Buku Tulis Untuk Kuliah, Manfaat dan Penggunaannya

Buku Tulis Untuk Kuliah

Memilih alat tulis untuk kuliah tergantung pada jurusan yang Anda pilih. Apabila mengambil jurusan arsitektur atau seni rupa misalnya, tentu Anda membutuhkan pena atau alat untuk menggambar yang lebih lengkap. Keahlian tangan dan jari sangat diperlukan pada kedua jurusan tersebut, walaupun banyak program atau aplikasi yang digunakan untuk menggambar.

Perlengkapan tulis menulis lainnya adalah buku tulis yang menjadi kebutuhan mendasar dan berlaku bagi semua jurusan. Dalam memilih buku tulis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ulasannya di bawah ini.

Bedakan Penggunaan Buku Tulis

Sebaiknya Anda menggunakan dua jenis buku tulis yang berbeda. Buku tulis pertama untuk mencatat  dalam semua perkuliahan apapun mata kuliahnya. Buku tulis yang kedua adalah untuk digunakan mencatat kembali materi  yang Anda catat pada buku pertama.

Pembedaan dua jenis buku tulis tersebut didasarkan pada pertimbangan kepraktisan. Ingat, selain buku tulis, Anda juga akan membawa beberapa buku teks kuliah dalam perkuliahan sehari-hari.

Selain itu, Anda membawa perlengkapan lain seperti laptop, botol air minum, jaket dan lain sebagainya. Sehingga faktor kemudahan dan kepraktisan perlengkapan tulis menulis sangat penting agar tidak membebani dan merepotkan Anda dalam kegiatan perkuliahan.

Baca juga:

1. Buku Catatan Harian atau Campuran

Menulis bahan kuliah

Buku tulis untuk kuliah yang pertama dapat Anda gunakan setiap hari. Pilih lembar baru untuk mencatat tiap mata kuliah per harinya. Beri nama mata kuliah disertai tanggal dan hari pelaksanaan kuliah tersebut. Usahakan tiap catatan tersebut dibuat di lembar baru sehingga lebih mudah untuk dipilah dan dibaca.

Buku tulis pertama ini digunakan untuk menulis secara cepat terutama saat mencatat materi yang disampaikan oleh dosen di ruang kuliah. Untuk itu tidak mengapa apabila isinya terkesan tidak terlalu rapi dan banyak berisi coretan. Yang paling penting adalah tulisan tersebut masih dapat Anda baca dan pahami dengan mudah untuk kembali dicatat di buku catatan nanti.

Yang harus Anda perhatikan dengan buku catatan campuran ini adalah kekuatannya. Karena digunakan dengan frekuensi yang lebih tinggi setiap harinya, maka usahakan memilih buku dengan jenis kertas yang lebih kuat. Jangan gunakan halaman dan cover yang terlalu tipis yang mudah sobek atau kumal.

Anda dapat memilih buku tulis seperti Hard Cover Paper Line ukuran folio, biasanya berjumlah 100 halaman. Meski tampilannya terkesan jadul namun secara fungsinya sangat cocok bagi kebutuhan mahasiswa. Atau Anda juga dapat menggunakan jenis berbeda, lebih menarik dan modern namun dengan ukuran dan jumlah halaman yang sama. Buku jenis ini sudah banyak tersedia.

2. Buku Catatan Per Mata Kuliah

Beralih ke buku tulis yang kedua, yaitu buku tulis untuk catatan per mata kuliah. Untuk buku ini Anda sebaiknya menyediakan sebanyak mata kuliah yang Anda ikuti.

Buku tulis untuk mata kuliah ini dapat Anda simpan di kamar Anda. Anda tidak perlu membawanya tiap kuliah karena berat. Penggunaannya lebih kepada saat Anda belajar di rumah atau di kamar kos Anda, atau sewaktu-waktu apabila Anda ingin menggunakannya untuk diskusi di kampus di luar ruang kuliah bersama teman-teman Anda.

Karena buku catatan per mata kuliah adalah hasil dari salinan atau menulis ulang dari buku catatan harian, maka usahakan Anda menuliskannya dengan sangat baik dan rapi. Jadikan buku catatan mata kuliah ini menjadi sangat mudah dan nyaman Anda baca berulang-ulang.

