Tes Online

13 Tes Minat dan Bakat Untuk Memilih Jurusan Kuliah Online Gratis

Memilih jurusan kuliah nanti memang susah-susah gampang. Kadang Anda tidak tahu apa minat dan bakat Anda yang sesuai dengan jurusan yang akan dipilih.

Kadang Anda tidak yakin dengan pemikiran Anda sendiri. Diskusi dengan teman malah jadi tambah bingung karena mayoritas pilihannya hanya itu-itu saja. Padahal Anda sendiri kurang merasa sreg dengan pilihan mereka.

Saatnya Anda untuk yakin pada diri sendiri. Saat ini sudah ada sarana untuk membantu Anda menemukan bidang yang akan ditekuni sesuai minat.

Ini adalah tes minat dan bakat yang tersedia secara online. Dan yang lebih serunya, tes minat dan bakat ini tidak berbayar alias gratis.

Berikut artikel tentang tes minat dan bakat untuk memilih jurusan kuliah online gratis. Semoga dengan artikel ini, Anda tidak ragu lagi untuk memilih jurusan kuliah nantinya.

Baca juga: 10 Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya

Apa Itu Tes Minat dan Bakat?

Online Test

Tes minat dan bakat memilih jurusan adalah salah satu cara untuk mengetahui apa kelebihan, kekurangan serta potensi diri Anda akan suatu hal atau bidang studi. Yang dijelaskan dalam artikel ini adalah tes minat dan bakat yang dapat diakses secara online dan gratis.

Tes dilakukan dengan sangat mudah melalui menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai diri Anda sendiri. Hasilnya adalah sebuah gambaran tentang jurusan apa yang sebaiknya Anda pilih untuk kuliah dan pekerjaan apa yang paling cocok untuk Anda.

Tes minat dan bakat dapat dilakukan melalui dua cara. Cara pertama adalah secara offline atau berupa tes tertulis dan wawancara untuk mendapatkan data dan informasi diri Anda. Biasanya yang mengadakan tes ini adalah lembaga seperti Konsultan Pendidikan, Konsultan Psikologi dan Lembaga Pendidikan.

Cara yang kedua adalah secara online yang mudah Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. TesΒ  online ini dapat diunduh melalui aplikasi atau pada website.

Tes ini dapat dengan mudah diakses pada smart phone, tablet ataupun komputer dengan praktis. Saat ini, sudah banyak tes minat dan bakat untuk memilih jurusan kuliah online gratis yang akan sangat membantu dalam menguatkan keyakinan diri Anda.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

12 Tes Minat dan Bakat Untuk Memilih Jurusan Kuliah Online Gratis

1. Temu Bakat

Layanan tes Temu Bakat menggunakan Tes Strength Typologi (ST-30) yang akan menghasilkan gambaran berupa :

  • Kompetensi dan minat seseorang terhadap suatu peran atau pekerjaan
  • 30 tipologi manusia yang terkait dengan kekuatan yang produktif
  • Personal Brand seseorang

Tes ini dapat Anda buka pada situs http:/temubakat.com.

2. Brainwonders – The Hub of Career Guidance

Brainworders  - The Hub of Career Guidance

Brainwonders adalah organisasi yang meyakini bahwa cara terbaik membentuk dunia adalah memberikan kehidupan bagi umat manusia . Bukti akan hal ini adalah permintaan terhadap layanan konseling Brainwonders, dimana ini sangat bermanfaat bagi anak-anak, remaja dan orang dewasa. Banyak yang datang ke Brainwonders untuk melakukan tes bakat (aptitude test) dan psikometri setiap hari. Sebagai perusahaan konseling karir terbesar di India, terdapat 108 kantor Brainwonders dan ini diakui secara nasional dengan 7 penghargaan Nasional atas kontribusinya pada Pengembangan Prasekolah, Sekolah dan Perusahaan.

πŸ”΄ TRENDING:  Cara Menghitung UKT

Berikut adalah beberapa layanan Brainwonders dimulai dari peringkat teratas:

a. U.S. Patended DMIT

Tes biometrik ini telah menjadi alat pembuatan profil yang terbukti secara ilmiah membantu orang-orang dari semua kelompok umur dengan kepribadian, gaya belajar, dominasi otak, kekuatan, bidang peningkatan, prospek karier, dan saran pribadi.

b. Tes IQ Online

Tes kemampuan kognitif yang populer, Tes IQ (Intelligence Quotient Test) berguna sebagai tes penyaringan dan sertifikasi. Banyak siswa menggunakan hasil ini untuk mempersiapkan karir yang kompetitif dengan gaji tinggi, sementara perusahaan menyaring kandidat selama proses perekrutan.

c. Tes Bakat Minat Online

Untuk tes psikometri, seseorang dapat menggunakan tes yang tersedia untuk analisis SWOT dan perencanaan karir. Apakah seorang siswa yang perlu memilih kursus, perguruan tinggi dan mata pelajaran yang tepat atau perusahaan yang ingin membuat profil keahlian karyawan, bakat dan pola pikir seseorang yang disederhanakan dengan tes ini.

