10 Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Proses kuliah

Jurusan yang Anda pilih di perguruan tinggi akan berpengaruh kepada pekerjaan. Kecenderungan beberapa calon mahasiswa adalah galau menentukan apa jenis pekerjaan yang akan lakukan di masa depan.

Hal ini akan sangat berpengaruh kepada pemilihan bidang studi saat kuliah. Karena biasanya calon mahasiswa akan cenderung mengikuti arus pilihan yang mayoritas. Hal ini dapat menjebak Anda dalam kondisi ketidaknyamanan saat menjalani kuliah hingga bekerja nanti.

Sebaiknya pilih pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda. Setelah itu Anda akan merasa mantap dalam memilih bidang studi di perguruan tinggi. Jangan hawatir, ada jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan yang bisa jadi sesuai dengan minat Anda.

Baca juga: 12 Tes Minat dan Bakat Untuk Memilih Jurusan Kuliah Online Gratis

Berikut 10 jurusan yang sepi peminat tapi menjanjikan.

1. Ilmu Perpustakaan

Bekerja di meja di sudut ruangan mengawasi pengunjung perpustakaan, merapikan buku-buku yang telah dibaca untuk dikembalikan ke rak sesuai susunan. Itu yang Anda bayangkan pekerjaan dari seorang Sarjana Kepustakaan?

Maaf, tapi bayangan itu sama sekali tidak tepat. Ilmu Kepustakaan adalah sebuah bidang yang memiliki cakupan ilmu yang luas. Di dalamnya mengandung pekerjaan administrasi, manajemen, logistik, komunikasi hingga operasional. Tapi apakah lulusannya hanya akan bekerja di perpustakaan?

Bayangkan sebuah perusahaan besar dengan administrasi yang kompleks. Di dalamnya terdapat banyak dokumen penting yang dimiliki setiap departemen. Terdapat proses bisnis alur dokumentasi baik dari dalam dan luar perusahaan, dari satu bagian ke bagian lain.

Siapa yang merancang sistem tersebut. Siapa yang akan mendokumentasikan baik secara fisik maupun digital serta membuat sistem pengaturan dokumen untuk mudah digunakan?

Itulah gambaran singkat tentang pentingnya peran kepustakaan. Seorang Sarjana Kepustakaan memiliki kemampuan dalam mengelola dokumen dan kearsipan, istilahnya Document Management System, atau secara posisi disebut sebagai Document Controller.

Keahlian semacam ini masih terhitung langka ditemui di Indonesia. Sehingga Sarjana Perpustakaan akan memiliki peluang yang sangat besar di dunia kerja.

2. Pengobatan Tradisional

Ilmu Pengobatan Tradisional

Indonesia kaya dengan ribuan macam varietas tanaman. Sejak dahulu kala, nenek moyang kita telah mengembangkan kearifan lokal pengolahan beberapa jenis tanaman menjadi berbagai manfaat. Salah satunya sebagai obat tradsional.

Saat ini, tren kembali ke pengobatan alami begitu marak berkembang. Masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan mengobati penyakit melalui asupan herbal dan pengobatan yang alami.

Dunia industri sudah banyak memproduksi berbagai produk kesehatan dengan melekatkan dengan label “Herbal”. Ini berarti terbuat dari olahan tumbuhan alami tanpa bahan kimia.

Siapakah yang mampu meneliti, membuat metode penelitian dan membuat formulasi dari bahan-bahan alami untuk dijadikan suatu bentuk terapi tradisional? Ya, Sarjana lulusan Program Studi Pengobatan Tradisional-lah yang memiliki andil penting di baliknya.

Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar mengenai pengobatan tradisional herbal yang komprehensif digabung dengan terapi tradisional seperti akupuntur. Meski judulnya pengobatan tradisional, tapi pengolahan dan formulasi pengobatannya sudah disesuaikan dengan standar kedokteran modern.

Jadi belajar di jurusan ini akan sangat menantang dan mengasyikkan buat Anda yang berminat terjun di bidang pengobatan alternatif. Dan tentunya ini untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat di masa depan.

Baca juga: Syarat Lulus S1 Berapa SKS?

3. Aktuaria

Bidang studi yang satu ini memiliki kombinasi disiplin ilmu yang lengkap. Dimulai dari matematika, keuangan, statistika dan pemrograman.

Sarjana seperti apa yang dicetak dari jurusan ini? Lulusan program studi Aktuaria atau Aktuaris adalah seseorang yang mampu mengaplikasikan suatu metode dalam menprediksi risiko finasial sebuah institusi.

