6 Tips Belajar untuk Mahasiswa Baru

Mahasiswa Baru

Menjadi seorang mahasiswa tidak hanya berarti status sosial Anda berubah. Menyandang status sebagai mahasiswa, terlebih di jurusan dan perguruan tinggi bergengsi tentu akan terasa sangat membanggakan.

Perubahan besar terjadi di dalam hidup Anda. Perubahan menyangkut banyak hal di dalam hidup Anda. Salah satunya adalah mengenai pola belajar Anda sebagai seseorang yang masih menempuh jenjang pendidikan formal.

Pola belajar akan sangat dipengaruhi oleh cara pandang Anda terhadap dunia perkuliahan. Untuk itu Anda harus mengetahui seperti apa dan bagaimana cara menjalani perkuliahan yang benar. Berikut adalah tips belajar untuk mahasiswa baru yang perlu Anda ketahui.

1. Ubah Cara Pandang dan Pola Pikir

Anda harus mengubah pola pikir Anda bukan seperti saat masih di bangku sekolah. Demikian pula dengan cara pandang Anda dalam pembelajaran dan prosesnya di bangku kuliah. Karena kuliah dan sekolah adalah dua hal yang sangat berbeda.

Dunia mahasiswa adalah tempat di mana Anda memulai perubahan hidup menuju kedewasaan. Apa yang akan Anda lakukan dalam hidup Anda akan sangat tergantung pada apa yang Anda lakukan selama perkuliahan.

Ini bukan masalah mengenai pilihan hidup yang akan Anda pilih. Apakah akan menjadi karyawan ataupun usahawan. Tetapi lebih kepada bagaimana Anda mulai menempa mental dan sikap Anda untuk menjadi seorang yang mandiri dalam kehidupan ini.

Dalam hal ini, berarti Anda sudah harus mulai berpikir dan bersikap lebih dewasa. Bertanggung jawab pada diri Anda sendiri serta orang-orang terdekat Anda yang mendukung Anda seperti orang tua dan saudara-saudara Anda.

Yakinlah bahwa pola pikir dan cara pandang yang tepat akan membuat Anda lebih mudah menjalani perkuliahan. Lebih dari pada itu adalah bagaimana Anda akan dapat menyiapkan diri untuk memasuki dunia yang baru setelah lulus nanti.

Baca juga: 11 Cara Menghadapi Hari Pertama Kuliah

2. Tumbuhkan Motivasi

Tips belajar untuk mahasiswa baru selanjutnya dan tidak kalah pentingnya adalah bagaimana menumbuhkan motivasi belajar. Mengapa hal ini penting? Karena beberapa mahasiswa mengalami kesulitan beradaptasi dengan dunia perkuliahan karena kehilangan atau sulit menemukan motivasi dalam dirinya.

Kehilangan motivasi akan berakibat Anda tidak mendapatkan gairah terhadap kesuksesan studi Anda. Sangat disayangkan apabila Anda gagal dalam kuliah karena kehilangan motivasi. Sementara di luar sana begitu banyak teman-teman Anda yang sangat ingin kuliah namun terkendala berbagai masalah.

Motivasi lebih baik berasal dari diri sendiri. Untuk itu Anda harus menemukan jawaban atas pertanyaan berikut : “Apakah yang membuat Anda ingin kuliah di jurusan tersebut?”. Percayalah bahwa apabila Anda tidak dapat menemukannya, maka kuliah Anda akan menjadi sia-sia.

Orang lain dapat membantu Anda sebagai inspirasi yang membantu Anda dalam menemukan inspirasi. Namun Anda harus memiliki keyakinan akan suatu hal yang dapat membuat Anda teguh berpegang padanya. Landasan yang kokoh dalam menempuh perkuliahan tidak mudah, terlebih dunia setelahnya.

Sebagai contoh motivasi yang dapat membantu Anda adalah sebagai berikut :

  • Secepatnya lulus dengan baik untuk membantu perekonomian keluarga setelah lulus nanti
  • Ingin mendapatkan IPK yang memuaskan karena ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya melalui beasiswa karena orang tua tidak memiliki biaya untuk kelanjutan studi Anda
  • Mau menjadi seorang yang professional sesuai bidang studi
  • Ingin benar-benar memahami dan menguasai ilmu pengetahuan yang didapat sesuai bidang studi yang ditempuh, dan tidak sekadar hanya untuk mendapatkan gelar setelah lulus nanti.

