Syarat Lulus S1 Berapa SKS?

Wisuda S1

Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Akhir (SLTA) memiliki beberapa pilihan dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ada jenjang Diploma (D) dan ada pendidikan akademik Strata Satu (S1).

Jenjang vokasi atau dikenal dengan Diploma (D) dimulai dari jenjang D1, D2, D3 dan D4. Ini lebih mengarah kepada keahlian dan keterampilan. Ada pula pendidikan akademik Strata Satu atau S1 yang lebih banyak mempelajari materi yang bersifat teoritis.

Meski waktu tempuh S1 lebih lama dibandingkan diploma, nyatanya jenjang pendidikan ini menjadi pilihan favorit. Tapi seperti apa kuliah S1 itu, apa beda dengan program lainnya, bagaimana sistem belajarnya, syarat lulus S1 berapa SKS?.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan diulas tuntas pada artikel berikut ini.

Apa Itu SKS?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai persyaratan lulus S1, perlu kita ketahui terlebih dahulu mengenai SKS. SKS adalah ukuran beban studi yang umum digunakan di perguruan tinggi.

SKS dapat menunjukkan beberapa hal berikut :

  • Besarnya beban studi pada suatu jurusan yang ditempuh. 1 SKS dapat digambarkan sebagai waktu kuliah tatap muka mahasiswa selama 50 menit per minggunya. Kuliah tatap muka adalah kuliah terjadwal di ruang kelas yang dibedakan dari waktu praktikum, praktik lapangan ataupun penelitian. 
  • Beban usaha yang harus ditempuh mahasiswa baik dihitung per semester ataupun secara keseluruhan hingga lulus kuliah.
  • Lama kuliah yang harus ditempuh 

Perhitungan SKS pada Kuliah Praktikum akan berbeda dengan Kuliah Terjadwal. Pada praktikum 1 SKS berarti 3 jam praktik per minggunya.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Mudah Lulus

Jumlah SKS Sebagai Syarat Kelulusan S1

Untuk mengetahui syarat lulus S1 berapa SKS dan berapa lama waktu yang dibutuhkan, berikut dijelaskan secara keseluruhan tentang jenis program studi yang ada di perguruan tinggi. Berikut informasinya :

1.Program Diploma

Program Diploma terdiri dari beberapa program di bawah ini :

  • D1 syarat minimal 36 SKS
  • D2 syarat minimal 72 SKS
  • D3 syarat minimal 108 SKS

2.Program Strata 1

Syarat minimal 144 SKS

3.Program Magister

Syarat minimal 72 SKS

4.Program Doktor

Syarat minimal 72 SKS

Baca juga: Satu Semester Berapa SKS?

Program Kuliah S1

Secara umum terdapat dua program untuk kuliah S1 yang berlaku umum pada perguruan tinggi di Indonesia :

1. Program Reguler

  • Apa maksud Program Reguler?

Yang dimaksud dengan Program Reguler adalah program bagi calon mahasiswa yang mendaftar langsung setelah lulus SLTA. 

  • Berapa jumlah SKS Program S1 Reguler?

Sesuai dengan peraturan pemerintah, syarat kelulusan jenjang S1 Akademik Reguler minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS. 

  • Berapa lama waktu kuliah S1 Reguler?

S1 Reguler dapat ditempuh normalnya antara 8 – 10 semester atau antara 4 – 5 tahun.  

2. Program Ekstensi

  • Apa itu Program Ekstensi?

Program Ekstensi adalah program pendidikan S1 yang menerima lulusan D3 sebagai mahasiswa. Program ini diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan lulusan D3 yang bergelar Ahli Madya (A.Md) untuk meneruskan pendidikan ke jenjang sarjana.

Kebanyakan mahasiswa program ekstensi adalah karyawan yang sudah bekerja. waktu kuliah biasanya dilaksanakan setelah waktu Program S1 Reguler selesai atau antara sore hingga malam hari. Bahkan beberapa perguruan tinggi juga mengadakan kelas di Hari Sabtu atau Weekend Class.

