7 Info Lengkap tentang SINTA2 dan Proses Login (Sinta2 Ristekdikti go id login)

Login SINTA2

Hasil-hasil penelitian akan sangat baik untuk dipublikasikan secara global. Dengan adanya publikasi hasil penelitian, maka informasi bisa menjadi lebih berkembang secara luas.

Tentunya, tidak sembarangan artikel atau hasil penelitian bisa dipublikasikan. SINTA merupakan portal yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan publikasi tersebut.

Tetapi masih banyak juga yang belum mengenal portal ini. Serta, sebagian juga tidak tahu bagaimana cara melakukan pendaftaran dan login.

Semua hal tersebut penting sebelum Anda bisa melakukan submit artikel. Untuk lebih lengkap tentang sinta2 ristekdikti go id login, Anda bisa mengetahuinya pada artikel berikut.

1. Apa itu SINTA?

SINTA (Science and Technology Index) adalah portal yang berisikan tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi. Seperti kinerja peneliti, penulis, author, jurnal dan kinerja institusi. Saat ini, SINTA sudah masuk ke portal internasional.

Dengan begitu, akan memberikan kemudahan untuk mengakses informasi yang diberikan. Hal inilah yang memang dibutuhkan banyak profesional. Tetapi banyak juga yang masih belum tahu bagaimana melakukan submit di SINTA.

2. Siapa Saja yang Bisa Mendaftar?

Setelah Anda mengetahui tentang SINTA, maka bisakah Anda melakukan pendaftaran? Tujuan SINTA sendiri yaitu untuk mewadahi hasil penelitian untuk dipublikasikan secara online. Sebenarnya, siapapun bisa berkontribusi dalam sistem ini.

Secara khusus, para peneliti dan dosen bisa mendaftar. Karena para peneliti dan dosen, disamping melakukan kegiatan belajar mengajar, juga diharuskan untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kontribusi yang diberikan oleh peneliti dan dosen jelas harus difasilitasi. Karena, dengan begitu akan meningkatkan indeks publikasi jurnal ilmiah negara kita. Untuk melakukan pendaftarannya juga tidak bisa sembarangan.

3. Keunggulan SINTA

Sebenarnya, apa saja keunggulan yang ada pada sistem ini? SINTA memiliki keunggulan lebih baik dibandingkan dengan portal lainnya. SINTA dapat secara otomatis melakukan indeks terhadap hasil karya yang telah di indeks di Google Scholar, Scopus, IPI dan InaSTI.

Keunggulan inilah yang menjadikan banyak orang tertarik bisa memulai menggunakan portal SINTA. Dengan adanya keunggulan tersebut, informasi yang diberikan menjadi terindeks dengan sangat cepat. Jadi, sudah pasti sangat membantu para profesional seperti dosen dan para peneliti.

Baca juga: 9 Cara Menyusun Judul Penelitian yang Cocok bagi Mahasiswa

4. Fitur-Fitur SINTA

Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur tertentu. Tentunya, yang bermanfaat untuk para profesional. Berikut beberapa fitur yang tersedia pada SINTA:

  • Citation

SINTA memiliki fitur pada bagian “citation” menampilkan h-index dengan kurun waktu pertahun untuk Google Scholar dan Scopus. Adanya fitur ini sangat membantu para profesional untuk memudahkan penyusunan jurnalnya.

  • Networking

Adanya fitur ini, memudahkan Anda melihat dan mengetahui “networking” dengan peneliti lainnya. Tentunya, peneliti yang memang pernah bekerjasama dengan Anda.

  • Research Output

Pada fitur “Research Output” berisikan tentang artikel jurnal, buku, seminar yang telah dihasilkan. Lalu, pada bagian “Score”, Anda bisa melihat indeks di Scopus, Google Scholar dan InaSTI.

5. Syarat dan Tata Cara Pendaftaran SINTA

Sebelum Anda melakukan pendaftaran, maka harus paham terlebih dahulu tentang syarat dan tata cara pendaftaran SINTA.

  • Memiliki Akun Email Gmail Institusi

Untuk Anda yang ingin melakukan pendaftaran akun SINTA, maka harus memiliki akun gmail. Karena, akun gmail institusi akan dirasa lebih percaya oleh pihak pengelola SINTA. Jadi, lebih mudah nantinya untuk mendapatkan persetujuan pengajuan akunnya.

  • Membuat Akun Google Scholar

Akun google Scholar juga ditujukan untuk para peneliti yang ingin melakukan publikasi. Dengan adanya publikasi ini, maka akan memudahkan proses dalam pembuatan akun SINTA. Tentunya, kembali agar menjadi lebih mudah untuk memperoleh persetujuan dari pihak pengelola SINTA.

6. Cara Mendaftar SINTA

Setelah Anda mengetahui semua persyaratan yang dibutuhkan, maka selanjutnya akan dilanjutkan dengan proses pendaftaran.

  • Masuk Ke Laman Website SINTA
Halaman Awal SINTA2

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan masuk ke laman website SINTA. Anda bisa klik disini dan tunggu sampai halaman terbuka sepenuhnya.

Akan terdapat website dengan tampilan bertuliskan SINTA. Banyak menu yang terdapat pada website tersebut. Salah satunya “Registration”, maka Anda bisa klik menu tersebut.

