10 Cara Mendapatkan Uang Tambahan Tanpa Modal Bagi Mahasiswa

Cara Mendapatkan Uang Tambahan

Banyak mahasiswa yang menginginkan untuk bisa memperoleh uang tambahan. Pada fase mahasiswa, mungkin Anda akan merasakan mulai malu selalu meminta kepada orang tua.

Solusinya, tentu bisa melakukan berbagai cara untuk bisa mendapatkan uang tambahan. Bahkan, Anda bisa melakukannya tanpa membutuhkan modal.

Semua orang pasti menginginkan uang tambahan tanpa perlu modal. Karena, modal menjadi alasan utama gagalnya sebuah usaha. Jangan khawatir, karena masih banyak sekali alternatif untuk bisa mendapatkan uang tambahan tanpa perlu modal.

Tertarik ingin mengetahuinya? Ini dia 10 cara mendapatkan uang tambahan tanpa modal yang bisa Anda lakukan sebagai mahasiswa.

1. Menjadi Dropshipper

Tahukah Anda apa itu Dropshipper? Mungkin, sudah banyak yang mengenalnya. Dropshipper merupakan kegiatan untuk menjual kembali sebuah produk tanpa membutuhkan modal. Modal utamanya yaitu kepercayaan untuk dapat menjual produk kepada pelanggan lainnya.

Saat ini, dunia internet mempermudah untuk menjadi seorang Dropshipper. Bahkan, beberapa e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lainnya juga sudah menyediakan fitur ini. Jadi, memungkinkan Anda bisa melakukan penjualan secara dropship.

Bagaimana untuk keuntungan yang bisa diambil? Menariknya, disini Anda bisa menentukan sendiri mengenai keuntungannya.

Namun, alangkah baiknya mengikuti dengan harga pasaran! Sedangkan, untuk modalnya tidak diperlukan sama sekali.

2. Payment Point Online Bank

Sudahkah Anda mengenal layanan jasa yang satu ini? Jadi, untuk sistem ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Mungkin, banyak dari Anda yang sudah mengetahui pembayaran listrik, BPJS, tagihan dan lainnya. Bukankah begitu?

Ya, usaha yang satu ini memang sangat banyak saat ini. Ternyata, memang tidak membutuhkan modal sedikitpun.

Karena, untuk pembayarannya bisa dilakukan langsung dari pelanggan. Bahkan, Anda bisa menjalankan usaha ini hanya dengan menggunakan aplikasi saja.

Kini, sudah tersedia begitu banyak aplikasi yang dapat membantu untuk menjalankan sistem PPOB ini. Sekalipun, Anda sebagai mahasiswa juga bisa menjalankannya dengan mudah. Anda juga bisa mengajak teman-teman mahasiswa untuk membeli melalui anda. Menarik ya?

3. Menjual Barang Tidak Terpakai

Cara mendapatkan uang tambahan tanpa modal bisa dengan menjual barang yang tidak terpakai. Mungkin, Anda berpikiran adakah orang yang akan membelinya? Jangan salah, beberapa orang bisa saja tertarik dengan barang bekas yang Anda tawarkan.

Cobalah, untuk bergabung dengan beberapa grup daerah sekitar anda. Atau, Anda juga bisa menawarkannya melalui situs untuk penjualan barang bekas. Jangan ragu untuk memulai hal yang satu ini, meskipun banyak yang mungkin menganggap remeh.

Namun, telah banyak yang sukses bisa mendapatkan uang tambahan. Tanpa Anda sadari, kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Jika Anda tidak membutuhkannya, maka orang lain bisa saja membutuhkannya. Lalu, apa salahnya untuk mencoba cara ini?

Baca juga: 10 Jenis Usaha Kuliner Untuk Mahasiswa Kekinian Dan Paling Laris

4. Rental Kendaraan Anda

Membuka rental kendaraan sepertinya menjadi salah satu hal yang cukup menjanjikan. Biasanya, para mahasiswa membawa sepeda motor untuk keperluan ke kampusnya.

Kini, kendaraan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh uang. Sebelum memulai hal ini, ada baiknya Anda memastikan kendaraan dalam keadaan bagus.

Bagaimana caranya? Bisa dengan disewakan kepada orang lain. Untuk proses rental ini juga bisa dilakukan dengan mudah.

Terutama, jika Anda berada di daerah yang banyak wisatanya. Maka, dapat dipastikan akan bisa memperoleh banyak peminat.

Setidaknya, untuk kendaraan sepeda motor yang disewakan memiliki harga Rp. 70.000 per harinya. Bayangkan, jika kendaraan Anda disewa dalam waktu 3 hari saja? Maka, sudah berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Cukup banyak ya!

5. Mengikuti Program Afiliasi

Program Afiliasi

Cara mendapatkan uang tanpa modal lewat hp bisa mengikuti program afiliasi. Disini, tugas Anda yaitu mengajak seseorang untuk membeli produk yang ditawarkan. Biasanya, setiap produk memiliki nilai komisi tersendiri.

Tentunya, Anda bisa membaca komisi yang nantinya bisa didapatkan. Namun, secara umum banyak yang memberikan 10% dari total harga produk yang telah berhasil dibeli. Kini, sudah tersedia begitu banyak perusahaan yang membuka program ini.

Jika diperhitungkan secara kasar, harga produk Rp. 1.000.000,- lalu Anda mendapatkan komisi 10% atau sekitar Rp. 100.000. Bayangkan, jika Anda mengajak 2 sampai 5 orang setiap harinya untuk bisa membeli produk. Maka, Anda akan mendapatkan banyak uang!

