Satu Semester Berapa SKS?

Kuliah

Bagi Anda yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, kini adalah saat yang tepat untuk memulai persiapan yang matang sebelum mulai kuliah. Mengapa sampai harus ada persiapan? Sesulit apakah kuliah itu?

Sebenarnya sistem perkuliahan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam mengatur proses belajar di dalamnya. Anda dapat memilih mata kuliah apa yang harus diambil untuk mendukung pilihan bidang studi.

Setiap satu semester berapa SKS yang diambil agar cepat lulus dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu, ada baiknya Anda perlu mengetahui seperti apa kegiatan belajar di perguruan tinggi.

Juga tips-tips apa yang dapat membantu mencapai hasil memuaskan yaitu selesai tepat waktu, atau bisa selesai lebih cepat. Pelajari lebih lengkap dalam artikel berikut.

Perbedaan Kuliah Dengan Sekolah

Pembelajaran di perguruan tinggi sangat berbeda dibandingkan dengan kegiatan belajar di dunia sekolah. Kuliah sangat mengutamakan kemandirian mahasiswa dalam proses belajarnya. Peran dosen sebagai pengajar akan terasa menjadi minim apabila dibandingkan dengan peran guru saat masih berada di bangku sekolah dulu.

Kegiatan kuliah dibagi menjadi tatap muka atau belajar di ruang kelas, tugas yang dikerjakan di luar ruang kelas dan praktikum pada beberapa program studi. Mahasiswa memiliki waktu yang fleksibel karena tergantung dari mata kuliah yang diambil.

Mata kuliah ini memiliki jadwal tersendiri. Artinya mahasiswa harus mengikuti waktu tersebut sehingga harus pandai mengisi waktu sela yang timbul di antara tiap-tiap waktu kuliah.

Perbedaan lainnya adalah mahasiswa dapat menentukan berapa lama ia akan menyelesaikan perkuliahannya. Melalui strategi menetapkan tiap satu semester berapa SKS yang akan diambil, seorang mahasiswa dapat membuat kelulusannya menjadi cepat atau bahkan lambat.

Kegiatan belajar mahasiswa dikondisikan agar mahasiswa mampu belajar secara mandiri. Anda harus aktif menggali referensi tambahan mata kuliah dari berbagai sumber.

Saat ini, tentu sudah sangat mudah mendapatkan informasi melalui internet. Hal yang sangat jauh dengan kondisi masa kuliah sekitar 20 tahun yang lalu dan tahun-tahun sebelumnya. Masa ini sangat bergantung pada buku teks dan keberadaan perpustakaan.

Baca juga: Syarat Lulus S1 Berapa SKS?

Kategori Mata Kuliah di Perguruan Tinggi

Lagi kuliah

Ada baiknya Anda mengetahui mata kuliah apa saja yang ada dalam perkuliahan. Berikut adalah pengelompokkan mata kuliah secara umum di Indonesia :

1. Mata Kuliah Wajib

Mata kuliah wajib adalah mata kuliah yang menjadi dasar program studi yang mahasiswa jalani. Oleh karena itu, setiap program studi dapat memiliki mata kuliah wajib yang berbeda-beda karena disesuaikan dengan kompetensi dari program studi tersebut.

Mata kuliah ini memiliki jumlah yang paling banyak dibandingkan kategori mata kuliah yang lain. Hal ini disebabkan karena mata kuliah wajib ini memuat dasar-dasar utama dari ilmu yang terdapat pada suatu program studi.

Anda harus mampu menguasai mata kuliah wajib ini dengan sangat baik. Kompetensi dan keahlian Anda akan didapat terutama berasal dari kategori mata kuliah ini.   

2. Mata Kuliah Umum

Mata kuliah umum adalah mata kuliah yang harus diambil mahasiswa sebagai syarat kelulusannya. Mata kuliah ini bersifat wajib diberikan oleh perguruan tinggi kepada mahasiswa di tingkat diploma dan sarjana, baik di perguruan tinggi maupun swasta di Indonesia.

Terdapat empat jenis mata kuliah yang termasuk dalam kategori ini. Mata kuliah tersebut yaitu Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Agama.

