6 Persiapan Kuliah Pertama Untuk Mahasiswa Baru

Kuliah Perdana

Persiapan yang harus dilakukan oleh siswa maupun siswi pada saat masuk jenjang kuliah untuk pertama kali sangat banyak. Ini disebabkan karena situasi maupun kondisi pada saat SMA berbeda dengan masa perkuliahan.

Penting bagi Anda mengetahui persiapan sebelum masuk kuliah, apalagi untuk kuliah perdana. Tentunya karena kondisi lingkungan sosial yang berbeda dengan sekolah bahkan kota atau tempat tinggal Anda. Juga agar mudah beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Berikut artikel tentang persiapan kuliah pertama untuk dijadikan referensi bagi Anda sebagai mahasiswa di perguruan tinggi negeri ataupun swasta.

1. Persiapan Pertama adalah Bangun Sikap Proaktif

Ketika Anda berada di lingkungan baru, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial. Lalu bagaimana agar Anda dapat menyesuaikan dengan lingkungan tersebut.

Salah satunya adalah bangun sikap diri yang proaktif. Dengan Anda memiliki sikap proaktif maka kehidupan sosial Anda lebih supel.

Misalnya ketika Anda tidak mengetahui sesuatu hal dalam lingkungan kampus. Dengan memiliki sikap proaktif, maka Anda akan berusaha untuk mencari tahu sendiri tanpa harus disuruh terlebih dahulu.

Anda akan bertanya kepada para pegawai kampus seperti dosen maupun tenaga akademik. Anda akan berusaha bertanya kepada para kakak tingkat (senior) jurusan Anda. Juga mencari berita-berita terkait informasi yang ingin Anda dapatkan melalui media sosial maupun website jurusan Anda.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda melakukan persiapan kuliah untuk pertama kalinya. Ini dengan memiliki pola pikir ataupun kepribadian yang proaktif.

Suatu saat, Anda akan merasa terbantu dengan pola pikir ini. Pola ini membantu Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial baru.

Baca juga: 9 Cara Menghadapi Senior yang Menyebalkan

2. Cari Tahu Aturan-Aturan dalam Jurusan dan Kampus

Ketika Anda menjadi seorang mahasiswa baru, maka Anda masuk dalam situasi berbeda. Artinya tiap aturan yang dulu Anda anut di sekolah yang lama akan berbeda pada saat Anda berada di jenjang perkuliahan.

Oleh sebab itu, Anda harus aktif mencari informasi terkait aturan-aturan di jurusan, fakultas, maupun universitas. Tujuannya agar Anda dapat mempelajari atau mengetahuinya terlebih dahulu sebelum memasuki kegiatan perkuliahan.

Anda mempelajari aturan-aturan tersebut untuk mengantisipasi masalah yang akan ada nantinya. Sehingga terhindari dari sanksi jika melanggar aturan-aturan tersebut.

3. Pahami Akses Jalan Menuju Kampus

Ketika memasuki jenjang perkuliahan untuk pertama kalinya, bisa jadi Anda berpisah dengan orang tua dan menetap di sebuah kota. Dengan kata lain, Anda hidup merantau dan memiliki tempat tinggal di kost.

Apabila ini terjadi, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui akses-akses jalan utama maupun alternatif menuju kampus Anda. Dengan mengetahui akses jalan, maka Anda dapat menentukan salah satu rute terbaik yang bisa menghemat tenaga dan melakukan efisiensi waktu.

Usahakan bagi Anda yang bertempat tinggal di kost untuk mencari kost disekitaran kampus Anda berada. Gunannya agar jarak antara kampus dan tempat tinggal Anda relatif dekat. Ini mendukung mobilitas Anda ke kampus pun karena jarak yang relatif dekat.

Baca juga: 10 Tips Memilih Rumah Kost yang Nyaman Untuk Mahasiswa

4. Buat Target UKM yang Akan Diikuti

Kegiatan di luar kampus

Masa perkuliahaan merupakan masa dimana Anda akan berkembang secara hard skill maupun soft skill. Salah satu media untuk mengembangkan soft skill Anda adalah mengikuti organisasi. Baik itu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau juga LSO (Lembaga Semi Otonom).

Akan tetapi, satu hal yang harus Anda perhatikan yaitu pemilihan LSO maupun UKM yang Anda akan ikuti. Sesuaikan dengan bakat dan minat (passion) Anda.

