9 Tips Begadang Sehat Untuk Mahasiswa

Belajar sambil begadang

Begadang adalah kegiatan yang sulit dihindari oleh mahasiswa. Tugas-tugas yang menumpuk dengan jadwal yang ketat, selain juga disebabkan oleh kegiatan Anda di luar kuliah seperti organisasi ataupun kegiatan mahasiswa lainnya.

Tapi ingat, jangan sembarang begadang. Ada cara untuk melakukan begadang yang dapat mengurangi dampak negatifnya pada kesehatan tubuh Anda. Simak tips begadang sehat yang dapat Anda lakukan berikut ini.

1. Tidur Cukup Sebelum dan Setelah Begadang

Begadang otomatis akan mengurangi waktu tidur Anda. Sementara tidur yang cukup adalah mutlak bagi kesehatan manusia. Waktu tidur yang cukup rata-rata menurut kesehatan adalah sekitar 5-8 jam setiap malamnya.

Di saat tidur, kerja organ tubuh Anda akan melambat dan lebih teratur di malam hari. Mekanisme tubuh akan berjalan dengan lebih baik dibandingkan saat Anda beraktivitas di siang hari.

Anda harus memastikan bahwa sebelum begadang, Anda sudah cukup tidur. Ada pendapat yang mengatakan kalau waktu tidur itu tidak dapat digantikan dengan tidur yang lebih banyak setelah atau sebelum begadang. Pendapat ini tidak salah, karena memang sebenarnya waktu tidur di malam hari adalah yang terbaik dan tidak dapat digantikan.

Tetapi untuk mengurangi dampak yang lebih buruk, ada baiknya Anda tetap memperpanjang waktu tidur pada hari sebelum begadang dan setelah begadang. Tidur cukup sebelum dan setelah adalah tips begadang sehat utama yang harus Anda perhatikan.

2. Cukup Makan

Jangan begadang dengan perut kosong. Anda tidak hanya merasa lapar di saat begadang, tapi juga akan timbul efek-efek psikologis negatif yang akan mengganggu kegiatan Anda saat begadang.

Menjadi sensitif, emosi tidak stabil dan kurang konsentrasi adalah dampak yang ditimbulkan akibat lapar saat bekerja menurut suatu penelitian. Apalagi bila bekerja dilakukan di malam hari di suhu yang relatif lebih rendah atau dingin.

Potensi dampak negatif lain jika perut kosong adalah Anda akan mudah terserang flu karena menurunnya daya tahan tubuh. Ini terjadi karena kurangnya energi tubuh Anda yang diperoleh dari makanan.

Pastikan Anda telah makan malam dengan porsi cukup. Jangan terlalu banyak juga karena dapat mengakibatkan Anda mengantuk selama beraktivitas. Yang paling baik adalah mengudap cemilan selama begadang. Selain menjaga asupan energi, cemilan juga dapat membantu membuat Anda tetap terjaga selama begadang.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Kantuk Saat di Ruang Kuliah

3. Banyak Minum Air Putih

Asupan air putih tetap harus Anda jaga selama begadang. Sesuai anjuran kesehatan, rata-rata kebutuhan air putih manusia dewasa adalah minimal 8 gelas per harinya. Ketentuan ini berlaku tidak hanya saat beraktivitas di siang hari, tapi juga kegiatan di malam hari.

Penelitian membuktikan bahwa penguapan cairan tubuh melalui pernafasan ataupun keringat tetap akan terjadi di malam hari. Malahan pendingin ruangan juga menjadi faktor penyebab kulit menjadi kering akibat kelembaban yang berkurang akibat cairan tubuh yang menguap dengan cepat.

Untuk itu, Anda harus memastikan begadang dengan ditemani botol air minum yang besar agar memudahkan. Jangan tunggu saat haus baru meminumnya.

Jaga waktu rutin mengkonsumsi air putih, jangan hiraukan efek sering buang air kecil saat begadang. Malahan ini adalah hal bagus untuk mekanisme pembuangan racun dan kotoran tubuh Anda.

Air minum yang cukup juga akan membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam darah di tubuh Anda. Termasuk adalah aliran oksigen ke otak yang dapat membantu membuat tubuh Anda lebih segar yang membantu konsentrasi saat Anda beraktivitas di malam hari.

4. Pencahayaan yang Baik

Kurangnya Pencahayaan Saat Begadang

Belajar di malam hari menuntut pencahayaan yang lebih baik dibandingkan siang hari. Efek pencahayaan yang kurang adalah mata mudah lelah karena harus lebih fokus yang membuat otot-otot mata menjadi lebih cepat tegang.