Meskipun demikian, perguruan tinggi dapat menambahkan mata kuliah lain di dalam kategori ini dengan tujuan mendukung program studi mahasiswanya. Mata kuliah tersebut adalah Bahasa Inggris untuk tujuan akademik dan kewirausahaan seperti yang sudah berjalan di beberapa perguruan tinggi.

3. Mata Kuliah Pilihan

Mata kuliah kategori ini menjadi pilihan bagi mahasiswa yang dimaksudkan untuk mendukung pendalaman materi kuliah. Selain itu sebagai penambahan pengetahuan mahasiswa untuk mendukung program studinya.

Adanya tujuan tersebut membuat beberapa mata kuliah yang ditawarkan dapat berasal dari program studi berbeda. Ini dilakukan untuk mencapai tujuan penambahan wawasan dan keahlian mahasiswa.

Mata Kuliah Pilihan juga menjadi mata kuliah yang dapat mendukung pilihan minat atau konsentrasi program studi yang diambil oleh mahasiswa. Contoh mata kuliah pilihan seperti di bawah ini :

  • Program Studi Informatika untuk Peminatan Ilmu Komputasi dan Metode Numerik dengan mata kuliah pilihan seperti Bioinformatika dan Analisis Numerik. Sementara untuk Peminatan Jaringan Komputer dan Komunikasi Data dengan mata kuliah pilihan seperti Manajemen Jaringan dan Mobile Computing.
  • Program Studi Manajemen untuk konsentrasi Pemasaran dengan mata kuliah pilihan seperti Pemasaran Relasional Pelanggan dan Pemasaran Internet. Sementara untuk konsentrasi Manajemen Keuangan dengan mata kuliah pilihan seperti Lembaga Keuangan dan Pasar Modal.

Pertimbangkan dengan cermat mata kuliah pilihan yang akan Anda ambil. Pilihan Anda akan sangat mendukung peningkatan pengetahuan dan keahlian Anda dalam menekuni program studi yang Anda tekuni, yang akan menjadi nilai tambah Anda setelah lulus nanti.

Baca juga: Contoh Tabel Manajemen Waktu Mahasiswa

Sistem Perhitungan Nilai

Mahasiswa belajar di perpustakaaan

Di perguruan tinggi dikenal istilah Indeks Prestasi (IP) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). IP adalah nilai rata-rata akademik mahasiswa dalam satu semester, sedangkan IPK adalah akumulasi nilai IP hingga akhir masa kuliah. Apa pengaruh IP pada waktu tempuh kuliah?

Nilai IP suatu semester akan mempengaruhi jumlah SKS yang dapat diambil pada semester berikutnya. Semakin tinggi IP Anda, maka SKS yang dapat diambil pada semester berikutnya akan semakin banyak pula. Berapa IP maksimal yang dapat Anda raih?

IP memiliki angka dengan skala 4 yang berarti IP maksimal yang dapat diraih adalah 4. IPK, sebagai angka yang tertera pada ijazah saat Anda lulus kuliah.

Dikenal istilah Cum Laude untuk Anda yang memiliki IPK 3.40 – 3.59. Untuk IPK 3.60 – 3.79 disebut Magna Cum Laude dan Summa Cum Laude untuk IPK 3.80 ke atas.

Tidak banyak sarjana yang bepredikat Cum Laude hingga Summa Cum Laude dalam setiap periode kelulusan di perguruan tinggi. Apabila dapat meraihnya berarti Anda adalah termasuk satu di antara mereka yang sangat istimewa.     

Apa Itu SKS?

Pertanyaan yang sering muncul adalah tiap satu semester berapa SKS yang sebaiknya diambil untuk menempuh kuliah dengan cepat? Mari kita pahami pengertian tentang Satuan Kredit Semester (SKS) ini.

SKS adalah besaran yang menggambarkan berat tidaknya beban studi mahasiswa pada suatu mata kuliah. Besaran SKS akan berbeda-beda tiap mata kuliah.

Untuk yang bobotnya ringan akan memiliki 1 SKS. Sedangkan yang terbesar contohnya adalah Skripsi memiliki 6 SKS.