6. Membuka Layanan Jasa

Anda memiliki keterampilan yang ingin dijual? Jangan khawatir, bisa dilakukan hal tersebut.

Terutama, untuk para mahasiswa yang memang ingin mengisi waktu luang untuk hal yang lebih bermanfaat. Maka, membuka layanan jasa merupakan solusi terbaiknya.

Saat ini, mungkin Anda sudah memiliki keterampilan namun belum tersalurkan dengan baik. Jadi, cobalah untuk mulai membuka layanan jasa seperti menerima pembuatan desain, editing, dan lainnya. Memang, hal ini akan membuat Anda gugup pada awal waktu.

Tetapi, jika sudah dilakukan maka akan lebih mudah selanjutnya. Cobalah untuk membuka layanan jasa ini.

Anda bisa menentukan tarif jasa yang ditawarkan. Jangan ragu untuk bisa membuat harga yang bersaing di pasaran. Serta, lakukan promosi agar banyak yang berminat!

7. Freelance

Para mahasiswa, mungkin bisa mendapatkan uang tambahan dengan menjadi seorang freelance. Pekerja lepas dapat dilakukan dengan banyak cara. Termasuk dengan cara yang remote,atau bekerja secara jarak jauh.

Jadi, Anda bisa melakukan pengajuan pada perusahaan untuk menjadi freelance remote. Cukup banyak perusahaan yang tertarik dengan hal ini. Terutama, jika Anda memiliki keterampilan yang memang dibutuhkan oleh perusahaan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pendaftaran pada beberapa website yang menyediakan freelance. Kemudian, Anda bisa melakukan pengajuan penawaran pada beberapa orang.

Bagaimana, sangat menarik ya? Anda tidak perlu modal, terpenting bisa menyelesaikan pekerjaan yang diberikan.

8. Manfaatkan Promo Terbaru

Seorang mahasiswa diera sekarang harus selalu update terhadap informasi. Namun, bukan hanya update instagram saja.

Tetapi, yang lebih bermanfaat seperti bisa menghasilkan uang. Saat ini, begitu banyak marketplace, startup yang memberikan promo kepada pengguna baru.

Untuk itu, Anda bisa mencoba agar bisa mendaftar sebagai pengguna baru. Biasanya, terdapat promo yang diberikan. Nah, disinilah Anda bisa memanfaatkannya. Masukan kode promo dan Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Tidak tanggung-tanggung, untuk keuntungannya juga bisa berlipat ganda. Sebagai contoh, saat ini terdapat banyak promo mengenai pendaftaran BANK dan bisa mendapatkan uang Rp. 100.000.

Jadi, Anda hanya perlu mendaftar dan memasukan kode lalu verifikasi dan menunggu uang cair. Sangat mudah ya memperoleh uang tambahan?

9. Menjadi Guru Les

Cara mendapatkan uang tambahan tanpa modal selanjutnya bisa dengan menjadi guru les. Siapa sangka, guru les juga bisa mendapatkan tambahan uang.

Mungkin, banyak dari para mahasiswa yang berpikir hal ini sepele. Faktanya, justru bisa menghasilkan uang yang cukup banyak.

Anda bisa memanfaatkan waktu luang perkuliahan untuk bisa mengajarkan les. Setidaknya, Anda bisa memilih untuk les private atau tidak. Jika orang tua dari anak membutuhkan les private, maka Anda harus menuju lokasi dan meminta uang tambahan.

Anda bisa mengambil 2-4 anak untuk proses les tersebut. Setiap anak, Anda bisa kenakan biaya Rp. 400.000 setiap bulannya.

Jadi, jika terdapat 3 anak maka setiap bulan Anda bisa mendapatkan Rp. 1.200.000. Cukup banyak ya? Bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari anda.

10. Menjadi Asisten Dosen

Tidak banyak yang tahu, bahwa menjadi asisten dosen ternyata bisa berpenghasilan. Karena, tugas dari asisten dosen ini membantu dalam beberapa keperluan dosen. Termasuk untuk pengajaran yang dilakukan pada setiap kelas.

Memang, dalam hal ini Anda harus meluangkan waktu yang cukup lama. Tetapi, sebagai asisten dosen jelas mendapatkan tambahan uang.

Namun, untuk besarannya tergantung dengan setiap kampus memberikannya. Ada yang memang sedikit, sedang atau banyak.

Secara umum, untuk pendapatan asisten dosen yaitu berkisar Rp. 300.000 per bulannya. Jadi, jika dalam 1 semester Anda menjadi asisten dosen.

Maka, Anda bisa mendapatkan Rp. 1.800.000. Tambahan uang yang cukup banyak untuk seorang mahasiswa. Bahkan, bisa digunakan untuk keperluan membayar tempat tinggal serta makan sehari-hari.

Penutup

Begitu mudah untuk mendapatkan uang tambahan saat ini. Cara mendapatkan uang tambahan tanpa modalbisa menggunakan cara diatas. Bahkan, tanpa membutuhkan modal sedikitpun Anda sudah bisa memperoleh uang tambahan.

Jadi, apakah Anda yakin tidak ingin mencobanya? Jangan pernah ragu untuk mencoba hal yang baru. Karena, untuk mencapai tujuan tentu tidak bisa dilakukan secara instan.

Lalu, tunggu apa lagi? Ayo segera coba cara diatas sekarang juga!