23 Pesan dan Kesan Inspiratif di Buku Kenangan Wisuda

rasa haru saat wisuda

Masa-masa kuliah ini menjadi masa yang sangat mengesankan. Oleh karena itu, banyak yang terjadi dalam kehidupan mahasiswa. Ini semua dapat berasal dari dalam maupun dari luar kampus.

Dunia kampus adalah dunia yang dinamis yang menjadi gerbang pengantar mahasiswa menjadi dewasa. Mereka harus siap untuk menempuh tanggung jawab besar dalam hidupnya.

Dunia kampus bukan melulu hanya urusan kegiatan belajar di dalam ruang kuliah saja. Banyak suka duka kehidupan semasa mahasiswa yang sungguh sayang untuk dilupakan.

Berikut 23 kesan dan pesan buku kenangan wisuda yang unik dan inspiratif. Semoga ini dapat menjadi sumber ide bagi Anda.

1. Menjalani perkuliahan seperti menaiki anak tangga

Menjalani perkuliahan itu seperti menaiki anak tangga. Terkadang dapat membuat terpeleset kembali ke anak tangga pertama apabila terlena dengan keadaan sekeliling yang mampu membuyarkan konsentrasi.

Tetap fokus, lalui tahapan anak tangga satu per satu. Dan melompatlah saat Anda yakin akan segera sampai di anak tangga terakhir.

2. Sukses wisuda itu gabungan perjuangan selama 4 tahun terakhir

Sukses hingga wisuda adalah gabungan perjuangan yang dijalankan selama 4 tahun terakhir. Melalui perjuangan untuk menghadapi hambatan dari yang kecil hingga sangat besar. Dan sekaranglah saatnya menuai hasil dari jerih payah itu.

3. Kalau merasa takut dengan kegagalan, lebih baik Anda tidak kuliah

Kalau merasa takut dengan kegagalan, tidak suka dengan kerja keras dan enggan bersaing secara sehat, lebih baik Anda tidak kuliah. Karena kampuslah tempat Anda akan ditempa dengan 3 hal di atas yang segera akan dihadapi di dalam dunia nyata.

Kesemuanya itu akan dilatih secara konsisten, hari demi hari baik di dalam maupun di lingkungan perkuliahan. Ini akan sangat Anda butuhkan sebagai bekal menghadapi kerasnya dunia di luar sana.

4. Sekarang saatnya melangkah ke dunia nyata

Lulus kuliah memang membanggakan dan sangat melegakan. Tapi ingat, sekarang saatnya melangkah ke dunia nyata. Bagaimanapun suksesnya dalam menjalani perkuliahan, pola pikir kita harus segera diubah untuk siap berkarya di dunia kerja yang akan sangat berbeda.

Baca juga: 10 Kado Wisuda Yang Bermanfaat

5. Tidak ada keberhasilan yang mudah, tapi juga tidak ada kerja keras yang sia-sia

Sukses Wisuda

Tidak ada keberhasilan yang mudah, tapi juga tidak ada kerja keras yang sia-sia. Hasil selalu mengikuti usaha, bukti selalu menepati janji pada keyakinan diri. Ayo kita buktikan sekali lagi di dunia nyata setelah ini.

6. Kuliah itu adalah bagaimana Anda membangun energi positif dan mewujudkannya secara konsisten

Kuliah bukanlah masalah mengenai beratnya mata kuliah, ketatnya absensi atau susahnya menjalani sidang skripsi. Kuliah adalah bagaimana Anda mengenali diri sendiri, mengendalikan ego, membangun energi positif dan mewujudkannya secara konsisten tahap demi tahap dengan sabar hingga akhir.

7. Sukses adalah sebuah perjalanan, dan kuliah adalah sebuah tahapan dalam perjalanan itu

Sukses adalah sebuah perjalanan dan kuliah adalah sebuah tahapan dalam perjalanan itu. Jangan berhenti, terus berjalan. Saat ini adalah sebuah awal dari kehidupan baru Anda selanjutnya.

Terus camkan pikiran itu setiap hari di dalam benak. Dan lihatlah bagaimana Anda akan termotivasi untuk menjalani setiap harinya dengan sangat berbeda.

8. Waktu akan selalu berpihak, tapi ego terbesar dalam diri kita yang menjadi penghalangnya

Jangan pernah katakan waktu Anda kurang sebagai kendala. Saya memiliki waktu yang persis sama dengan teman-teman kuliah saya dulu.

Yang membedakan sukses atau tidaknya hanyalah bagaimana kita dapat membagi waktu dengan benar dan memanfaatkannya dengan maksimal hingga dapat membuahkan hasil terbaik. Waktu akan selalu berpihak, tapi ego dalam diri kita yang terbesar menjadi penghalangnya.