Baca juga:

Spesifikasi Buku Tulis

Berdasarkan dari penggunaan buku tulis di atas, maka Anda perlu menentukan jenis buku tulis yang sesuai dengan penggunaannya tersebut.

1. Buku Tulis Biasa

Buku tulis untuk penggunaan harian yang memuat berbagai catatan seluruh mata kuliah atau campuran menuntut buku dengan jumlah halaman yang lebih banyak dari biasanya. Biasanya ukurannya lebih tebal dari buku catatan biasa. Hal ini untuk menghindari penggunaan buku catatan harian yang terlalu banyak.

Buku tulis jenis ini biasanya berbentuk buku dengan hard cover. Ukurannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda menggunakannya. Ada yang berukuran standar buku tulis yaitu 21 cm x 16 cm dan ada juga yang lebih panjang berukuran 25 cm x 18 cm.

Ukuran yang panjang dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kebutuhan mahasiswa terutama untuk dijadikan buku catatan kuliah harian atau campuran. Hal ini karena buku tulis yang panjang dapat memuat catatan yang lebih banyak. Selain itu bentuknya yang besar menjadikannya terasa pas bagi sosok mahasiswa.

Anda memilih buku tulis dengan format standar yaitu yang bergaris-garis di tiap halamannya. Alternatif lainnya adalah menggunakan buku tulis tanpa garis atau halaman yang polos. Buku tulis dengan halaman yang polos sangat disarankan. Mengapa demikian? Karena akan memudahkan Anda dalam menulis bagan atau membuat gambar.

Buku tulis dengan halaman polos akan membuat Anda lebih fleksibel dalam mencatat. Tampilannya pun akan cenderung lebih enak dilihat dibandingkan apabila terdapat garis-garis seperti halnya buku catatan biasa.

Anda akan lebih leluasa memanfaatkan seluruh bagian halaman dengan semaksimal mungkin. Hanya saja kekurangan buku tulis dengan halaman yang polos adalah apabila penggunanya kesulitan untuk menulis dengan rapi tanpa adanya bantuan garis-garis pada halaman.

2. Binder

Binder untuk kuliah

Binder sudah biasa digunakan oleh mahasiswa karena kepraktisannya. Anda dapat memindahkan halaman dengan mudah, mengurangi ataupun menambahkannya. Kekurangan binder adalah ukurannya yang lebih tebal dan lebih berat dari buku tulis biasa karena adanya unsur besi sebagai salah satu bagian di dalam binder.

Namun binder memiliki keunggulan lain yaitu tampilannya yang lebih menarik. Terkesan eksklusif terlebih dengan beragam pilihan cover sesuai dengan kesukaan Anda. Anda akan terlihat berbeda ketika menggunakan binder saat mencatat dibandingkan di buku tulis biasa.

Covernya tersedia beragam, dari yang terbuat dari plastik hingga berbahan kulit. Corak dan warnanya pun sangat beragam. Namun seperti istilah ‘function, then fashion’ alias manfaat atau fungsinya terlebih dahulu dan bukan sekadar gaya saja, binder memang meliputi dua hal tersebut. Anda bisa menggunakannya dengan maksimal dalam mencatat yang disertai dengan fleksibilitas pengaturan  halaman.

Kemudahan lainnya adalah Anda juga dapat dengan mudah membeli halaman binder yang baru untuk mengganti atau menambah halaman binder Anda dengan tetap menggunakan cover yang sama. Pilihan bentuk atau ukurannya pun beragam. Dari mulai ukuran 23 cm x 17 cm , 18 cm x 23 cm hingga yang lebih besar yaitu ukuran 22 cm x 27,5 cm. 

Baca juga:

Penutup

Dari penjelasan di atas terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih buku tulis untuk kuliah. Pilih buku yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda dalam menggunakannya.

Tentu saja yang terpenting adalah selalu membacanya secara berulang sesuai fungsinya. Ini dilakukan agar mendapatkan manfaat sesuai fungsi utamanya.