3. Lebih Berinisiatif

Apabila saat di bangku sekolah Anda lebih banyak mendapatkan materi pelajaran dari guru di ruang kelas, maka hal yang berbeda akan Anda temui di bangku kuliah.

Dosen sebagai pengajar akan lebih besar berperan sebagai pembuka wawasan Anda akan pengetahuan. Materi yang disampaikan cenderung tidak akan sangat detil dan memastikan Anda paham secara mendalam.

Untuk itu, Anda harus memiliki inisiatif tinggi untuk mempelajari setiap materi kuliah. Galilah lebih dalam, kembangkan lebih luas. Dapatkan lebih banyak referensi, temui banyak nara sumber.

Anda sudah harus mulai belajar untuk menyukai diskusi dengan teman-teman Anda, senior maupun dosen. Juga pihak lain yang kompeten dengan topik yang Anda bahas.

4. Lebih Aktif di Ruang Kuliah

Belajar di ruang kuliah

Jadilah mahasiswa yang aktif di ruang kuliah. Melalui rajin bertanya atau menjawab pertanyaan dosen Anda. Dengan bertanya berarti Anda memahami suatu materi. Mengapa demikian? Karena materi tentu tidak akan dapat disampaikan keseluruhan dalam satu waktu pertemuan.

Dengan bertanya berarti Anda sudah membaca materi tersebut sebelumnya. Hal ini berarti Anda sudah menyiapkan diri Anda fokus pada kuliah, karena pasti Anda sudah menyempatkan diri untuk belajar materi tersebut minimal sehari sebelum waktu kuliah.

Dengan bertanya, berarti Anda akan langsung mendapatkan jawaban yang Anda butuhkan. Hal ini akan membantu mengurangi waktu pencarian jawaban Anda atas suatu hal yang tidak dimengerti.

Demikian pula dengan menjawab pertanyaan dosen. Hal ini berarti Anda sedang menguji daya analisis dan pola pikir Anda kepada dosen. Jangan takut salah atau benar dalam menjawab, karena yang terpenting adalah Anda berani mengemukakan pendapat Anda yang akan sangat berguna dalam dunia kerja atau usaha nantinya.

Baca juga: 8 Cara Bertanya Yang Baik Kepada Dosen

5. Lebih Banyak Membaca

Untuk menggali materi lebih dalam dan mengembangkan pengetahuan Anda, tidak ada cara lain selain banyak membaca referensi. Anda dapat menemukan berbagai referensi dari banyak sumber dengan mudah saat ini.

Tulis kembali berbagai hal penting dari bahan bacaan Anda ke dalam materi yang Anda sedang pelajari dalam buku catatan Anda. Jadikan catatan Anda menjadi lebih lengkap dibandingkan buku teks yang cenderung memiliki sumber referensi yang terbatas.

Dapat dikatakan, aneh apabila seorang mahasiswa tidak suka membaca. Jadikan membaca menjadi hobi Anda, tentu saja dengan bahan bacaan yang bermanfaat dan berhubungan dengan studi Anda.

6. Disiplin Mengerjakan Tugas

Ini adalah tips belajar untuk mahasiswa baru yang cukup penting. Anda akan menemui banyaknya tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa, bahkan sedari awal masa kuliah Anda.

Sekali lagi, Anda tidak akan dapat bergantung kepada dosen dalam penyelesaian suatu tugas. Anda harus memiliki disiplin tinggi dalam mengerjakan tugas. Ini adalah penilaian IP Anda setiap semesternya.

Tugas menempati porsi penilaian cukup besar. Tugas memiliki berbagai macam bentuk seperti pengerjaan soal-soal, membuat makalah atau artikel, membuat sebuah karya benda (bagi beberapa jurusan tertentu seperti teknik arsitektur atau seni rupa) dan lain sebagainya.

Apabila Anda sudah disiplin dalam mengerjakan tugas di awal-awal masa kuliah Anda, maka Anda akan mudah dalam mengerjakan tugas-tugas pada tiap semester berikutnya yang cenderung akan semakin banyak dan berat.

Baca juga: 9 Cara Belajar Mandiri Yang Efektif Bagi Mahasiswa Baru

Penutup

Ke depannya Anda akan perlu mengembangkan cara belajar seiring berjalannya proses kuliah Anda pada semester-semester berikutnya. Namun kesiapan di awal kuliah melalui tips belajar untuk mahasiswa baru akan sangat membantu Anda melewati seluruh proses perkuliahan dengan lebih baik lagi.