  • Isi Registrasi
Registrasi SINTA2

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengisian dari data yang diminta. Mulai dari “Status” bisa memilih antara lecture atau researcher. Lalu, isikan juga mengenai NIDN/NIDK yang Anda miliki.

Setelah itu, isikan “Full Name” secara lengkap. Disarankan, untuk mengisi nama yang sesuai dengan id Google Scholar atau nama yang terdapat pada penulisan artikel/jurnal.

Pada “Affiliation”, Anda bisa mengetikkan nama institusi maka akan secara otomatis muncul dan bisa dipilih. Pada bagian “Academic Grade”, Anda bisa mengisikan jabatan fungsional yang sedang dijabat saat ini.

Kemudian, isikan juga Nomor dari KTP sesuai yang resmi. Isikan email, disarankan menggunakan email institusi agar lebih mudah diterima.

Lalu, dilanjutkan isikan “Password” dan melakukan “Confirm Password”. Berikutnya, masukan “Google Scholar URL” serta “Scopus Author ID” Anda.

Untuk Anda yang bingung melakukan pengisian URL pada kolom Google Scholar, maka berikut ini caranya:

 Buka tab baru dan masuk ke website google scholar

 Masuk akun Google Scholar Anda

 Kemudian, copy dan pastekan alamat URL Google Scholar tersebut ke kolom form.

Proses Verifikasi

Setelah Anda melakukan pendaftaran, maka dibutuhkan waktu untuk bisa login pada SINTA. Karena, pihak pengelola akan terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap akun yang telah Anda daftarkan. Proses verifikasi ini memang berlangsung cukup lama, karena bukan sembarangan verifikasi.

Melainkan, banyak tahapan uji yang harus disesuaikan dengan ketentuan dari pihak SINTA. Namun, jika Anda melakukan semua pendaftaran secara lengkap tentunya akan menjadi lebih mudah dalam proses verifikasinya. Terutama, disarankan untuk menggunakan email institusi untuk mempercepat proses verfikasi.

Jika proses verifikasi ini sudah berhasil, Anda akan mendapatkan email yang berisikan mengenai hal tersebut. Setelah sukses mendaftar akun, tentunya bisa dilanjutkan untuk melakukan login dan publikasi artikel atau jurnal Anda.

7. Cara Login SINTA

Semua proses pembuatan akun SINTA telah Anda selesaikan, maka akan mendapatkan email verifikasi. Email tersebut memberikan informasi mengenai akun yang telah di daftarkan.

Kemudian, Anda bisa melakukan login dengan menggunakan akun tersebut. Untuk loginnya sendiri juga tidak sulit. Sinta2 Ristekdikti go id login bisa Anda lakukan sendiri. Berikut ini caranya:

  • Buka Website SINTA
Login SINTA2

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan membuka website SINTA. Anda bisa klik disini untuk memudahkan dalam proses login.

Tunggu beberapa menit sampai dengan halaman terbuka sepenuhnya. Jika halaman gagal terproses, maka pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik.

Setelah terbuka seluruhnya, Anda akan melihat banyak menu disini. Termasuk, menu untuk Anda melakukan login SINTA.

Klik pada menu tersebut. Maka Anda akan dialihkan kehalaman berikutnya yaitu untuk melakukan login.

  • Login Akun
Form Login SINTA2

Pada tahapan inilah, Anda harus memasukkan email dan password yang telah di daftarkan sebelumnya. Pastikan, untuk Anda semua melakukan login dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan. Serta, jangan pernah lupa terhadap akun email yang Anda daftarkan.

Karena, untuk melakukan proses pembuatan akun SINTA ini tidaklah mudah. Melainkan, membutuhkan waktu proses verifikasi yang cukup lama. Setelah Anda memasukan email dan passworndya kemudian Anda bisa klik pada tombol login.

Berikutnya, Anda akan dialihkan lagi kehalaman selanjutnya. Yaitu, halaman “Dashboard” yang sudah bisa Anda gunakan untuk melakukan publikasi dari jurnal.

Setiap orang hanya diperbolehkan memiliki satu akun yang terdaftar pada sistem SINTA. Jadi, jangan sampai akun tersebut hilang!

  • Halaman “Dashboard
Dashboar SINTA2

Disini, Anda sudah login dan akan mendapatkan banyak sekali informasi tentang data diri sendiri. Seperti “Rank in national”, “in Affiliation” dan lainnya. Termasuk, Anda bisa mengecek tentang artikel yang terdapat pada Google Scholar atau Scopus.

Penutup

Sistem SINTA sangat membantu para profesional untuk melakukan publikasi. Dengan sistem SINTA publikasi menjadi lebih cepat. Publikasi ini juga mudah dilakukan dan akan lebih mudah dijangkau di seluruh dunia.

Serta, dapat dengan mudah untuk memperoleh informasi terkait dengan apa saja yang telah dilakukan selama ini. Dengan adanya hal ini tentunya mendorong untuk lebih semangat lagi dalam menghasilkan karya tulisan-tulisan!

Nah, sekarang Anda tidak perlu bingung untuk login pada sinta2 dari ristekdikti go.id. Karena, dengan mengikuti langkah diatas maka bisa dilakukan dengan sangat mudah. Setelah itu, Anda bisa melakukan publikasi terhadap jurnal atau artikel yang telah dibuat.

Silahkan share artikel sinta2 ristekdikti go id login ini. Agar teman-teman profesional (peneliti atau dosen), dapat mengetahui lebih jelas tentang SINTA ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.