10 Cara Terbaik Belajar Mata Kuliah Yang Sulit

Belajar menjadi menyenangkan

Bisa dibilang tidak satupun jurusan yang terlepas dari mata kuliah yang sulit. Jangan bayangkan hanya jurusan eksakta atau teknik saja, faktanya jurusan bahasa yang menurut sebagian orang termasuk dalam jurusan yang ‘gampang’ memiliki beberapa mata kuliah yang cukup membuat mahasiswanya pusing mempelajarinya.

Bagaimanapun Anda akan tetap menghadapinya. Anda tidak bisa menghindarinya kecuali dengan konsekuensi nilai Anda menjadi taruhannya.

Selain itu yang lebih parah lagi, hal ini akan membuat Anda tidak nyaman dalam menjalani perkuliahan secara keseluruhan. Perasaan cemas, gelisah dan khawatir akan membuat Anda stress menjalani kuliah.

Jangan terburu-buru patah semangat, pelajari cara belajar mata kuliah yang sulit berikut ini.

1. Pelajari Bertahap

Jangan langsung ke pembahasan yang sulit. Buku teks dimulai dari hal sederhana bertahap sampai ke yang sulit dan lebih sulit lagi. Layaknya belajar bersepeda, Anda harus mulai dengan menggunakan roda empat, roda tiga hingga akhirnya berhasil dengan roda dua.

Demikian juga dengan belajar mata kuliah yang sulit. Ikuti prosesnya. Lalui setiap tahapan dengan mendalam dan menyeluruh.

2. Pahami Secara Komprehensif

Jangan mempelajari suatu mata kuliah secara parsial. Alangkah baiknya apabila Anda membuat garis besar mata kuliah tersebut sejauh pemahaman Anda.

Tentunya Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu secara seksama bagian demi bagian. Penggambaran melalui bentuk bagan atau flow chart akan dapat membantu.

Dari proses tersebut, Anda akan dapat mempelajarinya secara bertahap dari mulai yang termudah hingga tersulit. Ditambah dengan referensi lainnya maka akan semakin lengkap pemahaman dan penguasaan Anda.

3. Cari Tutor

Anda tidak dapat mempelajari semuanya sendiri. Terkadang Anda harus memiliki seseorang yang dapat menjadi lebih dari sekadar teman diskusi untuk belajar. Carilah orang yang dapat membimbing dan mengajari Anda akan suatu hal.

Orang tersebut dapat dosen Anda, teman kuliah atau senior di kampus ataupun yang sudah lulus. Seorang tutor layaknya guru dan pengajar bagi Anda dan dapat membantu memberikan cara belajar mata kuliah sulit menjadi mudah.

Baca juga: 7 Cara Terbaik Mendapatkan Teman Baru di Kampus

4. Banyak Diskusi

Perbanyak Diskusi

Banyak bertanya dan memberikan pendapat akan sangat membantu pemahaman Anda akan materi kuliah. Pertanyaan akan memancing pendalaman materi, mempertajam teori dan mendorong daya analisis dan kritis Anda.

Jangan malu untuk mengajak teman kuliah dan dosen untuk berdiskusi. Minta waktu kepada mereka agenda pertemuan dan apa yang akan dibahas. Jangan lupa catat poin-poin penting dalam diskusi Anda.

5. Aktif di Kelas

Usahakan Anda mempelajari dengan baik topik yang akan dibahas sebelum waktu kuliah. Catat hal-hal apa saja yang Anda tidak pahami untuk ditanyakan pada dosen saat di kelas.

Jangan pernah merasa malu untuk banyak bertanya. Tentunya dengan hasil mempelajari materi sebelumnya, pertanyaan-pertanyaan Anda akan lebih berbobot dan bernilai, bukan sekadar bertanya.

Ruang kuliah merupakan tempat yang sangat tepat untuk Anda mendapat informasi secara langsung. Dosen dan teman-teman Anda berada di ruang yang sama dengan Anda. Anda akan dengan mudah mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang Anda lontarkan.

Sudah bukan jamannya lagi kuliah hanya datang, duduk dan diam. Jadilah mahasiswa yang aktif, jangan pedulikan anggapan bodoh atau malah sok tahu seperti anggapan orang lain terhadap orang yang banyak bertanya. Ilmu pengetahuan diawali oleh pertanyaan, dan tidak ada hal yang salah dengan banyak bertanya di kelas.

