11 Cara Mencari Referensi Jurnal Terpercaya dengan Mudah

MEncari Referensi Jurnal

Jurnal merupakan sumber referensi utama yang diperlukan dalam penulisan karya ilmiah. Untuk itu, banyak mahasiswa, dosen, maupun seorang peneliti yang ingin membuat karya tulis ilmiah membutuhkan referensi jurnal sebagai bahan bacaan.

Anda bisa memanfaatkan jurnal Indonesia maupun jurnal internasional sebagai bahan referensi. Yang perlu diperhatikan adalah isi jurnal tersebut relevan dengan penelitian yang akan dilakukan.

Kebanyakan orang awam akan kesulitan mencari referensi jurnal. Terlebih bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menjalani masa skripsi, sangat membutuhkan bacaan yang banyak sebagai referensi penelitiannya.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mencari referensi jurnal dengan mudah agar skripsi atau karya ilmiah yang Anda buat lancar. Berikut adalah macam-macam referensi jurnal yang bisa Anda kunjungi.

1. Google Scholar

Cara mencari jurnal internasional di google scholar sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci dan mesin pencari akan otomatis mencarikan sesuai kebutuhan.

Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia memiliki produk bernama google scholar. Produk ini sebagai penyedia referensi ilmiah dan literatur pendidikan.

Di google scholar sendiri terdapat tesis, paper, ebook, dan jurnal ilmiah lainnya. Google scholar dapat dengan mudah ditemukan di internet dengan nama scholar.google.com. Dengan memanfaatkan google scholar, maka penyusunan artikel ilmiah Anda menjadi lebih mudah karena referensinya yang banyak.

Di google scholar atau google cendikia telah tersedia berbagai macam referensi bacaan ilmiah baik Indonesia maupun internasional. Jadi, Anda bisa memilih jurnal yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Semuanya bisa di unduh secara gratis dengan begitu mudah.

Baca juga: 8 Cara Mencari Jurnal di Google Cendekia

2. Situs Perpusnas

Selain google scholar yang sangat terkenal sebagai situs referensi jurnal Indonesia dan internasional, pemerintah juga memiliki situsnya sendiri. Situs jurnalnya yaitu e-resource.perpusnas.go.id.

Situs Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) ini merupakan situs yang disewa oleh pemerintah Indonesia. Berisi referensi ilmiah berupa jurnal berbayar dan sudah digratiskan oleh pemerintah.

Jadi, masyarakat Indonesia lebih dimudahkan dengan adanya situs ini di indonesia. Jurnal-jurnal ini berasal dari penerbit Cambride University Press dan Ebrary. Anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai anggota terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda bisa dengan leluasa mencari dan mengunduh jurnal-jurnal yang dibutuhkan sebagai referensi bacaan dalam pembuatan artikel ilmiah atau semacamnya. Tentu dengan adanya perpustakan online ini, bisa memudahkan seseorang yang tidak bisa menuju perpustakaan offline.

3. Situs Academia.edu

Cara mencari referensi jurnal tidaklah sulit, dengan mengunjungi situs academia.edu saja sudah bisa memperoleh referensi tersebut. Situs ini sudah cukup terkenal di kalangan akademisi seperti mahasiswa, dosen, hingga peneliti sekalipun. Mungkin, Anda juga sudah pernah mencari di situs ini.

Di situs ini, Anda bisa mengikuti akun-akun yang memiliki bidang penelitian sama dengan Anda karena situs ini biasa dikenal dengan sebutan jejaring sosial dari para akademisi. Selain mendapatkan referensi jurnal dari akun-akun pemberi, di sini juga Anda bisa mengirimkan hasil jurnal yang telah selesai dibuat untuk berbagi ilmu.

Untuk dapat mengunduh setiap jurnal yang ada, Anda diharuskan untuk login terlebih dahulu dengan mendaftarkan diri. Atau bisa juga melakukan sinkronisasi dengan akun google atau facebook. Bagaimana, sangat mudah bukan?.

Baca juga: 8 Manfaat Menyusun Rancangan Penelitian yang Perlu Anda Ketahui!

4. Research Gate

Jika Anda mencari jurnal di mesin pencari google atau di internet secara umum, pasti akan ada pilihan jurnal yang berasal dari research gate. Tidak jauh berbeda dengan academia, research gate juga merupakan platform media sosial bagi para peneliti karena ada forum diskusi di dalamnya.

Situs ini memiliki tampilan website yang lebih ringan dari pada academia namun jurnal-jurnal di dalamnya ada banyak walau tidak terlalu terbuka aksesnya. Research gate menjadi situs jurnal internasional gratis dan beberapa publikasi jurnal membutuhkan izin dari pemiliknya jika ingin digunakan.

Namun, jika Anda memiliki akses lebih maka dapat mengunduh setiap jurnal yang sudah di publikasikan di research gate. Untuk itu, alangkah baiknya Anda bisa mencari jurnal di situs ini. Karena, banyak yang berkualitas dan bisa di unduh secara gratis.

5. Jurnal.lipi.go.id

LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memiliki situs yang menyediakan berbagai macam jurnal. Jurnal-jurnal yang ada di situs ini seperti jurnal kimia, biologi, teknik, fisika, dan sebagainya.

Jurnal ini dapat diunduh secara gratis. Ini adalah satu cara mencari jurnal untuk skripsi dengan mudah. Masih banyak masyarakat umum yang belum mengerti peranan LIPI sehingga sedikit dari mereka yang menggunakan layanan ini.

6. Doaj.org/directory

DOAJ directory

Jika Anda membutuhkan referensi jurnal ber-ISSN, maka doaj atau directory of open access journals adalah jawabannya. Jumlah jurnal yang ada di doaj sudah ada lebih dari 20.000.

