10 Jenis Usaha Kuliner Untuk Mahasiswa Kekinian dan Paling Laris

usaha kuliner untuk mahasiswa

Sekarang, mahasiswa juga bisa memulai usahanya saat kuliah. Sebagai mahasiswa, mungkin banyak yang berpikiran akan susah untuk membagi waktunya.

Bisa jadi, hal tersebut masalah bagi beberapa orang yang memang belum paham dalam mengelola usahanya. Begitu banyak usaha yang menarik dan kekinian bisa dibuat sangat mudah.

Calon pebisnis harus paham mengenai pasar yang akan dituju. Di Indonesia sendiri, begitu banyak pasar yang bisa diarahkan untuk dapat membeli usaha kuliner Anda.

Jika Anda adalah mahasiswa, tidak perlu takut mengenai budget untuk berjualan. Anda bisa menjalankan usaha dengan modal minim mulai dari bahan sampai dengan promosinya.

Berikut 11 rekomendasi jenis usaha kuliner untuk mahasiswa yang kekinian dan sangat laris.  

1. Martabak Mini

Semua orang tentu sudah mengenal martabak, tetapi bagaimana dengan yang mini? Mungkin, hanya beberapa orang saja yang mengenalnya. Martabak mini memang memiliki ukuran yang cukup kecil dibandingkan yang aslinya.

Martabak ini akan menjadi sangat unik jika bisa diberikan beberapa kreasi. Seperti pada bagian toping yang bisa ditambahkan dengan berbagai macam keunikan. Hal inilah yang menjadi daya tarik pada martabak mini.

Usaha makanan kekinian dengan martabak mini juga memiliki peminat yang cukup tinggi. Bukan hanya untuk anak-anak saja, tetapi mahasiswa, pekerja dan orang dewasa juga sangat tertarik untuk membelinya.

Terlebih, jika Anda menawarkan paket khusus dengan harga yang terjangkau. Dijamin, banyak yang tertarik membelinya!

2. Tahu Crispy

Bisnis makanan kekinian untuk mahasiswa yang bisa dijalankan yaitu tahu crispy. Ternyata, peminat makanan ini juga sangat banyak. Terlebih, untuk membuatnya juga sangat simpel yaitu membutuhkan tahu dengan tepung crispy saja.

Banyak yang menjadikan makanan ini sebagai camilan dalam bermacam aktivitas. Namun, alangkah lebih baiknya Anda memberikan beberapa rasa khusus agar bisa menarik. Rasa yang banyak akan membuat orang lain tertarik mencobanya.

Bukan hanya itu saja, namun jangan lupa untuk memberikan nama yang unik. Siapa sangka, tahu crispy dengan nama yang unik membuat orang tertarik membelinya. Percaya atau tidak, omset dari usaha ini bisa mencapai jutaan rupiah setiap bulannya!

3. Keripik Buah

Bisnis makanan ringan untuk mahasiswa salah satunya dengan menjual keripik buah. Banyak yang mengira menjual keripik tidak memiliki profit. Sebaliknya! Justru, untuk profit yang dihasilkan cukup tinggi dari penjualan ini.

Karena, Anda menawarkan keripik yang berbeda dari biasanya. Jika orang lain menjual keripik kentang, maka Anda bisa menjual keripik apel. Untuk membuatnya sangatlah mudah, yaitu hanya membutuhkan buah yang asli dan bisa dimasak seperti keripik pada umumnya.

Penjualan bisa dilakukan dengan cara manual atau online. Jadi, pemasaran yang dilakukan akan menjadi lebih luas dan sangat memberikan keuntungan yang melimpah.

Untuk itu, jangan sampai Anda tidak mencobanya! Sangat cocok untuk para mahasiswa yang ingin berwirausaha.

Baca juga: 8 Bisnis Kuliner Untuk Mahasiswa

4. Kreasi Indomie

Usaha kuliner untuk mahasiswa yang satu ini tentu sangat cocok. Karena, tidak membutuhkan modal yang banyak dalam membuatnya. Termasuk juga proses penjualannya juga bisa dilakukan dengan cepat.

Kreativitas sangat diperlukan untuk dapat menjual produk yang menarik. Salah satunya, bisa dengan memanfaatkan indomie yang dikreasikan agar memiliki daya tarik tersendiri.

Bagaimana contohnya? Sangat mudah! Yaitu bisa dengan cara membuat donat indomie, burger indomie dan lainnya.

Jangan lupa, untuk memberikan keunikan dan mempromosikannya secara rutin. Serta, harga yang ditawarkan juga harus pas di kantong semua kalangan.

5. Roti Bakar Kekinian

roti bakar kekinian

Makanan yang paling digemari anak muda salah satunya roti bakar. Tapi, bukan roti bakar biasa melainkan yang kekinian. Bagaimana bentuknya? Tentunya, dengan tambahan topping dan kreasi yang lainnya.

Mulai dari rasa, ukuran dan topping yang digunakan. Anak zaman sekarang sangat menyukai hal yang terlihat unik. Selain rasanya, penampilan dari roti bakar tersebut juga harus menarik. Kemudian, jangan lupa untuk memberikan nama yang unik.