  • Program Ekstensi memiliki syarat lulus S1 berapa SKS?

Jumlah SKS yang dibutuhkan pada program ini adalah antara 69 SKS sampai 90 SKS tergantung dari program studi.

  • Berapa lama lulus kuliah S1 Ekstensi?

Karena bersifat meneruskan kuliah, maka jumlah SKS program ini lebih sedikit tapi waktu kuliah hampir sama seperti kuliah S1. Mengapa demikian? Karena waktu kuliah yang sangat terbatas menyebabkan jumlah mata kuliah yang dapat diambil pun maksimal hanya 2 mata kuliah.

Oleh karena itu, kuliah Ekstensi dapat diselesaikan dalam waktu 4 hingga 6 semester atau antara 2 sampai 3 tahun. Perhitungannya adalah sebagai berikut :

Jumlah total SKS 69 (minimal)

Rata-rata SKS per semester adalah 18 SKS

Total jumlah semester dapat mencapai 18 SKS dikali 4 semester atau total 76 SKS

Sekali lagi lama kuliah S1 Ekstensi pun akan sangat tergantung kepada berapa jumlah SKS yang akan diambil setiap semesternya. Semakin sedikit maka waktu tempuh studi pun akan lebih semakin panjang.

Baca juga: Cara Menghitung UKT

Mengapa Kuliah S1 Dapat Mencapai 5 Tahun Lamanya?

Lulus Kuliah S1

Normalnya jenjang S1 ditempuh dalam waktu 4 hingga 5 tahun. Namun terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi waktu kuliah seorang mahasiswa seperti di bawah ini :

1. Nilai Indeks Prestasi (IP) semester

Nilai IP menggambarkan ukuran prestasi seorang mahasiswa selama menjalani kuliah selama 1 semester. Nilai IP dihitung dari pembobotan nilai huruf dari angka seperti berikut :

  • Nilai A memiliki bobot 4,00 (Sangat baik) dengan rentang nilai 80 – 100
  • Nilai B memiliki bobot 3,00 (Baik) dengan rentang nilai 68 – 79,99
  • Nilai C memiliki bobot 2,00 (Cukup) dengan rentang 56 – 67,99
  • Nilai D memiliki bobot 1,00 (Kurang) dengan rentang 45 – 55,99
  • Nilai E memiliki bobot 0 (Gagal) dengan rentang 0 – 44,99

Akumulasi dari nilai IP tiap semester disebut IPK atau Indeks Prestasi Akumulatif. Nilai inilah yang akan tertera pada ijasah Anda saat lulus kuliah.

Nilai IP semester menjadi syarat untuk dapat mengambil jumlah SKS pada semester berikutnya. Semakin tinggi IP maka mahasiswa tersebut dapat mengambil jumlah SKS maksimal, sebaliknya dengan yang memiliki IP rendah.

Berikut adalah uraian jumlah SKS yang dapat diambil sesuai nilai IP :

  • IP > 3.00 dapat mengambil maksimal 24 SKS
  • IP 2,50 – 3,00 dapat mengambil maksimal 21 SKS
  • IP 2,00 – 2,49 dapat mengambil maksimal 18 SKS
  • IP 1,50 – 1,99 dpat mengambil maksimal 15 SKS
  • IP < 1,50 dapat mengambil maksimal 12 SKS

Uraian di atas menggambarkan bahwa semakin rendah nilai IP tiap semesternya, maka akan semakin lama mahasiswa menyelesaikan kuliahnya.

Baca juga: 10 Penyebab Telat Lulus Kuliah dan Cara Mengatasinya

2. Banyak tidaknya mengulang mata kuliah

Terkadang mahasiswa tidak merasa puas dengan nilai satu atau beberapa mata kuliah yang dirasakan kurang memuaskan. Dengan sistem SKS, maka mahasiswa dapat mengambil kembali mata kuliah tersebut pada semester yang terdapat mata kuliah yang akan diulang tersebut.

