3 Jenis Beasiswa Untuk Mahasiswa S1

Beasiswa Mahasiswa S1

Program beasiswa menjadi salah satu yang menjadi incaran banyak mahasiswa atau calon mahasiswa. Dengan mendapatkan beasiswa maka beban biaya kuliah akan menjadi sangat berkurang. Bahkan ada yang sepenuhnya ditanggung oleh pemberi beasiswa hingga diberikan uang saku dan biaya hidup.

Bagi Anda yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan berminat untuk mendapatkan beasiswa, ada baiknya mengetahui jenis-jenis beasiswa. Dengan mengetahui beasiswa ini, diharapkan proses pengajuan beasiswa Anda akan diterima.

Berikut penjelasan tentang 3 jenis beasiswa untuk mahasiswa S1 di Indonesia.

1. Dari Segi Cakupan Pembiayaan

Dari segi cakupan pembiayaan, beasiswa dibedakan menjadi dua yaitu :

a. Beasiswa Penuh

Ini meliputi seluruh biaya yang dibutuhkan seorang mahasiswa dalam menempuh pendidikan mulai dari biaya kuliah, biaya makan dan minum, tempat tinggal dan buku serta peralatan kuliah.

b. Beasiswa Parsial

Ini hanya mencakup pembiayaan uang kuliah saja tanpa meliputi akomodasi dan biaya hidup selama berkuliah.

Baca juga: Cara dan Persyaratan Mendapatkan Beasiswa Untuk Mahasiswa S1

2. Dari Segi Penyandang Dana

Jenis beasiswa untuk mahasiswa S1 dapat dilihat dari segi penyandang atau pemberi dana. Beasiswa ini dapat dikategorikan sebagai berikut :

a. Beasiswa Pemerintah

Pemerintah di sini dapat berarti Pemerintah Indonesia ataupun Pemerintah Negara lain yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia, baik yang akan berkuliah di perguruan tinggi di Indonesia ataupun di negara pemberi beasiswa tersebut.

Contoh beasiswa pemerintah indonesia adalah :

  • Beasiswa Bidikmisi
    Bantuan pendidikan ini disediakan setiap tahunnya bagi mahasiswa S1 di Indonesia. Beasiswa ini ditujukan bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat.
    Lulusan ini berasal dari keluarga kurang mampu yang memiliki keinginan kuat untuk kuliah. Beasiswa Bidikmisi menyediakan bantuan yang lengkap meliputi biaya studi, biaya hidup dan keperluan studi lainnya.
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
    Bantuan pendidikan ini diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi. Penerima Beasiswa PPA tidak terbatas hanya mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja, tetapi juga mereka yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia. Bentuk bantuan yang diberikan adalah pemberian dana setiap bulannya kepada masing-masing penerima.
  • Beasiswa Ikatan Dinas
    Beasiswa jenis ini banyak diadakan oleh Instansi Pemerintah dengan bentuk pendidikan yang diselenggarakan oleh Instansi tersebut. Cakupan dana yang diberikan biasanya sangat menggiurkan.
    Selain biaya studi yang ditanggung penuh, juga beberapa instansi penyelenggara menyediakan uang saku dan biaya hidup bagai para mahasiswanya. Dan yang lebih mengiurkan lagi adalah adanya ikatan dinas bagi para lulusannya untuk bekerja di Instansi tersebut setelah lulus kuliah.

Contoh beasiswa ikatan dinas : Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN ( Departemen Dalam negeri), Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial atau STKS (Departemen Sosial)

b. Beasiswa Swasta

Ini adalah pemberian bantuan pendidikan dari perusahaan swasta atau organisasi yang memiliki kepedulian dalam bidang sosial pendidikan. Biasanya bantuan yang diberikan termasuk dalam program Corporate Social Responsibility atau CSR perusahaan tersebut.

Contoh Beasiswa Swasata adalah :

Beasiswa Djarum Plus
  • Djarum Beasiswa Plus
    Beasiswa ini disediakan oleh Djarum Foundation khusus bagi mahasiwa berprestasi di Indonesia. Pemberian bantuan berupa dana bulanan yang diberikan selama 1 tahun disertai dengan pemberian soft skill yang sangat bermafaat bagi para penerima beasiswa.
  • Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie
    Beasiswa ini diberikan oleh mendiang Ibu Negara Ainun Habibie melalui Yayasan Amal Abadi. Pemberian bantuan dana pendidikan ini mencakup pmberian dana tidak hanya untuk biaya kuliah tetapi juga dapat digunakan sebagai biaya hidup hingga sarana pendukung studi lainnya. Pemberian bantuan pendidikan ini mencakup mahasiswa semester 1 hingga 8 di perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

c. Beasiswa Perguruan Tinggi

Perguruan Tinggi sebagai penyedia layanan pendidikan tinggi turut berperan aktif dalam menyediakan bantuan pendidikan bagi para mahasiswa yang membutuhkan. Meski mengutamakan bantuan bagi mahasiswanya sendiri, tetapi ada pula perguruan tinggi yang menyediakan bantuan pendidikan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi yang lain.

Bentuk beasiswa yang disediakan seperti Beasiswa Olah Raga (bagi mahasiswa yang memiliki prestasi di kancah regional, nasional hinga internasional), Beasiswa Bidang Studi hingga program pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi lainnya.

3. Dari Segi Bentuk Pembiayaan

Bentuk pembiayaan yang diberikan dapat dibedakan menjadi sebagai berikut :

a. Beasiswa Bantuan

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi tetapi memiliki prestasi akademik yang sangat baik saat berada di bangku sekolah.

b. Beasiswa Penghargaan

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa dengan prestasi akademik yang baik selama berkuliah yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata Indeks Prestasi. Selain itu keaktifan dan prestasi seorang mahasiswa di bidang non akademik juga dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk mendapatkan Beasiswa Bantuan ini.

c. Beasiswa Penelitian

Beasiswa ini diberikan khusus kepada mahasiswa yang memiliki kompetensi dalam melakukan penelitian sesuai dengan bidang studi yang dijalani. Biasanya bantuan dana ini dapat berasal dari pemerintah atau swasta melalui perguruan tinggi tersebut.

Penutup

Bagi Anda calon mahasiswa ataupun mahasiswa tingkat awal, kini saatnya untuk mempersiapkan diri untuk mendapatkan peluang kemudahan pembiayaan perkuliahan Anda. Pelajari dan dapatkan informasi lebih lanjut tentang jenis beasiswa untuk mahasiswa S1 diatas. Wujudkan cita-cita Anda dalam berprestasi di jenjang pendidikan tinggi.