Perpaduan dari semua hal tersebut, akan memberikan penjualan yang semakin meningkat. Tidak hanya itu saja, namun cobalah untuk memberikan keunikan yang lainnya. Terutama, untuk proses promosi yang dilakukan buatlah semenarik mungkin!

6. Sosis Bakar Murah

Penjualan makanan sosis bakar saat ini sudah beredar dengan cukup luas. Ternyata, memang peminat dari makanan ini begitu banyak. Sudah pasti, Anda bisa mencoba untuk ikut serta dalam menjual makanan tersebut.

Untuk menjual makanan ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu membelinya pada agen yang menjual. Anda akan mendapatkan harga khusus sebagai penjual. Jadi, nanti Anda akan tetap mendapatkan keuntungan dari hasil jualannya.

Sebagai contoh, membeli sosis biasanya Rp. 1.500 per batangnya. Kemudian, jika dijual dalam keadaan sudah dibakar maka Anda bisa menjual dengan harga Rp. 2.000.

Jadi, akan mendapatkan keuntungan RP. 500 per sosisnya. Dalam sehari, bisa saja Anda menjual lebih dari 100 sosis. Sangat banyak bukan mendapatkannya?

7. Ice Cream Kekinian

Siapa sih yang tidak suka dengan ice cream? Tentunya, semua orang menyukainya. Jadi, untuk usaha yang satu ini menjadi rekomendasi yang harus dilakukan. Mulai dengan mencari rekomendasi ice cream yang memang menarik untuk dijual.

Utamanya, Anda bisa membuat ice cream yang memiliki warna menarik. Biasanya, anak anak atau para mahasiswa yang menyukai ice cream ini. Namun, pastikan untuk tidak sembarangan dalam membuat ice creamnya.

Rasa yang diberikan harus tepat dan tidak berlebihan. Banyak orang yang tidak menyukai rasa manis ataupun berlebihan.

Jangan lupa, untuk tetap membuat branding dari ice cream menjadi unik. Karena, hal tersebut merupakan yang paling penting dalam usaha yang akan Anda jalankan.

8. Oreo Goreng

Oreo sudah sangat dikenal oleh masyarakat sebagai camilan yang menyenangkan. Kini, berbagai macam olahan oreo sudah bisa dibuat. Bahkan, bisa dijadikan sebagai usaha yang cukup menggiurkan.

Oreo goreng bisa menjadi salah satu usaha kuliner untuk mahasiswa yang dapat dipilih. Untuk modal dalam pembuatan usaha kuliner ini juga tidak banyak.

Hanya membutuhkan beberapa modal saja sudah bisa menjalankan usaha yang satu ini. Terlebih, banyak juga ide kreatif yang bisa ditambahkan pada camilan yang satu ini.

Bagaimana contohnya? Anda bisa menambahkan beberapa topping dan rasa khusus. Kemudian, tambahkan juga keunikan pada bagian namanya. Daya tarik pada suatu usaha kuliner menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang pendapatan menjadi lebih tinggi!

Baca juga: 10 Jenis Usaha Kuliner Untuk Mahasiswa Kekinian dan Paling Laris

9. Kue Kekinian

Bisnis anak kuliah modal kecil yang juga bisa dipilih yaitu kue kekinian. Usaha ini memberikan pendapatan yang juga cukup baik dan tentunya bisa menambah pendapatan para mahasiswa. Banyak sekali contoh kue kekinian yang bisa dibuat.

Seperti untuk kue kering, basah, atau yang lainnya. Contohnya, pada kue kamir yang bisa diberikan warna khusus untuk dapat memberikan daya tarik. Biasanya, kue ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak sampai orang dewasa.

Anda juga bisa memberikan ciri khas tersendiri seperti pada bagian kemasannya. Kini, sudah tersedia modifikasi kemasan untuk kue yang begitu banyak.

Jadi, bisa dipilih kemasan untuk kue yang memang kekinian. Untuk itu, jangan sampai Anda tidak mencoba usaha yang satu ini.

10. Usaha Risoles

Pernah mendengar usaha yang satu ini? Risoles merupakan camilan yang memang banyak peminatnya. Biasanya, untuk makanan risoles banyak tersedia di pinggir jalan. Usaha inilah yang sudah seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik agar bisa mendapatkan keuntungan.

Membuat risoles juga tidak sulit, bahkan Anda bisa membuatnya sendiri. Sebagai mahasiswa, untuk penjualannya juga bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Hanya dengan bahan-bahan secukupnya saja, sudah bisa membuat risoles. Jangan lupa, untuk diisi dengan bahan yang memang cocok untuk dikonsumsi semua kalangan.

Seperti untuk risoles dengan isi ayam, daging ataupun mie. Proses penjualannya juga bisa dilakukan dengan banyak cara.

Bisa dengan menjual kepada teman, online atau yang lainnya. Dengan cara tersebut, maka dapat dipastikan bisa mendapatkan keuntungan untuk jajan mahasiswa.

Penutup

Nah, itulah jenis usaha kuliner untuk mahasiswa yang bisa Anda pilih. Pilihan usaha diatas tentu sangat kekinian dan begitu banyak peminatnya.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk memulai usaha? Rekomendasi usaha diatas tentu bisa Anda coba. Semoga sukses!