9 Cara Belajar Mandiri Yang Efektif Bagi Mahasiswa Baru

Belajar Mandiri

Sistem belajar dalam perkuliahan sangat membutuhkan kemandirian Anda sebagai mahasiswa. Dapat dikatakan bahwa kesuksesan Anda dalam berkuliah sangat ditentukan oleh diri Anda sendiri, dan bukan karena faktor dosen ataupun pihak kampus.

Untuk itu Anda sebagai mahasiswa baru harus mengetahui bagaimana cara belajar mandiri yang efektif untuk mendukung kesuksesan kuliah Anda.

Berikut 9 cara belajar mandiri yang efektif untuk menjadi referensi bagi Anda yang berstatus sebagai mahasiswa baru.

1. Tumbuhkan Motivasi Anda

Hal pertama yang perlu Anda miliki adalah menetapkan motivasi Anda. Cara untuk membangkitkan motivasi Anda adalah melalui menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dapat diajukan kepada diri sendiri.

Seperti, apa tujuan Anda kuliah, apa yang Anda ingin capai melalui kuliah, dan pekerjaan apa yang Anda inginkan setelah lulus nanti. Apabila Anda sudah menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut maka Anda akan lebih mudah mendapatkan motivasi yang tinggi dalam berkuliah.

Terkadang motivasi akan Anda rasakan naik dan turun. Yang perlu Anda perhatikan adalah segera mengingat kembali apa tujuan yang Anda tetapkan untuk menjaga motivasi Anda tetap tinggi setiap saat.

2. Tetapkan Target

Anda harus sudah menetapkan target sejak awal berkuliah. Berapa lama Anda akan menyelesaikan kuliah Anda dan berapa nilai minimal IPK yang akan Anda raih.

Dengan menetapkan target maka Anda akan terbantu untuk fokus dalam menjalankan kuliah Anda. Anda tidak akan membuang-buang waktu karena Anda akan memahami dengan sangat baik apa yang akan Anda capai dalam kuliah Anda.

3. Atur Waktu

Manajemen waktu menjadi hal yang sangat penting dalam membentuk pola belajar Anda. Mungkin saja Anda akan aktif dalam organisasi mahasiswa ataupun kegiatan di luar kuliah.

Ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan diri Anda. Untuk itulah Anda harus memiliki pengaturan waktu yang baik agar tidak melupakan waktu yang Anda butuhkan untuk belajar.

4. Tingkatkan Kedisiplinan Anda

Disiplin menjadi kata kunci dalam pola belajar Anda selama berkuliah. Anda dapat memulai kedisiplinan dengan membuat daftar kegiatan Anda setiap harinya yang meliputi waktu kuliah, waktu belajar, waktu bersoisialisasi dan waktu mengikuti kegiatan di luar kuliah.

Di awal penerapan waktu, mungkin Anda akan mengalami perasaan seperti tidak ada kebebasan dan seluruh waktu Anda terprogram seperti mesin. Namun sesungguhnya inilah dasar dari kedisiplinan, yaitu bagaimana Anda mengetahui secara pasti seluruh kegiatan Anda dan menjalankannya dengan konsisten.

5. Tumbuhkan Rasa Gemar Membaca

Gemar Membaca

Mustahil Anda ingin sukses kuliah tapi Anda malas membaca. Anda harus terbiasa melahap referensi kuliah Anda karena Anda tidak dapat menggantungkan hanya dari materi yang disampaikan oleh dosen Anda saja.

Anda akan selalu merasa kurang dalam menambah materi kuliah Anda sehingga akan terbiasa untuk mencari referensi Anda sendiri. Saat ini materi kuliah sudah begitu mudah didapat melalui media internet. Dan yang Anda butuhkan hanyalah kegemaran membaca untuk dapat memanfaatkan iilmu dan pengetahuan yang begitu banyaknya tersaji di hadapan Anda.

6. Jangan Tergantung pada Teman

Teman kuliah Anda memiliki orientasi belajar yang berbeda dengan Anda. Ada yang memiliki keinginan menjalani kuliah dengan santai, ada yang serius dalam belajar bahkan ada juga yang seperti tidak mengetahui untuk apa ia berkuliah.

Inilah pentingnya Anda memilih teman kuliah yang tepat. Terkadang sulit untuk mendapatkan teman yang seiring sejalan dalam menjalani kuliah. Untuk itu Anda tidak dapat menggantungkan kuliah Anda hanya demi rasa kebersamaan dengan teman Anda.

Anda harus memiliki keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi akan diri Anda sendiri. Percayakan nasib Anda hanya pada diri sendiri dan bukan pada orang lain.

Baca juga: 7 Cara Terbaik Mendapatkan Teman Baru di Kampus

7. Seringlah Berlatih Soal

Salah satu cara memahami materi kuliah Anda adalah melalui berlatih soal. Anda dapat mendapatkan contoh soal seperti yang terdapat pada buku ataupun melalui referensi contoh soal dari senior Anda.

Bahkan Anda dapat melakukan langkah yang lebih maju lagi, yaitu dengan berlatih membuat soal sendiri sekaligus menjawabnya. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi kuliah dengan lebih baik lagi.

8. Buat Ringkasan Materi Kuliah

Membuat ringkasan materi merupakan salah satu cara untuk dapat mempermudah Anda menguasai mata kuliah yang Anda pelajari. Buatlah ringkasan sesuai dengan pemahaman Anda sendiri setelah sebelumnya membaca materi.

Ringkasan yang Anda buat merupakan hasil dari pemahaman Anda yang tidak akan terpaku pada apa yang tertera pada buku. Hal ini akan membantu Anda untuk berani mengeksplorasi materi dan memperluas pengembangan pengetahuan dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

9. Rajin Berdiskusi

Meskipun diskusi merupakan suatu bentuk interaksi antara dua orang atau lebih, tetapi kegiatan ini dapat menjadi cara belajar mandiri Anda. Tidak banyak mahasiswa yang berani untuk mengungkapkan pendapat mereka mengenai suatu topik.

Melalui diskusi Anda dapat mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang lebih luas akan suatu topik bahasan dari teman diskusi Anda. Anda dapat melakukakn diskusi bersama dengan teman kuliah, senior Anda  bahkan dengan dosen Anda.

Penutup

Menerapkan pola belajar mandiri saat kuliah memang tidak mudah. Yang Anda butuhkan adalah konsistensi menjalankannya secara bertahap sesuai dengan kemampuan Anda.

Tips tentang cara belajar mandiri yang efektif diatas nantinya akan menjadi kebiasaan yang tidak lagi terasa berat Anda jalankan. Ini akan mendukung kesuksesan kuliah Anda.