10 Tempat Magang Mahasiswa Manajemen dengan Kualitas Terbaik

tempat magang mahasiswa manajemen

Sebelum lulus perkuliahan, maka akan ada masa dimana harus mengikuti mata kuliah magang. Mata kuliah ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa yang aktif.

Bahkan, kampus mengharuskan mahasiswa agar lulus magang untuk bisa mengambil skripsi. Banyak dari mahasiswa yang bingung dalam memilih tempat magang.

Mahasiswa manajemen memiliki cakupan cukup luas. Bukan hanya mengenai perhitungan saja, namun juga bisa analisis dan lainnya.

Pemilihan tempat magang menjadi hal yang sangat berpengaruh kedepannya. Karena, saat magang akan banyak sekali ilmu yang bisa Anda dapatkan.

Ingin tahu apa saja tempat magang mahasiswa manajemen yang cocok? Berikut rekomendasi tempat yang bisa Anda pilih.

1. Bank

Tempat magang yang bisa dipilih oleh mahasiswa manajemen salah satunya yaitu Bank. Pekerjaan di Bank sangat berkaitan secara langsung dengan manajemen. Tentunya, banyak sekali manajemen yang berjalan pada sebuah Bank.

Mulai dari manajemen dalam input sampai dengan output. Mahasiswa tentu akan mendapatkan banyak ilmu disini. Terlebih, jika penempatan dari posisi yang diberlakukan sesuai pada jurusannya yaitu manajemen.

Jadi, Anda bisa mencoba untuk mengajukan magang di Bank Negeri atau Swasta. Keduanya memiliki ilmu yang sangat bermanfaat saat proses magang. Jangan ragu untuk mengajukan diri Anda agar bisa bergabung meskipun dalam status magang.

2. Instansi Pemerintah

Setiap pemerintahan selalu mewajibkan untuk bisa melakukan manajemen dengan baik. Dari sinilah, mahasiswa bisa belajar mengenai sistem dari tata kelola manajemen yang dilakukan. Tentunya, sangat banyak instansi daerah yang membuka lowongan untuk magang.

Tempat magang mahasiswa jurusan manajemen di Instansi pemerintahan juga banyak peminatnya. Anda bisa mendapatkan banyak sekali ilmu yang baik untuk membantu dalam proses pembelajaran Anda. Tentunya, yang memiliki kaitannya langsung dengan manajemen.

Sebagai mahasiswa jurusan manajemen, sudah seharusnya memahami hal ini dengan lebih dalam. Alangkah baiknya, Anda bisa mencoba untuk mendaftar di Instansi pemerintah. Utamakan yang berada di tempat kuliah Anda berada.

3. Perusahaan

Siapa bilang anak manajemen tidak berpengaruh pada perusahaan? Faktanya, justru cukup berpengaruh. Perusahaan tanpa adanya manajemen yang baik akan percuma. Baik dari awal berdirinya perusahaan tersebut sampai berjalan saat ini.

Untuk itu, para mahasiswa tentu bisa melamar ke semua perusahaan yang sedang membuka lowongan. Biasanya, pada sebuah perusahaan memiliki bagian untuk manajemen tersendiri. Bagian tersebut yang akan membantu jalannya perusahaan.

Cobalah mengajukan diri untuk bisa ikut magang pada perusahaan. Sampaikan skill manajemen yang Anda miliki kepada perusahaan.

Siapa tahu, perusahaan tertarik dengan skill yang Anda miliki dan menerima untuk bisa bergabung bersama. Jangan takut untuk mencoba ya!

Baca juga: 10 Jenis Usaha Kuliner Untuk Mahasiswa Kekinian Dan Paling Laris

4. Rumah Sakit

Tempat selanjutnya yang bisa dicoba untuk magang yaitu rumah sakit. Selama ini, mungkin Anda mengenal bahwa rumah sakit hanya membutuhkan bagian kesehatan saja. Hal tersebut tentu tidak sepenuhnya benar, karena bagian dari rumah sakit cukup banyak.

Termasuk pada bagian manajemen yang harus diurus dengan baik. Bahkan, untuk manajemen dari rumah sakit harus dengan tepat.

Salah sedikit saja, bisa membuat kekacauan yang cukup panjang. Jadi, disinilah Anda bisa belajar dengan lebih dalam lagi.

Terutama, untuk Anda yang sudah memiliki skill maka bisa diimplementasikan dalam membantu sistem manajemen rumah sakit. Berdiskusi untuk melakukan implementasi dari manajemen sangat diperlukan.

Tempat magang yang satu ini sudah pasti sangat direkomendasikan untuk para mahasiswa. Dijamin, akan mendapatkan ilmu yang sangat banyak!

5. Airport

airport sebagai salah satu tempat magang mahasiswa manajemen

Tempat magang mahasiswa manajemen selanjutnya bisa di Airport. Banyak dari para mahasiswa yang belum mengetahui hal ini.

Padahal, sudah cukup banyak informasi yang beredar di internet. Bandara memiliki banyak sekali bagian yang terbagi dan memiliki tugas masing-masing.

Seorang mahasiswa yang mengambil jurusan manajemen juga bisa ikut serta dalam bagian pada bandara. Sebagai contoh, bisa mengambil bagian untuk administrasi, input atau yang lainnya. Tentunya, magang di tempat ini sangatlah mengesankan.

Banyak sekali ilmu yang bisa Anda pelajari di luar mata kuliah biasanya. Karena, disini Anda akan berhadapan langsung dengan masalah yang memang ada.

