10 Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi dalam Satu Bulan

cara cepat menyelesaikan skripsi

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, tentu harus menyelesaikan skripsi. Karena, hal inilah yang sangat berpengaruh pada kelulusan Anda.

Kita semua tahu, bahwa tidak mudah untuk dapat menyelesaikan skripsi. Namun, skripsi tetap harus dikerjakan sampai selesai. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menyelesaikan skripsi.

Jika sudah lulus dalam tahapan skripsi, maka Anda akan mendapatkan gelar sarjana. Sayangnya, beberapa mahasiswa kesulitan dalam menyelesaikan skripsi ini. Banyak sekali penyebabnya, mulai dari pikiran, lingkungan yang tidak mendukung dan lainnya.

Jangan khawatir, artikel ini mengulas lengkap cara cepat menyelesaikan skripsi untuk mahasiswa. Berikut 10 cara cepat menyelesaikan skripsi yang perlu Anda coba.

1. Pilih Tema Skripsi Yang Tepat

Beberapa mahasiswa bingung untuk memilih tema dari skripsi yang akan dibuat. Padahal, ini akan menjadi bagian paling penting dalam menyusun skripsi tersebut. Bagaimana mungkin, Anda akan melakukan penelitian namun tidak paham terhadap apa yang ditulis?

Tentu, akan sangat fatal nantinya skripsi Anda. Cobalah untuk memulai memikirkan tema skripsi yang akan dipilih.

Usahakan, sesuai keahlian yang Anda miliki. Apakah mungkin, selama ini Anda kuliah tidak memiliki ketertarikan atau menguasai suatu bidang?

Tentukan tema skripsi sejak sekarang atau bisa sebelum proses skripsi tersebut dikerjakan. Carilah tema yang mudah untuk dikerjakan, namun memiliki manfaat yang baik.

Serta, Anda bisa mengerjakannya dengan cepat. Maka, proses skripsi Anda akan menjadi lebih cepat dan tepat.

2. Buat Deadline Anda

Membuat deadline tidak sepenuhnya menjadi pikiran bagi Anda. Justru, bisa bermanfaat untuk dapat menyelesaikan skripsi secara cepat. Dalam menyelesaikan skripsi jelas membutuhkan waktu, tergantung bagaimana kita bisa menyelesaikannya.

Bagaimana jika Anda selalu menunda pekerjaan? Dampaknya, bisa membuat waktu yang seharusnya bisa dimanfaatkan agar tidak sia-sia.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa membuat deadline pribadi. Deadline tersebut tentu berkaitan mengenai waktu pengerjaan skripsi.

Sangat rugi! Jika Anda memiliki waktu yang begitu banyak, namun tidak digunakan secara maksimal. Untuk itu, mulailah dengan segera dan tidak menunda pekerjaan. Serta, selesaikan tugas sesuai pada deadline yang telah Anda buat!

3. Pilih Pembimbing Yang Sesuai

Memilih pembimbing merupakan salah satu hal yang sangat penting.  Cara cepat menyelesaikan skripsi bisa dimulai dari pemilihan pembimbing. Banyak mahasiswa yang masih belum tahu, bahwa memilih pembimbing merupakan bagian yang penting.

Cobalah berpikir sejenak, bagaimana mungkin Anda bisa menyelesaikan skripsi jika pembimbing tidak paham skripsi yang Anda buat? Proses pembimbingan akan menjadi tidak jelas dan jauh dari ekspektasi. Tentunya, Anda tidak menginginkan hal seperti ini bukan?

Jadi, Anda diharuskan untuk dapat memilih pembimbing yang sesuai. Seperti, sesuaikan pada tema yang akan Anda ambil.

Serta, jangan ragu tanyakan apakah pembimbing siap mendampingi sampai selesai. Jika bersedia, maka Anda bisa memilih pendamping tersebut!

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Rasa Takut Pada Dosen

4. Kerjakan Di Tempat Yang Kondusif

Pemilihan tempat menjadi hal yang sangat penting. Dengan tempat yang kondusif, maka memungkinkan untuk bisa melakukan pengerjaan skripsi menjadi lebih cepat. Karena, tingkat konsentrasi yang dimiliki juga menjadi lebih tinggi.

Berbeda halnya jika Anda mengerjakan di tempat yang kurang kondusif. Maka, hanya akan membuat pikiran dan menjadikan kurang sesuai dalam pemilihan dari pengerjaan skripsi. Banyak sekali tempat kondusif yang nyaman untuk bisa mengerjakan skripsi.

Sebagai contoh, seperti perpustakaan, cafe, dan yang lainnya. Mengerjakan skripsi tidak harus di dalam kamar kost, jika Anda bosan bisa memulai untuk mengerjakannya diluar. Meskipun dilakukan sedikit demi sedikit, maka akan menjadi lebih cepat selesai.

5. Fokuskan Pada Skripsi

Saat sudah memasuki semester akhir, maka alangkah lebih baiknya untuk bisa fokus pada skripsi. Karena, saat inilah yang akan menjadi penentuan dari masa perkuliahan Anda selama ini. Apakah Anda bisa mendapatkan gelar yang Anda inginkan atau tidak?

Untuk mahasiswa D3 maka membutuhkan waktu 3 tahun. Sedangkan, mahasiswa S1 membutuhkan waktu 4 tahun.

Jadi, mulailah untuk fokus pada skripsi yang Anda kerjakan. Jangan biarkan pikiran Anda terpengaruh dengan hal yang lainnya.

