13 Cara Mengutip Dari Jurnal Untuk Skripsi

Membuat Kutipan

Membuat kutipan pada skripsi atau karya tulis ilmiah lainnya adalah hal wajar. Bahkan ini menjadi sebuah keharusan karena termasuk dalam kaidah penulisan ilmiah yang benar.

Sebuah karya tulis harus memiliki rujukan atau pedoman teoritis ataupun fakta dari sumber lainnya. Ini harus valid, berkualitas dan teruji sebagai penguat dan pendukung tulisan.

Data pendukung tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber. Salah satunya adalah dari jurnal ilmiah. Pada tulisan kali ini akan dibahas cara mengutip dari jurnal untuk skripsi atau tulisan ilmiah lainnya.

1. Mengutip Secara Langsung

Mengutip secara langsung diartikan saat seorang penulis mengutip ucapan, pernyataan atau ide dari sumber tulisan lain dan kemudian menuliskannya dengan cara sendiri atau bahasa penulis sendiri.

Syarat-syarat mengutip secara langsung:

  • Isi kutipan ditulis apa adanya.
  • Isi kutipan harus dikaitkan dengan paparan dari penulis.
  • Penulisan menggunakan jarak dua spasi.
  • Memberikan tanda kutip pada kalimat kutipan (‘’…’’).
  • Sumber kutipan disebut secara lengkap meliputi nama penulis, tahun terbit dan halaman sumber.
  • Jika kata atau kalimat yang dikutip berasal dari bahasa asing atau bahasa daerah, maka harus ditulis dengan miring atau italic.
  • Jika di dalam kalimat yang dikutip terdapat bagian yang ingin dihilangkan, maka ganti dengan mengetik tiga titik. Apabila bagian yang ingin dihilangkan tersebut berada di bagian akhir kalimat, maka ganti dengan mengetik empat titik.
  • Apabila terdapat kalimat yang ditambahkan atau komentar oleh penulis, maka kalimat tersebut ditulis di dalam tanda kurung.

Contoh Kutipan Langsung

Menurut Rustandi (2010) nilai-nilai budaya Indonesia yang luhur harus dijaga karena sangat mempengaruhi jalannya kehidupan berbangsa dan bernegara:

Budaya politik Indonesia sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan. Hal ini berarti bagaimanapun derasnya arus globalisasi, kita harus tetap mempertahankan nilai budaya luhur bangsa demi selarasnya jalannya pemerintahan dengan cita-cita nasional.

2. Mengutip Secara Tidak Langsung

Mengutip secara tidak langsung diartikan sebagai cara menuliskan kutipan dari sumber tanpa mengubah kalimat aslinya. Dalam arti lain, penulis tidak mengubah apapun atau menambah komentar dari kalimat yang dikutip tersebut.

Perhatikan cara mengutip dari jurnal untuk skripsi secara tidak langsung sebagai berikut:

  • Penulis harus menggunakan kalimat yang dipakai oleh penulis sumber yang dikutip.
  • Penulis harus mencantumkan secara lengkap dan jelas keterangan dari sumber kutipan berupa nama penulis, halaman dan tahun.

Contoh Kutipan Tidak Langsung

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa budaya suatu bangsa sangat mempengaruhi kehidupan bernegara, Rustandi (2010) mengemukakan:

“Budaya politik suatu bangsa akan sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan”.

Baca juga:

3. Nama Penulis Dimasukkan Ke dalam Tanda Kurung

Contoh kutipan dimana nama penulis dimasukkan kedalam tanda kurung.

Budaya politik suatu bangsa akan sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan. (Rustandi, 2010).

4. Memasukkan Nama Penulis Ke dalam Suatu Pembahasan

Nama penulis juga dapat dimasukkan ke dalam pembahasan topik yang dibahas terkait sumber referensi dari penulis tersebut. Contoh kutipan ini sebagai berikut.

Menurut Rustandi (2010). Budaya politik suatu bangsa akan sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan.

5. Mengutip Dengan Sumber Dua Penulis Berbeda

Apabila Anda mengutip sumber dari dua penulis berbeda, maka teknik penulisannya adalah dengan menuliskan kedua nama penulis tersebut dan memisahkannya dengan tanda ampersand atau yang dituliskan dalam tanda ‘&’.

Namun apabila Anda ingin mencantumkan dua nama penulis ke dalam pembahasan, maka teknik penulisannya adalah dengan menuliskan dua nama penulis tersebut dengan dipisahkan oleh kata ‘dan’.

Contoh Kutipan dengan Sumber Dua Penulis Berbeda

Budaya politik suatu bangsa secara signifikan telah mempengaruhi jalannya pemerintahan (Rustandi & Rustam 2010).

Menurut Rustandi dan Rustam (2010) budaya politik suatu bangsa secara signifikan telah mempengaruhi jalannya pemerintahan.

6. Cara Mengutip dengan Tiga Penulis atau Lebih

Menulis dari Berbagai Sumber

Cara mencantumkan tiga nama penulis atau lebih sebagai kutipan adalah dengan menuliskan semua penulis tersebut berdasarkan abjad dan dipisahkan dengan tanda koma. Selain itu, juga dapat menggunakan kata ‘et al’ yang berarti yang lainnya.