Apabila mata kuliah yang diulang cukup banyak, maka dipastikan mahasiswa harus menjalani beberapa semester tambahan. Ini dilakukan menyelesaikan keseluruhan SKS.

Hal inilah yang membuat waktu kuliah akan menjadi lebih lama. Apabila Anda tidak ingin mengulang mata kuliah, pastikan untuk meraih IP maksimal setiap semesternya.

3. Kemampuan manajemen waktu dan fokus mahasiswa

Kehidupan kampus tidak hanya diisi oleh kuliah semata. Sebagai seorang calon pemimpin dan pengabdi masyarakat, seorang mahasiswa juga jamak mengikuti banyak aktivitas kampus yang dapat mendukung pengembangan dirinya.

Seperti organisasi di dalam atau di luar kampus, olah raga, study club, majalah kampus sampai kegiatan seni. Banyak di antara aktivitas tersebut didukung oleh pihak perguruan tinggi.

Terkadang semua aktivitas tersebut banyak menyita waktu belajar mahasiswa. Apalagi kalau sampai mengorbankan kuliah tatap muka di ruang kelas.

Masalah absensi ini dapat berpengaruh kepada nilai ataupun persyaratan kelulusan mahasiswa pada suatu mata kuliah. Hal ini dapat mempengaruhi nilai IP yang membuat mahasiswa tersebut hanya dapat mengambil SKS yang sedikit pada semester berikutnya.

Apabila hal ini terjadi berulang, maka dapat dipastikan mahasiswa tersebut akan memerlukan waktu lebih lama untuk menyelesaikan seluruh SKS sebagai syarat kelulusannya.

Baca juga: 10 Cara Terbaik Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

Apakah Kuliah S1 Dapat Ditempuh Kurang Dari 4 Tahun?

Kemungkinan untuk menyelesaikan kuliah S1 lebih cepat dari waktu normal adalah sangat besar. Coba lihat simulasi berikut ini :

Syarat lulus 144 SKS. Pada semester 1 dan 2 total 40 SKS (paket) atau selama 1 tahun.

Pada semester 3 hingga 6 mengambil maksimal 24 SKS tiap semesternya atau total 24 dikali 4 semester menjadi total 96 SKS. Jumlah total semester 1 hingga semester 6 berarti 40 ditambah 96 atau 136 SKS.

Maka sisa SKS adalah 6 yang dapat diambil pada semester 7. Apabila ini semua berjalan dengan lancar, maka pada semester 8 mahasiswa hanya akan menjalani sidang skripsi.

Apabila sidang skripsi pun berjalan dengan lancar, maka dapat dipastikan mahasiswa tersebut lulus dalam waktu kurang dari 8 semester.  Yah, kurang dari 4 tahun dan akan menjadi mahasiswa berprestasi.

Sekali lagi syarat untuk dapat mencapai hasil maksimal ini adalah mahasiswa mampu memaksimalkan IP per semesternya secara konstan di atas 3,0 untuk dapat mengambil 24 SKS di tiap semester berikutnya.

Baca juga: 6 Persiapan Kuliah Pertama Untuk Mahasiswa Baru

Penutup

Sekarang Anda sudah tahu untuk syarat lulus kuliah S1 berapa SKS dan berapa lama waktu dalam menempuhnya. Juga dengan program kuliah S1, lengkap dengan informasi tambahan seperti IPK dan mengapa kuliah S1 dapat mencapai 5 tahun.

Saatnya menentukan pilihan jurusan sesuai dengan minat dan bakat Anda serta peluang yang terbentang di dunia kerja. Selamat mempersiapkan diri agar Anda dapat maksimal menjalani seluruh proses pendidikan dengan lancar dan tepat waktu.

Silahkan bagikan artikel ini, agar teman Anda sebagai calon mahasiswa baru juga mengetahui tentang program kuliah S1, lengkap dengan SKS dan IPK-nya. Semoga semuanya diterima di univesitas dan jurusan yang telah dipilih. Amiinn.