10 Tips Menghadapi OSPEK Kampus

Kegiatan OSPEK

Masa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau disingkat OSPEK tentu ada pada setiap kampus. Mulai pada awal masuknya perkuliahan, semua mahasiswa diharuskan untuk mengikuti kegiatan ini. Dalam kegiatan ini, maka mahasiswa akan belajar untuk mengenal lingkungan belajar yang akan menemani 4 tahun kedepan.

Bagi mahasiswa baru, kegiatan OSPEK sangatlah penting diikuti. Karena, semua pengenalan akan dilakukan oleh panitia. Jadi, tidak ada alasan untuk mahasiswa baru tidak mengikuti kegiatan OSPEK.

Kini, kegiatan OSPEK juga jauh lebih menyenangkan dibandingkan yang sebelumnya. Namun, tetap Anda harus mengetahui beberapa tips menghadapi OSPEK kampus.

Berikut artikel tentang 10 tips menghadapi OSPEK kampus.

1. Persiapkan Semua Keperluan

Penting bagi mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan OSPEK harus mempersiapkan semua keperluan. Terlebih, saat OSPEK ini diharuskan Anda mempersiapkannya dengan benar. Jangan sampai, ada satupun yang tertinggal.

Untuk mempersiapkannya, lebih baik pada siang hari. Kemudian, dimalam hari Anda tidak perlu repot dalam mempersiapkan kembali.

Belum lagi mengenai beberapa keperluan yang harus dibeli. Maka, alangkah baiknya Anda mempersiapkannya sejak siang hari.

Jangan senang menunda waktu untuk keperluan OSPEK. Pastikan, Anda sudah mempersiapkannya sejak siang hari.

Anda bisa membuat daftar list terhadap keperluan yang nantinya akan dibawa. Jika sudah dipersiapkan, Anda bisa centang keperluan tersebut. Bagaimana, mudah bukan?

2. Menjaga Kesehatan

Jangan salah, OSPEK juga membutuhkan tenaga yang banyak. Jadi, para calon mahasiswa baru harus paham tentang menjaga kesehatan.

Jangan sampai, saat kegiatan nanti justru sakit dan tidak bisa mengikuti. Sebaiknya, harus bisa menjaga kesehatan sebelum kegiatan berlangsung.

Bagaimana caranya? Mulailah dengan gaya hidup sehat. Seperti kurangi begadang jika tidak penting, bermain game berlebihan dan konsumsi makanan berkualitas. Semua hal tersebut sangat menunjang kesehatan tubuh.

Selain itu, jangan lupa untuk istirahat dengan teratur. Karena, menjalani OSPEK Anda akan sangat melelahkan.

Biasanya, dimulai dari pukul 06.00 sampai dengan 16.00. Berapa waktu untuk menjalaninya? Jadi, persiapkan kesehatan Anda dengan sebaik mungkin!

3. Update Terus Informasi

Banyak yang bertanya, OSPEK kuliah seperti apa? Tentunya, setiap kampus memiliki agendanya masing-masing.

Namun, hal yang perlu Anda ketahui yaitu mengenai informasi seputar OSPEK tersebut. Bagaimana cara agar Anda bisa mendapatkan terus informasi tersebut?

Sudah pasti, Anda harus aktif terhadap update informasi yang diberikan. Saat ini, beberapa kampus sudah menyediakan platform untuk membantu memberikan informasi. Seperti website, sosial media atau lainnya.

Jadi, disinilah mahasiswa seharusnya update. Jangan menunggu untuk bisa memperoleh informasi secara pribadi. Karena, sudah seharusnya Anda yang mencari informasi tersebut.

Jangan sampai, Anda telat dalam mendapatkan informasi. Hal ini hanya akan membuat rumit pada saat menjalani OSPEK!

4. Jangan Terlalu Pendiam

Tips menghadapi OSPEK kampus selanjutnya yaitu jangan terlalu diam. Mungkin, selama di SMA Anda merupakan seseorang yang pendiam.

