11 Cara Menghadapi Hari Pertama Kuliah

Hari Pertama Kuliah

Menjalani hari pertama kuliah dapat menjadi saat yang sangat mengesankan bagi banyak mahasiswa baru. Berbagai perasaan akan muncul bercampur aduk di dalam benak mereka. Termasuk perasaan sedikit gelisah.

Kondisi ini dapat dimaklumi. Memasuki lingkungan yang baru memang tidaklah mudah untuk sebagian orang. Mungkin saja Anda termasuk orang yang beruntung karena mudah menyesuaikan diri dengan teman dan lingkungan kampus Anda yang baru.

Tapi terkadang mudah beradaptasi saja tidak cukup. Apabila Anda ingin mendapatkan banyak hal yang bermanfaat di awal perkuliahan, Anda perlu mengetahui cara menghadapi hari pertama kuliah. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan:

1. Tetapkan Niat

Anda akan menemukan hal-hal baru yang mungkin saja akan berpengaruh mempengaruhi niat Anda yang tulus untuk menuntut ilmu. Mungkin saja sarana dan fasilitas kampus tidak seperti yang Anda harapkan.

Atau teman-teman kuliah yang terasa tidak seasyik dengan teman-teman sekolah Anda dahulu. Pola pengajaran yang tidak Anda rasakan cocok dengan cara belajar Anda.

Ingatlah bahwa tidak ada yang mudah untuk mencapai segala sesuatu, termasuk kuliah. Dengan niat yang teguh maka segala hal yang dirasakan tidak ideal tidak akan menjadi masalah besar bagi Anda. Meneguhkan tekad dan menguatkan niat merupakan hal pertama menghadapi hari pertama kuliah yang perlu Anda lakukan.

2. Datang Lebih Awal

Jangan anggap sepele soal waktu. Ini bukan hanya masalah datang tepat waktu untuk mengikuti kuliah perdana Anda, tetapi lebih dari itu. Berikut manfaat-manfaat datang lebih awal:

  • Anda tidak akan terburu-buru menuju ruang kelas. Kampus memiliki banyak ruang dengan identitas yang Anda belum familiar dengannya. Terkadang Anda harus mencari-cari terlebih dahulu sebelum akhirnya menemukannya.
  • Anda memiliki waktu mengamati kondisi kampus dan teman-teman baru Anda. Anda akan merasa lebih nyaman di tengah suasana yang masih asing.
  • Tidak terburu-buru membuat Anda lebih tenang dan siap menghadapi kuliah perdana.

Baca juga:

3. Berkenalan Dengan Teman Baru

Setiap orang memiliki karakter sendiri. Anda harus mengamati dengan baik tipikal pribadi teman-teman kuliah Anda. Anda harus mengenal semua teman angkatan Anda, tapi belum tentu semuanya dapat dan harus Anda jadikan teman yang dekat.

Kuliah perdana cukup memberikan waktu bagi Anda untuk menentukan siapa yang dapat dijadikan teman untuk berdiskusi dan menghabiskan waktu lebih banyak bersama mereka. Pilih mereka yang dapat berkontribusi dalam menciptakan suasana positif dan kondusif studi Anda.

Baca juga:

4. Kenali Kampus Anda

Salah satu persiapan kuliah pertama Anda adalah dengan mengenali lingkungan kampus. Banyak fasilitas penunjang kuliah di tempat kuliah Anda. Tempat-tempat yang perlu Anda ketahui adalah:

  • Lokasi dan nama ruang kuliah lainnya
  • Toilet
  • Mesjid/mushola (bagi yang muslim)
  • Perpustakaan
  • Ruang dosen
  • Bagian administrasi
  • ATM/bank di dalam kampus
  • Ruang unit kegiatan mahasiswa
  • Ruang organisasi mahasiswa
  • Tempat/lapangan olah raga
  • Koperasi mahasiswa
  • Kantin.

Mungkin terasa sepele, tetapi dengan mengenali lingkungan kampus Anda lebih awal maka Anda akan lebih cepat merasa nyaman menjalankan kuliah pada hari-hari berikutnya.

5. Cari Informasi Kegiatan Mahasiswa

Ada begitu banyak unit kegiatan mahasiswa yang perlu Anda ketahui agar dapat menjadi pertimbangan dalam memilih aktivitas di dalam kampus. Tempat yang sangat tepat untuk pengembangan diri Anda adalah kampus.

Sebaiknya Anda mengikuti minimal satu aktivitas di luar kuliah. Ada begitu banyak kegiatan yang dapat Anda pertimbangkan seperti olah raga, seni, kegiatan penelitian hingga organisasi mahasiswa. Kegiatan kampus selain sebagai sarana untuk pengembangan diri, juga dapat menjadi solusi agar Anda dapat lebih nyaman dan menikmati perkuliahan.