Selain itu, Brainwonders dikenal dengan layanan bimbingan, pelatihan dan pengembangan layanan yang berakar pada Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligence), Kecerdasan Emosional (Emotional Quetiont), Perkembangan Anak (Child Development), Frameworks Parenting. Juga pada model Manajemen dan Produktivitas Karyawan, Pertumbuhan Organisasi, dan masih banyak lagi. Ini telah digunakan pada lebih dari 1.200 sekolah, 93 perusahaan, dan 697 profesional perawatan kesehatan. Kunjungi situs di: https://www.brainwonders.in/ untuk melihat lebih banyak tentang Brainwonders dan dapatkan keuntungan dari tim yang berorientasi pada kualitas.

3. Hipwee Β Β 

Cara mengikuti tes minat dan bakat pada situs ini sangat mudah. Anda tinggal buka link di berikut ini. https://www.hipwee.com/quiz/.

Pada halaman awal Anda langsung akan berhadapan dengan judul halaman β€œYuk Cek Sebenarnya Kamu Cocok Jadi Mahasiswa Jurusan Apa!”. Di halaman tersebut akan langsung ditampilkan pertanyaan dengan ilustrasi yang menarik untuk Anda pilih dengan cara klik pernyataan yang menurut Anda paling sesuai.

Setelah Anda selesai memilih, maka halaman akan langsung berganti ke halaman pertanyaan berikutnya. Terakhir akan ditutup dengan hasil tes berupa tipe kepribadian Anda beserta saran jurusan kuliah dan pekerjaan yang cocok untuk Anda.

Update: Tes minat dan bakat ini, saat dicoba tidak menampilkan hasil tes. Tapi untuk tahu tentang pertanyaan-pertanyaan dalam tes ini, silahkan langsung ke link diatas.

4. Tes Minat Bakat Quipper Campus

Quipper Campus

Platform tes minat dan bakat ini memiliki formula penilaian yang didasarkan pada teori RIASEC. Ini untuk menggali potensi seseorang berdasarkan kepribadiannya.

RIASEC adalah singkatan dari jenis-jenis tipe kepribadian yaitu Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising dan Conventional. Anda dapat mengakses tes ini melalui Β http://campus.quipper.com.

πŸ”΄ TRENDING:  6 Persiapan Saat Awal Masuk Kuliah

5. Educations.com

Tes minat dan bakat yang satu ini dapat dilihat pada situs website http://educations.com. Dengan slogannya β€œOnline Gratis Tes Karir”, tes ini cukup mudah dan praktis untuk digunakan.

Jumlah pertanyaan sebanyak 35 pertanyaan. Jawabannya akan langsung ditampilkan setelah Anda selesai menjawab pertanyaan terakhir.

6. Tes Bakat Indonesia

Tes Bakat Indonesia menyediakan beberapa paket tes minat dan bakat untuk beberapa tingkatan sekolah dengan tujuan masing-masing. Bagi Anda yang akan memilih jurusan kuliah dapat mencoba Paket 3P (Potential, Passion and Personality Test). Ini akan memberikan gambaran minat, potensi dan kepribadian Anda.

Untuk tujuan spesifik memilih jurusan bagi calon mahasiswa, Anda dapat memilih Tes Passionet yang akan melihat kesesuaian diri Anda pada 21 jurusan kuliah yang ada. Untuk informasi lebih lengkap dan mendaftar untuk melakukan tes, Anda dapat mengunjungi website-nya di www.tesbakatindonesia.com.

7. MEMIKAT

MEMIKAT - Salat Satu Tes Minat dan Bakat Untuk Memilih Jurusan Kuliah Online Gratis

Fasilitas pengenalan minat, bakat serta potensi diri ini milik Telkom University yang bekerjasama dengan Youthmanual. Sebuah platform informasi pendidikan dan hubungannya dengan dunia kerja dengan fitur-fitur menarik.Β 

Namun pada layanan ini, fasilitas yang gratis memiliki fitur terbatas dan Anda harus menggunakan fasilitas premium berbayar untuk menggunakan layanan yang lebih. Meskipun demikian, gambaran dari layanan terbatas sudah cukup mampu menggambarkan minat, bakat dan potensi Anda.

Silahkan akses linknya tes MEMIKAT ini di https://smb.telkomuniversity.ac.id

8. Tes Minat Bakat Pak Budi

Situs dengan link http://tesminatbakat.pakbudi.id ini memiliki tampilan unik. Dihiasi dengan animasi deretan super hero Anda akan langsung memilih ikon untuk masuk ke pertanyaan pertama.

Pertanyaan pertama mengarah kepada hal yang paling mencerminkan diri Anda. Jumlah total pertanyaan cukup banyak yaitu 60 pertanyaan.

Tes kepribadian yang satu ini layak menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengetahui potensi, minat dan bakat Anda. Tes kepribadian ini praktis dan akurat.

9. Tes Minat Bakat

Tes minat dan bakat untuk memilih jurusan kuliah online gratis ini terdapat pada situs informasi dan hiburan Okezone. Untuk membukanya Anda dapat masuk ke situs http://minat.okezone.com.