Namun, hal ini sebaiknya tidak dibawa dalam lingkungan perkuliahan. Anda harus mengetahui, bahwa lingkungan perkuliahan memiliki bentuk yang berbeda.

Seperti dalam lingkungannya yang luas. Bagaimana jika Anda hanya memiliki sedikit teman dalam perkuliahan? Dapat dipastikan, Anda akan rumit dalam beberapa keperluan. Termasuk untuk menjalankan OSPEK ini.

Untuk itu, cobalah untuk tidak terlalu menjadi pendiam. Anda bisa memulai untuk mengobrol dengan beberapa teman sekelompok.

Karena, dengan teman kelompok ini akan membuat silaturahmi lebih berjalan. Jadi, jangan ragu untuk berbicara dan mengobrol dengan teman yang lainnya ya!

5. Jangan Sampai Terlambat

Sebagai calon mahasiswa baru, untuk menghadapi OSPEK ini haruslah dengan baik. Salah satunya, berangkat sesuai jadwalnya.

Sangat tidak disarankan untuk terlambat dalam berangkat OSPEK. Karena, Anda bisa mendapatkan konsekuensinya.

Mulai dari tidak boleh masuk ke dalam ruangan sampai dengan tidak lulus OSPEK. Apakah Anda ingin mengulang OSPEK pada tahun selanjutnya bersama dengan teman baru? Tentunya, Anda tidak menginginkan hal tersebut bukan?

Jadi, cobalah untuk bisa berangkat sesuai jadwal yang ditentukan. Beberapa orang mungkin susah untuk bangun di pagi hari.

Cara terbaiknya, yaitu dengan tidur tidak larut malam. Kemudian, buatlah alarm dan Anda akan bisa bangun serta melakukan persiapan untuk berangkat OSPEK.

6. Kerjakan Tugas Sebaik Mungkin

Menjalani kegiatan OSPEK memang tidak mudah. Banyak sekali hal yang bisa menjadi tantangan. Termasuk pada tugas yang diberikan oleh panitia terhadap calon mahasiswa baru.

Bisa saja, untuk tugas yang diberikan pada mahasiswa sangat aneh. Bahkan, banyak yang bingung dalam mengerjakannya.

Karena, memang beberapa tugas diberikan tanpa adanya informasi lebih lanjut. Jadi, para mahasiswa harus melakukan explore dengan lebih dalam lagi. Cobalah untuk bisa mengerjakan tugas yang diberikan dengan sebaik mungkin.

Anda bisa bekerjasama dengan kelompok yang lainnya untuk dapat menyelesaikan tugas tersebut. Sudah seharusnya, para mahasiswa bisa mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik.

Jangan sampai, Anda atau kelompok tidak bisa mengerjakannya. Usahakan bisa mengerjakannya!

7. Tunjukan Sikap Ramah Terhadap Senior

Sikap Ramah

Tips menghadapi OSPEK kampus bisa Anda lakukan dengan menunjukan sikap ramah terhadap senior. Mahasiswa baru memang harus dapat menghormati seniornya. Karena, dengan menghormati bisa saja mendapatkan banyak informasi dari senior.

Mungkin, Anda tidak membutuhkan hal tersebut saat ini. Namun, pada saatnya nanti akan membutuhkan informasi dari senior. Bahkan, bisa saja keperluan OSPEK tersebut melibatkan senior.

Jadi, alangkah baiknya untuk bisa bersikap ramah terhadap senior. Jangan pernah sekalipun saat OSPEK mengacuhkan senior.

Terutama, untuk senior yang bertugas sebagai panitia OSPEK. Anda harus menghormatinya dengan betul. Sebenarnya, hal ini bukan untuk menganggap bahwa senior butuh dihormati.

Hanya saja, hal ini untuk memberikan arahan bahwa mahasiswa harus saling menghormati. Jika senior saja bisa dihormati, begitu juga dengan para dosen yang sudah seharusnya lebih dihormati lagi!