Contoh Kutipan dengan Tiga Penulis atau Lebih

Rustandi, Budi, Hendrawan dan Rustam (2010) berpendapat bahwa perkembangan budaya akan sangat mempengaruhi budaya politik suatu bangsa.

7. Cara Mengutip dengan Enam Penulis atau Lebih

Cara mengutip sumber yang ditulis oleh enam penulis atau lebih adalah dengan menuliskan nama penulis pertama dan diikuti oleh ‘et al’.

Contoh Kutipan dengan Enam Penulis atau Lebih

Rustandi et al. (2010) berpendapat bahwa budaya politik Indonesia sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan saat ini.

Menurut Rustandi et.al. (2010) budaya politik Indonesia sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan saat ini.

8. Cara Mengutip 4 Baris atau Lebih

Cara mengutip empat baris atau lebih adalah dengan memperhatikan kaidah berikut:

  • Kutipan dipisahkan dengan jarak 2,5 spasi
  • Jarak antara baris dengan baris kutipan satu spasi dan tulisan boleh dimiringkan
  • Boleh menggunakan tanda petik atau tidak
  • Identitas penulis, tahun terbit dan halaman ditulis sebelum kutipan dengan format: nama penulis diletakkan di dalam tanda kurung, tahun terbit titik dua (:) halaman buku.

Contoh Kutipan 4 Baris atau Lebih

Budaya politik nasional sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan. Rustandi dalam Budaya Politik Indonesia (2010) menyatakan:

“Budaya politik adalah nilai-nilai yang terkandung di dalam suatu bangsa, meliputi norma, nilai, sikap dan perilaku yang terbentuk selama perkembangan suatu bangsa. Jalannya pemerintahan suatu negara akan sangat dipengaruhi oleh budaya politik bangsa tersebut. Termasuk dalam hal ini adalah pengaruh budaya politik Indonesia yang sangat mempengaruhi bentuk dan implementasi pemerintahan”.

Baca juga:

9. Kutipan Kurang dari Empat Baris

Cara penulisan kutipan kurang dari dua baris adalah sebagai berikut:

  • Kutipan ditulis dalam satu paragraph dengan teks
  • Kutipan ditulis dengan diberi tanda petik (“…”). Hal ini untuk membedakan kutipan dengan teks secara lebih jelas.
  • Urutan penulisan meliputi identitas penulis, tahun terbit dan halaman.
  • Beri jarak dua spasi antara kutipan dan teks.

Contoh Kutipan Kurang Dari Empat Baris

Politik budaya Indonesia telah berjalan seiring waktu semenjak sebelum masa kemerdekaan hingga pasca reformasi. Budaya politik ini terus mengalami perkembangan yang secara signifikan mewarnai jalannya pemerintahan di republik ini.

Menurut Rustandi (2010) “jalannya pemerintahan sejak kemerdekaan hingga saat ini secara nyata dipengaruhi oleh budaya masyarakatnya yang juga mewarnai sistem dan praktik politik nasional”.

Sementara menurut Widiatmoko (2012) “jalannya pemerintahan dan sistem politik suatu negara sangat dipengaruhi oleh kondisi dan dinamika politik internasional yang termasuk ke dalam salah satu dampak globalisasi”.

10. Cara Mengutip tanpa Nama Penulis

Ada kalanya sebuah kalimat atau bahan yang dijadikan sumber penulisan tidak mencantumkan nama penulisnya. Cara menuliskan kutipan dengan kondisi tersebut adalah seperti contoh berikut:

Politik internasional sangat mempengaruhi perkembangan politik negara berkembang (“Globalisasi dan dampaknya,” 2010).

11. Cara Mengutip dengan Nama Penulis yang Sama

Untuk menulis kutipan yang bersumber dari nama penulis yang sama melalui contoh di bawah ini:

Budaya politik Indonesia sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan (A.Rustandi, 2000). Namun demikian, pengaruh globalisasi pun dapat menjadi faktor utama penentu arah jalannya pemerintahan (B.Rustandi, 2007).

12. Cara Mengutip Tanpa Ada Keterangan Tahun

Cara menuliskan sumber yang dikutip tanpa tahun adalah dengan menuliskan ‘tanpa tahun’ di dalam kurung di belakang tulisan nama penulis. Contoh kutipan:

”….budaya politik Indonesia (Rustandi, tanpa tahun; 215).

13. Cara Menulis Sumber yang Dikutip Lebih Dari Dua Kali

Berikut adalah contoh cara mengutip dari jurnal di latar belakang dengan sumber yang sama:

Budaya politik Indonesia sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan (Rustandi 2000; Widiatmoko, 1991, 1993).

Baca juga: Panduan Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Yang Benar

Penutup

Cara mengutip dari jurnal untuk skripsi terasa sulit bagi Anda yang baru mengetahuinya dikarenakan teknik yang beragam. Yang perlu Anda lakukan adalah terus berlatih menggunakan seluruh teknik-teknik tersebut agar terbiasa.

Dengan kemampuan mengutip jurnal ini, maka akan sangat mendukung kesempurnaan karya tulis atau skripsi yang akan Anda kerjakan nanti.