6. Perbanyak Soal untuk Latihan

Mengerjakan soal merupakan salah satu cara paling efektif dalam cara belajar mata kuliah yang sulit. Apabila Anda merasa kesulitan memahami teori meski sudah membacanya berulang-ulang, maka soal akan memberikan gambaran yang lebih jelas.

Dapatkan soal-soal baik dari buku teks, senior Anda, dosen ataupun dari media lain seperti referensi dari internet. Semakin sering Anda berlatih, semakin memudahkan pemahaman Anda.

7. Perbanyak Informasi Penunjang dan Waktu Belajar

Banyaknya referensi dan informasi akan dapat membantu pemahaman Anda akan suatu mata kuliah. Jangan terpaku pada buku teks dan apa yang disampaikan oleh dosen saja. Banyak sumber informasi yang dapat mendukung penguasaan materi.

Memperbanyak informasi berarti menambah waktu belajar Anda. Ini adalah hal yang lumrah dilakukan. Anda hanya membutuhkan waktu belajar yang singkat untuk memahami mata kuliah yang mudah. Sebaliknya tentu Anda perlu menambah rata-rata waktu belajar untuk mempelajari mata kuliah yang lebih sulit.

Baca juga: 9 Cara Belajar Mandiri Yang Efektif Bagi Mahasiswa Baru

8. Sesuaikan Cara Belajar dengan Gaya Mengajar Dosen

Setiap dosen memiliki gaya dan karakteristik yang berbeda dalam menyampaikan materi. Sebaiknya Anda mampu memahami pola pikir dan pola mengajar dosen tersebut. Dengan menyamakan frekuensi pemikiran, maka Anda akan lebih mudah menyamakan persepsi dan pemahaman dengan materi yang disampaikan.

9. Gunakan Metode yang Bervariatif

Variasi Model Belajar

Terkadang Anda butuh cara lain dalam memahami suatu mata kuliah yang sulit. Apabila Anda lebih mudah menyerap suatu hal dengan cara melihat, maka Anda perlu mencari referensi melalui saluran video seperti Youtube.

Apabila Anda orang yang bertipe Audio maka Anda perlu meminta ijin kepada dosen untuk merekam ucapan -ucapan dosen selama kelas berlangsung. untuk Anda putar berulang hingga paham. Atau buatlah diagram dan bagan untuk membantu menggambarkan suatu pokok bahasan.

Cara lainnya adalah dengan membentuk kelompok belajar dengan format diskusi panel. Setiap anggota kelompok diwajibkan membahas satu topik bergantian diiringi tanya jawab. Semakin banyak kepala akan semakin banyak ide dan pemikiran yang Anda akan dapatkan.

Baca juga: 9 Cara Belajar Mandiri Yang Efektif Bagi Mahasiswa Baru

10. Tumbuhkan Sugesti

Ada satu tips menarik dari seorang mahasiswa yang berhasil lulus dengan IPK 4.00, luar biasa! Dan tidak main-main, mahasiswa tersebut berasal salah satu jurusan favorit dari perguruan tinggi terkemuka di negeri ini. Ya, kakak Anda tersebut lulusan Jurusan Teknik Elektronika dari Institut Teknologi Bandung.

Tipsnya adalah berusaha menyukai semua mata kuliah, seberapapun sulitnya. Ia menyampaikan bahwa bukan berarti Ia selalu mudah menghadapi semua mata kuliah hingga berhasil mencapai nilai yang sempurna.

Terkadang Ia menemukan hambatan, bahkan pernah merasa enggan mempelajari suatu mata kuliah karena terkenal sulitnya. Namun Ia berusaha keras untuk menumbuhkan rasa suka hingga dapat menyukai dan akhirnya dapat tekun mempelajarinya.

Jangan sepelekan sugesti Anda. Awali dengan niat dan pikiran yang positif. Tanamkan kepercayaan pada diri sendiri bahwa Anda bisa seperti halnya mahasiswa yang lain.

Sugesti Anda akan menjadi pondasi kokoh yang dapat membuat perjuangan Anda tidak mudah goyah oleh berbagai hambatan termasuk mempelajari mata kuliah yang sulit.

Penutup

Hasil utama upaya menjalankan cara belajar mata kuliah yang sulit adalah nilai akhir Anda. Manfaat lainnya adalah Anda akan terbiasa untuk gigih mendapatkan solusi atas persoalan dan hambatan lain yang akan datang silih berganti kemudian dalam bentuk yang beraneka ragam.