Institusi apa saja yang membutuhkan jasa seorang Aktuaris? Yaitu institusi yang bergerak dalam pengelolaan asset keuangan dengan imbal keuntungan seperti pada industri asuransi, dana pensiun dan perbankan.

Ketiga jenis industri ini sangat berkepentingan untuk memastikan jaminan keuntungan bagi nasabah. Ini sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Selain industri tersebut, pihak lain yang membutuhkan jasa Aktuaris adalah perusahaan pengelolaan aset finansial. Kepentingan perusahaan dalam hal ini adalah pengembangan keuntungannya.

Banyak perusahaan memiliki sumber dana sebagai modal untuk dikelola dalam berbagai bentuk pengembangan investasi. Ini berupa pasar modal, deposito, forex trading sampai ke bentuk investasi riil lainnya.

Seorang Aktuaris akan memastikan bahwa pengembangan modal perusahaan akan menguntungkan. Aktuaris akan melakukan pemetaan risiko finansial dan perhitungan nilai yang akan didapat.

Ini adalah profesi yang menuntut ketelitian dan kejelian. Ini menjadi begitu menantang untuk dijadikan profesi Anda di masa depan.

4. Fisioterapi

Fisioterapis

Fisioterapi termasuk jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan karena memiliki banyak peluang pekerjaan. Anda mungkin pernah mendengar istilah Fisioterapi di lingkungan institusi kesehatan seperti rumah sakit atau klinik.

Fisioterapis adalah lulusan jurusan fisioterapi. Profesi ini banyak bergerak di bidang layanan kesehatan masyarakat.

Peran seorang fisioterapis adalah membantu seseorang memulihkan masalah gangguan gerak dan fungsi tubuh akibat penyakit atau cidera. Termasuk juga pada pasien pasca operasi yang mengalami hambatan gerakan fisik secara normal.

Bentuk hambatan dan gangguan dapat diakibatkan dengan beberapa pemicu. Seperti gangguan sistem saraf, otot dan kerangka tubuh hingga masalah jantung dan pembuluh darah.

Seorang fisioterapis menggunakan bermacam metode, dimulai dari teknik olah raga seperti pijat, senam dan peregangan. Metode lainnya adalah penggunaan alat bantu seperti elektroterapi, hidroterapi, ultrasound hingga akupuntur

Itulah mengapa seorang fisioterapis memiliki peran penting dalam layanan kesehatan. Bidang fisioterapi akan dibutuhkan seiring dengan pengembangan teknologi kesehatan modern dan kebutuhan metode pengobatan yang komprehensif.

Peluang kerja seorang fisioterapis selain bekerja pada institusi kesehatan, juga dapat membuka praktik layanan sendiri layaknya seorang dokter. Sangat menarik untuk Anda yang memiliki minat bekerja di bidang kesehatan dan layanan dengan jumlah profesi terbatas namun kebutuhannya cukup tinggi.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Mudah Lulus

5. Ilmu Keolahragaan

Sering kecewa dengan prestasi olah raga Indonesia di event internasional? Bisa jadi kelangkaan tenaga ahli di bidang olah raga menjadi salah satu penyebabnya.

Di negara maju, olah raga bukan lagi hanya masalah berlatih fisik semata. Olah raga adalah penggabungan beberapa disiplin ilmu yang akan berdampak pada aspek kesehatan dan juga prestasi.

Ilmu keolahragaan adalah bidang yang mempelajari penerapan prinsip dan teknik ilmiah untuk meningkatkan kinerja olah raga. Di dalam ilmu keolahragaan terkandung berbagai aspek yang komprehensif untuk dipelajari.

Mulai dari pemahaman tentang gizi yang dibutuhkan seorang atlet, konsep dasar teori keolahragaan untuk kesehatan hingga kemampuan teknis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan olah raga. Ini semua untuk membantu peningkatan kesehatan jasmani dan prestasi.

Saat ini, perkembangan olah raga tanah air sudah mengarah menjadi sebuah industri yang menjanjikan. Industri ini memberikan keuntungan pada berbagai pihak yang terkait di dalamnya.

Sebut saja cabang olah raga bulu tangkis, sepak bola, bola basket, tinju dan bola voli melalui rangkaian kompetisi reguler yang mampu mengundang minat masyarakat.

Olahraga berkembang menjadi industri yang sangat menguntungkan, melibatkan produsen sebagai sponsor sekaligus pemasar produk dan masyarakat sebagai konsumen potensialnya. Klub atau atlet dipacu untuk berprestasi karena akan membuat harum nama produsen sebagai sponsor mereka.