9. Jangan merasa terlalu muda untuk bekerja keras dan jangan pernah merasa terlalu tua untuk bersenang-senang.

Jangan merasa terlalu muda untuk bekerja keras dan jangan pernah merasa terlalu tua untuk bersenang-senang. Saya melakukan keduanya selama menjalani perkuliahan tanpa memisahkan kedua hal tersebut.

Saya menggabungkan keduanya. Menikmati kerja keras dan belajar, saya lakukan dengan hati yang senang.

10. Tidak ada tangga berjalan untuk mencapai sukses dalam perkuliahan, yang ada hanyalah anak-anak tangga yang harus Anda pijak satu per satu secara bertahap

Tidak ada tangga berjalan untuk mencapai sukses dalam perkuliahan, yang ada hanyalah anak-anak tangga yang harus Anda pijak satu per satu secara bertahap. Kadang kaki Anda terpeleset dan membentur pinggiran anak tanga dengan keras.

Memang sakit tapi jangan berhenti. Yang Anda harus lakukan hanyalah beristirahat sejenak dan kembali meneruskan langkah Anda ke atas.

11. Jangan anggap diri terlalu kecil untuk menggapai kesuksesan, karena tidak ada yang tahu seberapa besar sebenarnya kekuatan yang Anda miliki

Jangan anggap sudah tahu segalanya selama kuliah, ini akan membuat Anda merasa cukup dengan hanya membaca buku tanpa mengenal dunia luar yang lebih luas.

Tapi juga jangan anggap diri terlalu kecil untuk menggapai kesuksesan, karena tidak ada yang tahu seberapa besar sebenarnya kekuatan yang Anda miliki di dalam diri Anda.

12. Selamat tinggal dunia kampus, selamat datang dunia kerja

senang saat wisuda

Selamat tinggal dunia kampus, selamat datang dunia kerja. Ada beberapa kebiasaan selama kuliah yang harus ditinggalkan untuk menghadapi dunia nyata yang lebih besar di depan.

Tapi ada juga beberapa yang tetap harus dibawa serta. Yaitu kerja keras, tidak mudah menyerah, determinasi tinggi dan keyakinan untuk berhasil.

13. Yang perlu Anda lakukan hanyalah tetap fokus pada tujuan Anda kuliah, dan percayalah, Anda akan menikmati hasil kerja keras Anda hingga puncaknya saat mengenakan toga nanti

Kuliah itu sebenarnya menyenangkan, tapi bagi beberapa orang akan merasakan hal yang sebaliknya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah tetap fokus pada tujuan Anda kuliah.

Dan percayalah, Anda akan menikmati setiap menit belajar dan kerja keras Anda. Hingga puncaknya saat mengenakan toga nanti.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Waktu Luang Bagi Mahasiswa

14. Saya ingin menunjukkan bahwa ayah dan kakek mereka bukanlah orang yang mudah menyerah sebagaimana yang saya akan ajarkan kepada mereka nanti

Kesan dan pesan buku kenangan wisuda ini akan menjadi saksi atas keberhasilan saya menjalani satu tahap yang berat dalam hidup. Saya tidak akan menulis duka dan keluh kesah karena saya akan menunjukkannya kepada anak cucu saya kelak.

Saya ingin menunjukkan bahwa ayah dan kakek mereka bukanlah orang yang mudah menyerah sebagaimana yang saya akan ajarkan kepada mereka nanti.

15. Kalaulah terlihat cerdas, pada akhirnya itu hanyalah bonus dan bukan sebuah tujuan

Saya menyadari bahwa kuliah sebenarnya bukan bertujuan untuk membuat seseorang menjadi pintar. Dampak kuliah pada seseorang lebih kepada membuka cakrawala, memperluas sudut pandang.

Juga menambah wawasan dan membiasakan untuk berpikir secara matang. Kalaulah terlihat cerdas pada akhirnya itu hanyalah sebagai bonus belaka dan bukan sebuah tujuan.

16. Dunia kuliah adalah tanda yang membantu mengingatkan kita untuk bertransisi menjadi pribadi berbeda yang lebih baik lagi dari sebelumnya

Kalau ada yang beranggapan bahwa masa kuliah sama saja dengan masa sekolah, maka sungguh ia akan rugi besar. Ketahuilah bahwa diri Anda harus berkembang.

