih Anda dan nikmati prosesnya. Dengan niat yang benar dan terus menjadi pengingat, maka akan menjadi motivasi diri yang sangat besar dampaknya dalam menjalani perkuliahan dengan maksimal.

Baca juga:

2. Persiapkan Mental

Persiapan mental menjadi bagian penting dalam persiapan kuliah perdana. Cara pertama menyiapkan mental adalah mengubah pola pikir Anda.

Kini Anda adalah mahasiswa, bukan lagi anak sekolah. Anda adalah manusia dewasa yang sudah mengemban tanggung jawab lebih besar atas diri Anda.

Lebih matanglah dalam berpikir dan bijaksana dalam bertindak serta berkata-kata. Bukan berarti Anda harus ‘jaim’ atau terkesan dibuat-buat. Semuanya adalah proses yang harus dijalani dengan bertahap.

Namun akan sangat baik sekali apabila Anda sudah memulainya dari hal-hal kecil di atas saat kuliah perdana Anda. Semakin lama Anda akan makin terbiasa dan bertambah hal-hal baru kemudian sebagai penambah kedewasaan Anda.

Dengan mental yang dewasa, Anda akan mampu menghadapi perkuliahan yang kadang tidak ringan penuh tantangan dengan sebaik-baiknya. Dan yang terpenting adalah kualitas diri Anda akan meningkat dibandingkan sebelumnya.

3. Bersiap Menerima Wawasan Baru

Diskusi untuk Membuka Wawasan

Payung bekerja hanya saat terbuka. Pepatah ini sangat tepat menjelaskan tentang ini. Apabila pikiran Anda tertutup, maka akan sulit diri Anda menerima materi dan pengetahuan yang disampaikan oleh dosen Anda.

Apabila Anda telah menutup diri dan pikiran sedari awal, maka yang muncul adalah ego Anda. Anda akan berpikir bahwa Anda sudah mengetahui segalanya. Bahwa dosen Anda tidak lebih tahu dari Anda, demikian juga dengan teman-teman Anda.

Sudah merasa cukup akan sangat menghambat perkembangan diri. Anda akan malas untuk mencari dan menggali lebih banyak ilmu serta pengetahuan yang sangat dibutuhkan. Wawasan Anda akan menjadi sangat sempit, pikiran pun akan cenderung picik dalam mengamati segala sesuatu.

Apabila hal ini terjadi secara terus menerus hingga lulus kuliah, dapat dipastikan Anda akan menjadi sarjana yang berwawasan sempit, pola pikir pragmatis, susah diajak diskusi karena cenderung ingin menang sendiri. Juga sulit bekerjasama dengan orang lain dan masih banyak lagi dampak negatif lainnya.

Selalu merasa kurang akan ilmu dan pengetahuan akan sangat membantu peningkatan kualitas diri Anda sebagai mahasiswa. Selalu membuka diri dan pikiran akan sesuatu hal akan memperluas cakrawala dan sudut pandang Anda. Jadilah seseorang pembelajar yang selalu merasa tidak puas dan selalu haus akan pengembangan pengetahuan.

Baca juga:

4. Persiapkan Alat Tulis

Menyiapkan alat tulis bukan hal yang sepele dalam persiapan kuliah perdana. Akan menjadi sangat mengganggu apabila Anda tidak dapat mencatat materi yang disampaikan oleh dosen karena tidak membawa pena atau buku tulis.

Siapkan pena minimal dua, begitu juga buku catatan sejumlah sesuai mata kuliah di hari pertama Anda. Usahakan Anda memiliki buku catatan untuk tiap mata kuliah.

Atau gunakan cara yang lain, yaitu menggunakan satu buku catatan untuk semua mata kuliah dan kemudian catat kembali isinya di buku yang berbeda sesuai mata kuliah di rumah. Cara ini akan sangat membantu Anda dalam mengulang kembali materi kuliah yang telah diikuti.

Manfaat lainnya adalah buku catatan kuliah Anda akan menjadi lebih rapi karena mencatat di ruang kuliah cenderung akan cenderung terburu-buru. Dengan waktu yang lebih leluasa, Anda akan lebih tenang mencatat. Tidak hanya rapi, tapi juga lebih terstrukur dengan format sesuai kesukaan Anda.

Alat tulis adalah hal sederhana dan terasa kecil bagi banyak orang. Tapi ketidaksiapan Anda akan menunjukkan bahwa Anda tidak serius menyiapkan diri dalam menghadapi perkuliahan secara lebih luas. Mengabaikan hal yang kecil akan dapat membuat Anda tidak siap untuk hal lainnya yang lebih besar.

5. Buat Daftar Informasi Perkuliahan

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menyusun daftar mengenai hal apa saja yang perlu diketahui mengenai dunia perkuliahan. Berikut adalah contohnya:

Di hari pertama kuliah, ada baiknya Anda menghabiskan waktu di kampus untuk melengkapi hal-hal penting yang Anda perlu ketahui mengenai perkuliahan. Daftar di atas akan dapat bertambah seiring dengan pembicaraan Anda dengan teman-teman kuliah Anda. Cara lainnya adalah dengan melihat informasi kampus baik secara online ataupun di bagian informasi.

6. Susun Daftar Kegiatan Mahasiswa

Kegiatan mahasiswa baik itu organisasi kemahasiswaan atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) penting untuk Anda ketahui. Ingat bahwa Anda memiliki peluang besar untuk mengembangkan potensi diri Anda dengan lebih baik lagi selama berkuliah.

Menjadi mahasiswa tidak hanya berarti menguasai materi dan mendapatkan nilai IPK yang sempurna. Yang tidak kalah penting adalah bagaimana Anda akan memiliki skill dan kualitas diri yang unggul dalam hal kepribadian Anda.

Kegiatan mahasiswa akan sangat membantu pencapaian kualitas diri Anda. Melalui kegiatan baik yang bersifat penelitian, olah raga, seni budaya riset penelitian, jurnalistik dan lainnya dapat mendukung upaya pengembangan diri Anda.

Catatlah apa saja kegiatan yang tersedia dan lengkapi informasi sebanyak-banyaknya. Anda dapat mempertimbangkan kesemua kegiatan tersebut sesampai di rumah untuk memutuskan di mana Anda akan terlibat. Usahakan Anda memiliki satu kegiatan yang diikuti dengan serius selain hanya berkuliah.

Baca juga:

Penutup

Persiapan kuliah perdana memang bukan hal yang dapat Anda sepelekan. Awali dengan sangat baik dan terencana. Diharapkan kegiatan keseluruhan perkuliahan yang tidak singkat ini dapat Anda jalani dengan maksimal hingga Anda lulus nanti.