8 Cara Mencari Jurnal di Google Cendekia

Google Cendekia atau yang disebut juga dengan Google Scholar adalah layanan situs mesin pencari karya tulis ilmiah dengan format teks, pdf dan bentuk lainnya. Seluruh karya tulis yang terdapat di dalam Google Cendekia telah dipublikasi dan berasal dari perguruan tinggi di berbagai negara.

Sebagai mahasiswa, Anda sangat memerlukan referensi yang kredibel untuk mendukung kebutuhan sumber data dalam penelitian atau skripsi serta mengembangkan materi kuliah Anda. Selain itu juga untuk mendapatkan informasi yang menambah wawasan Anda meski bukan termasuk dalam cakupan bidang studi yang Anda tekuni.

Untuk membantu Anda, berikut ulasan mengenai cara mencari jurnal di Google Cendekia berikut ini.

1. Login ke Google Scholar Indonesia

Layanan Google Cendekia sebenarnya dapat Anda peroleh tanpa melalui Login terlebih dahulu. Namun ada beberapa fungsi yang mengharuskan Login sebagai syaratnya. Jadi sebaiknya Anda melakukan Login untuk mendapatkan manfaat lebih maksimal.

Pada tulisan ini akan dibahas cara akses tanpa Login untuk memudahkan Anda. Berikut akan dicontohkan mengakses Google Cendekia tanpa Login. Langkah pertama adalah akses Scholar Indonesia melalui klik atau ketik https://scholar.google.co,id/ untuk masuk ke tampilan awal Google Cendekia berikut ini.

Login ke Google Scholar Indonesia

2. Mencari Topik yang Dibutuhkan

Ketik topik atau hal yang Anda cari pada kotak pencarian kemudian tekan ENTER. Contohnya Anda membutuhkan referensi mengenai dunia politik Indonesia. Maka Anda cukup ketik “Politik Indonesia” seperti di bawah ini.

Mencari Topik di Google Cendekia 1

Kemudian tekan ENTER. Hasil yang didapatkan adalah seperti ini.

Mencari Topik di Google Cendekia 2

Kini Anda sudah mendapatkan daftar jurnal yang terkait dengan Politik Indonesia. Apabila Anda belum mendapatkan tulisan yang dibutuhkan, Anda dapat mencobanya melalui halaman-halaman lain yang tertera di bagian bawah daftar.

Namun hasil yang ditampilkan bersifat umum dari berbagai tulisan dan penulis tanpa memiliki batasan tertentu seperti penulis dan tahun publikasi. Untuk mencari jurnal yang spesifik Anda dapat memanfaatkan menu yang terdapat pada Google Cendekia seperti pada penjelasan berikutnya di bawah ini.

Baca juga: 13 Cara Mudah Mendapatkan Jurnal Kesehatan Internasional

3. Mencari Tulisan Berdasarkan Batasan Tahun

Misalkan Anda sedang mencari jurnal Politik Indonesia dengan batasan waktu publikasi paling lama 4 tahun terakhir. Maka pada hasil pencarian, Anda pilih tahun yang tertera pada bagian kiri tampilan.

Mencari Tulisan Berdasarkan Tahun di Google Cendekia

Klik pada bagian tahun yang dilingkari dan diberi tanda panah, dalam contoh ini adalah “Sejak 2016”. Maka Anda akan mendapatkan jurnal yang Anda butuhkan dalam 4 tahun terakhir saja.

Anda juga dapat mencari jurnal yang terbit pada rentang waktu tertentu. Caranya adalah dengan klik pada bagian “Rentang Khusus” pada bagian di bawah pencarian tahun.

Mencari Tulisan Berdasarkan Tahun di Google Cendekia2

Seperti pada contoh di atas, Anda klik Menu “Rentang Khusus” dan akan muncul dua kotak yang harus diisi dengan batasan waktu. Contohnya Anda mencari jurnal yang terbit antara tahun 2000 hingga 2010 untuk menemukan terbitan di antara tahun tersebut. Tekan ENTER atau kotak “Telusuri”, maka hasil yang Anda cari akan ditampilkan pada bagian sebelah kanan halaman.

4. Mencari Tulisan Berdasarkan Penulis

Cara mencari jurnal di Google Cendekia berdasarkan penulis merupakan cara yang paling mudah Anda lakukan. Cukup dengan menuliskan nama penulis pada kotak pencarian.

Jangan lupa untuk mengetik dengan format lengkap yaitu nama depan dan nama belakang. Hal ini dikarenakan untuk lebih tepat menemukan penulis yang Anda inginkan.

Contohnya Anda membutuhkan artikel atau buku dari pengarang Miriam Budiardjo, maka tampilannya adalah sebagai berikut.

Mencari Tulisan Berdasarkan Penulis di Google Cendekia

Anda dapat lihat pada contoh di atas yang diberi lingkaran dan tanda panah merah. Nama penulis yang dicari dan seperti apa hasil pencarian terpampang di bagian bawahnya.