Jadi, Anda dituntut untuk bisa memberikan solusi yang tepat berdasarkan pertimbangan yang matang. Tertarik untuk mencoba magang di Airport? Segera persiapkan CV Anda ya!

6. Toko Komputer

Meskipun berbentuk toko, ternyata Anda juga bisa lho magang disini. Jangan salah, sebuah toko juga sangat membutuhkan manajemen yang baik.

Pastinya, bukan hanya mengenai keuangan saja ya. Tetapi, masih banyak bagian lainnya yang memang harus dilakukan manajemen dengan baik.

Mahasiswa bisa magang di tempat ini dan membantu dalam beberapa pekerjaan. Terutama, yang memiliki kaitannya dengan manajemen.

Seperti melakukan input, sortir barang, serta kegiatan yang lainnya. Bukan dengan cara manual, tetapi menggunakan tools agar lebih cepat.  

Jadi, apa yang telah diajarkan pada perkuliahan juga bisa diimplementasikan disini. Namun, Anda juga bisa mendapatkan ilmu melalui pengalaman berada di toko komputer.

Cobalah untuk mengajukan diri mendaftar pada toko komputer ternama dan memiliki banyak pelanggan. Tujuannya, agar Anda juga bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak.

7. Telekomunikasi

Bukan hanya anak telecommunication engineer saja yang bisa magang di bagian telekomunikasi. Anak manajemen juga bisa kok.

Perlu Anda ketahui, bahwa telekomunikasi itu sangat luas bagiannya. Jadi, banyak bagian yang harus diisi sesuai dengan keterampilannya masing-masing.

Anak manajemen, bisa mengisi pada bagian manajemen perusahaan telekomunikasi. Apa saja yang memang nantinya akan dilakukan oleh perusahaan kedepannya. Banyak sekali hal penting yang akan dijadikan acuan dalam menentukan arus perusahaan.

Bagi para anak manajemen, mungkin ini hal yang biasa saja. Namun, jangan sepelekan magang disini ya. Karena, jika Anda tidak fokus akan menjadi kurang bermanfaat ilmu yang didapatkan.

Fokuskan magang Anda disini. Dijamin akan banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan untuk masa depan Anda.

8. Pengiriman Barang

Jasa pengiriman barang saat ini sudah begitu banyak bukan? Namun, apakah Anda pernah berpikir bagaimana sistem yang berjalan disana? Ternyata, cukup rumit bahkan membutuhkan sistem manajemen yang baik.

Tentunya, peran anak manajemen memang sangat dibutuhkan. Dalam berbagai macam keperluan, manajemen sangat dibutuhkan. Tidak heran, jika perusahaan pengiriman barang kerap kali membuka lowongan untuk program magang bagi para mahasiswa.

Membantu dalam hal pengiriman surat, input, komunikasi dan yang lainnya. Memang, tidak mudah untuk magang di tempat ini. Tetapi, ilmu yang didapatkan juga sangat banyak.

Jadi, pada saatnya nanti bekerja Anda menjadi lebih paham mengenai apa saja yang memang harus dikerjakan. Tentu, tempat magang ini sangat direkomendasikan.

9. Perusahaan Asuransi

Mahasiswa manajemen, bisa lho melakukan magang di perusahaan asuransi. Semua orang tahu, bahwa asuransi memiliki kaitan secara langsung dengan masyarakat. begitu juga dengan proses manajemen yang dilakukan sudah pasti haruslah tepat.

Bagian manajemen memiliki tugas yang tidak mudah. Karena, harus memberikan strategi yang matang kepada perusahaan.

Serta, harus menghitung banyak hal yang berkaitan langsung dengan perusahaan. Tetapi, untuk para mahasiswa yang ingin magang maka disinilah tempatnya.

Anda bisa mempelajari ilmu dan tools  yang mungkin digunakan oleh sebuah perusahaan dalam menjalankan manajemen. Masukan penawaran magang Anda kepada perusahaan asuransi dengan benar.

Fokus pada pekerjaan yang diberikan agar Anda paham dan bisa menjadi modal keterampilan Anda. Jangan ragu untuk mencoba mendaftar di perusahaan asuransi!

10. Software House

Mendengar istilah ‘Software House’, apa yang terlintas pada pikiran Anda? Sebuah bisnis yang dikerjakan dirumah?

Bisa jadi, namun bukan hanya itu saja. Tetapi, sudah banyak sekali software house yang sudah berkembang secara cepat diera sekarang.

Software house biasanya melakukan develop dari kebutuhan konsumen. Bisa dalam bentuk software yang akan dibuat. Lalu, apa hubungannya dengan manajemen? Pada prosesnya, manajemen yang baik tentu sangatlah diperlukan.

Terutama, untuk membuat proyek dikerjakan menjadi sesuai pada jadwalnya. Membuat jadwal dari proyek untuk bisa selesai secara cepat.

Tugas ini bisa menjadi tantangan bagi para mahasiswa yang memang tertarik untuk mencobanya. Relasi yang didapatkan juga bermanfaat untuk kedepannya.

Penutup

Itulah rekomendasi tempat magang mahasiswa manajemen. Sebagai mahasiswa, tentu tidak ingin melakukan magang ditempat yang kurang berkualitas bukan? Jadi, alangkah baiknya untuk tetap selektif dalam memilih tempat magang untuk Anda.

Karena, magang bukan hanya mengenai absen lalu berdiam diri saja. Namun, harus bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya. Menariknya lagi, bisa dijadikan untuk judul dalam pembuatan skripsi. Jangan sampai salah dalam memilih tempat magang ya!