Cara Membuat Ruang Lingkup Dalam Proposal

Membuat Ruang Lingkup Proposal

Dalam kajian ilmiah, ruang lingkup memiliki pengertian sebuah metode pembatasan permasalahan dan ilmu yang akan dikaji. Bila dikaitkan dengan proses pembuatan sebuah penelitian, ruang lingkup bermakna batasan subjek yang akan diteliti.

Dalam pengertian ini, ruang lingkup dapat berupa batasan masalah yang diangkat dan jumlah subjek yang diteliti. Serta materi yang akan dibahas dan variabel-variabel yang akan diteliti.

Sebagai mahasiswa, Anda harus mengetahui cara membuat ruang lingkup dalam proposal saat akan memulai penyusunan skripsi ataupun karya ilmiah lainnya. Ruang lingkup adalah bagian proposal yang sangat penting untuk membuat keseluruhan proposal menjadi utuh dan berkualitas.

Ruang Lingkup Dalam Proposal

Untuk mengingatkan Anda kembali mengenai posisi ruang lingkup, berikut ini adalah struktur proposal secara lengkap:

  • Latar belakang masalah
  • Rumusan masalah
  • Tujuan penelitian
  • Manfaat penelitian
  • Kerangka berpikir/kerangka teori
  • Metode penelitian
  • Teknik pengumpulan data
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran

Ruang lingkup sangat terkait dengan perumusan masalah. Masalah-masalah yang akan Anda kemukakan belum tentu dapat diidentifikasi untuk diteliti lebih lanjut. Keterbatasan waktu, tenaga, pikiran dan biaya membuat hanya permasalahan tertentu dapat diteliti lebih jauh.

Dalam setiap disiplin ilmu, terdapat ruang lingkupnya masing-masing. Misalkan ilmu psikologi kesehatan memiliki ruang lingkup psikologi kesehatan jiwa, psikologi kesehatan pasien atau klinis, psikologi kehamilan dan gangguan psikologi.

Apabila diterapkan dalam sebuah penelitian, ruang lingkup akan lebih dihubungkan pada permasalahan yang akan diangkat. Kesesuaian ruang lingkup dengan bidang studi Anda adalah mutlak.

Hal ini perlu diperhatikan karena setiap permasalahan dapat saja diteliti dari sudut pandang berbeda. Ini berarti pula dimungkinkannya bidang ilmu lainnya dapat menjadikannya objek penelitian yang sama.

Contoh penelitian pada bidang psikologi di atas. Permasalahan gangguan psikologi pada pasien rawat inap dapat ditelaah dari ilmu kedokteran menyangkut metode pengobatan dan pengaruhnya.

Dapat juga dari sisi keilmuan farmasi menyangkut dampak penggunaan obat-obatan dalam terapi penyembuhan si pasien. Bahkan dapat pula ditinjau dari sisi ilmu keperawatan menyangkut penanganan dan tindakan dukungan medis terhadap pasien.

Baca juga:

Manfaat Ruang Lingkup

Untuk lebih memahami mengenai cara membuat ruang lingkup dalam proposal sebelum Anda memulai menulisnya, berikut adalah manfaat-manfaat pembuatan ruang lingkup:

  1. Membantu dalam menentukan atau mengidentifikasikan permasalahan-permasalahan yang akan diteliti. Terdapat kemungkinan pokok permasalahan memiliki beberapa pengembangan atau kaitan permasalahan yang juga menarik untuk diteliti.
    Namun Anda harus ingat bahwa tidak semua harus Anda bahas. Tentukan mana yang benar-benar sesuai dengan judul dan topik yang Anda angkat.
  2. Membuat pembahasan menjadi lebih fokus. Dengan demikian penelitian akan terpusat pada subjek penelitian dan tidak melebar ke mana-mana.
    Jangan salah, sangat mungkin permasalahan yang tidak dibatasi dengan baik akan membuat sebuah penelitian akan menjadi bertele-tele. Metode penelitian menjadi tidak sesuai atau terlalu lebar. Semakin fokus ruang lingkup, maka akan semakin baik bagi penelitian Anda.
  3. Membuat pembahasan menjadi lebih efektif. Pembahasan permasalahan yang efektif akan menjadikan penelitian Anda lebih tajam. Terlalu banyak atau terlalu lebarnya permasalahan yang diteliti akan membuat hasil penelitian Anda menjadi kurang kuat dan meyakinkan.
  4. Pembahasan akan lebih efisien dari segi waktu. Penelitian membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam pembuatannya. Ruang Lingkup yang jelas dan fokus akan membuat Anda memiliki waktu yang cukup untuk membuat keseluruhan proposal.
  5. Membantu memberikan gambaran akan keseluruhan penelitian yang akan dikerjakan. Pembaca atau penguji proposal Anda akan mudah menangkap apa yang akan Anda lakukan dalam penelitian ini. Apa yang menjadi permasalahan, apa atau objek apa yang akan diteliti, apa saja variabel dan parameternya semua tergambar di dalam ruang lingkup penelitian Anda.