Seperti mengikuti hobby yang berlebihan, melakukan pekerjaan secara penuh, dan yang lainnya. Fokuskan kepada tujuan Anda untuk menjalankan skripsi. Jika hal tersebut bisa tercapai, barulah Anda bisa berpikiran untuk yang lainnya.

6. Cari Referensi Sebanyak Mungkin

cari referensi sebanyak mungkin

Cara cepat menyelesaikan skripsi jelas membutuhkan referensi yang banyak. Bagaimana bisa melakukan penelitian tanpa adanya referensi? Alangkah lebih baiknya untuk bisa mencari referensi sebanyak mungkin.

Tentunya, banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk dapat menemukan referensi. Seperti mengunjungi perpustakaan, mencari jurnal sekolah, atau melalui google scholar. Semuanya bisa Anda temukan referensinya dengan mudah.

Dalam memilih referensi juga tidak bisa sembarangan. Usahakan, Anda bisa mencari referensi yang memang berkualitas dan memiliki hubungan langsung dengan skripsi yang sedang Anda kerjakan. Akan sangat percuma jika referensi yang Anda pilih tidak ada hubungannya sama sekali dengan skripsi.

7. Kurangi Kegiatan Tidak Penting

Saat memulai untuk mengerjakan skripsi, maka cobalah mengurangi kegiatan yang tidak penting. Karena, kegiatan tersebut hanya akan membuat beban dan terasa sia-sia waktu Anda. Mungkin, selama ini Anda masih melakukan beberapa kegiatan yang semestinya tidak dilakukan.

Seperti bermain game larut malam, nongkrong setiap hari, atau tidur terlalu lama. Mulai sekarang, mulailah untuk mengurangi kegiatan yang tidak penting itu.

Anda bisa mengganti dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Tentunya, banyak sekali kegiatan bermanfaat yang bisa Anda temukan.

Kerjakan skripsi sebisa mungkin saat Anda memiliki waktu luang. Jika dikerjakan dengan baik, tentunya bisa menjadi lebih cepat selesai.

Sebaliknya, jika Anda tidak mengerjakannya tentu akan menjadi lebih lama lulus. Jadi, pilihan Anda sekarang apakah ingin lulus lebih cepat atau tidak?

Baca juga: 10 Cara Terbaik Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

8. Sesuaikan Penyusunan Skripsi

Menyusun sebuah skripsi tentu tidak bisa sembarangan. Namun, Anda harus menyesuaikan sesuai ketentuan yang berlaku.

Setiap kampus memiliki ketentuannya masing-masing dalam melakukan penyusunan penulisan untuk skripsinya. Ada baiknya, Anda melakukan konsultasi terhadap penulisan yang baik dan benar.

Jadi, Anda harus paham betul mengenai hal ini. Cara mudah menyusun skripsi bisa dilakukan dengan banyak hal. Seperti membuat rancangannya terlebih dahulu, serta menentukan konsep skripsi yang akan dibuat.

Dengan penyusunan yang tepat, maka akan membantu agar skripsi menjadi lebih mudah dibuat. Bagian seperti abstrak, latar belakang, rumusan masalah sampai dengan pembahasan harus dibuat dengan baik.

Sebaiknya, jangan sampai ada sedikitpun yang tidak sesuai pada ketentuan. Jika hal tersebut terjadi, akan membuat Anda lebih banyak mendapatkan revisi pengerjaan skripsi.

9. Ingat Biaya Perkuliahan

Anda mengikuti perkuliahan tentu membutuhkan biaya bukan? Lalu, jika Anda masih bermalas-malasan untuk lulus maka hal tersebut sangatlah fatal. Orang tua setiap harinya bekerja untuk dapat membiayai perkuliahan Anda.

Sudah seharusnya, Anda harus lebih semangat dalam menyelesaikan perkuliahan. Tidak semua orang tua dapat membiayai anaknya untuk kuliah. Terlebih, jika perkuliahan tersebut memiliki biaya yang besar.

Jangan bersantai dalam menyelesaikan perkuliahan. Mulailah dengan hal kecil untuk menyusun skripsi, mempersiapkan konsep, dan berkonsultasi kepada pembimbing. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan skripsi lebih cepat.

10. Doa dan Restu Orang Tua

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan berdoa dan meminta restu orang tua. Bagaimana juga, orang tua yang telah membiayai Anda dalam perkuliahan. Tentunya, orang tua juga berhak tahu terhadap apa yang akan dikerjakan oleh anaknya pada perkuliahan.

Selain itu, sudah pasti bahwa doa dari orang tua sangat mujarab. Jangan ragu untuk bercerita kepada orang tua tentu aktivitas perkuliahan Anda. Baik suka atau duka, orang tua pasti memahami masa perkuliahan tersebut.

Jangan pernah sekalipun lalai terhadap doa dan restu dari orang tua. Tanpa adanya kedua hal tersebut, mungkin Anda tidak bisa mencapai pada tahapan skripsi ini. Serta, tetap bertanggung jawab terhadap apa yang telah diamanahkan oleh orang tua bahwa Anda harus menyelesaikan perkuliahan ini.

Penutup

Bagaimana, ternyata tidak sulit ya untuk bisa menyelesaikan skripsi? Jangan jadikan skripsi ini beban pada kehidupan perkuliahan Anda. Namun, jadikanlah sebagai tantangan untuk bisa menggapai masa depan yang lebih cerah lagi.

Sejatinya, sebagai mahasiswa harus bertanggung jawab terhadap orang tua. Terutama, untuk Anda yang masih meminta uang dengan orang tua.

Cara cepat menyelesaikan skripsi di atas tentu sangat wajib untuk Anda coba. Insya Allah, Anda akan lulus dengan cepat dan sempurna!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *