10 Penyebab Telat Lulus Kuliah dan Cara Mengatasinya

Mahasiswa lagi kuliah

Menyelesaikan perkuliahan tidak semudah yang dipikirkan oleh banyak orang. Banyak mahasiswa yang juga telat lulus.

Tentunya, begitu banyak penyebab telat lulus ini. Keterlambatan lulus bukan hanya harus mengeluarkan uang lebih, namun masih banyak yang harus Anda pikirkan.

Idealnya, seorang mahasiswa untuk lulus sarjana hanya membutuhkan waktu 4 Tahun atau 8 semester. Namun, tidak jarang banyak yang telat dalam kelulusan sesuai pada waktunya.

Ternyata, cukup banyak penyebab mahasiswa telat lulus. Sebenarnya, apa saja penyebab telat lulus kuliah? Simak ulasannya secara lengkap dibawah ini.

1. Nilai Yang Kurang Memuaskan

Tahukah Anda, bahwa pada perkuliahan nilai merupakan salah satu hal yang penting! Setidaknya, untuk mata kuliah harus memiliki nilai yang baik. Sangat disarankan, untuk Anda bisa berusaha lebih untuk mendapatkan nilai yang baik.

Sebaiknya, usahakan nilai dalam perkuliahan yaitu minimal B. Sebenarnya, boleh saja memiliki nilai C namun jangan berlebihan. Karena, beberapa kampus memiliki ketentuan tersendiri dalam mengolah nilai mahasiswa.

Jika nilai kurang memuaskan, maka belajarlah dengan giat lagi. Jangan ragu untuk mengulang mata kuliah yang memang belum lulus. Usahakan, segera mungkin untuk bisa mengulang.

Saat mengulang, nilai mata kuliah tersebut harus bagus. Jangan sampai tidak!

2. Rasa Malas Yang Berlebihan

Apakah sampai saat ini Anda masih memiliki rasa malas berlebih? Sudah seharusnya, pada semester tua ini Anda menghilangkannya. Karena, rasa malas tersebut hanya akan membuat Anda tidak ingin lulus.

Mungkin, Anda saat ini bergaul dengan teman yang memang tidak memiliki beban perkuliahan. Anda mengikuti rasa malah tersebut dan justru berakibat fatal. Hilangkan rasa malas tersebut secara perlahan-lahan.

Seperti, mulailah dengan gaya hidup yang baik. Mulai kurangi kegiatan yang tidak penting seperti bermain game berlebihan, nongkrong dan lainnya. Kemudian, mulailah dengan hal yang bisa membuat Anda bersemangat menjadi perkuliahan!

3. Terlalu Fokus Pada Kerja Sampingan

Banyak dari para mahasiswa yang ingin bekerja secara part time. Namun, mereka belum bisa me-manage waktu dengan baik.

Hasilnya, justru akan mengganggu perkuliahan. Jadi, waktu yang seharusnya digunakan untuk kuliah bisa menjadi sia-sia karena hanya fokus pada pekerjaan.

Untuk itu, alangkah baiknya Anda bisa mulai mengurangi fokus pada pekerjaan tersebut. Sisakan waktu yang lebih banyak untuk perkuliahan Anda. Karena, hal ini jauh lebih penting untuk masa depan Anda.

Terutama, untuk Anda yang masih meminta uang perkuliahan kepada orang tua. Apakah Anda tidak malu jika harus selalu meminta?

Lebih baik, selesaikan perkuliahan terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa bekerja untuk membahagiakan kedua orang tua!

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Uang Tambahan Tanpa Modal Bagi Mahasiswa

4. Kurang Melakukan Bimbingan

Penyebab telat lulus kuliah selanjutnya yaitu karena kurangnya melakukan bimbingan. Lho, kok bisa?

Ternyata, bimbingan dalam perkuliahan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dengan melakukan bimbingan, maka Anda bisa mendapatkan saran dan masukan.

Sayangnya, saat ini banyak mahasiswa yang menganggap sepele hal ini. Jadi, mereka justru tidak melakukan bimbingan.

Para dosen wali tentu sudah memperingatkan sebelumnya. Namun, mahasiswa seharusnya memiliki pemikiran yang lebih matang.

Jadi, jika Anda ingin lulus perkuliahan dengan tepat waktu. Jangan lupa untuk melakukan bimbingan. Jangan tunggu dosen wali memberikan informasi kepada mahasiswanya.

Lebih baik, Anda bisa menghubungi dosen tersebut terlebih dahulu. Dijamin, hal ini akan sangat membantu Anda!

5. Kurang SKS Untuk Lulus

Setiap mahasiswa memiliki beban SKS tersendiri. Baik untuk diploma dan sarjana, semuanya dituntut untuk bisa menyelesaikan beban SKS tersebut. Umumnya, sebagai mahasiswa S1 maka harus menyelesaikan beban SKS berjumlah 144 SKS.

Lalu, bagaimana jika SKS tersebut kurang? Sudah pasti, Anda tidak bisa lulus. Jadi, dalam waktu 8 semester harus dimanfaatkan dengan baik agar bisa memenuhi beban SKS. Jangan sampai Anda tidak memahami hal yang satu ini.

Tetapi, setiap kampus bisa saja memiliki ketentuan berbeda. Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika Anda bisa membaca peraturan yang diberikan oleh kampus. Jika sudah, Anda harus rajin untuk bisa menyelesaikan semua SKS tersebut dengan baik.

6. Tidak Mudahnya Mengerjakan Skripsi

Mengerjakan skripsi

Semua tahu, bahwa untuk bisa lulus maka harus menyelesaikan skripsi. Sayangnya, tidak semua mahasiswa bisa menyelesaikan skripsi sesuai pada waktunya. Bahkan, banyak dari mereka yang justru bingung terhadap penelitiannya sendiri.

Hal ini karena, keterampilan dalam penelitian yang diambil tidak sesuai. Jadi, skripsi tersebut membuat bingung dan kemudian tidak dikerjakan. Untuk itu, sangat penting memilih tema yang tepat dalam mengerjakan skripsi.

Pemilihan tema sebaiknya dilakukan tidak dengan tergesa-gesa. Pemilihan yang tergesa-gesa hanya akan membuat Anda kurang percaya terhadap tema tersebut. Selain itu, konsultasikan dengan dosen pembimbing yang tepat.

Baca juga: 10 Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi Dalam Satu Bulan

7. Dosen Pembimbing Skripsi

Ternyata, salah satu penyebab telat lulus kuliah juga bisa disebabkan karena dosen pembimbing skripsi. Untuk memilih dosen pembimbing, sebaiknya pilih yang memang berkualitas. Serta, sesuai dengan tema yang Anda ajukan.

Jangan sampai dalam pemilihan dosen pembimbing untuk skripsi ini salah. Bayangkan, bagaimana bisa Anda mengerjakan skripsi tapi dosen pembimbing tidak paham mengenai hal tersebut? Justru, hal ini akan menyulitkan mahasiswa.

Selain itu, jangan lupa untuk menanyakan terlebih dahulu apakah dosen pembimbing akan melakukan cuti. Karena, jika dosen pembimbing cuti akan menyulitkan Anda dalam melakukan bimbingan. Untuk itu, persiapkan semuanya dengan baik termasuk pada dosen pembimbing.

8. Kurang Dewasa

Sebagai mahasiswa sudah seharusnya Anda memiliki sikap dewasa. Dengan sikap dewasa ini, akan membantu Anda dalam menjalankan perkuliahan. Karena, perkuliahan bukanlah hal yang sederhana seperti orang lain ceritakan.

Justru, disinilah Anda harus belajar dengan lebih keras lagi. Bukan hanya mengenai materi, tetapi juga tentang soft skill. Serta, bagaimana lingkungan sekitar menilai Anda.

Baca juga: 10 Contoh Soft Skill Yang Harus Dimiliki Mahasiswa

Jika Anda tidak bersikap dewasa, Anda hanya akan terjatuh dan susah untuk bangkit. Hal inilah yang menjadikan penyebab telat lulus kuliah.

Mulailah sejak dini untuk dapat bersikap secara dewasa. Karena, dengan bersikap dewasa Anda lebih memahami mengenai perkuliahan.

Abaikan orang lain yang banyak menghujat Anda. Anggap saja hujatan tersebut sebagai tantangan dalam menjalani perkuliahan. Tetap, buktikan bahwa Anda merupakan orang yang lebih baik dan bisa lulus dengan cepat!

9. Masalah Administrasi

Penyebab selanjutnya yaitu karena adanya masalah pada administrasi. Semua orang tahu, bahwa administrasi merupakan hal yang penting.

Termasuk perkuliahan yang memang harus diselesaikan. Jangan sekalipun, Anda telat dalam pembayaran administrasi.

Pembayaran administrasi merupakan bagian penting. Sebagai contoh, saat Anda akan memasuki semester 7 dan ingin mengambil skripsi namun administrasi belum selesai.

Maka, apa yang akan terjadi pada perkuliahan Anda? Bisa jadi, Anda tidak bisa melanjutkan perkuliahan.

Sebaiknya, cobalah untuk berkonsultasi dengan orang tua terkait dengan pembayaran. Selain itu, konsultasikan juga dengan dosen wali, kaprodi untuk mendapatkan keringanan.

Jangan ragu untuk menyampaikannya. Jika Anda dikenal sebagai mahasiswa yang baik, maka bisa dibantu dalam penyelesaian administrasi tersebut.

10. Cuti

Pernahkah Anda mengambil cuti perkuliahan? Disarankan, untuk tidak mengambil cuti dalam semester. Karena, dalam cuti semester ini hanya akan membuat Anda lupa akan perkuliahan.

Boleh saja mengambil cuti, namun pada saat yang memang sangat diperlukan. Jika tidak, lebih baik Anda mengikuti perkuliahan.

Karena, jika Anda cuti berarti sudah pasti harus menambah semester. Pada beberapa kampus, cuti memang gratis. Tetapi, ada juga kampus yang mengharuskan untuk cuti harus membayar setengah dari harga.

Usahakan, untuk tidak mengambil cuti. Lebih baik, untuk dapat menyelesaikan persoalan terlebih dahulu.

Jika sudah, maka Anda jangan mengambil cuti. Tetapi, manfaatkan waktu yang tersisa untuk bisa menyelesaikan perkuliahan. Memang, dalam posisi ini Anda tertinggal mengenai materi.

Namun, percayalah bahwa Anda bisa menyelesaikannya. Sebagai mahasiswa tentu tidak bisa menyerah dengan begitu saja. Namun, tetap semangat dan usahakan tidak cuti!

Penutup

Ternyata, cukup banyak ya penyebab telat lulus kuliah? Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan cara yang diberikan.

Alangkah baiknya, untuk bisa menyelesaikan perkuliahan terlebih dahulu. Barulah, Anda bisa mengerjakan hal yang lainnya.

Terutama, jika Anda berkuliah masih ditanggung oleh orang tua. Maka, sudah seharusnya Anda paham bahwa perkuliahan tersebut harus segera diselesaikan agar tidak menjadi beban.

Dengan memahami penyebab dan solusinya, dijamin Anda lulus tepat pada waktunya. Semoga semua mahasiswa yang mengshare tulisan ini bisa selesai tepat pada waktunya. Amiinn!