Dalam pembuatan ruang lingkup, karya tulis harus dibuat dengan ditandai dengan adanya landasan dasar pada penyusunannya. Dengan demikian, karya tulis tersebut akan lebih terarah dan tidak menyimpang dari fokus masalah yang diangkat.

Selain itu, karya tulis juga harus dapat mewakili apa yang dipikirkan dan sejauh apa pengetahuan Anda yang membuatnya. Untuk itu ruang lingkup juga harus memuat batasan-batasan teori selain variabel pokok permasalahan yang akan diteliti.

Baca juga:

Contoh Ruang Lingkup

Mengkoreksi Proposal

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam cara membuat ruang lingkup dalam proposal:

  1. Batasi permasalahan sesuai dengan kemampuan Anda.
  2. Sesuaikan ruang lingkup penelitian dengan kondisi data dan fakta yang ada di lapangan.
  3. Teliti dengan benar semua permasalahan yang diangkat.
  4. Usahakan permasalahan yang diteliti memiliki daya tarik dan manfaat yang dapat dirasakan oleh pembaca.

Untuk memudahkan Anda, berikut akan ditampilkan contoh-contoh ruang lingkup dengan berbagai judulnya:

Contoh 1

Judul: Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja di Kawasan Semarang Utara.

Ruang Lingkup:

  1. Koresponden yang diteliti berusia usia 15 – 25 tahun
  2. Koresponden bertempat tinggal di 4 kecamatan di wilayah Semarang Utara
  3. Definisi Narkoba meliputi sabu-sabu, pil ekstasi dan ganja

Contoh 2

Judul: Dampak Pengelolaan Tata Ruang Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Antapani Kota Bandung.

Ruang Lingkup:

  1. Kecamatan Antapani dengan 4 Kelurahan yaitu Antapani Kidul, Antapani Kulon, Antapani Tengah, Antapani Wetan.
  2. Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandung 2011/2031.

Contoh 3

Judul: Sistem Layanan Masyarakat Daerah di Kecamatan Ujung Berung, Kotamadya Bandung.

Ruang Lingkup:

  1. Apa saja bentuk sistem pelayanan masyarakat di Kecamatan Ujung Berung?
  2. Bagaimana sistem pelayanan tersebut mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat?
  3. Apa tolok ukur keberhasilan pelayanan masyarakat di Kecamatan Ujung Berung?

Contoh 4

Judul: Implementasi Metode Pembelajaran Oleh Guru Kompetensi Keahlian Komputer SAM Ujung Berung.

Ruang Lingkup:

Pembelajaran oleh guru kompetensi keahlian komputer di SMA Ujung Berung terlihat belum memiliki strategi dan metode yang bervariasi.

Contoh 5

Judul: Peranan Kas Kecil Dalam Menunjang Operasional Koperasi XYZ di Kabupaten Kudus.

Ruang Lingkup:

  1. Target dan tujuan operasional Koperasi XYZ dalam jangka pendek
  2. Bagaimana kondisi administrasi keuangan Koperasi XYZ dalam hal budgeting dan likuiditas dikaitkan dengan operasional.

Contoh 6

Judul: Analisis Pertumbuhan Penerimaan Pajak Daerah Kotamadya Bandung Tahun 2015 Pasca Pemberlakuan Peraturan Pemerintah No 46 Tahun 2013.

Ruang Lingkup:

  1. Pertumbuhan jumlah wajib pajak Kodya Bandung tahun sepanjang tahun 2015.
  2. Pertumbuhan nilai PPh sepanjang tahun 2015.
  3. Perbedaan pertumbuhan nilai PPh tahun 2014 dengan 2015.
  4. Perbedaan pertumbuhan jumlah penerimaan pajak tahun sebelum pemberlakuan Peraturan Pemerintah No 46 Tahun 2013.

Contoh 7

Judul: Apakah Dampak Game Online Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMA Cendana.

Ruang Lingkup:

  1. Adanya siswa yang bermain game online saat diadakan proses belajar mengajar di kelas
  2. Kurangnya motivasi belajar siswa kelas IX SMA Cendana

Baca juga:

Penutup

Untuk mempermudah penulisan ruang lingkup, Anda harus sering berlatih membuat ruang lingkup dengan topik permasalahan berbeda-beda. Tetapi sesuai dengan bidang ilmu Anda.

Lakukan terus berulang hingga Anda mampu membuatnya dengan lancar. Hal ini akan mendukung cara membuat ruang lingkup dalam proposal penelitian untuk skripsi Anda kelak.