Dan dunia kuliah adalah tanda yang membantu mengingatkan kita untuk bertransisi menjadi pribadi berbeda yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

17. Kuliah itu seperti travelling menuju tempat-tempat baru, yaitu menyimpan pengalaman menjadi bekal berharga untuk perjalanan yang lebih panjang berikutnya

Kuliah itu seperti travelling menuju tempat-tempat baru. Bedanya hanya terdapat batas waktu sebagai akhir diselingi oleh hal-hal yang harus dikerjakan di antara satu tempat ke tempat berikutnya.

Selebihnya adalah bertemu teman seperjalanan yang menyenangkan, menikmati atmosfer dan belajar beradaptasi di setiap tempat baru tersebut dan menyimpan semua pengalaman itu menjadi bekal berharga untuk perjalanan yang lebih panjang berikutnya.

18. Karena tidak semua orang beruntung untuk dapat menuliskan kesan dan pesan mereka di buku ini

Senyum Wisuda

Apa yang tertulis dalam kesan dan pesan buku kenangan wisuda ini mungkin sangat singkat. Tidak akan mampu menggambarkan seluruh perjuangan dan lerih payah mengorbankan banyak hal untuk mencapai akhir hingga lulus kuliah.

Tapi sesingkat apapun yang saya tulis, setidaknya menjadi bukti bahwa saya telah sanggup menjalaninya. Karena tidak semua orang beruntung untuk dapat menuliskan kesan dan pesan mereka di buku ini.

19. Ucapan syukur dan terima kasih itulah yang akan terus saya bawa dalam menjalani kehidupan selanjutnya nanti

Tidak ada yang rasa syukur yang dapat dipanjatkan selain kepada Yang Maha Kuasa karena hanya atas seijin-Nya lah saya dapat menjalani semua hingga akhir.

Tidak ada ucapan terima kasih yang paling tulus selain ditujukan kepada kedua orang tua yang telah berkorban dan bekerja keras mendukung sehingga saya dapat kuliah hingga lulus seperti sekarang ini.

Ucapan syukur dan terima kasih itulah yang akan terus saya bawa dalam menjalani kehidupan selanjutnya nanti.

20. Itulah yang menjadi acuan saya dalam menjalani kuliah, dengan melepas “batu-batu kecil” dalam bentuk lulus dari seluruh mata kulah satu per satu secepat mungkin

Terkadang sesuatu akan terasa berat bukan karena berat dari benda itu sendiri. Batu kecil tidak akan terasa berat apabila digenggam di atas kepala kita selama satu menit, tapi akan menjadi berat apabila terus digenggam hingga satu jam lamanya.

Itulah yang menjadi acuan saya dalam menjalani kuliah, dengan melepas “batu-batu kecil” dalam bentuk lulus dari seluruh mata kulah satu per satu secepat mungkin.

Bava juga: 10 Cara Terbaik Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

21. Berinvestasi dalam pendidikan akan menghasilkan pendapatan yang terbaik

Berinvestasi dalam pendidikan akan menghasilkan pendapatan yang terbaik. Inilah yang harus Anda lakukan dalam menjalani kuliah.

Investasikan waktu, pikiran dan tenaga Anda di dalamnya dan nikmati hasil yang akan Anda dapatkan dalam jangka yang sangat panjang.

22. Semakin saya mempelajari sesuatu, saya menjadi sadar bahwa saya masih banyak belum mengetahui akan banyak hal

Kata orang semakin Anda belajar maka semakin Anda tidak tahu dan ini sama seperti yang saya rasakan selama kuliah.

Semakin saya mempelajari sesuatu, saya menjadi sadar bahwa saya masih banyak belum mengetahui akan banyak hal. Dan inilah prinsip yang akan terus saya bawa sebagai bekal berharga dari masa kuliah.

23. ”Never give in, Never, Never”. Tidak akan menyerah, tidak akan dan tidak akan pernah!

Never give in, Never, Never”. Itulah judul pidato Perdana Menteri Inggris era Perang Dunia kedua Winston Churchill yang sangat terkenal, saat Ia memberikan pidato di hadapan pelajar di suatu sekolah.

Judul pidato ini pula yang selalu saya ingat dalam menjalani kuliah hingga lulus sekarang ini. Tidak akan menyerah, tidak akan dan tidak akan pernah!

Penutup

Melihat kembali kesan dan pesan buku kenangan wisuda memang akan menimbulkan banyak kesan mendalam bagi yang membacanya. Selama menjalani kuliah adalah kesempatan yang sangat baik untuk mengisinya dengan banyak kegiatan yang bermanfaat dan positif.

Share artikel ini, agar teman Anda juga mendapatkan ide untuk menulis pesan dan kesan terbaiknya. Kesan dan pesan yang ditulis di buku wisuda akan selalu dikenang sepanjang hidup.