Banyak sekali mahasiswa baru yang mengikuti sebanyak-banyaknya kegiatan UKM atau LSO ini. Akan tetapi, saat ikut terlibat dalam organisasi tersebut, justru Anda merasakan ketidaknyamanan.

Salah satu penyebabnya karena Anda tidak cakap dalam bidang tersebut. Juga baru menyadari bahwa Anda tidak tertarik dengan bidang yang diurusi oleh UKM ataupun LSO tersebut.

Penting bagi Anda untuk menetapkan UKM atau LSO mana yang akan diikuti. Caranya adalah pelajari dan pahami setiap LSO maupun UKM di fakultas maupun universitas tempat Anda menempuh pendidikan.

Lalu tanyakan ke diri Anda, apakah sesuai dengan minat dan bakat ataupun passion Anda. Jangan ikut-ikutan dengan teman-teman. Anda harus memilih organisasi kampus UKM atau LSO yang sesuai dengan passion Anda, bukan karena gengsi.

Baca juga: 10 Contoh Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa

5. Persiapkan Alat-Alat demi Kelancaran Perkuliahan

Kegiatan perkuliahaan saat ini sudah mengalami perubahan. Tidak seperti di masa SMA maupun SMK, yang menggunakan buku tulis sebagai media pembelajaran.

Pada saat masuk perkuliahan, Anda akan dipaksa mengikuti era digital saat ini. Yaitu dengan menggunakan perangkat elektronik dalam proses pembelajaran.

Tujuannya tentu untuk masa depan Anda nantinya. Yaitu saat Anda melamar pekerjaan dan diterima bekerja di sebuah instansi atau perusahaan.

Anda tidak akan merasa terkejut dengan sistem yang berlaku di tempat kerja, yang menggunakan perangkat digital dalam menjalankan sistem perusahaan. Oleh sebab itu, dalam masa perkuliahan, Anda dipaksa menyelesaikan tugas-tugas maupun membaca materi melalui perangkat digital seperti laptop maupun ponsel pintar Anda.

Maka salah satu persiapan kuliah pertama adalah mempersiapkan semua perlengkapan ini. Laptop dengan spesifikasi yang dapat mendukung Anda menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen. Juga, ponsel pintar Anda yang bisa mendukung akses pembelajaran Anda.

Tidak lupa juga dengan akses internet yang harus Anda miliki. Peran internet sangatlah vital untuk mendukung sekaligus memperlancar kegiatan perkuliahan Anda selama kurang lebih 4 tahun ke depan nantinya.

6. Buatlah Manajemen Waktu

Apabila Anda telah memasuki jenjang kuliah, maka Anda yang akan mengatur jadwal belajar. Berbeda dengan jenjang SD hingga SMA, dimana semua jadwal pembelajaran di atur oleh pihak sekolah.

Ini sebenarnya menjadi sebuah keuntungan. Tetapi juga bisa menjadi boomerang bagi Anda jika tidak pandai mengatur waktu.

Apabila Anda bisa melakukan manajemen waktu perkuliahan, maka justru Anda akan mendapatkan banyak waktu kosong yang bisa Anda manfaatkan. Waktu ini bisa diisi kegiatan-kegiatan positif misalnya mengikuti kegiatan UKM.

Apa akibatnya jika Anda tidak melakukan manajemen waktu dengan baik? Anda akan merasa waktu 24 jam selama Anda kuliah dirasa kurang. Anda merasa bahwa tidak ada istirahat bagi fisik dan mental selama kuliah.

Tentu berakibat pada nilai kuliah Anda. Juga lamanya waktu Anda menyelesaikan studi. Oleh sebab itu, persiapan kuliah pertama adalah membuat manajemen waktu. Lakukan manajemen waktu yang Anda buat dengan efektif agar waktu menjadi lebih efisien.

Baca juga: Contoh Tabel Manajemen Waktu Mahasiswa

Penutup

Dengan melakukan persiapan kuliah pertama saat masuk ke perguruan tinggi negeri maupun swasta, ini membuat Anda dapat lebih mudah menyesuaikan diri. Beradaptasi dengan lingkungan sosial kampus yang berbeda dengan lingkungan sekolah sebelumnya.

Silahkan bagikan postingan ini, agar teman Anda sebagai calon mahasiswa baru yang akan kuliah pertama nantinya, dapat melakukan persiapan untuk menghadapi hari pertama kuliah. Selamat, karena Anda sudah masuk dalam lingkungan kampus. Sukses selalu.