Jurnal-jurnal ini bisa diakses dengan mudah. Tidak hanya jurnal saja yang dapat diakses di doaj, melainkan artikel-artikel yang berkaitan dengan karya ilmiah juga bisa didapatkan di sini.

Doaj sendiri bisa diakses oleh siapa saja dengan mengunjungi doaj.org/directory. Doaj sendiri telah diluncurkan tahun 2003 ini. Anda tidak perlu repot lagi mencari referensi bacaan untuk menyelesaikan penelitian.

Jurnal yang disediakan oleh doaj ini sudah lolos melalui sistem control yang relatif ketat sehingga jurnal-jurnal yang disajikan tentu berkualitas dan tidak perlu diragukan lagi. Sangat cocok untuk Anda coba dalam mencari referensi jurnal.

Baca juga: 10 Cara Memilih Topik Penelitian Yang Baik

7. Id.portalgaruda.org

Cara mencari referensi jurnal melalui website bisa dengan mengunjungi website dari IPI. IPI adalah portal Garuda Publikasi Indonesia Index.

Website IPI menyediakan banyak jurnal ilmiah dan tentunya gratis untuk diakses. Jadi, jika Anda sudah mencari jurnal yang diincar di perpusnas atau LIPI tidak ada, Anda bisa mencarinya di IPI.

Tercatat sudah lebih dari 5.000 jurnal yang siap diakses di website ini dan sekali lagi dapat diunduh secara gratis. Awalnya, tujuan dibuatnya IPI ini berasal dari keinginan untuk melakukan indeks jurnal dan abstrak.

Kemudian peranan IPI sendiri yaitu melakukan pemantauan dan peningkatan standar publikasi jurnal ilmiah khususnya di Indonesia. Dengan ini, maka Anda bisa mempublikasikan jurnal yang telah selesai di IPI.

8. Pubmed Central

Jika Anda sedang mencari jurnal seputar biomedis, pubmed central merupakan portal penyedia jurnal yang cocok untuk dikunjungi. Ini sudah tersegmentasi seputar dunia medis.

Setiap jurnal yang ada di situs ini dapat digunakan secara gratis dengan mengunjungi ncbi.nlm.nih.gov/pmc/PubMed. Portal yang dikembangkan oleh U.S National Library of Medicine (NLM) ini spesifik digunakan seputar dunia medis dan pastinya berbahasa Inggris.

9. IOSR

Cara mencari jurnal internasional dengan ISSN di dunia pendidikan, maka Anda bisa menemukannya di IOSR. Organization of Scientific Research di alamat iosjournals.org.

Situs ini gratis walau IOSR sendiri dikelola oleh organisasi swasta secara independen. Dengan adanya IOSR ini, maka Anda akan dengan mudah menemukan jurnal internasional ber-ISSN yang berkaitan dengan penelitian.

10. Academic.microsoft.com

Cara mencari referensi jurnal juga bisa dilakukan di Microsoft academic yang menjadi sarana bagi orang-orang aktif di bidang penelitian. Situs ini menjadi situs jurnal gratis dengan banyak referensi penelitian dalam format publikasi di dalamnya.

Terdapat fitur filter di dalamnya untuk mencari jurnal agar lebih mudah dan spesifik. Tidak perlu melakukan scrolling dan mencari secara manual jurnal yang dibutuhkan.

Sistem pencarian di situs ini juga bisa menggunakan kriteria tahun terbit, nama pengarang, sumber jurnal. Juga subjek pada program studi.

Adapun para penggunanya akan dimanjakan dengan layanan lebih melalui informasi yang berupa jadwal call for paper dari sejumlah konferensi atau seminar-seminar terkenal. Tentu hal ini akan memudahkan referensi dan relasi dalam pembuatan penelitian.

11. Jurnal-Jurnal Perpustakaan Kampus

Di Indonesia sendiri, setiap perpustakaan yang ada di kampus memiliki repositorinya sendiri-sendiri. Misalnya UGM, ITB, Tel-U, dan hampir seluruh universitas saat ini memiliki perpustakaan yang bisa diakses secara online.

Di dalam perpustakaan online, tersebut tidak jarang yang sudah memberikan akses kepada mahasiswanya untuk mengunduh jurnal-jurnal terkait penelitan yang sedang dilakukan. Terlebih bagi mahasiswa yang sedang skripsi.

Bagi mahasiswa yang sedang menjalani skripsi, tentu sangat memerlukan referensi jurnal. Mahasiswa pasti mengunjungi perpustakaan kampus lebih dahulu.

Mintalah akun di kampus sebagai akun pribadi agar dapat mengunjungi dan mengunduh jurnal-jurnal yang ada di perpustakaan tersebut. Dengan jurnal-jurnal yang berasal dari kampus tentu akan lebih berkaitan dengan tugas skripsi yang sedang dibuat.

Baca juga: 13 Cara Mudah Mendapatkan Jurnal Kesehatan Internasional

Penutup

Demikianlah artikel ini dapat menjelaskan tentang cara mencari referensi jurnal baik jurnal Indonesia maupun jurnal internasional. Dari beberapa referensi di atas, tentu dapat disesuaikan dengan kebutuhan jurnal yang Anda cari.

Secara umum, semua jenis jurnal bisa dicari menggunakan situs-situs di atas. Namun, Anda perlu mengandalkan fitur pencarian demi memudahkan dalam menemukan jenis jurnal yang dibutuhkan.

Silahkan di share artikel ini, agar teman-teman dimudahkan dalam mencari jurnal sebagai bahan referensi karya ilmiah (skripsi, tesis dan disertasi). Semoga artikel ini bermanfaat!