5. Mengunduh File

Mengunduh file jurnal yang dibutuhkan adalah hal yang paling dibutuhkan dalam cara mencari jurnal di Google Cendekia. Tulisan-tulisan pada Google Cendekia perlu Anda unduh agar dapat Anda gunakan atau baca dengan mudah.

Apabila Anda membutuhkan untuk mengunduh file yang Anda cari, Anda dapat melakukannya melalui klik bagian sebelah kanan dari judul artikel atau buku yang bertuliskan “[PDF] Semanticscholar]org” pada contoh di bawah. “[PDF]” menunjukkan jenis file yang tersedia. Pada contoh ini berarti tulisan akan diunduh dalam bentuk PDF.

Mengunduh File di Google Scholar

 Anda akan mengunduh file dalam bentuk PDF sesuai seperti yang tertera dalam keterangannya.

Baca juga: 11 Cara Mencari Referensi Jurnal Terpercaya dengan Mudah

6. Menggunakan Halaman Metrik

Apabila Anda mencari jurnal yang paling banyak dicari di Google Cendekia, maka Anda dapat memanfaatkan layanan Halaman Metrik. Halaman Metrik memuat 100 publikasi jurnal teratas atau terbanyak dikutip oleh pencari di Google Cendekia.

Caranya adalah dengan masuk ke link scholar.google.com/citations. Hasilnya adalah seperti di bawah ini.

Menggunakan Halaman Metrik di Google Scholar

Anda akan dapat melihat jurnal apa saja yang terbanyak diakses oleh pengguna Google Cendekia dalam Bahasa Inggris sesuai keterangan pada bagian kanan atasnya yang bertuliskan “Inggris”.

Apabila Anda membutuhkan informasi jurnal teratas dalam Bahasa Indonesia, maka Anda hanya perlu mengklik pada bagian “Inggris” tersebut yang akan menampilkan pilihan Bahasa dan pilih “Indonesia”. Hasil yang didapat adalah sebagai berikut.

Mencari Jurnal Terbitan Indonesia Yang Paling Banyak Dicari di Google Cendekia

Kini Anda akan dapat melihat jurnal-jurnal terbitan Indonesia yang paling dicari selama ini di Google Cendekia.

7. Mengutip Tulisan

Hal yang sangat dibutuhkan bagi Anda selain mencari file tulisan yang dibutuhkan adalah mengutip tulisan sebagai bukti referensi atau keperluan penyusunan Daftar Pustaka. Terdapat cara yang mudah dapat Anda lakukan melalui mengklik tanda ” yang terdapat pada bagian bawah judul yang Anda pilih seperti contoh berikut.

Mengutip Tulisan di Google Cendekia

Setelah Anda klik tanda kutip tersebut maka akan muncul tampilan hasil sebagai berikut:

Kotak yang muncul adalah berjudul “Kutip” yang berisikan informasi mengenai tulisan dan penulis dapat Anda copy dan paste ke dalam Daftar Pustaka Anda.

Baca juga: Panduan Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Yang Benar

8. Manfaatkan Fungsi Notifikasi

Fungsi Notifikasi dapat membantu Anda mendapatkan tulisan yang Anda butuhkan yang akan dikirim ke email Anda. Berikut adalah caranya.

Memanfaatkan Fungsi Notifikasi Google Cendekia

Klik pada tanda “tiga garis” seperti yang dilingkari di atas. Berikutnya akan ditampilkan sebagai berikut.

Memanfaatkan Fungsi Notifikasi Google Cendekia2

Maka akan tampilan deretan menu dan pilih “Notifikasi”. Tampilan yang akan muncul adalah sebagai berikut.

Memanfaatkan Fungsi Notifikasi Google Scholar3

Untuk mengisi tulisan yang Anda butuhkan, klik menu “Buat Lansiran”. Tampilan yang muncul adalah sebagai berikut.

Memanfaatkan Fungsi Notifikasi Google Scholar4

Ketik tema yang Anda butuhkan pada kotak “Kueri lansiran” kemudian pada kotak “Jumlah hasil” Anda dapat mengisi jumlah tulisan yang akan dikirim ke email Anda. Pilihan yang diberikan adalah dari 10 hingga 20 tulisan. Setelah Anda klik maka tampilan akhirnya adalah sebagai berikut.

Memanfaatkan Fungsi Notifikasi Google Cendekia5

Penutup

Kini mendapatkan karya tulis ilmiah bermutu yang Anda butuhkan menjadi sangat mudah. Tidak akan ada lagi alasan kesulitan mencari referensi bermutu bagi keperluan Anda. Diharapkan melalui tulisan cara mencari jurnal di Google Cendekia ini Anda akan sangat terbantu dalam mendukung studi Anda demi mencapai hasil yang sangat memuaskan.