Itulah mengapa Anda harus mencapai angka maksimal pada hasil sidang skripsi karena akan sangat membantu mendongkrak IPK Anda. Tiap semester mahasiswa dapat mengambil maksimal 24 SKS apabila IP semester sebelumnya mencapai angka >3.00.

Dengan program kuliah S1 dengan total jumlah SKS antara 144 hingga 160 SKS, maka Anda dapat memperhitungkan berapa lama Anda menyelesaikan kuliah.  Apabila Anda konsisten mencapai IP >3.00 tiap semesternya, kemungkinan Anda dapat lulus lebih cepat dari waktu normal menjadi sangat besar.

Waktu kuliah pada seluruh program studi sarjana umumnya ditempuh dalam waktu 4 – 5 tahun atau 8 – 10 semester. Buat simulasi perhitungan jumlah SKS yang dapat Anda ambil tiap semester.

Katakanlah Anda dapat mencapai IP minimal 3.00 tiap semesternya sehingga Anda dapat mengambil 24 SKS di semester berikutnya. Dengan perhitungan seperti ini, maka Anda dapat menyelesaikan perkuliahan hanya dalam waktu 3,5 tahun saja, lebih cepat dari waktu normal.

Begitu juga sebaliknya, apabila Anda memiliki IP minim tiap semesternya maka jumlah SKS yang dapat Anda ambil hanya berkisar antara 15 – 21 SKS. Ini berarti semakin banyak semester yang harus Anda tempuh.

Juga semakin lama pula Anda akan lulus. Sekali lagi, Anda sendirilah yang akan menentukan waktu kelulusan Anda.

Baca juga: 10 Penyebab Telat Lulus Kuliah dan Cara Mengatasinya

Prinsip yang Harus Dimiliki Mahasiswa

Serius belajar

1. Kelola Waktu dengan Baik

Keberhasilan kuliah sangat tergantung kepada diri mahasiswa. Sistem SKS memungkinkan seorang mahasiswa mengatur jadwal serta waktu kelulusannya sendiri. Namun hal ini malah dapat menjadi bumerang apabila Anda tidak dapat mengatur diri sendiri untuk menjalankan kuliah yang efektif.

Meskipun aktivitas pengembangan diri di luar ruang kelas sangat baik bagi pembentukan diri Anda, tetap sediakan waktu untuk belajar. Tanpa disadari aktivitas-aktivitas tersebut akan dapat menyita waktu, tenaga dan pikiran Anda sehingga waktu belajar Anda akan tersita.  

2. Kembangkan Diri Anda

Perlu disadari pula bahwa masa kuliah adalah masa Anda mengembangkan diri semaksimal mungkin. Ini dilakukan untuk perjalanan hidup dan pekerjaan Anda di masa depan.

Dunia kerja tidak hanya menilai berapa IPK Anda saja, tetapi juga seperti apa pribadi Anda, kepemimpinan Anda, keahlian dan keterampilan Anda serta masih banyak lagi yang lainnya. Perguruan tinggi menyediakan sarana dan saluran untuk pendukung pengembangan diri yang Anda butuhkan selain aktivitas kuliah di ruang kelas.

2. Capai IPK terbaik

Ingat, jangan lupakan prestasi akademik. Bagaimanapun, IPK merupakan representasi keseriusan dan kemampuan Anda menjalani pendidikan tinggi yang Anda jalani.

Selain itu nilai IPK juga akan berpengaruh saat Anda akan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi seperti Program Magister atau Pasca Sarjana. Hal ini karena beberapa penyelenggara program magister favorit menetapkan nilai minimal IPK sebagai salah satu syarat utama untuk tes masuknya.

Penutup

Melalui tulisan ini diharapkan Anda sudah semakin memahami seperti apa gambaran perkuliahan itu secara umum. Anda sudah dapat mempertimbangkan program studi apa yang akan diambil.

Kemudian mulai rencanakan memilih mata kuliah sesuai program studi. Juga rencanakan tiap satu semester berapa SKS yang akan diambil untuk menuntaskan kuliah dengan hasil memuaskan.

Bagikan artikel ini agar teman-teman Anda yang berencana kuliah, dapat menerapkan strategi satu semester berapa SKS ini. Semoga Anda semua lulus sesuai pilihan jurusan dan universitas yang diinginkan. Amiinn.