Tanpa disadari, faktor pencahayaan ini dapat membuat kegiatan begadang Anda menjadi tidak efektif. Anda akan sering menghentikan kegiatan Anda karena harus rutin beristirahat memejamkan dan melemaskan otot-otot mata Anda.

Jaga sinar lampu dengan cahaya yang terang, jangan yang redup. Pastikan cahaya lampu merata menerangi Anda terutama lampu dari arah atas atau belakang Anda agar objek yang Anda kerjakan atau pelajari dapat terlihat dengan jelas. Penggunaan lampu baca akan sangat baik mendukung kegiatan Anda saat malam hari.

5. Tetap Gerakkan Tubuh

Tetap gerakkan tubuh selama Anda begadang. Dampak menggerakkan tubuh adalah untuk menjaga peredaran darah Anda tetap lancar mengalir. Kelancaran peredaran darah akan sangat membantu menjaga kebugaran tubuh yang membantu Anda tetap dapat berkonsentrasi dan tidak mudah lelah.

Gerakan tubuh ringan dan mudah yang dapat Anda lakukan dari kursi adalah merentangkan kedua tangan kaki dan tangan Anda. Berdiri dari kursi dan memutar badan dari pinggang ke atas hingga leher ke kanan dan ke kiri. lakukan secara rutin untuk menjaga tubuh Anda tetap fit selama begadang.

6. Jangan Sering Begadang Berturut-Turut

Tips begadang sehat yang juga penting adalah menjaga intensitas begadang Anda. Dalam hal ini perencanaan yang baik adalah kuncinya.

Buat perencanaan kegiatan mingguan, bahkan akan lebih baik secara bulanan. Anda akan dapat mengetahui waktu-waktu mana saja yang terasa akan padat dan membuat Anda harus begadang. Dengan demikian, Anda juga dapat merencanakan waktu istirahat yang cukup dan jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam perencanaan Anda.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Malas di Pagi Hari

7. Jaga Asupan Vitamin

Vitamin adalah nutrisi tubuh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, antara lain untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu memperlancar metabolisme tubuh. Kerja tubuh yang ekstra berdampak pada kebutuhan nutrisi yang ekstra pula.

Alangkah baiknya Anda menambah asupan vitamin terutama Vitamin C yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi Vitamin C dosis tinggi yang banyak dijual bebas di apotek atau warung serba ada.

8. Hindari Menggunakan Obat-Obatan

Menurut penelitian, di Amerika Serikat banyak mahasiswa yang menggunakan obat-obat perangsang, membantu mereka untuk kuat begadang dan membantu konsentrasi selama belajar. Namun hasil penelitian itu membuktikan bahwa banyak efek negatif akibat pemakaian obat-obatan itu.

Dampak penggunaan obat-obatan secara rutin adalah timbulnya kecemasan berlebihan, gangguan jantung, masalah pencernaan hingga daya tahan tubuh yang menurun. Oleh karena itu, hindari penggunaan obat-obatan. Cukup konsumsi asupan alami yang membantu konsentrasi dan kebugaran tubuh seperti air jahe panas, kopi atau teh secukupnya, dan juga makanan kecil lainnya.

9. Jangan Minum Kopi Terlalu Banyak

Begadang identik dengan kopi. Memang kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya dapat membantu Anda lebih terjaga di malam hari. Selain itu minuman panas akan terasa sangat menyegarkan diminum di malam hari yang dingin.

Tapi minum kopi terlalu banyak dapat berakibat negatif bagi tubuh Anda. Kafein dalam kopi akan menyebabkan denyut jantung Anda berdetak lebih cepat dari kondisi normal. Jantung akan bekerja memompa darah lebih berat dari sebelumnya yang dapat berakibat buruk pada kesehatan jantung dalam jangka panjang.

Asupan kopi yang dianjurkan adalah maksimal 3 cangkir kopi dalam sehari. Tapi jangan konsumsi 3 gelas tersebut sekaligus saat begadang.

Anda tetap dapat minum secangkir di pagi hari dan 2 cangkr saat begadang. Hal ini untuk menjaga kerja jantung Anda tidak bertambah berat di malam hari yang seharusnya digunakan organ tubuh untuk beristirahat.

Penutup

Begadanglah apabila harus dilakukan karena alasan yang jelas. Jangan begadang dijadikan kebiasaan setiap malam tanpa jelas juntrungannya sehingga akan berdampak negatif bagi tubuh Anda. Semoga 9 tips begadang sehat di atas dapat membantu Anda dalam menjalankan perkuliahan dengan baik dan tetap sehat. Selamat mencoba.