10 Cara Menghilangkan Kantuk Saat di Ruang Kuliah

Tertidur di ruang kelas

Mengantuk adalah keadaan dimana Anda merasa ingin sekali tidur. Ini merupakan hal yang wajar karena manusia juga butuh tidur untuk beristirahat.

Tetapi hal ini menyebalkan apabila terjadi di saat Anda sedang belajar di ruangan kuliah. Akibatnya Anda akan sulit untuk berkonsentrasi sehingga tingkat produktivitas Anda akan berkurang.

Apakah rasa kantuk yang tiba-tiba datang dapat ditangani? Jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan kantuk yang bisa Anda lakukan. Ini dapat dilakukan ketika Anda sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

1. Tidur Yang Teratur

Tidak bisa dipungkiri, salah satu penyebab rasa kantuk adalah kekurangan tidur. Cara menghilangkan kantuk yang pertama adalah berusaha untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya.

Sekitar kurang lebih 6 jam per hari namun tergantung usia juga untuk keperluan waktu tidurnya. Pada malam hari, usahakan tidur lebih cepat dari biasanya. Tidur dengan waktu yang cukup dapat mengurangi rasa lelah dan juga rasa stress dan cemas.

Atur kamar tidur senyaman mungkin, karena tempat tidur yang nyaman akan membuat tidur Anda lebih berkualitas. Atur juga posisi tubuh, karena posisi tidur yang salah akan menyebabkan badan menjadi sakit.

2. Olahraga Ringan

Jika merasa ngantuk, Anda bisa mencoba untuk berolahraga ringan. Ini berfungsi untuk meregangkan otot-otot dengan cara stretching ringan dan lompat pelan-pelan. Anda juga bisa untuk mencoba berjalan-jalan ke luar untuk menghirup udara segar.

Selain menghilangkan kantuk, olahraga dapat membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar. Olahraga ringan ini juga akan memicu kinerja jantung memompa lebih banyak darah kaya oksigen. Ini akan menuju ke pembuluh darah, otot dan otak.

Olahraga ini mampu untuk membuat terpacunya adrenalin sehingga dapat kembali waspada. Selain itu, juga lemak-lemak dalam tubuh yang menyebabkan berat badan berlebih juga akan terbakar.

3. Sarapan Pagi

Anda sebaiknya juga memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam perut Anda. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi kondisi pada siang hari.

Sarapan dengan makanan yang tepat akan membuat tubuh menghasilkan energi optimal untuk belajar. Ketika Anda melewatkan sarapan pada pagi hari, rasa lapar akan datang lebih cepat.

Hal ini mengakibatkan Anda tidak memiliki energi pada siang hari. Sehingga menyebabkan lebih mudah merasakan kantuk.

Untuk sarapan pagi, yang dibutuhkan tubuh bukan banyaknya porsi makanan. Tetapi energi yang bisa bertahan lama. Pilih makanan kombinasi antara karbohidrat dan protein.

Contoh cemilan yang dapat kamu coba adalah biskuit gandum dengan selai kacang, buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Juga yoghurt dengan kacang-kacangan, wortel kecil dengan cocolan keju rendah lemak, coklat hitam tanpa tambahan pemanis dan teh hijau.

Baca juga: 8 Cara Agar Semangat Kuliah Yang Wajib Anda Coba!

4. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih yang lebih banyak akan membantu mencegah agar Anda tidak dehidrasi. Ini terjadi karena rasa kantuk akan muncul apabila tubuh kekurangan cairan. Air putih ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk.

Air putih diikat oleh darah, lalu berfungsi untuk memberikan oksigen ke otak. Minum air putih sangat dianjurkan. Untuk Anda yang sedang beraktivitas sebaiknya jangan lupa untuk membawa air putih agar tidak merasakan dehidrasi.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah Anda mengalami dehidrasi atau tidak, adalah dengan memperhatikan warna urin yang dikeluarkan. Jika urin yang dikeluarkan berwarna kekuningan atau jernih berarti tidak mengalami dehidrasi.

5. Makan Cemilan Yang Menyehatkan

Cemilan Yang Menyehatkan

Konsumsi makanan ringan yang menyehatkan dan mengandung gula rendah. Juga konsumsi buah-buahan segar.

Makanan dengan kandungan gula tinggi akan menurunkan kualitas tidur. Juga membuat tubuh menjadi cepat merasa lelah walaupun mampu untuk menahan rasa kantuk.

Makan cemilan juga dapat berfungsi untuk menstabilkan gula darah. Memakan atau mengunyah makanan dapat berfungsi sebagai pengalihan aktivitas sehingga rasa kantuk dapat teralihkan.

Hal ini terjadi karena saat Anda mengunyah, otot-otot rahang Anda akan bergerak. Ini akan memicu konsentrasi otak agar tertuju pada pengunyahan tersebut.

Pilih makanan yang mengharuskan otot rahang Anda terus beraktivitas. Jika rasa kantuk datang pada saat malam hari usahakan untuk ngemil buah yang mudah dicerna sehingga metabolisme tubuh dapat tetap terjaga.

6. Mendengarkan Musik/Alqur’an

Cara menghilangkan kantuk yang selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik. Tentunya pilih musik yang Anda suka akan tetapi jangan yang membuat Anda tambah semakin mengantuk.

Alangkah lebih baiknya memilih lagu yang iramanya dapat membuat Anda semangat kembali dan juga dapat menenangkan segala pikiran Anda. Cara ini terbukti sangat efektif dilakukan saat Anda sedang belajar.

Musik yang sesuai dengan Anda juga dapat memberikan efek meningkatkan tingkat produktivitas Anda. Juga menambah semangat untuk belajar saat kuliah. Jika Anda sebagai muslim, dapat memilih mendengarkan Alquran.

Hal yang perlu Anda ingat adalah saat sedang mendengarkan musik untuk membuat Anda tidak mengantuk adalah dengan menggunakan earphone atau headset. Agar teman-teman di sekitar Anda tidak merasa terganggu karena suara musik/alquran yang Anda dengar.

7. Mengambil Napas Dalam-Dalam

Mengambil napas dengan dalam-dalam berfungsi meningkatkan kadar oksigen di dalam darah dan energi di dalam tubuh. Juga menurunkan tekanan darah, untuk memperlambat detak jantung, serta meningkatkan aliran darah.

Semua hal ini dapat meningkatkan energi kembali dan menambah mental. Juga meningkatkan produktivitas Anda.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan duduk atau berdiri dengan tegak dengan satu telapak tangan menempel pada perut. Dilanjutkan dengan tarik napas dengan sedalam-dalamnya lewat hidung.

Saat menarik napas, pastikan perut Anda mengembang dan terisi dengan udara lalu hembuskan perlahan lewat mulut. Lakukan cara ini selama beberapa kali.

8. Mencuci Muka

Cara yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yaitu mencuci muka. Mencuci muka dapat menghilangkan rasa kantuk tubuh.

Mencuci muka akan membuat tubuh kembali segar dan bugar. Serta dapat menetralisir suasana hati dan membangkitkan energi saat melawan ngantuk.

Saat sedang belajar, tentu tidak ada salahnya jika Anda merasa kantuk lalu segera pergi ke toilet untuk mencuci muka. Sebaiknya saat Anda mencuci muka, gunakanlah air yang dingin.

Temperatur air dingin dapat melancarkan sirkulasi darah. Juga meningkatkan fokus dan energi Anda.

Selain itu, mencuci muka juga dapat memberikan kesegaran yang baru untuk wajah Anda. Jika Anda muslim, ada baiknya Anda mencoba untuk berwudhu.

Ini bisa menyegarkan seluruh anggota tubuh dan memancarkan aura lebih positif lagi. Cara ini terbukti sangat ampuh dan sudah banyak yang melakukannya. Jadi, Anda juga bisa mencoba cara ini.

9. Mengobrol dengan Teman

Jika ada rasa kantuk saat belajar, maka cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan beranjak dari meja Anda. Pergi hampiri teman-teman Anda.

Ajak mereka ngobrol. Tidak ada salahnya untuk mengobrol di rungan kelas, selama belum ada dosen yang masuk dan memulai pelajaran.

Tidak ada salahnya jika Anda mengajak ngobrol sebentar teman Anda. Tentunya mengobrol dengan nada suara yang tidak besar.

Dan mengajak ngobrol teman yang memang sedang tidak sibuk serta jangan terlalu lama. Takutnya malah Anda dianggap sebagai pengganggu.

Dengan melakukan aktivitas mengobrol ini, akan membuat pikiran Anda kembali lebih segar. Apalagi kalau bahan obrolan tersebut sesuatu hal yang kita sukai.

Ini kadang dapat memberikan keutungan bagi kita. Selain menghilangkan kantuk, mengobrol ini juga dapat menambah rasa keakraban antar sesama teman belajar.

10. Tidur Sejenak

Apabila cara-cara diatas sudah Anda lakukan namun belum berhasil, Anda dapat mencoba cara yang terakhir ini. Yaitu dengan mengistirahatkan mata, otak dan tubuh Anda.

Caranya adalah tidur siang sejenak 10-20 menit saja sudah cukup. Namun jangan dilakukan disaat jam belajar, sebaiknya Anda lakukan disaat jam istirahat.

Tidur siang sejenak dapat bermanfaat untuk membuat tubuh rileks dengan cepat dan lebih dalam. Tentunya Anda jangan melakukan kegiatan tidur ini dengan telentang dan tengkurap.

Anda bisa melakukannya saat duduk. Perlu diingat jangan sampai Anda tertidur lebih dari 20 menit karena malah membuat Anda lesu dan mengantuk ketika bangun.

Penutup

Itulah 10 cara menghilangkan rasa kantuk yang dapat Anda lakukan. Anda dapat mencoba salah satu atau beberapa cara diatas untuk mengatasi rasa kantuk ketika sedang belajar dalam ruangan (ruang kuliah).

Semoga yang dijelaskan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda. Tujuannya agar mereka dapat mengatasi cara menghilangkan rasa kantuk sehingga dapat mengikuti kuliah dengan semangat.