7 Cara Terbaik Mendapatkan Teman Baru di Kampus

Teman Baru

Suasana kampus yang kondusif sangat penting bagi mahasiswa baru dalam menunjang kesuksesan perkuliahan. Salah satu faktor yang dapat mendukung kondisi tersebut adalah dengan memiliki teman kuliah yang cocok dengan Anda.

Saat Anda bersekolah dulu, sistem zonasi membuat kebanyakan teman sekolah Anda bertempat tinggal di wilayah yang tidak jauh dari lingkungan sekolah termasuk tempat Anda tinggal. Sehingga tidak heran apabila Anda banyak memiliki teman sekolah yang sama sejak sekolah dasar hingga tingkat menengah atas.

Namun tidak demikian halnya dengan dunia kampus. Kampus biasanya diisi oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah yang kadang tidak akan Anda duga dapat ditemui di dalam kampus. Perbedaan budaya yang ada dapat menjadi kendala bagi Anda dalam mendapatkan teman di kampus.

Lalu bagaimana cara mendapatkan teman baru di kampus? Simak 7 cara terbaik berikut ini.

1. Jadilah Diri Sendiri

Salah satu cara mendapatkan teman baru adalah dengan menjadi diri sendiri. Setiap orang memiliki kepribadiannya masing-masing.

Hal ini akan menjadikan seseorang unik dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Untuk menjadi seseorang yang dapat diterima oleh orang lain Anda harus menjadi diri Anda sendiri.

Jangan bersikap atau berpenampilan seperti seseorang berbeda, yang bukan sama sekali diri Anda yang sebenarnya. Dalam pertemanan dibutuhkan ketulusan agar teman-teman Anda menerima Anda apa adanya seperti halnya Anda menerima teman-teman Anda seperti adanya mereka.

2. Buka Pikiran Anda

Cobalah untuk berpikir lebih luas. Kebutuhan Anda akan teman dalam dunia perkuliahan akan sangat berbeda dibandingkan saat Anda berada di bangku sekolah.

Sebagai jenjang pendidikan pertama sebelum memasuki dunia kerja, maka Anda memerlukan teman-teman yang dapat mendukung kesiapan Anda dalam menempuh kuliah. Sekaligus mempersiapkan diri dalam dunia kerja.

Sudah bukan saatnya lagi Anda mencari teman hanya untuk bersenang-senang belaka. Anda sudah harus mencari teman kuliah yang mampu memberikan nilai tambah dalam perkuliahan.  

3. Bersikap Proaktif

Apabila Anda termasuk seseorang yang pendiam atau pemalu, kini saatnya Anda harus belajar untuk mengubah sifat Anda yang satu ini. Karakter memang tidak mudah untuk diubah, tetapi bukan berarti tidak mungkin.

Kebiasaan yang Anda lakukan berulang secara konsisten akan mampu menjadi sifat Anda yang baru. Dan sifat tersebut akan menjelma menjadi karakter Anda yang baru.

Beranilah untuk memulai percakapan dengan mahasiswa lainnya. Biasakanlah mengenalkan diri dan menanyakan nama seseorang minimal satu orang setiap hari selama berada di kampus.

Pertemanan tidak hanya sebatas teman seangkatan ataupun jurusan yang sama dengan Anda saja. Anda memiliki banyak peluang menambah pertemanan melalui mahasiswa lintas angkatan maupun jurusan yang berbeda.

4. Tumbuhkan Jiwa Suka Menolong

Suka menolong

Lengkapi diri Anda dengan informasi penting dalam perkuliahan. Entah itu dalam bentuk catatan kuliah yang lengkap dan rapi, jadwal kuliah hingga administrasi perkuliahan. Yakinlah bahwa ada saja teman Anda yang tidak memiliki dan membutuhkan informasi tersebut.

Keuntungannya banyak. Selain Anda sendiri memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai dunia kampus, Anda juga dapat membagikannya kepada teman-teman Anda yang membutuhkan. Hal-hal kecil ini akan bernilai sangat besar bagi teman kuliah Anda.

5. Aktif dalam Kegiatan Kampus

Cara mendapatkan teman baru berikutnya adalah aktif dalam kegiatan kampus. Kegiatan kampus akan sangat membantu Anda dalam menemukan teman-teman baru. Baik itu dalam bentuk organisasi mahasiswa, olah raga, klub bahasa ataupun kelompok belajar bersama.

Anggota dalam suatu perkumpulan biasanya memiliki minat yang sama sehingga lebih mudah untuk menumbuhkan kebersamaan satu dengan yang lainnya. Pilihlah kegiatan yang sesuai dengan minat Anda minimal 1 jenis kegiatan dan lihatlah bagaimana Anda akan dengan mudah mendapatkan teman baru dengan mudahnya.

6. Jangan Menyendiri, Berbaurlah

Usahakan Anda berkumpul dengan sesama mahasiswa saat berada di luar waktu kuliah. Saat istirahat atau waktu menunggu waktu kuliah berikutnya merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk berkenalan dengan teman baru.

Kantin, bangku taman atau perpustakaan dapat menjadi media bersosialisasi yang efektif. Luangkan waktu untuk berkenalan, dan jadwalkan untuk selalu bertemu minimal setiap pekan.

7. Jangan Memilih Kursi yang Sama di Ruang Kuliah

Biasanya seorang mahasiswa memiliki tempat favorit di dalam ruang kuliah. Sayangnya begitu pula dengan mahasiswa lainnya. Alhasil mahasiswa tersebut cenderung berkelompok dan menjadi teman hanya sebatas lingkungan di sekitar kursi yang menjadi lokasi tempat ia duduk hampir di setiap waktu kuliah.

Usahakan Anda datang lebih awal sebelum mulai perkuliahan. Pilihlah tempat yang berbeda-beda setiap waktu kuliah. Cara ini akan sangat memudahkan Anda untuk berkenalan dengan mahasiswa yang berbeda.

Baca juga: 8 Cara Agar Semangat Kuliah Menggebu-gebu

Penutup

Semakin banyak Anda mengenal mahasiswa lain, maka akan semakin banyak hal positif yang didapat. Anda akan mengenal banyak karakter, kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap teman Anda.

Namun satu hal yang perlu Anda ingat dalam mendapatkan teman baru di kampus adalah hanya menjadikan mereka yang benar-benar cocok dengan Anda sebagai teman. Teman yang akan banyak Anda habiskan waktu dengan mereka, dapat menambah manfaat bagi Anda terutama dalam menunjang perkuliahan Anda.

Teman diskusi, belajar bersama, menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Karena waktu selama kuliah  sangat berharga yang begitu sayang untuk dilewatkan hanya dengan obrolan dan kegiatan yang tak tentu arah dan tujuannya.