Untuk dapat berprestasi, seorang atlet membutuhkan dukungan dari profesi seorang ahli keolahragaan untuk membantu meningkatkan prestasinya. Di sinilah peran seorang ahli keolahragaan sangat dibutuhkan. Dan yakinlah, profesi ini akan menjadi profesi impian bagi banyak orang di masa depan.

6. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) awalnya tumbuh dari industri manufaktur yang rentan akan dampak negatif pada pekerjanya. Dampak tersebut terjadi pada pekerja yang bekerja di luar ruangan.

Misalnya pada pekerja proyek pembangunan maupun di dalam ruangan seperti operator mesin di pabrik. Cakupan bidang pun masih terbatas pada keselamatan fisik pekerja saja.

Pada perkembangannya, aspek kerja ini mengalami perluasan dimensi. Sesuai perkembangan tersebut muncullah kebutuhan akan disiplin ilmu khusus K3.

Fokusnya adalah kepada pekerja sebagai aset berharga bagi kelangsungan operasional sebuah perusahaan. Untuk itu dibutuhkan kondisi yang mampu menciptakan dukungan kepada pekerja untuk dapat bekerja dengan baik, aman dan sehat.

Jurusan yang termasuk dalam Program Studi Kesehatan Masyarakat ini akan menghasilkan sarjana dengan berbagai kompetensi. Kemampuan menganalisis dan mengaplikasikan metode pengelolaan risiko K3 pada berbagai kondisi.

Saat ini, peluang kerja bagi lulusannya tidak hanya pada industri manufaktur saja, tetapi juga pertambangan, perminyakan, konstruksi hingga jasa. K3 saat ini menjadi bagian khusus yang menempati posisi penting. Peluang besar bagi Anda yang berminat berkarir di dunia K3 ke depannya.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

7. Arkeologi

Arkeologis

Arkeologi adalah ilmu yang berkaitan dengan penelitian kepurbakalaan yang mengacu kepada kebudayaan dan material manusia di masa lalu. Arkeologi termasuk jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan bagi Anda yang serius menekuninya.

Mengapa? Karena pada jurusan ini tidak hanya melulu menyalurkan passion seseorang untuk menggali dan meneliti artefak saja, tetapi juga ada peluang besar untuk mengembangkan keilmuan ke arah bidang lainnya.

Pada Jurusan Arkeologi terdapat Peminatan Museologi yang yang merupakan salah satu ilmu terapan dari Arkeologi. Pada Peminatan Museologi akan dipelajari strategi pemasaran museum, cara mengelola sebuah pameran dan pengkajian atas koleksi artefak.

Seorang Arkeolog akan mampu membawa pengetahuan kepada masyarakat dengan cara populer. Kalau Anda lihat, saat ini museum di berbagai kota sudah mulai dilirik oleh banyak kalangan meski belum semaju dan semenarik di luar negeri.

Museum menjadi tempat tidak hanya untuk belajar, tetapi juga sebagai sarana rekreasi keluarga dengan segala kemasannya dan pada akhirnya menjadi sebuah industri yang menguntungkan. Tren ini diprediksi akan semakin berkembang mengingat dukungan pemerintah pun cukup besar.

Lulusan peminatan yang menyediakan jenjang pendidikan hingga Program Magister ini akan mampu bekerja tidak hanya di instansi pemerintah, tetapi juga sektor swasta. Lulusan ini memiliki kompetensi dalam pengelolaan kepurbakalaan bersama dengan pemerintah.

8. Perencanaan Wilayah dan Kota

Pernah merasa sebal dengan kondisi kota yang Anda diami begitu sumpek, semrawut dan macet? Tertarik ingin ikut berpartisipasi menyelesaikan permasalahan kota Anda? Berarti Anda perlu kuliah di jurusan yang satu ini.

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota mempelajari kondisi ruang saat ini dan melakukan perencanaan untuk masa datang. Dimulai dari lingkup ruang yang kecil hingga sangat luas meliputi kota dan sekitarnya. Tujuannya agar tata ruang berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan penduduk dengan nyaman.

Jurusan ini mempelajari banyak hal. Seperti Ekonomi Perencanaan, Pembiayaan Pembangunan, Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota, Sosial Masyarakat hingga Transportasi. Lengkap sekali bukan? Karena kehidupan suatu wilayah dan kota serta manusia di dalamnya-lah yang membuat jurusan ini menjadi begitu kompleks.

Lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota dibutuhkan di instansi pemerintah seperti Bappeda, Bappenas. Juga Depdagri serta Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum.

Sementara sektor swasta yang membutuhkan adalah pengembang properti, pengembang kawasan dan lingkungan, pariwisata. Juga bidang yang membutuhkan kemampuan perencanaan pembangunan.

Baca juga: 10 Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya

9. Oseanografi

Oseanografik

Indonesia memiliki sumber daya laut yang sangat besar dengan luas perairan dan garis pantainya yang termasuk terpanjang di dunia. Tetapi mengapa potensi yang sedemikian besar itu belum dimanfaatkan maksimal untuk kemaslahatan masyarakat?

Atau sebaliknya, sumber daya laut pun dapat menjadi potensi bahaya bagi masyarakat seperti tsunami atau gelombang pasang. Apakah kita sudah memiliki metode pencegahan dan penanggulangan yang tepat?

Salah satu penyebabnya adalah belum banyaknya tenaga ahli khusus yang kompeten dalam hal kelautan. Tantangan akan permasalahan ini dijawab oleh dunia akademis melalui pengadaan jurusan Oseanografi.

Jurusan ini mempelajari fenomena fisik dan dinamis air laut untuk dapat diaplikasikan pada bidang lain seperti lingkungan, perikanan, mitigasi bencana dan juga energi. Jurusan ini memiliki dasar keilmuan yang lengkap meliputi ilmu fisika, kimia, biologi dan geologi selain dari kelautan sendiri.

Prospek karir lulusannya sangat terbuka lebar di berbagai bidang. Mulai sebagai pengajar di dunia akademis juga peneliti di lembaga riset pemerintah dan swasta.

Lulusan jurusan Oseanografi juga dapat bekerja di industri minyak dan gas khususnya di area lepas pantai, industri perikanan dan kelautan, pariwisata bahari hingga institusi pemerintah. Ini secara khusus terkait adminstrasi kelautan.

Bagaimana, Anda tertarik menggeluti bidang keilmuan yang menjanjikan pekerjaan yang sangat prospektif ini?

Baca juga: Mengenal Jurusan Teknik Informatika: Bisa Kerja di Mana Lulusannya?

10. Kriminologi

Kejahatan atau kriminalitas menjadi masalah sosial yang meresahkan masyarakat. Pihak yang berkepentingan selain masyarakat adalah pemerintah selaku otoritas yang berkewajiban menjaga warga negaranya untuk dapat hidup dengan aman dan nyaman.

Kriminalitas sendiri secara umum diartikan sebagai segala bentuk tindakan yang merugikan secara ekonomis dan psikologis, yang melanggar hukum yang berlaku. Sementara pengertian kriminologi sendiri adalah bidang ilmu yang mempelajari penyebab mengapa suatu kejahatan dapat terjadi.

Berdasarkan fokus studi Kriminologi tersebut, jurusan akan mempelajari perilaku menyimpang manusia yang berpotensi atau telah menimbulkan suatu tindak kejahatan. Ahli Kriminologi atau Kriminolog akan melakukan analisis untuk menemukan berbagai metode penyelesaian dan pencegahannya.

Hal tersebut membuat Kriminologi mengandung multi disiplin ilmu. Seperti Psikologi, Sosiologi, Antropologi, Politik, Hukum hingga Jurnalistik.

Meski terkesan asing, bidang keilmuan yang satu ini akan memiliki banyak peluang pekerjaan menjanjikan. Sebut saja di kepolisian, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), intelijen, Lembaga Swadaya Masyarakat.

Juga pada institusi pemerintah terkait sosial dan kesejahteraan masyarakat. Baik itu sebagai pengajar, peneliti, praktisi hingga menjadi konsultan.

Penutup

Demikian artikel tentang jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan. Bisa jadi jurusan-jurusan diatas ada yang sesuai dengan minat Anda.

Mulai sekarang Anda harus mempertimbangkan dengan sangat matang, pekerjaan apa yang akan Anda tekuni di masa depan. Jangan menghiraukan pendapat orang-orang yang menyangsikan pilihan kuliah Anda yang terasa aneh dan tidak populer itu.

Sekarang Anda sudah tahu, jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan dengan karir cemerlang. Jadi, silahkan share atau bagikan artikel ini, agar teman-teman Anda yang berencana kuliah dapat memilih jurusan-jurusan diatas.

Semoga Anda semua lulus di universitas dan jurusan yang diinginkan. Sukses selalu buat Anda.