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Rasa Takut Pada Dosen

8. Tetap Semangat

Apakah Anda takut menghadapi OSPEK? Sebenarnya, tidak ada yang perlu ditakutkan dari kegiatan ini. Karena, OSPEK tidak seperti yang Anda pikirkan.

Justru, OSPEK memberikan arahan yang baik untuk para calon mahasiswa baru. Sudah seharusnya, mahasiswa mulai memahami hal yang satu ini.

Memang, banyak sekali hal yang mungkin Anda harus persiapkan sebelum mengikuti OSPEK. Serta, beberapa tantangan kedepannya yang bisa saja terjadi. Namun, jangan jadikan hal tersebut membuat Anda tidak kuat untuk menjalani kegiatan OSPEK

Jika Anda berpikiran hal seperti itu, sudah dapat dipastikan Anda tidak akan bisa menjalani OSPEK. Sebaiknya, tetap semangat dalam menjalani kegiatan OSPEK.

Karena, dengan Anda semangat menjalani OSPEK akan lebih banyak hal baik yang terdapat nantinya. Untuk itu, tetaplah semangat dan selesaikan semua tantangan sebagai bukti bahwa Anda layak berkuliah di kampus tersebut!

9. Fokus Pada Kegiatan OSPEK

Ya! Salah satu hal yang juga penting yaitu tetap fokus pada kegiatan OSPEK. Banyak yang bilang bahwa OSPEK merupakan kegiatan yang membosankan.

Bisa jadi, itu hanya pikiran Anda pada awal menjalani OSPEK. Karena, memang pada saat awal Anda akan lebih banyak duduk dan mendengarkan informasi dari panitia dan dosen serta rektor kampus.

Umumnya, untuk kegiatan OSPEK ini berlangsung kurang lebih selama 3-4 hari. Jadi, pada hari ke-2 Anda akan lebih banyak beraktivitas. Mulai dari pengenalan terhadap kampus, jurusan yang diambil dan lainnya.

Anda sangat perlu untuk bisa fokus terhadap penyampaiannya. Jangan sampai tidak fokus dan membuat Anda bingung.

Bahkan, biasanya disini Anda harus menulis mengenai semua perjalanan yang dilakukan. Untuk itu, Anda harus fokus terhadap penyampaian dari panitia. Setiap arahan yang diberikan dapat Anda pahami dengan lebih jelas lagi!

10. Berdoa Untuk Kelancaran

Tidak ada yang lebih penting selain berdoa terhadap kelancaran kegiatan OSPEK. Wajib, untuk bisa berdoa kepada Allah agar dapat dilancarkan kegiatan ini. Berdoalah meminta untuk hal yang baik dan kelancaran kegiatan.

Dengan berdoa, hati dan pikiran Anda akan menjadi lebih tenang. Serta, membuat Anda merasakan kenyamanan dan aman dalam menjalani kegiatan tersebut. Usahakan, untuk selalu berdoa terutama saat Anda menjalankan ibadah.

Percayalah, bahwa Allah akan membantu melancarkan kegiatan Anda. Posisikan pikiran Anda dalam hal-hal yang positif. Hilangkan pikiran yang negatif karena hanya akan membuat Anda tidak percaya diri dalam menjalani OSPEK.

Penutup

Bagaimana, sudahkah Anda siap untuk menghadapi OSPEK kampus? Anda tidak perlu takut untuk memulai masa perkuliahan. Karena, disinilah proses awal Anda akan merasakan menjadi mahasiswa. Jadi, sudah seharusnya untuk bisa Anda ikuti kegiatan ini.

Tips menghadapi OSPEK kampus diatas tentu sangat perlu untuk Anda pahami. Dengan memahaminya, Anda akan lebih paham bagaimana mempersiapkan masa OSPEK dengan baik.

Jangan sampai, masa-masa saat OSPEK Anda abaikan, karena ini akan menjadi kenangan. Bagi Anda yang akan mengikuti OSPEK, silahkan share tulisan ini. Semoga segala kegiatan OSPEK Anda dilancarkan dan dipermudah olehNya. Amiinn!