10 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa

Motivasi belajar

Terkadang semangat belajar dapat naik turun seiring suasana hati dan kondisi lingkungan. Apalagi masa kuliah yang terhitung lebih panjang dibanding saat SMA dengan bobot materi yang lebih berat. Belum lagi permasalahan pribadi atau keluarga yang dapat turut mempengaruhi semangat belajar Anda.

Sebenarnya semua itu adalah hal yang wajar terjadi pada siapapun, namun Anda harus tetap berkomitmen untuk menjalani perkuliahan dengan baik dan lancar. Anda harus menjaga motivasi agar tetap tinggi. Kalaupun sedang menurun, tidak lama Anda akan dapat cepat menaikannya kembali.

Ketahui cara meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada artikel berikut.  

1. Tetapkan Niat Anda

Kembalikan segala sesuatu yang Anda lakukan pada niatnya, demikian pula dengan kuliah Anda. Niatkan perkuliahan ini dilakukan hanya demi mendapat ridho-Nya. Dengan demikian Anda akan merasakan bahwa menjalankan kuliah adalah bagian dari beribadah.

Anda bertanggungjawab tidak hanya kepada diri sendiri maupun orang tua Anda, tetapi juga langsung kepada Sang Pencipta. Dengan niat yang kuat maka akan menjadi pendorong motivasi Anda untuk terus giat belajar dan mencapai prestasi yang membanggakan.

2. Pahami Tujuan

“Apa tujuan Anda kuliah? Siapa yang menginginkan Anda menjadi sarjana?” Pertanyaan-pertanyaan itulah yang harus Anda temukan jawabannya sedari awal sebelum Anda kuliah.

Apabila Anda sudah menemukan jawabannya maka akan sangat mudah bagi Anda untuk menjaga dan meningkatkan motivasi. Karena pihak yang menjadi dasar kuliah adalah diri Anda dengan tujuan demi kebaikan diri sendiri.

Baca juga: 9 Cara Belajar Mandiri Yang Efektif Bagi Mahasiswa Baru

3. Variasi Metode Belajar

Salah satu cara meningkatkan motivasi belajar mahasiswa adalah dengan metode belajar yang bervariasi. Mungkin belajar dengan cara membaca akan terasa membosankan.

Carilah cara lain yang lebih menyenangkan bagi Anda sebagai variasinya. Pemanfaatan internet beserta media sosial di dalamnya dapat menjadi solusi yang menyenangkan.

Saat ini sudah banyak informasi yang terkait dengan bidang ilmu yang sedang dipelajari yang dapat Anda temui di channel Youtube misalnya. Atau mungkin Anda dapat menemukannya di channelchannel TV dalam dan luar negeri.

4. Manajemen Waktu

Anda harus memiliki pengaturan aktivitas yang baik setiap harinya meskipun Anda tidak memiliki aktivitas di luar kuliah sekalipun. Anda harus mengatur waktu belajar harian, istirahat, bermain, olah raga dan aktivitas lainnya.

Yang terpenting adalah Anda harus komitmen untuk konsisten menjalankan jadwal aktivitas tersebut. Konsistensi Anda akan memastikan bahwa Anda akan selalu memiliki waktu untuk belajar setiap harinya.

5. Bentuk Kelompok Belajar

Kelompok Belajar

Belajar bersama akan terasa menyenangkan. Terkadang Anda harus memiliki kelompok belajar bersama untuk menciptakan suasana berbeda yang dapat menjaga semangat belajar Anda. Usahakan agar Anda memiliki beberapa kelompok belajar yang anggotanya terdiri dari teman kuliah yang berbeda-beda.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk memberikan beragam suasana berbeda. Manfaat lainnya adalah agar Anda mendapatkan beragam informasi dan wawasan serta pengetahuan yang beragam dari teman-teman kelompok belajar Anda.

6. Berikan Penghargaan Pada Diri Sendiri

Sekadar membeli makan favorit, membeli aksesoris ataupun memanjakan diri di salon adalah salah satu cara meningkatkan semangat belajar. Ini adalah penghargaan sederhana pada diri sendiri.

Dengan memberikan penghargaan kepada diri sendiri diharapkan Anda akan semakin terpacu untuk terus meraih hasil-hasil memuaskan lainnya. Terus berikan penghargaaan pada diri Anda, saat target-target kecil tercapai.

7. Banyak Membaca Profil Mahasiswa yang Berprestasi

Profil mahasiswa berprestasi dapat berasal dari kampus Anda sendiri ataupun dari perguruan tinggi lain. Bisa berasal dari universitas di dalam ataupun di luar negeri.

Dengan membaca profil mahasiswa berprestasi, diharapkan Anda dapat terpacu untuk memiliki prestasi meskipun di bidang atau dari sisi yang lain. Apalagi kalau prestasi itu adalah prestasi internasional.

8. Banyak Membaca Mengenai Dunia Kerja dan Dunia Usaha

Banyak membaca mengenai dunia kerja dan dunia usaha akan membuka wawasan. Anda akan mendapatkan begitu banyak hal-hal yang menarik minat Anda.

Ini membuat Anda ingin segera lulus tepat waktu. Selain lulus dengan cepat juga tentunya ingin segera menerjuni salah satu dunia usaha tersebut.

Baca juga: 7 Tips Jitu Agar Kuliah Selesai Tepat Waktu

9. Ciptakan Suasana Belajar yang Kondusif

Suasana belajar yang mendukung merupakan salah satu cara meningkatkan motivasi belajar. Yang pertama mulailah dari meja belajar Anda. Susun dan tata meja Anda agar lebih nyaman dan menarik sesuai dengan keinginan Anda ketika belajar. Hal berikutnya adalah mengatur kamar Anda agar semakin nyaman untuk Anda tempati.

10. Selalu Sediakan Waktu Untuk Jeda atau Istirahat

Otak dan badan Anda bukanlah mesin. Bagaimanapun tingginya semangat belajar Anda, selalu sediakan waktu untuk beristirahat barang sejenak. Melalui istirahat maka Anda dapat lebih merilekskan tubuh dan pikiran Anda.

Anda dapat kembali berpikir dan belajar dengan lebih fresh setelah mengambil jeda. Istirahat tidak harus dengan cara tidur atau menghabiskan waktu di tempat tidur Anda saja. Berjalan-jalan sejenak atau sekedar makan makanan favorit Anda di luar rumah sudah cukup untuk menyegarkan diri Anda kembali.

Penutup

Hal yang harus Anda ingat dalam menjaga motivasi belajar adalah bahwa sebagian besar dorongan itu berasal dari diri Anda dan bukan dari orang lain di sekitar Anda. Artinya adalah apapun yang terjadi adalah murni menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Selalu miliki keyakinan pada diri sendiri, jangan gantungkan kesuksesan pada orang lain. Demikian pula dengan sebaliknya, jangan timpakan kegagalan Anda pada orang lain.  Selalu yakin pada diri Anda.