Pertanyaan pada tes ini mencakup 10 hal yang terkait dengan kepribadian Anda. Setelah selesai menjawab akan muncul 10 saran jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Tes ini cukup simple atau sederhana. Dapat digunakan sebagai pelengkap atau alternatif untuk membantu Anda menemukan jurusan kuliah yang tepat bagi Anda.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Mudah Lulus

10. Aku Pintar

Aplikasi pendidikan ini dibuat secara khusus. Ditujukan untuk ekosistem pendidikan yaitu murid, guru, orang tua, instansi pendidikan dan juga pembuat keputusan. Silahkan akses di https://akupintar.id/.

Di dalamnya terdapat fitur-fitur yang sangat lengkap dan salah satunya adalah tes minat dan bakat termasuk rekomendasi jurusan kuliah yang akan Anda ambil. Download aplikasi ini melalui Google Playstore atau Appstore pada smartphone Anda.

11. 123test

Test minat dan bakat ini menggunakan Bahasa Inggris. Meski demikian, Anda akan mudah memahami instruksi karena menggunakan kalimat yang mudah dimengerti disertai dengan ilustrasi yang memudahkan.

Hasil tes akan menghasilkan profil kepribadian Anda diiringi oleh profesi-profesi yang tepat untuk Anda. Anda dapat mengikuti tes dengan mengunjungi http://123test.com.

12. O-Net Interest Profiler

Carreer Quiz

Satu lagi layanan tes minat dan bakat gratis berbahasa Inggris yang dapat ditemui pada situs http://mynextmove.org. Layanan test yang digunakan pula oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat ini memiliki pertanyaan tes berupa pertanyaan yang harus Anda jawab.

πŸ”΄ TRENDING:  6 Hardskill Penting Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Hasilnya adalah berupa tampilan kepribadian Anda beserta prospek karir yang sesuai. Tes ini menarik dan hasilnya pun cukup baik.

Hasil tes memberikan gambaran profil, karir serta pendidikan yang disarankan. Anda harus sedikit lebih menguasai Bahasa Inggris untuk memahami pertanyaan yang diajukan.

13. Truity

Tes terakhir yang diulas di sini juga tes dalam Bahasa Inggris. Truity menggunakan metode pengukuran yang umum digunakan kepribadian dalam dunia psikologi internasional atau dikenal sebagai The Big Five. Silahkan akses langsung di https://www.truity.com/.

Metode ini menilai lima dimensi kepribadian yaitu Openness (keterbukaan terhadap hal-hal yang baru), Conscientiousness (penuh pertimbangan atau kehati-hatian), Extraversion (tingkat kenyamanan dalam berinteraksi dengan orang lain), Agreeableness (mudah akur atau bersepakat dengan orang lain) dan Neuroticism (kemampuan menahan tekanan atau rasa stress seseorang).

Bagi Anda yang cukup mahir dalam Bahasa Inggris atau sekalian ingin memperlancar kemampuan Bahasa Inggris Anda, tes yang satu ini sangat cocok. Karena menggunakan uraian kalimat pertanyaan yang tidak terlalu panjang.

Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Tes Secara Online

  1. Hasil tes berbeda satu sama lain dapat dikarenakan oleh metode penilaian yang berbeda. Tetapi apabila Anda konsisten dalam menjawab, pasti akan lebih banyak kesesuaian yang menggambarkan kepribadian Anda secara umum dan nyata.
  2. Hasil tes dengan metode yang sama dapat berbeda apabila dilakukan di waktu berbeda. Hal ini disebabkan tes kepribadian akan sangat tergantung pada kondisi emosi dan pikiran yang sedang Anda alami saat tes.
    Untuk itu, saat melakukan tes sebaiknya Anda dalam kondisi yang tenang dengan pikiran yang jernih, isi jawaban dengan apa yang Anda rasa. Ambil waktu yang cukup sehingga Anda tidak terburu-buru saat mengerjakannya.
  3. Tidak ada jawaban yang benar atau salah, jangan berpikir terlalu lama untuk menentukan jawaban. Jawab sesuai dengan apa adanya diri Anda, bukan diri Anda yang seharusnya atau sebaiknya seperti apa. Hasil tes yang akurat adalah yang mampu menggali potensi diri Anda yang sebenarnya.

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Informatika: Bisa Kerja di Mana Lulusannya?

Penutup

Setelah mengetahui 12 cara praktis dan gratis di atas, kini Anda sudah dapat mulai mencobanya. Silahkan dipelajari dan langsung dipraktekkan.

Mungkin semua hasilnya tidak akan ada yang persis sama satu dengan yang lainnya. Tapi Anda akan dapat menangkap garis besarnya. Ini akan memudahkan pemilihan jurusan kuliah Anda kelak.

Selamat mencoba. Silahkan share artikel ini, agar teman-teman Anda yang juga ingin kuliah, juga mencoba tes minat dan bakat memilih jurusan kuliah online. Hal yang paling penting diinfokan adalah tes ini gratis.

Semoga Anda semua lulus sesuai jurusan yang dipilih. Amiinn.

Originally posted 2020-01-22 15:13:57.