Metode dan Proses E-Learning Universitas Widyatama

Belajar via online

Saat ini pemanfaatan teknologi informasi masuk ke berbagai bidang kehidupan manusia. Dunia pendidikan termasuk bidang yang juga memanfaatkan keunggulan teknologi yang sudah marak digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Tuntutan dinamika yang terjadi di masyarakat adalah salah satu faktor yang mendukung terciptanya pola belajar yang berbeda dari sebelumnya.

Contoh pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan adalah dengan adanya penerapan elearning sebagai metode pembelajaran. Tidak banyak institusi pendidikan yang mengimplementasikan pola belajar elearning ini. Salah satu contoh penerapan elearning di tingkat perguruan tinggi adalah program e-learning dari Universitas Widyatama, atau dikenal dengan elearning Widyatama.

Apa itu ELearning?

Elearning adalah sebuah metode pembelajaran menggunakan media perangkat seperti laptop, smartphone, personal computer dan sejenisnya. Elearning memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut:

  • Penggunaan waktu yang lebih optimal dan efektif, baik pengajar ataupun mahasiswa. Hal ini karena tidak diperlukannya kegiatan tatap muka yang memakan waktu perjalanan menuju ke kampus.
  • Adanya penghematan biaya baik pihak penyelenggara pendidikan maupun mahasiswa. Selain operasional yang berkurang karena ketiadaan kegiatan kuliah rutin harian di kampus, juga meminimalkan penggunaan buku dan bentuk penggunaan kertas lainnya atau paperless.
  • Lebih mudah menjangkau mahasiswa yang tersebar di wilayah yang luas.
  • Sebagai proses kemandirian mahasiswa dalam proses belajar.
  • Fleksibilitas tempat dan waktu belajar baik bagi mahasiswa maupun pengajar

Lebih Dekat dengan Universitas Widyatama

Universitas Widyatama

Perguruan tinggi yang berada di Kota Bandung ini telah berdiri sejak tahun 2001 di bawah naungan Yayasan Widyatama. Universitas Widyatama merupakan gabungan dari sekolah tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB), Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama (STTBW) dan Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual (STDKV).

Universitas Widyatama merupakan salah satu perguruan tinggi swasta unggulan di Kota Bandung. Bahkan menurut penilaian pubilkasi jurnal internasional akademik terindeks Scopus pada tahun 2020, Universitas Widyatama berhasil menduduki peringkat ke-6 perguruan tinggi area di Jawa Barat dan Banten.

Baca juga: Peringkat Universitas di Indonesia 2019 Menurut Kemenristekdikti

ELearning Widyatama

Metode pembelajaran elearning Widyatama merupakan sebuah program perkuliahan yang sudah ditawarkan sejak tahun 2012. Program ini memang menjadi semakin relevan saat Pandemi Covid-19 merebak di tanah air yang membuat seluruh kegiatan belajar mengajar di tanah air harus melakukan Penerapan Belajar Jarak Jauh (PBJJ) di seluruh tingkat pendidikan dari sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi.

Sistem perkuliahan elearning yang dikembangkan oleh Universitas Widyatama merupakan sistem multi access. Maksud multi access adalah segala aspek pembelajaran dimulai dari materi kuliah atau bahan ajar, tugas-tugas, tes dan kuis serta juga diskusi dilakukan secara daring atau menggunakan jaringan internet.

Universitas Widyatama memiliki beberapa program studi yang disediakan, meliputi Kelas Regular dan Kelas Karyawan. Sistem elearning juga tersedia dalam kedua program tersebut selain dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran regular yang mengandalkan tatap muka. Meski dilakukan secara daring, namun sistem elearning Widyatama tetap mengadakan tatap muka perkuliahan sebanyak tiga kali dalam satu semester dan dua kali untuk ujian per semesternya.

Metode ELearning Widyatama

Metode atau teknologi yang digunakan dalam perkuliahan secara elearning adalah berupa:

  • Cloud computing
    Merupakan bentuk infrastruktur teknologi informasi yang dapat digunakan secara bersama-sama oleh banyak pihak sekaligus. Hal ini akan menciptakan efisiensi biaya maupun meningkatkan kepraktisan pengambilan data dan informasi melalui satu sumber.
  • Learning analytic
    Teknologi yang satu ini memungkinkan mahasiswa untuk melakukan proses pembelajaran melalui monitoring dan evaluasi intensif. Hal ini membuat efektivitas perkuliahan menjadi lebih meningkat lagi. Hasil pembelajaran dapat menjadi lebih terukur dan memudahkan dilakukannya perkembangan berkelanjutan.
  • Gamebased learning
    Layaknya permainan yang mayoritas disukai oleh seluruh kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Gamebased learning ini mendorong terjadinya interaksi antar mahasiswa, memacu motivasi dan meningkatkan jiwa kompetisi untuk berprestasi. Diselenggarakan dalam bentuk kuis dan tugas-tugas lainnya disertai dengan reward bagi peraihan prestasi tertentu oleh mahasiswa.
  • Personalized learning environment
    Proses pembelajaran yang diselenggarakan secara online akan bersifat sangat personal. Hal ini berarti bahwa setiap mahasiswa sebagai individu yang sangat berbeda satu sama lainnya dapat memilih pola belajar yang sesuai dengan dirinya. Melalui pengaturan waktu yang fleksibel, pemilihan data, informasi dan referensi yang dibutuhkan akan sangat disesuaikan dengan cara yang tepat oleh tiap mahasiswa.
  • Open content
    Open content merupakan sumber materi yang dapat diakses bersama baik oleh pengajar maupun mahasiswa.
  • Mobile learning
    Pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja melalui jalur internet atau online. Bahkan beberapa materi kuliah dapat diakses tanpa harus online sebelumnya.