Anda akan memiliki aktivitas yang menyenangkan selain kuliah. Hal ini akan dapat menambah semangat Anda dalam menjalani kehidupan kampus secara keseluruhan.

Baca juga:

6. Dapatkan Informasi Peraturan Formal Akademis

Peraturan dan hal lain yang berkaitan dengan kegiatan akademis penting untuk Anda ketahui dalam menghadapi hari pertama kuliah. Dimulai dari:

  • Jadwal kuliah selama satu semester lengkap meliputi waktu dan ruang kuliah, jadwal Ujian Tengah dan Akhir Semester
  • Jadwal mengisi dan melaporkan KRS (Kartu Rencana Studi) tiap semester
  • Waktu pembayaran SPP tiap semester perkuliahan serta jadwal administrasi lainnya yang perlu Anda penuhi.

Masalah administrasi menjadi penting karena dapat mempengaruhi kegiatan perkuliahan. Keterlambatan administrasi dapat membuat Anda tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan.

7. Kenali Dosen Anda

Anda sudah mengikuti satu atau dua perkuliahan di hari pertama. Berarti Anda sudah mengetahui dosen yang mengampu mata kuliah tersebut. Hapalkan namanya dan akan sangat baik apabila Anda mengenalkan diri apabila ada kesempatan.

Selain itu jangan lupa Anda usahakan dapat bertemu dengan dosen wali Anda. Anda akan sangat berkepentingan dengan Dosen Wali Anda selama menjalani perkuliahan karena memerlukan informasi dan bantuannya dalam menjalani perkulahan.

Baca juga:

8. Pelajari Istilah-Istilah Perkuliahan

Dunia perkuliahan memiliki banyak istilah-istilah yang harus anda pahami. Berikut beberapa istilah yang perlu Anda ketahui KRS (Kartu Rencana Studi), SKS (Satuan Kredit Semester), IP (Indeks Prestasi) dan lain-lain.

Apa manfaatnya mengetahui istilah-istilah tersebut sejak awal? Anda akan terbantu memahami peraturan atau instruksi akan suatu hal terkait istilah-istilah tersebut. Anda akan lebih cepat mempersiapkan segala sesuatunya tanpa bingung terlalu lama mencari tahu artinya dan apa yang harus Anda lakukan.

Baca juga:

9. Ketahui Tempat dan Fasilitas Penunjang Kuliah di Luar Kampus

Kenali Lingkungan Kampus

Apa saja tempat dan fasilitas penunjang kuliah Anda? Cari informasi mengenai hal-hal berikut:

  • Tempat foto copy, penjilidan dan percetakan yang murah dan bagus hasilnya
  • Tempat makan selain kantin kampus
  • Rental computer/warnet
  • Toko penjual peralatan komputer dan alat tulis
  • ATM/bank
  • Mini market

Mengetahui tempat-tempat tersebut akan sangat membantu Anda apabila dibutuhkan sewaktu-waktu. Fasilitas di kampus terbatas oleh waktu sesuai aktivitas kampus dan tidak semuanya tersedia di dalam kampus. Untuk itu Anda perlu mengetahui lokasi fasilitas penunjang yang tidak jauh berada di luar kampus Anda untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan Anda.

10. Ikuti Media Sosial Kampus

Mengikuti media sosial menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan informasi mengenai kampus Anda. Selain informasi yang Anda butuhkan, media sosial kampus juga dapat memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai dunia kampus yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

11. Catat Hasil Kegiatan

Melakukan hal-hal di atas mungkin akan membuat Anda menghabiskan waktu seharian penuh di kampus dari pagi hingga petang. Cukup melelahkan tetapi ada satu hal lagi yang harus Anda lakukan setelah tiba di rumah atau kamar kos Anda. Apakah kegiatan itu?

Yaitu mencatat hal-hal penting sebagai hasil eksplorasi kampus Anda. Simpan catatan tersebut di meja belajar atau organizer Anda agar memudahkan membacanya apabila dibutuhkan. Hal lini terkesan sepele tapi Anda akan membutuhkannya sewaktu-waktu.

Penutup

Hari pertama terkesan begitu padat? Tidak apa-apa. Prinsip menghadapi hari pertama kuliah adalah memaksimalkan waktu Anda secara efektif.

Dengan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi maka Anda akan mampu mempersiapkan perencanaan kegiatan di hari-hari berikutnya. Dengan perencanaan prima maka Anda akan lebih memudahkan menjalani kuliah dengan lancar.