Baca juga: 3 Sekolah Kedinasan Tanpa Tes Fisik Terbaik

Proses Belajar Pembelajaran Elektronik Widyatama

  • Pembelajaran campuran
    Terbagi atas 75% online dan 25% tatap muka.
  • Pembelajaran terekam
    Pemberian materi oleh dosen diberikan dalam bentuk rekaman multimedia seperti video ataupun presentasi.
  • Pembelajaran langsung
    Dalam metode ini dosen melakukan pengajaran secara live atau langsung (real time) yang memungkinkan terjadinya komunikasi atau interaksi langsung antara dosen dan mahasiswa.
  • Pembelajaran kolaborasi
    Pembelajaran dalam bentuk kelompok. Diharapkan sesama mahasiswa akan saling membantu dan mendorong pemahaman materi secara Bersama dengan lebih efektif lagi.
  • Pembelajaran mandiri
    Mahasiswa dikondisikan untuk dapat membuat pola pembelajaran sendiri. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam hal mendorong kemandirian mahasiswa dalam berdisiplin diri guna menentukan cara belajar serta bertanggung jawab atas studi yang ditempuh.
  • Pembelajaran personal
    Pola belajar mahasiswa akan sangat bervariasi, sesuai dengan karakteristik dan kondisi tiap-tiap mahasiswa yang berbeda-beda. Namun demikian, pencapaian hasil perkuliahan yang memuaskan akan tetap menjadi tujuan utama.

Program Studi Sarjana dan Diploma Universitas Widyatama

Universitas Widyatama memiliki banyak jurusan dan program studi untuk melayanai kebutuhan pendidikan tinggi masyarakat yang beragam. Berikut adalah daftarnya:

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Meliputi program studi:
Akuntansi (S1)
Akuntansi (D3)
Manajemen (S1)
Manajemen (D3)

2. Fakultas Teknik

Meliputi program studi:
Teknik Informatika (S1)
Teknik Industri (S1)
Sistem Informasi (S1)
Teknik Sipil (S1)
Teknik Mesin (D3)
Teknik Elektro (S1)

3. Fakultas Desain Komunikasi Visual

Meliputi program studi:
Desain Grafis (D4)
Multimedia (D3)

4. Fakultas Bahasa

Meliputi program studi:
Bahasa Inggris (S1)
Bahasa Jepang (S1)
Bahasa Jepang (D3)

Baca juga: 7 Info Lengkap tentang SINTA2 dan Proses Login (Sinta2 Ristekdikti go id login)

Program Studi Magister Universitas Widyatama

Universitas Widyatama Bandung

Selain program studi Sarjana dan Diploma, perguruan tinggi yang terletak di tengah kota Bandung ini juga memiliki program studi jenjang Magister atau Pasca Sarjana. Berikut adalah program studi jenjang S2 yang ditawarkan:

1. Magister Manajemen

Meliputi konsentrasi :
Magister Manajemen Keuangan
Magister Manajemen Pemasaran
Magister Manajemen Sumber Daya Manusia
Magister Manajemen Entrepreneur

2. Magister Akuntansi

Meliputi konsentrasi:
Auditing
Akuntansi Keuangan
Akuntansi Manajemen
Akuntansi Pemerintah
Sistem Informasi Akuntansi
Perpajakan

Selain program Sarjana dan Pasca Sarjana, Universitas Widyatama mengadakan pula program studi Pendidikan Profesi Akuntan. Pada tahun 2020 ini, Universitas Widyatama berhasil menyelenggarakan program studi baru yang masih terbilang jarang ditemui di perguruan tinggi lain di Indonesia. Program studi tersebut adalah Perpustakaan dan Sains Informasi.

Penutup

Elearning Widyatama dapat menjadi jawaban bagi Anda yang berminat untuk mengikuti perkuliahan yang lebih praktis. Meski demikian tentunya mutu pendidikan yang Anda terima tetap terjamin tanpa mengurangi sedikitpun nilai tambahnya. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai perkuliahan di Universitas Widyatama melalui kontak blog ini.